📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Kenali Gejala Injektor Mobil Kotor dan Perawatannya

pembersihan injektor mobil kotor

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Masalah yang ditimbulkan oleh injektor mobil kotor membuat mesin seperti tersendat saat dinyalakan sehingga mobil terasa bergetar. Injektor bahan bakar memiliki peranan penting dalam sistem pembakaran mesin karena dapat menyuplai bahan bakar ke seluruh komponen mesin mobil. Oleh karena itu injektor mobil harus dalam kondisi yang baik, dan tidak kotor. Injektor mobil kotor dapat menyebabkan mesin kendaraan mengalami berbagai masalah. Mesin yang gagal dinyalakan dapat terjadi ketika udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin tercampur akibat injektor mobil yang kotor sehingga gagal berfungsi sebagaimana mestinya.

Tentunya injektor mobil yang kotor dapat menyebabkan performa mobil semakin buruk misalnya seperti kesulitan menstarter, mobil ngadat, dan masalah lainnya hal ini disebabkan karena injektor mobil yang rusak. Injektor yang rusak disebabkan karena kondisi injektor yang kotor sehingga mengakibatkan mobil tidak dapat beroperasi dengan maksimal. Mengingat hal ini, maka ada baiknya untuk memahami gejala lebih awal terhadap injektor mobil kotor dan cara menanganinya.

Memahami Injektor Mobil

Injektor mobil merupakan komponen penting dalam mobil sebab perannya untuk mengalirkan bahan bakar ke seluruh komponen mesin mobil untuk pembakaran. Sama seperti filter bensin dan pompa, injektor merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan dalam mesin sehingga seluruh komponen memerlukan bahan bakar mobil untuk dapat beroperasi. Di dalam injektor mobil terdapat sensor yang berfungsi sebagai penghubung antara solenoid dengan ECU (Engine Control Unit). Sensor pada injektor akan mengirim sinyal ke ECU untuk kebutuhan bahan bakar ruang mesin, selanjutnya ECU akan mengirimkan sinyal kembali ke sensor untuk menyemprotkan bahan bakar dari ruang silinder sesuai kebutuhan.

Secara umum, cara kerja sistem bahan bakar pada mobil berjalan sebagai berikut melalui komponen-komponen pembakaran berikut:

  • Pompa bensin akan memompa bensin ke bagian injektor mobil.
  • Injektor mobil yang menerima bensin, kemudian mengalirkan bensin ke intake manifold tempat udara dan bensin menyatu.
  • Selanjutnya kombinasi bensin dan udara dikompres pada ruang pembakaran yang menghasilkan reaksi kimia yang dibutuhkan untuk menyalakan mesin.

Jenis Injektor Mobil

Injektor mobil memiliki fungsi utama sebagai komponen penyuplai bahan bakar dan udara ke dalam ruang mesin. Kinerja injektor dipengaruhi oleh sensor yang terletak di dalam injektor. Secara umum, terdapat tiga jenis injektor yang digunakan antara lain:

  • Single point injector

Memiliki satu lubang di ujung injektor. Lubang injektor saat terbuka akan mengeluarkan bensin secara terpusat.

  • Multi point injector

Jenis injektor ini memiliki lubang yang mengelilingi ujung injektor. Bensin yang keluar dari lubang, menyemprot secara menyebar.

  • Gasoline direct injection

Jenis injektor ini memiliki prinsip seperti mesin diesel dan terletak di bagian dalam ruang pembakaran. Jenis injektor ini dibuat agar dapat bertahan pada suhu yang relatif

Gejala Injektor Mobil Kotor

Karena injektor mobil merupakan komponen penting, maka injektor mobil juga harus diperhatikan kondisinya apalagi jika kondisi injektor mobil yang kotor. Injektor mobil kotor dapat mengakibatkan mobil kesulitan menyala dan kemungkinan dapat menyebabkan mobil mengalami kerusakan. Ketahui gejala injektor mobil yang kotor berikut ini:

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Performa mesin mobil berkurang

Injektor mobil kotor dapat mengakibatkan mesin mobil macet dan brebet, jadi kondisi mesin seperti ini perlu diwaspadai. Injektor mobil kotor menyebabkan mesin macet sehingga mobil mendapatkan getaran saat dikendarai.

  • Asap knalpot lebih tebal

Gejala injektor mobil kotor selanjutnya adalah knalpot yang mengeluarkan asap hitam lebih tebal. Kendaraan kini dirancang untuk mengeluarkan gas buang yang tidak berwarna dan tidak pekat, asap yang tidak berwarna juga menunjukkan bahwa pembakaran pada mesin mobil berhasil dilaksanakan dengan sempurna. Artinya, jika asap yang keluar dari knalpot berwarna pekat dapat diduga karena injektor yang terbuka dan kadar udara dalam bensin meningkat. Hal ini tentu saja menyebabkan sistem pembakaran menghasilkan warna hitam yang disertai bau bensin.

  • Mesin mobil sering mati mendadak

Injektor mobil kotor juga dapat menyebabkan mesin sering mati secara mendadak. Hal ini disebabkan karena katup kendaraan yang terbuka dan tertutup secara tiba-tiba. Kondisi katup solenoid yang tertutup cukup berbahaya untuk kendaraan karena dapat menghambat aliran bahan bakar sehingga mesin secara mendadak mati. Meskipun mesin dapat dihidupkan kembali, tetapi hal ini hanya berlangsung beberapa menit.

