📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Beberapa Alasan dan Cara Mengatasi Filter Bensin Kotor

filter bensin kotor

Filter bensin kotor merupakan masalah yang sering terjadi saat ini, penyaring yang mempunyai fungsi untuk membersihkan cairan pada bensin dan menyaring bensin dari berbagai jenis kotoran dan partikel lainnya sebelum akhirnya nantinya dikirim ke fuel pump pada mobil Anda. Nah, jadi jika filter bensin kotor maka fungsi dari filter bensin tentunya tidak bisa bekerja secara maksimal.

Merawat Mobil Agar Performa Kuat

filter bensin kotor

Bagi Anda pemilik mobil tentunya harus peka terhadap tanda-tanda serta akibat filter bensin kotor, karena bisa menyebabkan boros pada bahan bakar mobil Anda. Dengan memahami keadaan mobil tersebut, Bengkel Dokter Mobil berharap jika mobil Anda mengalami sesuatu yang tidak beres, dapat segera bisa terdeteksi. Pemilik mobil yang biasa dijumpai sering kali luput dalam memerhatikan penyaring atau filter bahan bakar. Alasannya mungkin karena posisi atau letak filter ini tersembunyi jadi pemilik mobil jarang yang mengetahui jika filter bensin kotor.

Padahal filter bensin mempunyai peran penting untuk mencegah kotoran yang masuk ke bahan bakar. Sehingga tidak akan menyebabkan filter bensin kotor, jika Anda selalu memerhatikan filter bensin. Seperti komponen lain yang ada pada mobil, penyaring bahan bakar atau filter bensin juga memiliki masa pemakaiannya sendiri. Jika Anda sudah mengetahui gejala rusaknya filter bensin kotor, maka Anda bisa mempercepat dan segera mengambil tindakan sebelum menimbulkan masalah lain pada mesin mobil Anda.

Mobil yang Sudah Berumur Membuat Kondisi Mobil Turun

Nah, bisa saja jika mobil Anda merupakan mobil yang sudah tua atau umurnya sudah lebih dari lima tahun, pasti banyak mengalami penurunan performa pada mobil. Terkadang bisa saja membuat mobil Anda juga terasa tidak nyaman ketika Anda sedang berkendara saat melakukan perjalanan. Oleh karena itu diperlukannya pengetahuan tentang filter bensin kotor yang bersumber dari Bengkel Dokter Mobil agar mobil Anda tetap nyaman dan kuat meski sudah berumur.

Seperti yang Dokter Mobil sudah jelaskan di atas bahwa mobil yang sudah berumur atau yang sudah lama dalam pemakaiannya, akan membuat kondisi atau performa dari mobil kendaraan Anda menjadi turun drastis. Sekarang ini sudah tidak sedikit orang atau bahkan Anda yang mulai bosan dengan kendaraan lama. Tapi, justru sebaliknya jika Anda bisa membuat mobil terawat pada mesin dan bagian mobil lainnya, bisa saja mobil tua Anda menjadi incaran banyak orang atau kolektor mobil klasik yang bagus.

Bukan rahasia umum lagi jika penyakit yang ada pada mobil tentunya tidak sedikit. Tidak jauh berbeda dengan kendaraan lainnya, bila tidak diperhatikan, dirawat, dan dijaga dengan baik maka kendaraan Anda akan cepat rusak. Salah satu komponen atau bagian mobil yang sering mengalami masalah adalah filter bensin kotor.

Tanda – Tanda Filter Bensin Kotor

Berikut akan Bengkel Dokter Mobil jelaskan tentang tanda-tanda filter bensin kotor yang ada pada kendaraan mobil Anda.

  • Mobil menjadi sering endut-endutan atau tersendat-sendat

Mungkin beberapa pengendara sering mengalami ketika mengendarai mobil ada perasaan mobil menjadi endut-endutan atau tarikannya tersendat, bisa dipastikan filter bensin kotor atau bisa disebut filter bahan bakar mobil tersumbat. Sumbatan atau kotor yang ada pada filter bensin bisa saja karena kotoran atau benda yang lain tersumbat. Nah, jika saluran filter tersebut tersumbat, maka ruang dan sistem pembakaran menjadi tidak lancar. Inilah yang menyebabkan mobil sering endut-endutan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Baca Juga: Mobil Ndut Ndutan Saat Injak Gas? Ternyata Ini Penyebabnya

  • Putaran mesin mobil tidak normal saat mobil diam

Tanda lainnya yang bisa Anda kenali yaitu terlihat saat mobil Anda dalam keadaan atau situasi yang diam atau berhenti namun ternyata putaran mesinnya malah tidak normal. Atau saat ketukan rpm mobil dinaikkan, putaran mesin mobil juga tidak normal. Jika mobil Anda mengalami hal yang seperti keadaan tersebut, maka sebaiknya segera lakukan pengecekan di Bengkel Dokter Mobil.

Biasanya akan ada endapan di dalam tangki mobil, sehingga membuat filter bensin kotor atau menjadi tersumbat. Nah, apalagi jika Anda sudah lama tidak menguras tangki bahan bakarnya. Hal tersebut bisa menambah kemungkinan tersumbatnya filter bensin makin besar. Agar saluran bahan bakar tersebut dapat berfungsi dengan lancar dan seharusnya, maka yang harus Anda lakukan adalah segera membersihkannya. Jika ternyata justru filternya yang sudah rusak sebaiknya diganti dengan yang baru, dijamin penyakit mobil yang tersendat tidak akan kambuh lagi.

  • Korosi pada tangki bensin

Tanda lainnya jika filter bensin kotor yaitu terdapat korosif pada bagian terdekat atau justru pada bagian tangki bahan bakarnya. Hal tersebut dikarenakan endapan kotoran yang sudah terlalu lama akibat tangki bahan bakar tidak pernah dibersihkan. Nah, bisa saja jika mobil Anda mobil yang usianya sudah terlalu tua, maka Bengkel Dokter Mobil menyarankan untuk sering mengecek dan membersihkan tangki bensin agar kemungkinan terjadinya korosi menjadi semakin kecil.

Akibat Filter Bensin Kotor pada Mobil

Jika ada tanda filter bensin mobil kotor maka ada akibatnya jika filter bensin kotor pada mobil Anda adalah sebagai berikut.

  • Mesin pada mobil sulit dinyalakan

Ada banyak sekali alasan di balik sulitnya menyalakan mesin mobil, seperti masalah yang ada pada busi, aki, atau juga pada alternator. Namun, hal ini bisa juga berarti bahwa bahan bakar yang mengalir ke ruang tangki tidak mencukupi. Karena setiap kendaraan tentunya membutuhkan bahan bakar untuk menyalakan mesin mobil. Jika penyaring atau filter bahan bakar tersumbat atau kotor, aliran bahan bakar pada sistem mobil menjadi terbatas dan tentunya tidak konsisten. Akibatnya, mesin mobil menjadi susah untuk dinyalakan.

  • Mesin mobil mati mendadak

Penyaring atau filter bahan bakar yang tersumbat bisa menjadi salah satu penyebab mesin mobil yang bisa mati mendadak. Ketika penyaring bahan bakar dibiarkan saja dalam keadaan kurang optimal untuk waktu yang lama, tentunya bisa menghambat kinerja pada mesin karena kurangnya bahan bakar.

Mesin pada mobil bisa dinyalakan dengan baik ketika masih ada bahan bakar pada saluran bahan bakar. Namun, jika filter bensin kotor maka bahan bakar akan menipis begitu mobil meluncur dan saat mesin melakukan pembakaran. Hal ini bisa saja terjadi jika pengendara terlalu memberi tekanan ekstra pada mesin, seperti ketika menanjak curam atau menaikkan tenaga mesin. Karena itu mesin tentu akan membutuhkan lebih banyak bahan bakar, tapi karena adanya masalah yang ada pada penyaring bahan bakar, maka kebutuhan pada mesin tersebut tentunya menjadi tidak terpenuhi.

  • Lampu indikator mesin mobil menyala

Lampu indikator pada mesin bisa menyala karena beberapa penyebab, tentu salah satunya berkaitan dengan filter bensin pada mobil yang kotor. Kode mobil yang biasanya muncul tentu berkaitan dengan masalah bahan bakar adalah P0171 atau P0174.

  • Turunnya performa dan tenaga pada mobil

Pemilik mobil seperti Anda biasanya mengetahui performa dan tenaga yang dihasilkan mobil. Karena itu, turunnya tenaga atau performa yang signifikan sangat berdampak buruk dan sulit terlewatkan. Hal ini bisa dirasakan oleh pengendara misalnya saat menaiki tanjakan. Karena meningkatnya kebutuhan bahan bakar yang tidak dapat terpenuhi akibat adanya penyumbatan pada penyaring bahan bakar.

Kesimpulan

Selain tanda-tanda serta akibat filter bensin kotor di atas, sebaiknya Anda jangan terlalu sering membiasakan tangki bahan bakar dalam keadaan kosong. Karena jika keadaan tangki bahan bakar kosong tersebut, justru memicu munculnya senyawa baru yang justru menjadi penyebab terjadinya korosi.

Demikian ulasan menarik dari Bengkel Dokter Mobil mengenai tanda-tanda dan akibat filter bensin mobil kotor yang harus Anda dan pengendara mobil lainnya ketahui. Dengan mengetahui tanda-tanda serta akibat di atas maka Anda bisa dengan segera mengatasi permasalahan yang terjadi pada mobil saat terjadi kerusakan. Jangan sampai menyesal jika suatu saat mobil rusak selamanya saat Anda tidak merawatnya. Maka dari itu jaga dan rawat terus kendaraan roda empat kesayangan Anda agar bisa selalu menemani Anda dan juga keluarga tercinta.

Untuk perawatan filter bensin dan komponen pembakaran lain agar aktivitas pembakaran jadi jauh lebih prima, lakukan Jet Clean di Dokter Mobil untuk membersihkan seluruh komponen pembakaran agar terbebas dari kotoran kerak karbon yang menumpuk. Sehingga tarikan mesin jadi lebih ringan, berkendara pun jadi terasa nyaman. Tertarik coba Jet Clean untuk tarikan mesin mobil yang lebih prima? Reservasi Jet Clean Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp untuk cari tahu lebih lanjut seputar layanan Jet Clean. Anda juga bisa kunjungi langsung cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk melihat dan mencoba secara langsung layanan Jet Clean di mobil kesayangan Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 9876

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️