📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Mobil Ndut Ndutan Saat Injak Gas? Ternyata Ini Penyebabnya

mobil ndut ndutan saat injak gas

Mobil Ndut Ndutan Saat Injak Gas? Ternyata Ini Penyebabnya – Mobil ndut ndutan saat injak gas menjadi salah satu ciri-ciri kerusakan pada komponen mesin mobil. Mobil tersendat saat injak gas ini disebabkan oleh beberapa faktor.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka pemilik kendaraan harus melakukan tune up mobil terlebih dahulu. Sebab, Anda tidak dapat mengetahui sumber masalah kerusakan komponen apabila tidak dilakukan tune up.

Setelah mobil Anda dilakukan tune up, maka pemilik kendaraan dapat mengetahui kerusakan apa saja yang menyebabkan mobil berjalan tersendat ketika digunakan berkendara.

Di Indonesia memang cukup banyak bengkel mobil terbaik dan terpercaya. Hanya saja, tidak semua bengkel menggunakan metode tune up yang simpel dan praktis.

Sehingga, diagnosis kerusakan komponen mesin yang menyebabkan mobil ndut ndutan saat injak gas dan diragukan keakuratannya. Maka dari itu, Anda dapat memilih Dokter Mobil yang siap siaga melayani Anda untuk mengatasi masalah mobil tersendat saat digas.

Ini Dia Penyebab Mobil Ndut Ndutan Saat Injak Gas

mobil ndut ndutan saat injak gasKetika tarikan gas mobil terasa ndut ndutan, maka pemilik kendaraan tidak boleh membiarkan masalah tersebut berlarut-larut. Sebab, akan timbul kerusakan lebih parah karena hal tersebut dibiarkan tanpa solusi.

Sebelum Anda menemukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan mobil terasa ndut ndutan ketika gas mobil diinjak. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Kesalahan Penggunaan Bahan Bakar

Penyebab mobil tersendat saat injak gas adalah kesalahan penggunaan bahan bakar kendaraan. Bagi Anda pemilik kendaraan roda empat yang menggunakan sistem pembakaran terbaru, maka disarankan untuk tidak memilih bahan bakar di bawah oktan 90.

Sebab, oktan bahan bakar dibawah 90 ini akan meninggalkan cukup banyak kerak dan kotoran di ruang pembakaran. Akibatnya, mobil terasa ndut ndutan karena bensin telah tercampur dengan kerak maupun kotoran.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Kotornya Saringan Filter Bensin

Penyebab mobil ndut ndutan saat injak gas selanjutnya ini dikarenakan banyaknya kotoran yang tersangkut pada saringan filter bensin mobil Anda. Kotornya saringan filter bensin ini disebabkan oleh dua faktor.

Pertama, penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Kedua, Anda jarang membersihkan ruang bahan bakar mobil.

Akibatnya, ruang bahan bakar terlalu banyak kotoran dan kerak. Kemudian, kerak dan kotoran ini terbawa hingga saringan filter bensin mobil.

  1. Busi Mobil Menghitam

Busi mobil tampak menghitam menjadi salah satu penyebab mengapa mobil tersendat saat injak gas. Busi merupakan salah satu komponen yang berguna untuk memantikkan api listrik agar mobil dapat berjalan secara normal. Apabila busi mobil menghitam, maka Anda wajib mengganti busi mobil yang baru dan sesuai dengan spesifikasinya.

Langkah Solutif Agar Tarikan Mesin Mobil Ndut Ndutan Saat Injak Gas Dapat Normal Kembali

Masalah tarikan mobil yang terasa ndut ndutan ini harus segera diatasi. Apabila tidak segera diatasi, maka akan timbul masalah besar lainnya yang dapat menyebabkan turun mesin mobil. Sebab, biaya turun mesin mobil ini cukup besar dan mahal.

Oleh sebab itu, ketika muncul salah satu ciri-ciri turun mesin mobil ini, maka segera bawa mobil ke bengkel terdekat dan terpercaya guna menemukan langkah solutifnya.

