Fungsi Pompa Oli

Apa itu Fungsi Pompa Oli Pada Mobil dan Bagaimana Dokter Mobil dapat Menjadi Pilihan Anda

Dalam kesempatan kali ini sesuai judul, kita akan membahas tentang Fungsi Pompa Oli Pada Mobil yang tentunya akan sangat menarik untuk di simak

Dokter mobil merupakan bengkel mendapat sertifikat standarisasi oleh ISO 9001:2015 Quality Management System sehingga telah terpercaya dan teruji kehebatannya.

Kami merupakan bengkel yang memiliki 70% tenaga mesin dan 30% tenaga ahli di bidangnya yang terus berfokus dalam memajukan dunia otomotif yang ada di Indonesia.

Dokter mobil telah menyediakan garansi-garansi yang terjamin sehingga mobil Anda siap kami perbaiki hingga beres.

Kami siap melayani dan menjamin pelayanan kami secara akurasi dan cepat. Kami ahli dalam bidang AC Mobil dan Tune Up yang telah terbukti dan teruji.

Fungsi Pompa Oli Pada Mobil Di Dalam Sistem Pelumasan Mesin Mobil Anda

Fungsi Pompa Oli

Pompa oli adalah salah satu komponen kunci dari sistem pelumasan mesin mobil. Pompa oli memberikan tekanan pada oli mesin dan bertanggung jawab untuk mensirkulasikan oli ke seluruh sistem pelumasan mesin begitulah Fungsi Pompa Oli Pada Mobil . Pompa oli menarik oli mesin dari reservoir oli yang dipompa (crankcase oli) untuk memberi tekanan pada oli mesin disaluran sistem pelumasan.

Tekanan pada oli akhirnya menggerakkan oli mesin ke seluruh sistem pelumasan dan melumasi komponen mesin. Setelah pelumasan, oli mesin turun dan dikembalikan ke wadah oli untuk resirkulasi

Jenis Dan Komponen Pompa Oli dibagi menjadi beberapa bagian simak ulasan berikut:

  1. Pompa oli tipe trochoid

Pompa oli tipe trochoid terdiri dari dua komponen utama, yaitu rotor dalam dan rotor luar.   Dua buah rotor dipasang pada casing dengan dua lubang, yaitu saluran masuk dan lubang keluar.

Jumlah gigi pada rotor dalam memiliki jumlah yang sama dengan jumlah gigi pada rotor luar yang dikurangi satu.  Kedua rotor ini dipasang tidak terpusat pada casing.  Rotasi rotor dalam menyebabkan rotor luar berputar ke arah yang sama.

Karena rotor dalam memiliki lebih sedikit gigi daripada rotor luar, maka terbentuklah ruang yang menyedot oli melalui lubang masuk dan mendorongnya ke lubang keluar. Saat rotor berputar, volume ruang berubah, menyebabkan oli terpompa.

  1. Pompa oli dengan roda gigi internal

Fungsi Pompa Oli Pada Mobil terdapat jenis pompa oli roda gigi ini mirip dengan jenis pompa trochoid. Ada roda gigi internal dan roda gigi eksternal, tetapi yang membedakannya adalah jarak antara roda giginya.  Kehadiran pembatas ruang meningkatkan tekanan dan volume oli.  Akibatnya, tekanan yang dihasilkan pun menjadi lebih besar.

Roda gigi internal terhubung langsung dengan poros engkol mesin, sehingga roda gigi internal akan berputar dengan putaran poros engkol. Dan saat yang sama, roda gigi eksternal akan berputar ke arah yang sama dengan roda gigi internal.  Tipe ini memiliki struktur sederhana dan kinerja yang andal.

  1. Pompa oli tipe roda gigi eksternal

Fungsi Pompa Oli tipe ini  juga mempunyai roda gigi  dan roda gigi penggerak tetapi roda gigi ini tidak terletak pada roda gigi lain. Setiap roda gigi mempunyai bentuk  hampir sama dan dipasangkan sejajar  roda gigi lain.

Ketika roda gigi penggerak berputar, begitu juga roda gigi digerakkan. Dan saat yang sama ketika roda gigi penggerak dan roda penggerak berputar, efek mengisap oli dari lubang masuk dan mengirim oli ke lubang keluar juga terjadi secara bersamaan.

Bagaimana Cara Kerja Pompa Oli Pada Mobil ?

Dalam Fungsi Pompa Oli Pada Mobil Telah  disebutkan sebelumnya dalam Jenis dan Komponen-komponen dari  Pompa Oli dan  pompa oli mempunyai dua roda gigi dan terdapat  penutup dengan lubang inlet dan outlet.   Gear penggerak juga dipasang pada poros engkol, camshaft, dipasang pada timing belt sebagai poros penggeraknya.

Ketika mesin hidup dan berputar maka roda gigi penggerak juga ikut berputar dan roda gigi yang digerakkan juga akan ikut berputar. Perputaran roda gigi penggerak dan roda gigi penggerak menyebabkan oli tersedot ke dalam pompa melalui lubang pemasukan oli dan menimbulkan tekanan melalui lubang outlet oli.

Sebelum oli masuk ke dalam pompa oli maka oli mengalir melalui filter di panci oli yang disebut filter. Filter mencegah potongan besar kotoran tersedot ke dalam pompa.

Dengan demikian Fungsi Pompa Oli Pada Mobil dapat dilihat dari oli mesin yang masuk ke pompa oli akan dibersihkan dari puing-puing kasar. Filter oli akan mencegah kerusakan pada pompa oli. Oli mesin kemudian bersirkulasi melalui sistem pelumasan mesin untuk melumasi seluruh komponen mesin yang beroperasi.

Dibaca Juga: Penyebab Oli Rembes dari Blok Mesin Mobil dan Solusinya

Kelebihan  Bengkel dari Dokter Mobil Untuk Service Mobil Anda Yang Terjamin

Setelah Anda mengetahui apa pengertian dari Fungsi Pompa Oli, jenis,  dan cara kerjanya dari sistem Suspensi mobil maka baiknya anda mengetahui bengkel mana yang terbaik yang menjadi pilihan Anda untuk service mobil, maka hanya bengkel mobil terdekat dari DOKTER MOBIL saja yang memiliki kelebihan dan bengkel mobil yang terpercaya karena memiliki banyak kelebihan antara lain:

Memiliki Banyak Teknisi Yang  Terlatih

DOKTER MOBIL memiliki tenaga teknisi mobil yang telah  terlatih dan  orang-orang yang mengetahui berbagai komponen mobil yang bermasalah dan cara memperbaikinya dalam membahas Fungsi Pompa Oli Pada Mobil.  Sehingga untuk memperbaiki mobil Anda maka Anda harus memastikan teknisi tersebut  berpengalaman di bidangnya.

DOKTER MOBIL juga sudah mempunyai  pengalaman dan dapat memberikan solusi masalah mobil yang dihadapi  costumer.  Dan Anda tidak perlu khawatir dan Anda dapat  merasa aman jika akan dilakukan tindakan kepada mobil kesayangan Anda.

Memiliki Teknologi Yang Sudah  Canggih

Fungsi Pompa Oli Dokter Mobil di blog juga sudah memiliki teknologi canggih yang aman dan terpercaya. Karena teknologi canggih merupakan syarat utama bengkel untuk menghasilkan service yang memuaskan bagi para costumer kami. Dengan kecanggihan teknologi maka dapat meminimalkan waktu dan risiko menjadi lebih kecil.

 Bahkan dengan teknologi mesin yang canggih yang kami miliki  maka teknisi dan mekanik dapat bekerja lebih cepat, Sehingga  DOKTER MOBIL adalah piihan bengkel yang memiliki teknologi yang canggih.

Biaya Yang Lebih Terjangkau

DOKTER MOBIL hadir dengan harga yang terjangkau bagi Anda dan  selama Anda dapat menjamin reputasi dan layanannya, murah bukan berarti tidak berkualitas.

Sehingga kelebihan DOKTER MOBIL adalah  bengkel mobil yang mampu menawarkan harga yang terjangkau.  Tentu saja, ini memudahkan untuk menetapkan atau memperbaiki suku cadang mobil lain jika juga rusak

Sertifikasi dan garansi

Akreditasi menunjukkan bahwa bengkel layak dikunjungi dan akan memberikan perbaikan sesuai prosedur standar. Jangan lupa untuk meminta perbaikan garansi yang mereka tawarkan kepada Anda juga. Dokter mobil merupakan bengkel mendapat sertifikat standarisasi oleh ISO 9001:2015 Quality Management System sehingga telah terpercaya dan teruji kehebatannya.

Setelah mengetahui apa itu Fungsi Pompa Oli Pada Mobil  khususnya pompa oli dan betapa pentingnya untuk mobil kesayangan Anda, ada baiknya Anda merawat mobil sendiri dan bagaimana memanfaatkannya secara maksimal. Saya harap Anda mengerti.

Sekarang dokter mobil telah memiliki jumlah cabang sebesar 17 yang telah tersebar di kota-kota besar yakni Surabaya, Jabodetabek, Cirebon, Makasar, Bandung, dan kami akan terus membuka cabang untuk membantu Anda dalam service mobil yang handal.

Jadi, tunggu apa lagi? Jangan ragu untuk membawa mobil Anda ke Dokter Mobil untuk mendapatkan pengalaman service mobil yang luar  biasa, semoga dalam pembahasan kita dalam Fungsi Pompa Oli Pada Mobil diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda para pecinta mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4123

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Simaklah Cara Membersihkan Filter AC Mobil Agar AC Tidak Bau
Manfaat Cuci AC Mobil Untuk Kenyamanan Anda Saat Berkendara
Jadwal Cuci AC Mobil Kesayangan Anda
Memilih Oli Mobil Sport Terbaik
Kualitas Oli Mobil Jepang Terbaik