📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Tips Agar Mobil Irit Konsumsi BBM

Tips agar mobil irit bahan bakar tentunya banyak dicari oleh para pemilik kendaraan terutama mobil. Hal ini karena mobil yang boros pastinya membutuhkan banyak biaya untuk konsumsi bahan bakarnya. Demi menghemat biaya pengeluaran, banyak orang selalu mencari cara untuk mengirit konsumsi BBM mobil mereka. Terlebih lagi, saat ini harga BBM kian naik, ketersediaannya pun juga mulai terbatas membuat banyak orang mencari cara ini.

Sebagai salah satu energi yang tidak bisa dilakukan pembaruan, BBM yang semakin banyak dipakai pastinya membuat pasokannya semakin menipis. Sehingga banyak orang yang mulai tergerak untuk mencari tips agar mobil irit karena beberapa faktor tersebut. Sayangnya, mengirit konsumsi dari bahan bakar bukanlah suatu hal yang mudah dan tetapi juga bukan hal yang sulit. Apabila kamu tipe orang yang suka melakukan mobilitas dan sering menggunakan mobil setiap bepergian, maka hal ini juga akan cukup menjadi tantangan untuk Anda.

Tips Agar Mobil Irit Konsumsi BBM

Tips Agar Mobil Irit Konsumsi BBM

  • Usahakan Mencari Jalan yang Lenggang

Tips agar mobil irit yang pertama adalah dengan mencari jalan lenggang saat bepergian. Seperti yang diketahui bahwa berkendara di jalan yang padat akan membuat mobil menjadi memakan lebih banyak bahan bakar. Hal ini dikarenakan pada jalan yang pada, mobil akan cenderung berjalan lambat sedang mesin tetap melakukan pembakaran bahan bakar. Sehingga bahan bakar yang digunakan juga akan lebih banyak dibandingkan dengan berjalan di jalan yang lenggang dengan kecepatan normal.

Tidak peduli seberapa canggih mesin mobil yang Anda gunakan, dengan mesin yang menyala mobil tetap akan melakukan pembakaran, berbeda apabila mobil Anda dalam keadaan mati. Sehingga untuk menghindari hal tersebut, usahakan untuk berkendara di jalan yang lenggang agar konsumsi bahan bakar tidak terbuang sia-sia. Untuk Tips agar mobil tetap irit kali ini, Anda sebaiknya menggunakan maps sebelum bepergian agar mengetahui jalan mana yang lenggang.

  • Salah Satu Tips Agar Mobil Irit Adalah Dengan Memperhatikan Penggunaan Gigi Mobil Anda

Hal yang bisa Anda lakukan sebagai tips agar mobil irit bahan bakar selanjutnya adalah dengan memperhatikan posisi atau penggunaan gigi mobil. Penggunaan gigi mobil ini haruslah disesuaikan dengan kondisi serta Medan jalan yang dilalui. Jangan terlalu sering menggunakan gigi rendah, jangan pula menggunakan gigi tinggi pada saat melewati jalan yang terjal ataupun jalan yang memiliki banyak sekali tanjakan. Usahakan untuk selalu mengatur persneling dengan cara yang tepat.

Baca Juga: Perseneling Mobil, Pahami Makna Huruf Dan Perawatannya

Contohnya adalah pada saat berada di jalan menanjak, posisikan transmisi mobil yang ada pada posisi S atau L. Sedangkan untuk posisi persneling pada mobil transmisi manual gunakan posisi perseneling 1 atau 2. Karena apabila Anda memilih posisi gigi yang salah, maka mobil Anda akan jauh lebih boros dalam mengonsumsi bahan bakar. Terlebih, kesalahan memiliki gigi juga akan bisa berdampak pada keselamatan diri dan bisa sangat membahayakan baik bagi pengguna maupun mesin mobil.

  • Gunakan Kecepatan Mobil yang Konstan

Salah satu tips agar mobil irit bahan bakar yang bisa Anda gunakan adalah dengan menjaga kecepatan mobil agar tetap konstan. Maksudnya adalah Anda perlu melajukan mobil Anda dengan kecepatan yang stabil, tidak tiba-tiba berhenti, ataupun tiba-tiba menaikkan kecepatan. Hal ini juga perlu diperhatikan apalagi saat Anda berada di jalan bebas hambatan atau jalan tol. Sebagai tips agar mobil tetap irit bahan bakar, usahakan untuk menjaga kecepatan sesuai dengan batas maksimal dari jalan tol yang Anda lewati.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Contohnya apabila batas maksimum dari jalan t adalah 80 km/jam maka sebaiknya Anda tidak melajukan mobil Anda diatas kecepatan tersebut, sebaiknya melajulah di kecepatan standar seperti 60 sampai 70 km per jamnya. Apabila Anda ingin meningkatkan kecepatan agar lebih tinggi, maka lakukan secara perlahan atau bertahap. Jangan langsung secara tiba-tiba menaikkan kecepatan. Karena hal itu selain akan membuat mobil memakan lebih banyak bahan bakar, hal ini juga bisa membahayakan bagi Anda dan juga orang lain.

  • Tips Agar Mobil Irit Bahan Bakar Dengan Tetap Memperhatikan Penggunaan AC Mobil Anda

Tips agar mobil irit bahan bakar yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan penggunaan dari AC mobil. AC mobil adalah bagian mobil yang bisa dibilang cukup penting dan banyak digunakan karena berfungsi sebagai pendingin. Terlebih pada saat cuaca terasa panas di siang hari dengan matahari yang menyengat, maka AC mobil adalah jalan satu-satunya sekaligus solusi dari permasalahan tersebut. Terkadang pula, kita juga selalu menyalakan AC mobil sepanjang perjalanan karena suhu panas ini.

Tetapi ternyata, menggunakan AC dalam waktu lama juga bisa membuat mobil menjadi boros bahan bakar. Untuk tips agar mobil irit bahan bakar maka yang perlu Anda lakukan adalah mempertimbangkan penggunaan dari AC mobil. Usahakan untuk hanya menggunakan AC di saat yang tepat dan memang dibutuhkan. Apabila cuaca masih cukup stabil, sebaiknya hindari menyalakan AC mobil dan akan lebih baik apabila Anda membuka jendela mobil Anda sedikit agar udara luar bisa masuk, ini juga bisa menjadi solusi untuk menghindari penggunaan AC.

  • Menggunakan Fitur Terbaru Mobil Penghemat BBM Sebagai Tips Agar Mobil Irit

Cara atau tips agar mobil irit bahan bakar selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan fitur bawaan dari mobil yang bernama Eco Mode. Fitur ini merupakan sebuah fitur yang dirancang khusus untuk menghemat konsumsi bahan bakar mobil Anda. Biasanya fitur ini tersedia pada mobil keluaran terbaru. Fitur ini terbukti cukup membantu para pemilik mobil untuk bisa menghemat konsumsi dari bahan bakar mobil mereka.

Selain itu, fitur ini juga memiliki keunggulan lainnya. Selain berfungsi sebagai pengirit bahan bakar mobil, fitur ini juga bisa membuat bukaan gas mobil menjadi lebih halus. Selain itu dengan fitur ini mobil yang Anda kendarai juga terasa lebih nyaman dan halus. Tips agar mobil irit bahan bakar yang satu ini merupakan tips yang paling mudah serta efisien.

  • Ubah Pengaturan di ECU Mobil dengan Piggyback Pro di Dokter Mobil

Salah satu tips agar mobil irit bahan bakar yang terakhir adalah dengan melakukan Piggyback Pro di Dokter Mobil. Piggyback Pro adalah proses tuning atau mengubah pengaturan pada ECU mobil yang menuju ke bagian sensor-sensor sehingga performa mobil dapat disesuaikan dengan apa yang pengguna mobilnya inginkan.

Piggyback Pro ini mampu membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih hemat hingga 30% tanpa mengurangi performa tenaga dan akselerasi mobilnya. Sehingga mobil bisa tetap melesat dan konsumsi BBM pun bisa tetap hemat. Proses Piggyback Pro juga tak memakan waktu yang lama, yakni hanya sekitar 60 menit saja. Sehingga Anda tak perlu menunggu terlalu lama hingga akhirnya mobil selesai dipasang Piggyback Pro.

Pertanyaan Seputar Piggyback Pro di Dokter Mobil

Piggyback pro di Dokter Mobil adalah sebuah proses setting ECU yang berfungsi untuk mengeluarkan potensi performa mobil sesuai dengan permintaan penggunanya, baik itu untuk tenaganya, horse power, maupun tingkat konsumsi BBM. Adapun untuk konsumsi BBM diatur sesuai dengan tipe mobil nya masing-masing.
Mobil yang tak bisa diremap biasanya karena memiliki memori ECU yang ukurannya tak memungkinkan untuk diremap. Sehingga jika mobil yang ingin ditingkatkan performanya memiliki ECU dan OB2 Port, maka piggyback pro adalah solusi alternatif yang ditawarkan untuk hal ini.
Untuk settingan piggyback pro ini tidak permanen. Karena jika aki mobil mati, maka settingan dari piggyback pro pun otomatis akan terhapus dan kembali ke settingan software awal dari pabrikannya. Namun khusus di Dokter Mobil, settingan piggyback pro mendapatkan garansi hingga 3 kali setting ulang.
Untuk pemasangan piggyback pro di Doter Mobil ini relatif singkat, yakni hanya perlu waktu 10 menit saja. Selain itu, tak ada penambahan aksesoris, pergantian komponen, ataupun pemotongan kabel pada saat proses pemasangan piggyback pro.
Karena bisa disetel sesuai kebutuhan, maka piggyback pro dapat menghemat BBM kendaraan tanpa mengurangi tenaga dan performa sampai dengan 30% penghematan.

Itulah penjelasan terkait tips agar mobil irit bahan bakar yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah dengan mengubah pengaturan pada ECU mobil dengan Piggyback Pro di Dokter Mobil. Untuk Anda yang ingin membuat mobil kesayangan Anda lebih hemat bensin tanpa harus menurunkan performanya? Lakukan Piggyback Pro di Dokter Mobil dengan hubungi kontak Dokter Mobil (klik di sini) atau kunjungi langsung cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Semoga artikel tersebut bisa membantu Anda dalam menghemat konsumsi bahan bakar mobil dan lebih hemat pengeluaran.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5456

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.