Umumnya, langkah pertama yang dianjurkan oleh bengkel terpercaya  seperti Dokter Mobil ini adalah melakukan tune up terlebih dahulu.

Tujuannya untuk mengetahui penyebab kerusakan kendaraan. Setelah mengetahui penyebab mobil tersendat saat injak gas, maka montir bengkel akan melakukan beberapa perbaikan seperti penggantian dan pembersihan komponen mobil. Dengan begitu, maka kendala mobil tersendat dapat segera diatasi.

Baca Juga : Perkiraan Biaya Turun Mesin Mobil di Bengkel Terpercaya

Nah, Anda juga disarankan untuk mencari bengkel mobil terbaik dan terpercaya yang siap membantu kerusakan mobil milik klien.

Tanda-tanda Kerusakan Mesin Mobil Selain Ndut-Ndutan Saat Injak Gas:

  1. Mesin brebet: Terjadi saat mesin mobil tersendat-sendat atau tidak bekerja dengan halus, bisa saat idle atau saat akselerasi.
  2. Mesin overheat: Indikator temperatur mesin naik, mesin terasa panas, dan kipas pendingin bekerja terus menerus.
  3. Asap knalpot berwarna hitam: Menandakan pembakaran tidak sempurna, bisa jadi karena masalah pada filter udara, busi, atau injector.
  4. Suara mesin kasar: Suara mesin yang tidak normal, seperti ketukan, gesekan, atau dengungan, bisa menandakan masalah pada komponen internal mesin.
  5. Oli mesin bocor: Kebocoran oli dapat menyebabkan kekurangan oli dan kerusakan mesin.
  6. Performa mesin menurun: Mobil terasa kurang bertenaga, akselerasi lemah, dan konsumsi bahan bakar meningkat.

Memilih Bahan Bakar yang Tepat:

  1. Gunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan: Biasanya tertera di buku manual mobil.
  2. Perhatikan nilai oktan: Nilai oktan yang lebih tinggi (misalnya RON 92) lebih cocok untuk mesin kompresi tinggi.
  3. Hindari bahan bakar dengan kandungan timbal tinggi: Timbal dapat merusak komponen mesin.
  4. Pilihlah SPBU terpercaya: Pastikan kualitas bahan bakar terjaga.

Mesin Ndut-Ndutan Setelah Tune Up:

  • Periksa kembali hasil tune up: Pastikan semua komponen telah disetel dengan benar.
  • Lakukan diagnostic scan: Untuk mendeteksi kerusakan yang mungkin tidak terdeteksi saat tune up.
  • Periksa kondisi filter bahan bakar: Filter yang kotor dapat menghambat aliran bahan bakar dan menyebabkan mesin ndut-ndutan.
  • Periksa kondisi sensor-sensor mesin: Sensor yang rusak dapat memberikan sinyal yang salah ke ECU dan menyebabkan masalah pada mesin.
  • Bawa mobil ke bengkel terpercaya: Jika tidak dapat menemukan penyebabnya sendiri, sebaiknya bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa oleh mekanik yang berpengalaman.

Tips: Selalu lakukan perawatan mobil secara rutin, termasuk ganti oli, filter oli, dan filter bahan bakar sesuai dengan jadwal. Gunakan bahan bakar yang tepat dan hindari kebiasaan mengemudi yang buruk.

Salah satu bengkel yang mendapat predikat terbaik dan terpercaya dari konsumen adalah Dokter Mobil. Dokter Mobil menjadi salah satu bengkel spesialis service all merk mobil yang ada di Indonesia.

Anda tak perlu khawatir dengan kinerja kami. Sebab, kami selalu menggunakan perkakas bengkel sesuai standar internasional. Sehingga, semua kerusakan dapat tertangani hanya 1×24 jam saja.

Bagi Anda yang berminat untuk service komponen mesin mobil di Dokter Mobil, maka kami telah membuka puluhan cabang yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, mulai dari kawasan Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Makassar.

Apabila Anda mengalami masalah tarikan gas mobil ndut ndutan saat injak gas, segera ke Dokter Mobil cabang terdekat dari tempat Anda tinggal.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form