📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda

Ciri kipas  radiator lemah

Jika Anda memiliki kendaraan mobil, pasti Anda tidak asing lagi dengan kipas radiator. Komponen ini merupakan salah satu dari komponen penting yang memiliki peranan di mana komponen ini mengalirkan udara masuk ke mesin kendaraan melalui kisi-kisi pada radiator. Namun kipas radiator ini akan melemah, lalu apa sajakah Ciri kipas radiator lemah?

Sistem pendingin atau biasa juga disebut cooling system adalah komponen yang sangat diperlukan sebuah kendaraan. Hal ini karena mesin pendingin memiliki peranan untuk menjaga suhu dari mesin agar tidak mengalami overheat atau kenaikan suhu yang menyebabkan mesin menjadi panas. Salah satu komponen dari mesin pendingin adalah kipas radiator.

Ketika Anda akan melakukan perjalanan jauh misalnya perjalanan mudik ke luar kota, pasti hal yang tidak terlewatkan adalah memastikan keadaan mesin mobil tetap dalam kondisi baik dan salah satu dari pengecekan yang tidak boleh untuk Anda lewatkan adalah mengecek komponen pendingin mesin. Untuk mobil jaman dulu, mesin masih menggunakan kipas radiator yang terhubung pada pulley mesin menggunakan V belt, tetapi untuk mobil modern kini kipas radiator sudah digerakan oleh motor listrik. Kipas elektrik akan membuat tenaga mesin menjadi efisien juga semakin bagus dan semakin hemat bahan bakar.

Pengertian Kipas Radiator

Ciri kipas  radiator lemah

Peranan dari kipas radiator ini adalah untuk memberikan aliran udara masuk ke mesin melewati kisi kisi yang ada pada radiator. Udara yang dialirkan ke mesin ini sangat bermanfaat saat mobil dalam keadaan berhenti.

Komponen ini memiliki dua jenis, yaitu elektronik fan dan manual fan. Untuk manual fan, kipas digerakkan oleh motor listrik. Sementara, elektrik fan dibuat untuk menggantikan peran dari kipas konvensional di mana kipas ini masih  digerakkan oleh puly. Tujuan dari pergantian kipas konvensional ke eletrik fan adalah agar mobil Anda dapat berkerja secara efisien dan ekonomis untuk bahan bakarnya.

Ciri Kipas  Radiator Lemah

Ciri kipas radiator lemah akan ditandai dengan hembusan dari angin pada kipas akan melemah yang nantinya akan memberikan beberapa efek, antara lain

Mesin overheat

Ciri kipas radiator lemah Overheat atau kenaikan suhu pada mesin ini bisa terjadi karena mesin yang tidak mampu mengurangi suhu dari mesin yang terus meningkat. Hal ini terjadi karena aliran udara dari kipas yang lemah sehingga menyebabkan proses pendinginan pada radiator akan berjalan lambat. Pendinginan yang berjalan lama dan suhu pada mesin yang terus meningkat ketika mesin hidup ini akan menyebabkan mesin mengalami terjadinya overheat. Tentu, tidak berkerjanya secara maksimal radiator kipas ini akan menganggu keseluruhan sistem pendingin mesin.

Lalu Ciri kipas radiator lemah, apa akibat dan apa yang akan terjadi kalau mesin terlalu panas? Hal yang paling parah adalah overheat mesin akan menyebabkan internal pada mesin menjadi melengkung. Umumnya, korban dari komponen pertama yang akan kena adalah kepala silinder ketika mobil mengalami suhu panas yang berlebih. Suhu panas yang begitu tinggi ini akan membuat kepala silinder melengkung dan juga akan menyebabkan pembakaran mesin menjadi tidak sempurna.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Ciri kipas radiator lemah akan membuat mobil menjadi tidak ada tenaga. Gejala overheat sendiri bisa Anda pantai melalui indikator suhu mesin pada cluster instrument dashboard. Biasanya, jarum dari indikator akan melebihi setengah dan menuju H. Jika pada mobil dengan mesin modern, akan muncul indikator temperatur yang berwarna merah.

Kalau Ciri kipas radiator lemah ini muncul maka Anda jangan pernah sekalipun mencoba untuk membuka tutup radiator ketika dalam keadaan panas, tunggulah ketika mesin mobil sudah dingin sekitar satu jam.

Dibaca Juga: 5 Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar dan Solusinya

Mesin yang Terdengar Ngelitik atau Engine Knocking

Ciri kipas radiator lemah Ini adalah kondisi saat di mana ada sebuah bunyi ketukan ketika mesin sedang hidup. Dalam bahasa teknik, hal ini bisa disebut dengan engine knocking. Engine knocking sendiri bisa terjadi karena adanya pre ignition. Pre ignition ini bisa terjadi karena suhu pada mesin yang terlalu tinggi. Karena suhu pada mesin yang terlalu tinggi ini dapat menyebabkan pembakaran dini yang bisa menimbulkan suara ngelitik atau ketukan.

AC yang terasa kurang dingin

Kipas radiator juga memiliki peranan sebagai komponen untuk mendinginkan kondensor AC mobil. Jika hembusan pada kipas radiator bekerja lambat, hal ini akan memengaruhi suhu freon ketika didinginkan. Ciri radiator lemah adalah hembusan kipasnya lemah sehingga hal ini akan membuat hembusan dari AC juga tidak akan terasa dingin meski Anda sudah melakukan setelan suhu AC ke set paling dingin.

Kalau sampai kondisi Ciri kipas radiator lemah tidak terdeteksi oleh Anda, hal ini bisa menyebabkan mesin mobil akan mengalami overheat yang menyebabkan piston akan otomatis terkunci di dalam silinder karena terjadi sebuah pemuaian yang sudah melebihi dari diameter silinder itu sendiri.

Tentu untuk menghindari hal Ciri kipas radiator lemah tersebut, Ands harus melakukan pengecekan sejak awal. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan terlebih jika Anda akan melakukan perjalanan ke luar kota. Hal yang dapat Anda lakukan, yaitu:

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menghidupkan mobil dan hidupkan AC pada kondisi suhu yang hangat lalu keluar dan bukalah kap mesin. Saat dalam kondisi seperti ini, kipas radiator akan hidup dalam interval tertentu, akan tetapi aliran udara yang dikeluarkan oleh radiator tidak akan kencang dan justru lemah. Biasanya juga kipas radiator tidak selalu hidup. Lalu Anda bisa putar suhu AC ke paling atas atau paling dingin, dan amatilah kinerja dari kipas.

Untuk dapat mengetahui bagaimana hembusan dari hembusan kipas memang tidak bisa Anda lakukan sendiri karena sifatnya yang relatif. Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, Anda harus biasa melakukan pengecekan seperti ini agar ketika kipas memiliki hembusan yang lemah, Anda bisa tahu bahwa hembusan kipas tidak sekencang biasanya.

Cek bunyi saat kipas berputar

Terkadang, Anda akan mendengar kipas Anda suka berbunyi. Bunyi yang ditimbulkan ini bisa disebabkan karena poros dari kipas yang sudah aus atau karena baling baling dari kipas yang menyentuh bagian frame kipas. Umunya, bunyi dari kipas yang normal akan terdengar halus layaknya motor listrik yang berputar. Ketika Anda mendengar bunyi disertai dengan bunyi gesekan maka bisa dipastikan kipas dari radiator dalam mobil Anda sudah mengalami masalah.

Jika hal itu sudah terjadi maka segera cek ke bengkel mobil terdekat dokter mobil untuk melakukan perbaikan.

Lakukan pengecekan rangkaian kelistrikan kipas yang juga tidak kalah penting

Selain menyerang dari segi kipasnya secara langsung, masalah ini juga dapat menyerang ke rangkaian kelistrikan pada kipas. Tetapi untuk masalah yang satu ini Anda dapat melakukan pengecekan sendiri dengan cara melihat fuse atau sekering pada kotak sekering. Biasanya ada beberapa mobil yang memiliki tiga sekering untuk satu kipasnya. Anda harus memastikan jika semua sekering kipas dalam keadaan yang saling terhubung dan juga masih bagus.

penutup

Tentunya untuk mengatasi ciri kipas radiator lemah Anda bisa mengantisipasinya dengan melakukan perawatan secara rutin ke bengkel dokter mobil agar bisa membuat kondisi kipas pendingin atau radiator mobil Anda bisa menjadi lebih awet. Kunjungi artikel lainnya di blogs ini agar terus update informasi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5122

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? 🔧 Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu 💸 hubungi CS sekarang! 👇👇👇👇👇