📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Apa Saja Jenis Relay pada Mobil? Berikut Hal Penting Perlu Kamu Ketahui!

jenis relay pada mobil

Apa saja sih jenis-jenis relay pada mobil? Berikut penjelasan lengkapnya yang dapat membantu menjawab rasa penasaran kamu nih!

Sebelum kita memasuki jenis relay, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu relay pada mobil. Relay adalah komponen elektronik yang berfungsi sebagai saklar yang dikendalikan oleh listrik.

Jenis Relay pada Mobil

Relay pada mobil digunakan untuk mengontrol berbagai perangkat elektronik, seperti lampu, kipas radiator, pompa bahan bakar, dan banyak lagi.

Berikut ulasan terkait jenis relay pada mobil yang wajib kamu ketahui, agar tidak salah pilih saat kamu ingin membelinya!

Jenis-Jenis Relay pada Mobil

Relay pada mobil digunakan untuk mengontrol berbagai komponen listrik dalam kendaraan. Berikut beberapa jenis relay yang umum digunakan pada mobil:

  1. Relay Starter (Starter Relay)

Relay ini menghubungkan sumber daya listrik dari baterai ke motor starter untuk menghidupkan mesin mobil.

  1. Relay Lampu Utama (Headlight Relay)

Relay ini digunakan untuk mengendalikan lampu utama kendaraan. Ini dapat membantu mengurangi beban arus listrik pada sakelar lampu sehingga meningkatkan umur lampu.

  1. Relay Pompa Bahan Bakar (Fuel Pump Relay)

Relay ini mengontrol pompa bahan bakar kendaraan. Ketika kunci kontak dinyalakan, relay ini akan aktif dan mengalirkan daya listrik ke pompa bahan bakar untuk memulai aliran bahan bakar ke mesin.

Baca Juga: Apa Itu Relay AC Mobil?

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Relay Kipas Radiator (Radiator Fan Relay)

Relay ini mengatur kipas radiator kendaraan. Ketika suhu mesin mencapai batas tertentu, relay ini akan aktif dan menghidupkan kipas radiator untuk mendinginkan mesin.

  1. Relay Klakson (Horn Relay)

Relay ini mengontrol klakson kendaraan. Saat tombol klakson ditekan, relay ini memungkinkan aliran listrik ke klakson untuk menghasilkan suara klakson.

  1. Relay AC (Air Conditioning Relay)

Relay ini digunakan untuk mengaktifkan sistem pendinginan (AC) dalam kendaraan. Ini mengontrol kompresor AC untuk menghasilkan udara dingin.

  1. Relay Wiper (Wiper Relay)

Relay ini mengendalikan pengoperasian wiper kaca depan atau belakang kendaraan. Ini memungkinkan pengemudi mengendalikan kecepatan dan interval wiper.

  1. Relay Pengunci Pintu (Door Lock Relay)

Relay ini digunakan dalam sistem kunci pintu otomatis pada beberapa mobil. Ini mengontrol penguncian dan pembukaan pintu kendaraan.

  1. Relay Pengapian (Ignition Relay)

Relay ini mengontrol aliran listrik ke sistem pengapian mobil. Ini diperlukan untuk menghidupkan mesin dengan benar.

  1. Relay Sensor Oksigen (Oxygen Sensor Relay)

Relay ini dapat ditemukan pada beberapa kendaraan dengan sistem injeksi bahan bakar yang lebih canggih. Ini membantu mengontrol sensor oksigen untuk mengoptimalkan campuran udara-bahan bakar.

Jenis relay yang digunakan dalam mobil dapat bervariasi tergantung pada model dan tahun pembuatan kendaraan.

Relay ini penting dalam menjaga kinerja sistem listrik mobil dan mengendalikan berbagai komponen penting dalam kendaraan.

Manfaat Relay yang Tepat

Penting untuk memahami berbagai jenis relay pada mobil karena penggunaan relay yang tepat dapat memberikan manfaat besar. Beberapa manfaatnya termasuk:

  1. Efisiensi Energi

Relay yang berfungsi dengan baik mengontrol aliran listrik dengan tepat, menghindari pemborosan energi.

  1. Ketahanan Mesin

Relay kipas radiator dan pompa bahan bakar membantu menjaga suhu mesin dan pasokan bahan bakar yang stabil.

  1. Kenyamanan

Relay lampu dan relay starter membuat pengemudi lebih nyaman dan aman saat berkendara di malam hari.

Demikian tadi jenis-jenis relay pada mobil yang dapat menjawab rasa penasaran kamu. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk kamu ya!

jenis relay pada mobil

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Kapan Harus Servis Radiator Mobil

Kapan Harus Servis Radiator Mobil

Radiator adalah komponen penting dalam sistem pendingin mobil yang berfungsi untuk mengatur suhu mesin agar tetap pada tingkat yang optimal. Seperti halnya komponen lainnya, radiator

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form