📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Tips dan Trik Lolos Uji Emisi , Lakukan Dengan Hal Ini!

lolos uji emisi

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Uji Emisi itu adalah suatu uji yang dilakukan pada kendaraan bermotor, yang mana tujuannya yaitu mengurangi gas rumah kaca atau berbagai polutan berbahaya lainnya yang dihasilkan dari mesin kendaraan. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa uji ini adalah salah satu strategi terbaik untuk mengatasi polusi udara di berbagai kota.

Di DKI Jakarta sendiri, uji emisi kendaraan ini sebenarnya sudah diatur sejak lama dalam Perda No. 2/2005 yang berisi tentang batas emisi gas buang kendaaraan sebagai salah satu upaya pengendalian pencemaran udara (di pasal 19). Berbagai kota pun juga mulai menerapkan uji emisi ini demi lingkungan kota yang lebih sehat dan bebas polusi udara berbahaya.

Nah, bagaimana konsep uji emisi itu dan bagaimana caranya agar kendaraan Anda, khususnya mobil, bisa lolos dari segala pengujian gas buang kendaraan yang telah ditetapkan oleh pihak berwenang? Simaklah informasi selengkapnya mengenai uji emisi di blog ini.

Mengenal Uji Emisi

lolos uji emisi

Uji emisi adalah suatu pengujian untuk kendaraan bermotor, khususnya mobil Anda, yang ditujukan untuk mengurangi polutan berbahaya dan juga gas rumah kaca dari mesin kendaraan. Umumnya, pengujian ini dilakukan dengan memasangkan suatu alat yang dapat mendeteksi gas di bagian kendaraan, dengan catatan kendaraan harus dalam kondisi hidup, kecuali alat-alat elektronik di sana (radio, lampu, atau pendingin udara).

Uji ini dilakukan selama kurang lebih 5 – 7 menit, dan setelah itu kadar pada asap kendaraan akan dicatat, mulai dari kandungan hidrokarbon, karbon monoksida (CO), karbon dioksida (CO2), nitrogen oksida (NO), dan tentu saja oksigen (O2). Nantinya, jika kendaraan Anda lulus uji ini, Anda akan diberikan sertifikat lulus pengujian emisi, dan Anda dapat kembali mengendarai kendaraan seperti biasa.

Manfaat Uji Emisi

Nah, mengapa setiap kendaraan bermotor harus melakukan uji emisi gas buang? Berikut ini manfaat uji ini bagi kendaraan Anda.

  1. Memberikan informasi sebenarnya mengenai kondisi kendaraan serta efektivitas pembakaran bahan bakar dalam mesinnya, sehingga uji ini akan memperlihatkan apakah kendaraan tersebut dalam keadaan baik dan layak untuk digunakan
  2. Membantu Anda mengurangi polusi udara dari sisa gas buang kendaraan bermotor
  3. Menjadi salah satu bentuk merawat kendaraan Anda sendiri dan juga merawat lingkungan karena dapat memberikan dampak yang baik, apalagi jika Anda menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan tersebut, memiliki bilangan oktan yang tinggi serta kadar sulfur yang rendah.

Pentingnya Uji Emisi

Uji emisi ini diwajibkan bagi seluruh warga yang memiliki kendaraan bermotor. Hal ini diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, terutama pada pasal 206, di mana setiap kendaraan yang menghasilkan emisi harus memenuhi ketentuan baku mutunya, di mana syaratnya kendaraan itu telah dipakai lebih dari 3 tahun, dan hasilnya akan digunakan sebagai dasar pengenaan tarif pajak kendaraan bermotor.

Untuk biayanya sendiri cukup beragam, tergantung lokasinya di mana. Terkadang ada beberapa daerah yang menetapkan uji emisi gratis, ada juga yang berbayar sekitar lebih dari 100 ribu rupiah.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Alat untuk Uji Emisi

  1. Gas Analyzer: alat untuk menguji kendaraan berbahan bakar bensin, di mana terdapat berbagai gas yang akan dianalisis, yaitu karbon monoksida, karbon dioksida, hidrokarbon/HC, oksigen, lambda/AFR. Karbon monoksida mengukur tingkat keborosan bahan bakar yang digunakan, karbon dioksida mengukur tingkat pembakaran yang sempurna dari kendaraan tersebut, hidrokarbon mengukur seberapa besarnya bensin yang dibuang dapat menghasilkan energi.
  2. Opacity Smoke Meter: alat untuk mengukur kendaraan berbahan bakar diesel, kepekatan asap yang dikeluarkan oleh knalpot

Tips dan Trik Lolos Uji Emisi

Nah, bagaimana sih caranya agar kendaraan Anda dapat melawati serangkaian uji emisi dengan baik, terkhusus bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi?

  1. Lakukan servis secara berkala secara disiplin, meliputi penggantian pelumas, tune-up, membersihkan beberapa komponen mesin dari mobil Anda. Jika Anda melakukan hal yang demikian, kondisi mesin Anda akan selalu terjaga dengan baik, sehingga kinerja mesin kendaraan akan semakin optimal, serta dapat meminimalkan dan mengefisiensikan emisi gas buang kendaraan Anda.
  2. Lakukan carbon cleaning, karena wajar jika kendaraan Anda menghasilkan berbagai tumpukan karbon dalam penggunaannya. Nah, lapisan karbon ini dapat merugikan mesin Anda, dan juga menyebabkan kendaraan itu tidak lolos uji emisi gas buang. Jadi, terkhusus bagi kendaraan yang telah dipakai selama 5 tahun lamanya, Anda harus melakukan pembersihan karbon demi kendaraan yang lebih optimal, minimal sekali dalam satu tahun.
  3. Periksa beberapa bagian kendaraan Anda, seperti saluran masuk bahan bakar dan filter udara yang akan memengaruhi angka hidrokarbon, kemudian juga di sistem pendingin, pelumas mesin, busi dan koil kendaraan yang akan memengaruhi kadar karbon monoksida
  4. Gunakan bahan bakar yang sesuai dengan kendaraan Anda, misalnya yang resmi dari SPBU Pertamina dengan kualitas terbaik hingga menghsasilkan pembakaran yang sempurna.
  5. Lakukan pengecekan pada saluran gas buang/knalpot. Di mana knalpot ini dapat menentukan performa mesin serta efisiensi dan kadar emisi gas buang kendaraan Anda. Seiring lamanya pemakaian kendaraan Anda, pipa knalpot ini sangat rentan untuk mengalami kebocoran dan kekeroposan. Jadi, jika sudah bocor, maka tekanan pada sirkulasi gas buang akan berkurang sehingga dapat mengganggu performa kerja mesin dan pemborosan bahan bakar. Sarannya yaitu cek kembali kondisi knalpot Anda, dan jika mengalami kebocoran segera lakukan perbaikan, serta cek juga catalytic converter sebagai penyaring gas berbahaya.
  6. Hindari melakukan modifikasi pada kendaraan Anda, karena dapat membahayakan Anda dan juga mengurangi kenyamanan Anda dalam berkendara. Pastikan kondisi kendaraan Anda seperti layaknya buatan pabrik yang semestinya dan seaslinya.

Ingin Lolos Uji Emisi? Dokter Mobil Aja!

Saat ini, berkaitan dengan kesehatan mobil yang juga harus dijaga layaknya kesehatan Anda pribadi, Dokter Mobil menyediakan pelayanan checkup kendaraan mobil secara umum (general checkup), dan kabarnya, pelayanan ini dapat Anda manfaatkan secara gratis, lho!

Tidak hanya itu saja, berkaitan dengan uji emisi, Bengkel mobil terdekat Dokter Mobil siap membantu Anda hingga kendaraan Anda dinyatakan layak untuk digunakan dan lolos uji emisi, karena terdapat pelayanan tune-up mobil dan juga remap.

Dengan adanya fitur tune up, di mana kerak karbon akan dibersihkan demi menghasilkan proses pembakaran yang sempurna, performa mobil Anda akan kembali seperti layaknya Anda baru saja membeli mobil keluaran terbaru, serta Anda akan merasakan sensasi tersendiri saat berkendara dengan tenaga yang maksimal namun tidak boros energi. Sedangkan remap dapat mengeluarkan potensi tenaga (horse power) yang ada dalam mobil Anda secara maksimal (100%)

Jangan ragu-lagu lagi, karena Dokter Mobil ini dapat melayani Anda secara cepat dan akurat, selalu menggunakan alat-alat keluaran terbaru alias canggih, dan biaya pelayanannya pun terjangkau. Dokter Mobil ini tersedia di belasan cabang di seluruh Indonesia, lho, jadi terbilang mudah untuk dijangkau dari tempat tinggal Anda, hehe.

Makanya, tunggu apa lagi, buruan manfaatkan promo ini sekarang, dan kunjungi website-nya di https://www.doktermobil.com/, atau dapat mengunjungi bengkelnya secara langsung.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 72345

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *