Artikel

mesin mobil brebet saat digas

5 Masalah Mesin Mobil Brebet saat Digas yang Jarang Diketahui

5 Masalah Mesin Mobil Brebet saat Digas yang Jarang Diketahui – Bila performa mesin mobil brebet saat digas atau terasa berat seolah mau mati, itu tanda pembakaran di ruang bakar sedang bermasalah. Apabila masalah mesin brebet yang dihadapi, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu komponen apa yang bermasalah.

Dengan mengetahui komponen yang bermasalah, Anda bisa membuat keputusan apakah bisa menyelesaikan kerusakan di rumah saja atau dibawa ke bengkel.

Penyebab dan Solusi Mesin Mobil Brebet saat Digas

mesin mobil brebet saat digas
mesin mobil brebet saat digas

Secara garis besar ada dua sistem yang berhubungan dengan masalah mesin mobil brebet saat digas. Yakni sistem pengapian dan sistem pembakaran. Mesin brebet biasanya terjadi pada berbagai kecepatan. Alasannya, karena pasokan bahan bakar atau pasokan api tidak sampai dengan sempurna ke tujuannya. Salah satu contohnya adalah saat melakukan perpindahan gigi, bisa saja terjadi mesin brebet.

Untuk mengetahui sistem mana yang bermasalah, Anda bisa melakukan deteksi singkat dan cepat. Untuk mendeteksi sistem pengapian, Anda bisa mengecek mobil di malam hari dan mematikan pencahayaan di sekitar mobil. Jadi, mobil ada dalam lingkungan gelap gulita. Lalu nyalakan mesin. Saat menyalakan mesin, cek area sistem pengapian. Bila ada masalah di sistem pengapian, biasanya akan ada percikan api yang terlihat dari sistem pengapian.

Sedangkan untuk mengetahui masalah di sistem pembakaran, metodenya adalah langsung menekan pedal gas hingga penuh sampai dek. Saat mesin terasa brebet, berarti ada masalah di sistem pembakaran. Berikut ini adalah penjelasan lebih detail mengenai penyebab mesin mobil brebet saat digas:

  1. Bahan bakar

Saat berkendara, pengemudi cenderung tidak memikirkan mengenai volume bahan bakar. Tiba-tiba mesin brebet dan baru menyadari bahwa bahan bakar sudah habis. Fenomena ini sering terjadi. Oleh sebab itu rubah habit mengemudi. Selalu cek volume bahan bakar yang tersedia di tangki.

Gunakan bahan bakar beroktan tinggi. Atau sesuaikan kebutuhan oktan bahan bakar dengan spesifikasi mesin. Setelah mengisi bahan bakar, tunggu beberapa menit sebelum menyalakan. Sebab, perlu waktu bagi bahan bakar dan sistem pembakaran untuk bekerja normal setelah kehabisan stok bahan bakar di mesin.

  1. Filter bahan bakar

Filter bahan bakar adalah komponen kedua yang bisa menjadi biang kerok mesin brebet. Sebabnya karena kotoran menumpuk di filter bahan bakar. Kotoran ini berasal dari bensin yang akan masuk ke ruang bakar.

Lakukan perawatan secara rutin pada komponen filter. Bila perlu, ganti komponen lama dengan komponen baru. Selain itu, jangan pernah mencampur bahan bakar beroktan rendah dan beroktan tinggi dalam satu tangki. Hal ini dapat menyebabkan korosi pada beberapa komponen mesin.

  1. Throttle Body

Tahun 2020 dipenuhi dengan berbagai jenis mobil yang menerapkan teknologi sistem drive by wire. Fitur unggulan sistem ini adalah koneksi langsung pedal gas dengan ECU. Sehingga katup gas bisa dibuka tutup sesuai perintah ECU.

Apabila throttle body mengalami penumpukan kotoran, maka peran ECU dan sistem drive by wire jadi bermasalah. Efek langsungnya adalah mesin mobil brebet saat digas. Lakukan perawatan dan pembersihan throtle body atau katup gas.

  1. Sistem Injeksi 

Injeksi adalah bagian penting dari kinerja mesin. Bila injeksi mobil bermasalah, mobil Anda dipastikan ikut bermasalah. Bila sudah begitu, mobil yang Anda keluarkan bisa turun harga lebih jauh lagi.

Baca Juga : Lampu Check Engine Avanza Menyala Terus

Masalah paling umum di sektor injeksi adalah masalah gelembung udara yang masuk ke ruang bahan bakar mobil. Efeknya adalah tekanan bahan bakar tidak stabil. Kalau sudah begitu, siap-siap dengan kondisi mesin brebet.

  1. Overheated

Kasus ini mudah ditemui di mobil-mobil yang sering melakukan perjalanan jauh. Sebab, mesin mobil dipaksa untuk terus bekerja Saat bekerja non-stop, mesin akan brebet dengan sendirinya.

Selain itu, banyak pengguna juga mengabaikan kondisi radiator dan airnya tidak terawat. Sampai suatu saat nanti, mesin akan mengalami overheated dan diajak berkebun sama simbah. Berbagai komponen di mobil Anda jadi ikut bermasalah.

Itulah tadi daftar penyebab mesin mobil brebet saat di gas. Bagi Anda yang diam di rumah saja dan menghadapi masalah mesin brebet, cobalah utak-atik mesin Anda. Anda baiknya Anda memperbaiki kerusakan-kerusakan ringan tadi saat sendirian di rumah.  Bila Anda ragu, jangan segan menghubungi bengkel kesayangan Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7968

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :