💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

6 Penyebab Mobil Tidak Lolos Uji Emisi Hingga Kiat Efektif Mengatasinya

Penyebab Mobil Tidak Lolos Uji Emisi

Isu seputar lingkungan kini semakin marak disuarakan. Hal ini juga berkat kesadaran masyarakat yang semakin aware terhadap permasalahan lingkungan, sehingga berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan kini semakin diperhatikan agar tak memberikan dampak yang buruk terhadap lingkungan. 

Aspek yang turut serta diperhatikan agar tak memberikan dampak buruk pada lingkungan adalah kendaraan bermotor. Inilah mengapa setiap kendaraan bermotor harus dilakukan uji emisi terlebih dahulu, termasuk pada mobil. 

Namun, seringkali terdapat mobil-mobil yang masih tidak lolos uji emisi. Lalu apa penyebab mobil tidak lolos uji emisi ini? Untuk cari tahu seputar penyebab mobil tidak lolos uji emisi hingga kiat mengatasinya, mari simak informasi selengkapnya di bawah ini!

6 Penyebab Mobil Tidak Lolos Uji Emisi

6 Penyebab Mobil Tidak Lolos Uji Emisi

  • Sering Mengabaikan Kondisi Mobil dengan Jarang Melakukan Servis

Penyebab mobil tidak lolos uji emisi yang pertama bisa disebabkan karena kondisi mobil yang kurang terawat akibat dari jarang melakukan servis perbaikan dan perawatan. 

Salah satu servis yang biasa dilakukan untuk merawat komponen mesin agar senantiasa prima adalah servis tune up. Berbagai komponen yang terhubung dengan ruang pembakaran akan dibersihkan dan dirawat sehingga terbebas dari kotoran dan kerak karbon yang menempel, yang mengakibatkan proses pembakaran jadi tak berjalan dengan sempurna. 

Salah satu komponen yang terhubung dengan aktivitas pembakaran yang seringkali terhambat kinerjanya akibat dari kerak karbon dan kotoran yang menumpuk adalah catalytic converter. Saat catalytic converter terhambat oleh kerak karbon, kinerjanya dalam menyaring emisi gas buang jadi terhambat pula sehingga mengakibatkan performa mobil jadi kurang lancar dan menjadi penyebab mobil tidak lolos uji emisi. 

  • Komponen Injector Tersumbat oleh Kerak Karbon

Injector yang tersumbat oleh kerak karbon yang menumpuk seringkali menjadi penyebab mobil tidak lolos uji emisi. Hal ini karena injector berhubungan dengan proses pembakaran dalam mesin mobil.

Pada aktivitas pembakaran, injector berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar agar dapat diproses dalam bentuk pembakaran di ruang bakar sehingga mobil dapat melaju dengan baik. 

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Saat injector tersumbat oleh kerak karbon, bahan bakar yang dikeluarkan pun jadi kurang proporsional sehingga kinerja mesin jadi turut terhambat. Di beberapa kejadian, sumbatan dari kerak karbon ini mengakibatkan bahan bakar yang dikonsumsi jadi boros sehingga mengakibatkan mobil mengeluarkan asap hitam dari knalpot yang menjadi penyebab mobil tidak lolos uji emisi. 

Baca Juga: Kenali Gejala Injektor Mobil Kotor dan Perawatannya

  • Mengganti atau Melepas Komponen Mobil Secara Serampangan

Penggunaan atau melepas komponen mobil secara serampangan yang tak memenuhi standar juga bisa menjadi penyebab mobil tidak lolos uji emisi. Penggunaan knalpot racing dan melepas catalytic converter bisa menjadi penyebab mobil tidak lolos uji emisi.

Jika knalpot standar dari bawaan pabrikan mobil memiliki filter yang berguna untuk menyaring emisi gas buang, knalpot racing tidak memiliki filter untuk menyaring emisi gas buang karena fokusnya adalah pada performa mobil yang jauh lebih meningkat. 

Sedangkan catalytic converter merupakan komponen yang menjadi penyokong fungsi knalpot dalam menyaring emisi gas buang dari mobil. Catalytic converter akan meredam emisi gas buang yang dapat memberi dampak negatif pada lingkungan menjadi lebih aman untuk dibuang ke udara. Sehingga jika catalytic converter ini dilepas, emisi gas buang yang tidak ramah lingkungan langsung dibuang keluar ke udara. 

Karena kedua hal ini dapat menjadi penyebab mobil tidak lolos uji emisi, maka gunakan selalu komponen mobil yang sesuai standar serta tak serampangan dalam melepas atau memasang komponen mobil.

  • Telat Mengganti Oli hingga Salah Menggunakan Oli

Penggunaan oli mesin yang tak sesuai aturan bisa menjadi penyebab mobil tak lolos uji emisi. Hal ini karena keberadaan oli yang sangat krusial, bagaikan “darah” dalam mesin mobil. 

Oli mesin yang tak sesuai dengan mesin mobil dapat mengakibatkan proses pembakaran pada ruang bakar jadi tak sempurna, sehingga menyebabkan level emisi menjadi tinggi dan menjadi penyebab mobil tak lolos uji emisi. Oli mesin yang tak sesuai ini contohnya adalah penggunaan oli mesin yang tingkat kekentalan hingga spesifikasinya tak sesuai dengan mesin hingga kualitas oli yang sudah tak bagus dan seharusnya sudah diganti. 

Oleh karena itu, perhatikan selalu oli mesin yang mobil Anda gunakan hingga rutinlah untuk mengganti oli mesin setelah mobil menempuh jarak tempuh tertentu sesuai dengan ketentuan pada buku manual hingga petunjuk pada kemasan oli. Sehingga penyebab mobil tak lolos uji emisi karena penggunaan oli ini dapat Anda hindari. 

  • Menggunakan Bahan Bakar dengan Nilai Oktan yang Tak Sesuai dengan Standar Mobil

Bagi yang kurang begitu memperhatikan atau mengetahui, mungkin perbedaan bahan bakar minyak atau BBM hanya didasarkan pada nama label hingga peruntukkan jenis mobilnya saja. Namun, perlu diketahui bahwa sesungguhnya hal ini didasarkan pada nilai oktan yang tergantung pada BBM tersebut. 

Penggunaan BBM yang nilai oktan-nya tak sesuai dengan standar mobil Anda ternyata bisa menjadi penyebab mobil tidak lolos uji emisi, lho. Saat mobil menggunakan BBM dengan nilai oktan yang tak sesuai dengan standar kompresi mesin, maka kadar emisi yang ditimbulkan pun turut meningkat. Sehingga hal ini yang dapat menjadi penyebab mobil tidak lolos uji emisi. 

Agar tak salah menggunakan BBM untuk mobil Anda yang dapat menjadi penyebab mobil tidak lolos uji emisi, Anda bisa mengetahui bahan bakar dengan nilai oktan yang ditentukan untuk mobil Anda di buku manual mobil Anda. 

  • Terdapat Permasalahan pada Knalpot Mobil

Sebagai komponen yang berfungsi untuk membuang gas emisi buang hasil sisa pembakaran, knalpot menjadi komponen yang krusial keberadaannya. Sehingga apabila knalpot mengalami permasalahan, seperti ada kebocoran, hal ini bisa menjadi penyebab mobil tidak lolos uji emisi. 

Selain itu knalpot mobil yang bermasalah juga dapat mengakibatkan tekanan sirkulasi gas buang jadi berkurang sehingga kinerja mesin tidak optimal. Hal ini pada akhirnya akan berujung pada emisi gas buang yang jadi meningkat sehingga menjadi penyebab mobil tidak lolos uji emisi.

Kiat Mengatasi Penyebab Mobil Tidak Lolos Uji Emisi dengan Efektif

Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab mobil tidak lolos uji emisi. Namun sebagian besar dari faktor penyebab mobil tidak lolos uji emisi ini adalah disebabkan karena proses pembakaran yang terhambat sehingga proses pembakaran tidak begitu optimal sehingga emisi gas buang jadi meningkat. 

Salah satu penyebab proses pembakaran jadi tidak optimal adalah adanya kerak-kerak karbon yang menumpuk di bagian komponen mesin yang terhubung dengan aktivitas pembakaran. 

Layanan Jet Clean dari Dokter Mobil dapat membersihkan komponen-komponen yang berhubungan dengan aktivitas pembakaran pada mobil dari kerak-kerak karbon yang menumpuk. Sehingga proses pembakaran pada mesin mobil jadi lancar dan mobil pun dapat lolos dari uji emisi. 

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Layanan Jet Clean di Dokter Mobil hadir dalam dua varian, yakni Jet Clean Performance dan Jet Clean Ultimate. Kedua varian Jet Clean ini sama-sama membersihkan bagian komponen-komponen mesin yang berhubungan dalam aktivitas pembakaran, mulai dari piston, throttle body, air intake, injector, valve, catalyctic converter, EGR (pada mobil bermesin diesel), serta komponen-komponen lainnya. Namun yang membedakan adalah Jet Clean Ultimate menyediakan layanan setting ECU agar pengaturannya sesuai dengan standar pengaturan ECU seperti sedia kala. 

Tertarik coba layanan Jet Clean agar entaskan faktor-faktor penyebab mobil tidak lolos uji emisi? Lakukan reservasi Jet Clean di Dokter Mobil sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan Jet Clean hingga diskon-diskon menarik yang ada di Dokter Mobil. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda untuk datang dan coba langsung kehebatan layanan Jet Clean. 

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Demikian informasi seputar penyebab uji emisi mobil tidak lolos hingga kiat efektif untuk mengatasinya, melalui layanan Jet Clean di Dokter Mobil. Uji emisi ini penting untuk dilakukan guna meminimalisir dampak-dampak negatif terhadap lingkungan. Karena kesadaran akan lingkungan sekecil apapun, nyatanya dapat berdampak positif pada lingkungan di masa yang akan datang.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8765

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya