📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

9 Penyebab Kipas Radiator Mobil Nyala Terus

Penyebab Kipas Radiator Mobil Nyala Terus

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penyebab kipas radiator mobil nyala terus ini ada beberapa sebab yang kadangkala tidak disadari oleh pemilik mobil. Kondisi ini bukanlah suatu hal yang normal dan membuat mobil kurang nyaman dikendarai.

Setiap mobil memiliki mesin yang berbeda sesuai kualitas mobil. Dalam setiap mobil, untuk membantu fungsi mobil berjalan maksimal, diberikan kipas radiator pada setiap mobil.

Kipas radiator merupakan salah satu komponen pada mobil yang akan ikut menyala saat mesin mobil juga dinyalakan. Kipas radiator ini sebagai fungsi pendingin dalam mobil yang akan berputar mendinginkan mesin.

Beberapa Penyebab Kipas Radiator Mobil Nyala Terus

Penyebab Kipas Radiator Mobil Nyala Terus

Saat mesin dimatikan, kipas radiator akan kembali mati. Namun di beberapa kasus, kipas radiator justru tidak bisa berhenti berputar karena masalah pada mesin. Maka dari itu penting sekali untuk mengerti penyebab kipas radiator mobil nyala terus.

  1. Sudah Bawaan Pabrik

Penyebab kipas radiator mobil nyala terus yang pertama adalah mesin bawaan pabrik. Beberapa pabrik mobil menyediakan kipas radiator yang didesain agar bisa terus menyala. Pada mobil seperti visco fan radiator, kipas radiator akan terus berputar mengikuti arah mesin. Beberapa mobil seperti Toyota hilux diesel, isuzu, dan berbagai tipe kijang merupakan pemilik desain ini.

  1. AC Nyala

Jangan kaget ketika anda menyalakan AC, kipas radiator mobil akan ikut menyala. Kipas radiator dengan model ini ditemukan juga pada kendaraan dengan cooling fan elektrik.

Kipas bertujuan untuk memberikan pendinginan pada kondensor ac agar mesin tidak mudah panas sehingga ac dalam mobil bisa terjaga dinginnya. Tipe mobil yang akan menyalakan kipas radiator saat ac menyala contohnya adalah Avanza.

  1. Kondisi Tidak Normal

Penyebab kipas radiator mobil nyala terus selanjutnya karena kondisi mobil yang sudah tidak normal. Keadaan tidak normal ini seperti mesin kekurangan air radiator yang mungkin saja berkurang hingga mencapai sisa 1/3 bagian radiator.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Baca Juga : 5 Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak

Jika hal ini terjadi, maka mesin akan mengalami panas berlebih pada silinder headnya dan memicu sensor suhu agar menyalakan kipas radiator mobil. Dengan kurangnya cairan pada radiator, maka kipas radiator akan terus menerus nyala dan dengan keadaan mesin yang juga semakin tinggi dan panas sehingga kipas radiator tidak terlalu bisa memberikan efek maksimal pada pendinginan.

  1. Rpm Rendah

Rpm akan menjadi rendah ketika mesin dibiarkan berputar idle dengan durasi yang lama. Hal ini adalah penyebab kipas radiator mobil nyala terus dan membuat suhu mesin sangat tinggi hingga 96 derajat celcius. Selain itu, keadaan kabel atau soket yang mungkin rusak terlepas pada sensor suhu cairan pendingin mesin seperti pada Toyota yaris yang akan menyalakan kipas pendingin saat soket sensor suhu dilepaskan.

  1. WTS yang Rusak

WTS adalah Water Temperature Sensor. Penyebab bisa jadi dikarenakan adanya short circuit atau korsleting. Efek dari rusaknya WTS ini adalah nilai dari tahanan WTS akan tetap 0 dan tidak berubah sehingga arus listrik terus mengalir kearah ECU. Akhirnya ECU ini mengira jika keadaan air pendingin sedang panas sehingga ECU secara otomatis langsung mengaktifkan kipas radiator pada mobil.

  1. Refrigerant Pressure Sensor

Penyebab lain yang juga jarang disadari pengendara adalah rusaknya refrigerant pressure sensor. Dalam kondisi seharusnya, saat AC tidak dinyalakan, kipas radiator akan mengikuti kondisi pendingin mesin. Namun apabila refrigerant pressure sensor mengalami kerusakan, maka ECU akan sulit menerima sinyal dan mengira mesin terus panas sehingga mengaktifkan kipas radiator secara terus menerus.

  1. Fan Control Unit Rusak

Penyebab kipas radiator mobil nyala terus juga dikarenakan fan control yang rusak. Padahal fan control unit ini berfungsi untuk mengatur kecepatan putaran pada kipas radiator sesuai yang dibutuhkan mesin. Namun beberapa mobil masa kini juga sudah banyak mobil yang tidak menggunakan fan control unit, jika mobil anda salah satunya, maka penyebab kipas radiator terus menyala ini bisa dihindari.

  1. Relay Fan Radiator yang Rusak

Masalah pada relay fan radiator yang rusak dapat menyebabkan kipas radiator terus menyala. Relay fan radiator merupakan saklar elektrik yang bekerja secara elektromagnetik sesuai arus input pada bagian kumparan mesin. Kerusakan pada saklar elektrik ini bisa terjadi karena korsleting ataupun karena pemakaian yang sudah terlalu usang sehingga menyebabkan ketidaknyamanan dalam penggunaannya.

  1. Waktunya Service

Penyebab kipas radiator mobil nyala terus selanjutnya adalah karena performa mesin mobil yang menurun. Ini menandakan jika sudah waktunya bagi mobil untuk mendapatkan perawatan. Untuk service dilakukan dengan memeriksa berbagai kondisi mesin mobil sehingga dapat diketahui masalah pada mobil. Mobil yang tidak dirawat dengan lama maka mesin akan mengalami usang dan mungkin menyebabkan error pada kipas radiator mobil sehingga kipas terus menyala.

Efek Kipas Radiator Mobil Terus Menyala

Selain mengetahui penyebab kipas radiator mobil nyala terus, pengendara juga harus mengetahui apa efek dari terus nyalanya kipas radiator. Tentunya efek yang diberikan bukanlah efek yang baik karena menyalahi dari keadaan normal mobil.

  1. Aki Cepat Habis

Efek pertama dari penyebab kipas radiator mobil nyala terus adalah aki mobil yang akan cepat habis. Dengan habisnya aki maka sistem kelistrikan pada mobil akan bermasalah dan tidak sempurna bahkan akan membuat tidak nyaman saat dikendarai dan mengganggu aktivitas saat bepergian.

  1. Mesin Boros

Karena kipas radiator terus berputar, maka mesinpun akan menjadi boros dan cepat rusak. Selain itu, mesin boros ini akan membuat bahan bakar juga menjadi boros sehingga tarikan juga semakin tidak nyaman. Semakin boros mesin maka tarikan mesin akan semakin kasar.

  1. Perjalanan Tidak Nyaman

Dengan keadaan penyebab kipas radiator mobil nyala terus, perjalanan jadi tidak nyaman dan menjadi terganggu pada berbagai mesinnya. Saat berkendarapun jadi ada rasa was-was dan tidak leluasa.

Nah setelah mengetahui penyebab beserta efeknya, anda harus segera melakukan pengecekan berkala seperti tune up pada kondisi mesin melalui bengkel Dokter Mobil.

Mengecek Penyebab Kipas Radiator Nyala Terus Kenapa harus Dokter Mobil?

Di bengkel Dokter Mobil bukan hanya akan membantu anda dalam menemukan penyebab kipas radiator mobil nyala terus, melainkan juga memberikan fasilitas check gratis secara general untuk mobil anda atau free general check up mobil.

Layanan ini merupakan gratis dan jarang ditemukan pada bengkel mobil lainnya. Hal ini tentu akan membuat anda sangat terbantu untuk mengetahui keadaan mobil anda. Testimoni sevice pada Dokter Mobil juga sangat memuaskan dengan pelayanan yang ramah dan berkualitas.

Baca Juga : Apa itu Fungsi Pompa Oli Pada Mobil dan Bagaimana Dokter Mobil dapat Menjadi Pilihan Anda

Nah tunggu apa lagi, ayo segera cek mobil anda ke Dokter Mobil dan ketahui apa penyebab kipas radiator mobil nyala terus pada mobil anda. Sudah terbukti dengan beberapa pelanggan-pelanggan yang sudah service mobilnya di Dokter Mobil. Bahkan banyak juga artis-artis yang mempercayai.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *