📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

7 Tips Tingkatkan Performa Mobil, Bikin Akselerasi Makin Melesat

Performa mobil bisa terlihat perbedaannya dari umur sebuah mobil. Mobil baru jelas memiliki kualitas yang cukup bagus dibandingkan dengan mobil lama. Mobil baru memiliki kualitas dan juga akselerasi yang tentunya jauh lebih tangguh dibandingkan dengan mobil yang sudah lama. Dalam pembawaannya pun juga terasa berbeda dan lebih nyaman, tetapi meskipun begitu akselerasi juga performa mobil juga akan tetap berkurang seiring dengan berjalannya waktu.

Sama seperti manusia, dimana kekuatan dan juga anggota tubuh manusia akan mulai melemah seiring dengan bertambahnya usia. Hal itu juga terjadi pada mobil dan mesin-mesinnya. Seperti pikiran dan tubuh manusia, mesin mobil apabila terus menerus digunakan dalam waktu yang lama dan tanpa diberikan istirahat, maka mesin tersebut bisa rusak dan kekuatan mobil tersebut juga akan menjadi berkurang. Oleh karenanya, sangat penting untuk menjaga performa dari mobil yang Anda gunakan.

Bagaimana caranya? Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan.

7 Tips Tingkatkan Performa Mobil

7 Tips Tingkatkan Performa Mobil

  • Memiliki Bahan Bakar yang Sesuai Untuk Menjaga Performa Mobil

Setiap kendaraan bermesin pastinya membutuhkan sebuah bahan bakar untuk bisa berjalan. Bahan bakar yang ada di dalam mesin kendaraan ini nantinya akan diproses oleh mesin untuk melajukannya dalam kecepatan tertentu. Setiap jenis kendaraan memiliki jenisnya sendiri, begitu pula dengan bahan bakar yang digunakan. Setiap mobil akan menggunakan baham bakar yang berbeda tergantung jenisnya, contohnya adalah mobil Ford yang menggunakan Pertamax dan juga mobil kijang yang menggunakan solar sebagai bahan bakarnya.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bahan bakar apa yang sesuai dengan mesin mobil Anda. Dengan Anda mengisi bahan bakar kendaraan sesuai dengan bahan bakar yang dibutuhkan dan disarankan maka bisa dipastikan bahwa performa mesin mobil Anda akan menjadi lebih awet dan Salah satu bahan bakar yang memiliki kandungan oktan tinggi dan dikatakan berkualitas adalah Pertamax. Tetapi bahan bakar ini memiliki harga yang cukup tinggi, sehingga apabila Anda tidak punya budget yang cukup karena masih berstatus pelajar, Anda bisa menggunakan bahan bakar premium yang jauh lebih terjangkau.

  • Berikan Asupan Oksigen yang Cukup Pada Ruang Bahan Bakar

Pada proses pembakaran bahan bakar, kandungan oksigen yang terdapat pada ruang bahan bakar ternyata juga mempengaruhi kesempurnaan dari proses pembakarannya. Oksigen akan terlebih dahulu di filter melalui sebuah pipa sebelum benar-benar dialirkan ke ruang bahan bakar. Hal ini tujuannya adalah untuk membersihkan semua udara yang masuk kedalam ruang bahan bakar agar tidak menimbulkan kerak di dalamnya. Sedangkan pada proses pemfilteran ini terkadang terdapat kotoran yang menghambat oksigen, terlebih apabila pipa filte terbuat dari material lunak yang mudah hancur akibatnya adalah mesin akan menjadi boros.

Hal ini akan membuat kita menjadi membutuhkan lebih banyak BBM. Untuk menghindari hal tersebut maka kita perlu mengganti pipa filter dengan bahan yang terbuat dari stainless steel. Dengan begitu maka oksigen yang memasok di ruang bahan bakar akan lebih lancar dan performa dari mobil Anda bisa lebih meningkatkan.

  • Perhatikan Sistem Pengapian Agar Performa Mobil Tetap Terjaga

Mobil membutuhkan sebuah bahan bakar untuk bisa melaju, bahan bakar yang diisikan ini akan melalui proses pembakaran terlebih dahulu agar bisa menggerakkan mesin. Pada proses pembakaran ini, sistem pengapian dari mobil haruslah tetap stabil agar performa dari mobil bisa meningkatkan. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan sistem pengapian ini menjadi tidak stabil. Salah satunya adalah usia dari busi yang sudah tua, selain itu aliran listrik yang tidak stabil juga bisa menyebabkan masalah di dalam sistem pengapian ini.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Sebagai solusi dari masalah ini, Anda bisa mengganti busi Anda dengan busi bari dan menggunakan alat yang berfungsi sebagai penstabil arus listrik. Dengan adanya dukungan dari penstabil listrik ini, maka aliran listrik mobil Anda akan bisa menjadi lebih stabil.

  • Kurangi Beban pada Mobil dan Ukuran Ban Untuk Menjaga Performa Mobil Tetap Awet

Penggunaan ban yang disarankan pada mobil agar performanya meningkat adalah ban dengan alur yang sejajar dan lurus. Selain itu, jenis ban dengan ukuran yang lebih kecil sedat pelg yang ringan juga disarankan karena dengan ukuran ban kecil dan velg ringan, mesin tidak perlu menahan beban yang terlalu berat saat mobil memutar. Selain itu Anda juga perlu mengurangi beban yang ada di mobil Anda. Dengan beban yang ringan, maka mobil akan bisa melaju dengan lebih maksimal. Selain itu, ban mobil pun juga akan semakin mudah saat berputar tanpa perlu membawa beban yang berat dan menghambat.

  • Jaga Kebersihan Mobil dengan Mencucinya Secara Rutin

Hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan mobil. Hal ini cukup sederhana, tetapi juga sangat berpengaruh. Debu dan kotoran yang menempel pada permukaan mobil dan mesin, lambat laun akan bisa menjadi penyumbat pada mesin. Karena hal ini, maka mesin mobil pun menjadi tidak bisa bekerja secara sempurna dan performa yang dimilikinya juga berkurang.

Baca Juga: Cara Merawat Kabin Mobil Tetap Bersih, Bikin Berkendara Jadi Lebih Nyaman

Terlebih apabila kotoran itu dibiarkan dalam waktu yang lama, maka penyumbatan bisa menjadi lebih parah dan bisa merusak mesin mobil. Biaya perbaikan mobil yang sudah mengalami kerusakan tentunya juga tidak murah, sehingga untuk untuk menghindari hal itu, sebaiknya cuci mobil Anda secara rutin. Dengan demikian maka selain bisa menjaga keawetan dan performa mobil Anda juga bisa terhindar dari biaya perbaikan yang mahal. Pencucian mobil juga bisa Anda lakukan sendiri ataupun ke tempat cuci khusus.

  • Menggunakan Sistem Knalpot Bebas Hambatan (Free Flow)

Kebanyakan bagi para pecinta otomotif, pasti suka mengotak-atik mesin mobil mereka. Salah satunya adalah knalpot, banyak orang yang memilih menggunakan knalpot dengan suara gahar agar keren, hal itu boleh-boleh saja asalkan knalpot Anda free flow. Dengan Anda mengganti knalpot Anda dengan yang baru, maka performa dari mobil Anda juga akan bisa menjadi lebih bagus. Tetapi Anda juga harus ingat jika menggunakan pembesaran pipa knalpot dengan cara yang ekstrim bisa membuat mesin mobil Anda berkurang karena adanya tekanan yang cukup besar pada bagian belakang mobil.

  • Lakukan DOMO Remap di Dokter Mobil

Tips untuk meningkatkan performa mobil yang terakhir adalah dengan melakukan DOMO Remap di Dokter Mobil. Sejatinya performa mobil yang ada tidaklah menggunakan potensinya hingga maksimal, pabrikan mobil biasanya menetapkan batas pada pengaturan ECU mobil sehingga performa mobil tak mengeluarkan potensi performanya dengan maksimal. Hal ini dilakukan guna menyesuaikan dengan birokrasi yang ada, seperti untuk keperluan uji emisi.

Meski telah dibatasi oleh pabrikan mobil secara langsung, bukan berarti potensi ini tak bisa Anda gunakan, lho. Proses remap di Dokter Mobil menjadi salah satu solusinya, yakni dengan mengubah pengaturan pada ECU mobil menggunakan software berlisensi asli ALIENTECH ITALIA sehingga performa mobil bisa disetel sedemikian rupa agar bisa berakselerasi dengan lebih cepat namun konsumsi bahan bakarnya tetap hemat.

Pertanyaan Seputar DOMO Remap di Dokter Mobil

DOMO Remap adalah proses mengubah pengaturan standar pada ECU mobil agar potensi mobil dapat dimaksimalkan, baik dari sisi performa tarikan, tenaga, akselerasi, hingga konsumsi bahan bakar yang dibuat lebih irit.
Pada dasarnya pabrikan mobil menetapkan limit untuk performa mobil, sehingga sesungguhnya performa pada mobil tak mengeluarkan potensinya semaksimal mungkin. DOMO Remap adalah salah satu cara agar mobil dapat mengeluarkan potensinya seoptimal mungkin.
Ya, DOMO Remap bersifat permanen. Namun bukan berarti pengaturan standar pabrikan mobil akan hilang. Karena di Dokter Mobil, pengaturan standar pabrikan mobil pada softwarenya akan disimpan di database jika sewaktu-waktu penggunanya ingin kembali ke pengaturan standar.
Jika dilakukan di tempat abal-abal, remap ini seringkali menimbulkan kerusakan. Tapi lain halnya dengan Dokter Mobil. Meskipun mobil akan diupgrade agar performanya lebih optimal, kami juga tetap memperhatikan kondisi mesin yang ada sehingga mesin tak akan terbebani secara berlebihan akibat performa yang ditingkatkan.
Tidak. Karena sebetulnya hasil remap ini hanya dapat terdeteksi oleh tuner yang memang memiliki software remap khusus. Sedangkan dealer umumnya tak memiliki program ini, sehingga tentu hal ini tak akan berdampak pada masa garansi mobil Anda.

Demikian artikel seputar tips meningkatkan performa mobil yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah mengubah pengaturan pada ECU mobil melalui DOMO Remap di Dokter Mobil. Agar akselerasi dan tarikan tenaga mobil kesayangan Anda jadi lebih memuaskan, lakukan Domo Remap di Dokter Mobil dengan hubungi kontak Dokter Mobil (klik di sini) atau kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5463

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.