🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Perseneling Mobil, Pahami Makna Huruf Dan Perawatannya

Perseneling Mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Saat menggunakan mobil matic, maka kalian akan dihadapkan pada berbagai kode di sekitaran tuas perseneling mobil.

Tentunya sebagai pengemudi harus hafal arti dan tujuan dari setiap kode. Karena jika tuas diposisikan pada kode-kode ini, akan berpengaruh terhadap fungsi mobil saat dijalankan. Sistem ini biasanya disebut dengan transmisi otomatis.

Perseneling mobil sendiri merupakan sistem hidrolik yang membuat pengendara bisa malakukan pergantian percepatan dan juga arah putaran. Sistem yang dirancang untuk roda ini cara kerjanya adalah dengan menghantar tenaga mekanis dengan kecepatan yang rendah namun memiliki gaya putar yang tinggi.

Makna Huruf Dan Angka Pada Perseneling Mobil Matic

Perseneling Mobil

Untuk dapat berkendara dengan baik dengan mobil kesayangan, maka perlu untuk memahami makna huruf dan angka pada tuas transmisi. Agar lebih paham, yuk simak ulasan dibawah ini.

  1. Huruf ‘P’

Huruf P dalam tuas transmisi adalah singkatan dari kata bahasa inggris ‘parking’ yang artinya adalah parkir. Jadi sesuai dengan artinya, kode P ini panggunaannya adalah saat akan melakukan parkir. Jangan lupa ya, karena aktivitas parkir adalah hal wajib saat berkendara.

Saat kode P diaktifkan, maka ecara otomatis transmisi akan berada dalam posisi terkunci. Hal ini tentu akan membuat mobil berhenti bergerak. Posisi ini juga menjadi awalan untuk menghidupkan mesin mobil dan juga melepaskan kontak.

  1. Huruf ‘R’

Selanjutnya ada huruf R yang merupakan kependekan dari kata bahasa inggris ‘reverse’ yang memiliki arti gigi mundur. Jadi gigi mundur ini menjadi teknik yang harus dikuasai dalam berkendara. Dan sesuai namanya, gigi mundur ini diaktifkan saat pengendara ingin memundurkan mobil.

Gigi mundur untuk mobil manual dan mobil matic cara kerjanya sama, yaitu dengan menekan tuas perseneling kedalam kode R. Namun pada mobil manual, biasanya penggunaan gigi mundur terbilang sedikit lebih sulit. Namun jika kalian sudah terbiasa tentunya tidak akan menjadi masalah.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Secara keseluruhan, kesulitan pemula dalam pengoperasian gigi mundur adalah sulitnya memasukkan dengan halus dan sempurna. Biasanya tuas perseneling mobil akan terasa mengganjal sehingga gigi akan sedikit sulit untuk masuk.

Untuk mengatasi hal ini, kita bisa menetralkan tuas transmisi mobil terlebih dahulu. Jika cara ini belum berhasil bisa dilanjutkan dengan memasukkan ke gigi 1 terlebih dahulu.

  1. Huruf ‘N’

Ada juga huruf  N yang merupakan kependekan dari kata bahasa inggris neutral. Artinya adalah netral. Jika tuas transmisi dimasukkan dalam kode huruf ini, maka yang terjadi adalah tidak akan adanya hubungan antara mesin dengan transmisi. Karena kode N ini adalah roda gigi mobil dengan gearbox otomatis.

Jadi dalam transmisi otomatis, penggunaan kode N akan secara otomatis memutus hubungan antara mesin dan roda mobil. Jadi tidak ada daya yang ditransmisikan pada roda mobil saat kode N kita kondisikan.

Finalnya, roda mobil akan bergerak dengan bebas namun tidak menarik aksi dari mesin. Namun dalam hal ini tetap kita sebagai pengemudi masih memiliki kontrol terhadap mobil yang kita kemudikan.

Dan yang perlu kalian ketahui adalah kapan sebaiknya posisi netral diaktifkan oleh tuas perseneling mobil. Kita dapat melakukannya saat dalam posisi darurat misal ketika throttle macet saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Daripada langsung menghentikan dengan rem, memindahkan tuas perseneling mobil ke posisi netral adalah langkah aman yang dapat dilakukan.

  1. Huruf ‘D’

Huruf D adalah singkatadari kata bahasa inggris, drive, yang artinya jalan. Jadi posisi inikita gunakan saatmobil sedang jalan. Setelah kode ini diaktifkan, yang perlu dilakukan pengendara mobil matic tinggal menginjak gas dan rem sesuai kebuthan. Karena secara otomatis, perpindahan gigi  sampai dengan yang tertinggi sudah diatur.

Memposisikan tuas perseneling mobil di posisi D juga bisa digunakan agar mobil melaju dengan kecepatan yang tinggi. Namun pada mobil manual, untuk menggunakan kecepatan tertinggi harus dilakukan dengan mengubahnya terlebih dahulu ke posisi gigi tertinggi.

Baca Juga : Mesin Mobil Panas, Ketahui Penyebabnya dan Atasi Masalahnya

Namun untuk mobil matic lebih mudah karena tinggal memposisikan kedalam huruf D untuk mendapatkan kecepatan maksimal.

  1. Angka ‘2’

Selain huruf, di tempat transmisi mobil juga terdapat kode angka. Diantaranya ada angka 2. Tuas perseneling mobil diposisikan pada angka 2 saat mobil melaju di tanjakan. Fungsinya adalah seperti memberikan tenaga tambahan agar mobil tetap berjalan dengan baik.

Jika hanya menggunakan kode D saat berhadapan dengan tanjakan, maka beban mesin akan lebih berat dan juga akan terasa dalam suasana berkendara yang melambat. Karena itulah dignakan angka 2 agar jalannya mobil di tanjakan lebih mulus.

  1. Huruf ‘L’

Terakhir ada huruf L yang merupakan kependekan dari kata bahasa inggris low yang artinya adalah pelan. Sesuai namanya, kode huruf ini digunakan untuk melepaskan pengunci tuas. Hasilnya, tuas dapat berpindah pada posisi N bahkan saat mesin dalam keadaan mati.

Fungsi dari huruf L adalah saat berada di turunan curam. Menempatkan tuas perseneling mobil dalam posisi ini dapat menekan laju mobil.

Selain itu juga bisa digunakan saat parkir paralel. Mobil akan dengan mudah melakukan pergeseran di lintasan parkir.

Masalah-Masalah Pada Tuas Perseneling

Tuas perseneling mobil juga tidak akan selalu berjalan mulus karena pasti akan bertemu dengan hambatan-hambatan. Hal ini umum terjadi dan terkadang juga di waktu-waktu yang tidak terduga. Berikut permasalahannya :

  1. Kabel tuas macet

Jika suatu ketika tuas perseneling sulit untuk digerakkan, bisa jadi karena kabelnya bermasalah yaitu macet. Dalam kondisi ini, tuas akan terasa berat saat mencoba untuk digerakkan. Untuk memperbakinya, sebaiknya segera dibawa ke bengkel.

  1. Bushing tuas rusak

Rusaknya bushing juga bisa mengakibatkan kesulitan dalam memasukkan gigi. Busing sendiri ukurannya kecil dan terbuat dar karet. Fungsi benda ini adalah untuk penyeimbang bagi suspensi mobil.

  1. Kabel kopling mengeras

Gigi yang susah masuk juga bisa disebabkan karena kabel kopling yang mengeras. Penanganannya juga akan berbeda tergantung mobil menggunakan kopling kabel atau kopling hidrolik.

Jika tuas perseneling mobil mengalami masalah-masalah seperti yang disebutkan diatas, maka sebaiknya segera dibawa ke bengkel untuk perbaikan. Salah satu bengkel yang dapat mengatasi segala masalah tuas perseneling adalah Dokter mobil.

Selain itu, Dokter mobil juga melayani berbagai servis dan perawatan mobil. Diantaranya seperti ganti oli, pemasangan anti karat, tune up, dan masih banyak lagi yang lainnya. Di Dokter mobil juga terdapat layanan free general check up mobil.

Baca Juga : Dokter Mobil, Solusi Remap Mobil Jepang Kesayangan Anda

Demikian makna hurus dan angka pada tuas perseneling mobil yang harus dipahami oleh pengendara. Hal ini merupakan poin penting agar aktivitas berkendara dapat berjalan dengan lancar.

Jika ada masalah dengan tuas perseneling dan lainnya, maka Dokter mobil adalah pilihan tepat untuk melakukan servis dan juga perawatan mobil kesayangan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.