Baca Juga: Mesin Mobil Mati Mendadak, Kenali Empat Alasan Berikut Ini

  • Jarum speedometer terus bergerak

Injektor mobil kotor dapat membuat pergerakan jarum speedometer tidak stabil sehingga terus bergerak dan tidak dapat diprediksi.

  • Mesin mobil mogok

Terakhir, gejala injektor kotor dan rusak yang paling akut adalah mesin mobil mogok dan tidak bisa dinyalakan. Meskipun hal ini jarang terjadi, tetapi masalah pada injektor mobil yang kotor dapat menyebabkan mesin gagal beroperasi dan tidak mau menyala. Demikian, mesin yang tidak mau menyala tentunya menandakan kerusakan di beberapa bagian komponen mobil termasuk injektor mobil yang kotor.

Membersihkan Injektor Mobil Kotor

pembersihan injektor mobil kotor

Membersihkan injektor mobil dapat dilakukan secara mandiri atau melalui perawatan di bengkel. Namun mengingat komponen injektor merupakan bagian dari komponen penyalur bahan bakar ke ruang pembakaran, yang juga berguna agar mobil dapat melaju, tentu penanganan yang kurang tepat dapat membahayakan kondisi injektor sehingga bisa menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, sebaiknya percayakan permasalahan injektor mobil kotor ini ke bengkel mobil yang sudah kredibel dan terpercaya, salah satunya adalah Dokter Mobil.

Di Dokter Mobil terdapat satu layanan yang berguna untuk membersihkan komponen ruang pembakaran yang kotor akibat kotoran hingga kerak karbon yang menumpuk, yakni Jet Clean. Melalui Jet Clean, komponen ruang akan dibersihkan dengan maksimal hingga kerak karbon yang menumpuk tak tersisa. Selain itu, layanan Jet Clean juga menyediakan pemeriksaan mobil hingga di 32 titik secara GRATIS sehingga Anda bisa lebih memahami jika terdapat komponen yang bermasalah dan dapat mencegah kerusakan lebih lanjut.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Tanda Injektor Mobil Kotor

Injektor mobil yang digunakan dalam waktu cukup lama dapat mengalami gangguan dan penurunan performa kerjanya. Oleh karena itu untuk memastikan tanda injektor masih dalam keadaan cukup baik dapat diketahui dari ciri-ciri berikut seperti:

  • Indikator peringatan mesin

Lampu peringatan khusus yang terpasang pada mobil akan menyala jika terdapat masalah pada mesin mobil, termasuk kondisi injektor yang kotor. Meskipun lampu indikator dapat menyala karena berbagai kerusakan pada mobil, injektor yang bermasalah juga dapat menjadi salah satu penyebab gangguan mesin.

  • Bahan bakar bocor

Masalah pada injektor juga dapat diketahui dari kebocoran bahan bakar, bensin bocor dapat menandakan injektor mobil dalam kondisi kotor dan perlu dibersihkan segera mungkin. Bensin yang bocor dapat tercium dengan kuat saat mesin digunakan untuk berkendara, sehingga hal ini dapat menjadi tanda umum kerusakan pada injektor.

  • Mesin sering bergetar saat dihidupkan

Injektor yang bermasalah terkadang juga menyebabkan getaran pada mobil. Ketika pedal gas yang diinjak akan menyebabkan getaran mobil semakin terasa. Kondisi ini dapat disebabkan karena adanya sumbatan pada injektor yang berasal dari kotoran yang menumpuk di injektor. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan injektor secepat mungkin.

Perawatan Injektor Mobil

pembersihan injektor mobil kotor (2)

  • Menggunakan bahan bakar berkualitas

Kualitas bensin yang digunakan akan mempengaruhi kinerja injektor mobil. Mobil yang menggunakan sistem injeksi tidak dapat menggunakan BBM dengan kualitas rendah karena dapat menyebabkan sumbatan pada lubang injektor.

  • Mengganti filter bbm secara berkala

Filter bensin biasanya lebih diutamakan untuk mesin dieses karena kandungan sulfur pada solar dapat mengendap dan membuat suplai bahan bakar terhambat. Parahnya, jika filter yang kotor dibiarkan terlalu lama kotoran filter akan masuk ke dalam ruang pembakaran.

  • Melakukan servis berkala

Perawatan servis berkala untuk injektor mobil juga diperlukan selain menggunakan bahan bakar berkualitas. Melakukan perawatan akan membuat semua komponen injektor dan komponen lain dalam kondisi yang stabil untuk digunakan. Salah satu perawatan berkala untuk mencegah injektor kotor adalah dengan layanan Jet Clean dari Dokter Mobil, yang akan membersihkan seluruh komponen yang berhubungan dengan ruang pembakaran hingga bersih maksimal dari kerak karbon dan kotoran yang menumpuk serta pemeriksaan kondisi mobil hingga di 32 titik secara GRATIS.

Lakukan reservasi Jet Clean Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp untuk memastikan kebersihan injektor mobil dan komponen yang berhubungan dengan ruang pembakaran dari kerak karbon dan kotoran yang menumpuk. Anda juga bisa mengunjungi langsung cabang Bengkel Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Penutup

Itulah beberapa efek yang dapat disebabkan oleh injektor mobil kotor. Dengan mengetahui tanda-tanda yang muncul karena injektor mobil dalam kondisi kotor maka ada baiknya segera mengecek kondisi dan melakukan perawatan terhadap mobil Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5675

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *