📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

4 Penyebab Gearbox Rusak

4 Penyebab Gearbox Rusak

Gearbox (juga dikenal sebagai transmisi) adalah salah satu bagian penting dari mobil. Ini adalah bagian dari sistem transmisi yang mengatur bagaimana daya dari mesin mobil ditransfer ke roda. Jika bagian ini rusak, itu dapat mengakibatkan masalah serius dengan mobil Anda.

Ini akan menyebabkan kendaraan Anda menjadi lambat, tidak bertenaga, atau bahkan tidak berjalan sama sekali. Hal ini juga akan menyebabkan biaya perbaikan yang mahal.

Penyebab Gearbox Mobil Rusak

Gearbox mobil bisa alami kerusakan karena berbagai faktor. Berikut ini adalah faktor penyebab gearbox rusak, diantaranya:

  1. Kinerja Transmisi ‘Pincang’ Karena Komponen yang Berbeda

Penyebab gearbox rusak yang pertama adalah karena ketidakseimbangan antara komponen yang berbeda.

Ketika ini terjadi, transmisi akan mendapatkan tekanan yang berlebihan, yang akhirnya akan menyebabkan rusaknya bagian-bagian dalamnya.

Beberapa alasan lain dari kerusakan gearbox adalah karena pemakaian berlebihan, tidak memperbarui oli, dan keausan.

  1. Pemakaian Berlebihan pada Gearbox

Pemakaian berlebihan dapat menjadi penyebab gearbox rusak karena adanya keausan yang parah. Ini disebabkan oleh fakta bahwa roda gigi akan terus mengulangi proses pemotongan dan peremukan. Akibatnya, gearbox akan menjadi lebih keras dan akan menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

  1. Kuantitas Oli Transmisi Mobil Tidak Cukup

Ketika transmisi tidak mendapatkan oli yang cukup, hal ini juga dapat menjadi penyebab gearbox rusak secara serius.

Ini disebabkan oleh fakta bahwa oli membantu menjaga suhu gearbox tetap stabil dan juga membantu mencegah keausan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Jika oli yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan, itu dapat menyebabkan kerusakan yang serius.

  1. Komponen Transmisi atau Gearbox yang Aus

Kemudian, keausan juga dapat menyebabkan kerusakan gearbox. Ini terjadi karena bagian-bagian dalam gearbox terus mengulangi proses pemotongan dan peremukan.

Akibatnya, roda gigi akan bergeser dan tumpang tindih. Ini akan menyebabkan permukaan gearbox menjadi lebih kasar dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Seperti yang Anda lihat, ada banyak penyebab kerusakan gearbox. Ini bisa disebabkan oleh pemakaian berlebihan, ketidakseimbangan, keausan, atau tidak memperbarui oli.

Semua penyebab ini dapat menyebabkan kerusakan yang parah pada gearbox, yang akan menyebabkan biaya perbaikan yang mahal. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bengkel Mobil Matic Terbaik di Jakarta

Tanda-tanda Gearbox Rusak

Tanda-tanda Gearbox Rusak

Meskipun gearbox merupakan salah satu bagian penting dari mobil, banyak pemilik mobil yang tidak benar-benar tahu bagaimana mengetahui kapan gearbox mereka rusak.

Gearbox mengatur bagaimana mobil Anda bergerak dan jika rusak, akan menimbulkan masalah yang dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut jika dibiarkan tanpa perawatan.

Sebagai pemilik mobil, penting untuk mengetahui gejala yang menandakan gearbox Anda rusak agar Anda dapat memperbaiki masalah sebelum menimbulkan kerusakan lebih lanjut.

  1. Gearbox Berbunyi Berisik

Pertama, salah satu tanda gearbox rusak adalah bunyi berisik yang berasal dari gearbox. Bunyi berisik ini akan terdengar seperti mesin yang berputar dengan sangat kencang.

Ini bisa berasal dari tuas gear, gigi atau roda gigi yang rusak atau kotor. Jika Anda mendengar bunyi berisik ini, segera periksa gearbox untuk mengetahui apakah ada masalah.

  1. Perpindahan Transmisi Mobil Tidak Lancar

Kedua, jika mobil Anda bergejolak atau bergerak dengan tidak lancar saat Anda mengubah gigi, ini juga merupakan tanda bahwa Anda mungkin memiliki masalah dengan gearbox.

Gejolak ini disebabkan oleh komponen roda gigi yang rusak atau kotor. Jika Anda merasakan gejolak seperti ini, Anda harus segera melakukan perawatan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

  1. Muncul Derungan saat Perpindahan Transmisi

Ketiga, jika Anda mengalami masalah dengan mesin mobil Anda yang berderung saat Anda mengubah gigi, ini juga merupakan tanda bahwa gearbox Anda mungkin rusak.

Derungan ini biasanya disebabkan oleh gearbox yang kotor atau komponen roda gigi yang rusak. Jika Anda mendengar dering ini, segera periksa gearbox Anda untuk mengetahui apakah ada masalah yang harus diperbaiki.

  1. Tuas Transmisi Bergetar

Keempat, jika Anda melihat atau merasakan getaran di tuas gear atau sekitar area gear, ini juga merupakan tanda gearbox rusak.

Getaran ini disebabkan oleh komponen roda gigi yang rusak atau kotor. Jika Anda merasakan getaran ini, segera periksa gearbox Anda untuk mengetahui apakah ada masalah yang harus diperbaiki.

  1. Ada Kebocoran di Sekitar Transmisi

Kelima, jika Anda melihat atau merasakan bocoran di sekitar area gear, ini juga merupakan tanda bahwa gearbox Anda mungkin rusak.

Bocoran ini disebabkan oleh komponen roda gigi yang rusak atau kotor. Jika Anda melihat bocoran ini, segera periksa gearbox Anda untuk mengetahui apakah ada masalah yang harus diperbaiki.

Jadi, jika Anda melihat atau merasakan salah satu dari tanda-tanda di atas, segera periksa gearbox Anda untuk mengetahui apakah ada masalah yang harus diperbaiki.

Perawatan awal dapat mencegah kerusakan lebih lanjut dan memastikan bahwa mobil Anda berfungsi dengan baik.

Jadi, pastikan untuk selalu menjaga gearbox Anda dan mengetahui tanda-tanda bahwa gearbox Anda mungkin rusak.

Selain itu, jika gearbox Anda memang rusak, pastikan untuk memperbaikinya dengan menggunakan perbaikan yang tepat.

Jangan mencoba untuk memperbaikinya sendiri jika Anda tidak memiliki pengalaman dengan gearbox. Ini akan menyebabkan lebih banyak kerusakan dan dapat menyebabkan masalah yang lebih parah.

Jadi, pastikan untuk selalu mendapatkan bantuan profesional jika Anda memiliki masalah dengan gearbox Anda.

Perbedaan Gejala Kerusakan Gearbox pada Mobil Transmisi Manual dan Otomatis

Berikut adalah beberapa perbedaan dalam gejala atau tanda-tanda kerusakan gearbox antara mobil dengan transmisi manual dan mobil dengan transmisi otomatis:

Transmisi Manual:

  • Kesulitan Pindah Gigi: Salah satu tanda paling umum kerusakan gearbox pada mobil transmisi manual adalah kesulitan untuk memindahkan gigi. Hal ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada kopling, sinkronisasi, atau komponen gearbox lainnya.
  • Suara Berisik: Suara berisik dari gearbox saat mobil sedang berjalan dapat menandakan kerusakan pada bantalan, gigi, atau komponen gearbox lainnya.
  • Getaran: Getaran yang berlebihan saat mobil sedang mengemudi dapat menandakan kerusakan pada poros penggerak, bantalan, atau komponen gearbox lainnya.
  • Kebocoran Oli: Kebocoran oli dari gearbox dapat menandakan kerusakan pada segel, gasket, atau komponen gearbox lainnya.

Transmisi Otomatis:

  • Keterlambatan Perpindahan Gigi: Keterlambatan atau hentakan saat perpindahan gigi dapat menandakan kerusakan pada solenoid, valve body, atau komponen transmisi otomatis lainnya.
  • Slipping: Transmisi otomatis yang slipping atau kehilangan tenaga saat mobil sedang mengemudi dapat menandakan kerusakan pada kopling, planetary gear set, atau komponen transmisi otomatis lainnya.
  • Suara Berisik: Suara berisik dari transmisi otomatis saat mobil sedang berjalan dapat menandakan kerusakan pada pompa oli, planetary gear set, atau komponen transmisi otomatis lainnya.
  • Lampu Indikator Kerusakan Transmisi Menyala: Lampu indikator kerusakan transmisi yang menyala di dashboard menandakan adanya masalah pada transmisi otomatis.

Mengidentifikasi dan Mengatasi Ketidakseimbangan pada Gearbox

Ketidakseimbangan pada gearbox dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti keausan komponen, pemasangan komponen yang tidak tepat, atau kerusakan akibat benturan.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengidentifikasi dan mengatasi ketidakseimbangan pada gearbox:

  • Periksa Getaran: Periksa apakah ada getaran yang berlebihan saat mobil sedang mengemudi. Getaran dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan pada poros penggerak, propeler shaft, atau roda.
  • Dengarkan Suara Berisik: Dengarkan apakah ada suara berisik yang tidak biasa dari gearbox saat mobil sedang berjalan. Suara berisik dapat disebabkan oleh kerusakan pada bantalan, gigi, atau komponen gearbox lainnya.
  • Periksa Kebocoran Oli: Periksa apakah ada kebocoran oli dari gearbox. Kebocoran oli dapat menandakan kerusakan pada segel, gasket, atau komponen gearbox lainnya.
  • Bawa Mobil ke Bengkel: Jika Anda mencurigai adanya ketidakseimbangan pada gearbox, sebaiknya bawalah mobil Anda ke bengkel yang qualified untuk diperiksa dan diperbaiki.

Perbedaan Perawatan Gearbox yang Disebabkan oleh Keausan dan Pemakaian Berlebihan

Perawatan gearbox yang disebabkan oleh keausan dan pemakaian berlebihan umumnya sama. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  • Ganti Oli Gearbox Secara Berkala: Ganti oli gearbox secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil. Oli gearbox yang kotor atau kental dapat menyebabkan keausan dan kerusakan pada komponen gearbox.
  • Periksa Level Oli Gearbox Secara Teratur: Periksa level oli gearbox secara teratur dan tambahkan oli jika perlu.
  • Gunakan Oli Gearbox yang Sesuai: Gunakan oli gearbox yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.
  • Bersihkan Gearbox Secara Berkala: Bersihkan gearbox secara berkala untuk menghilangkan kotoran dan debu.
  • Bawa Mobil ke Bengkel untuk Servis Berkala: Bawalah mobil Anda ke bengkel yang qualified untuk servis gearbox secara berkala.

Selain langkah-langkah di atas, penting juga untuk memperhatikan tanda-tanda kerusakan gearbox dan segera membawanya ke bengkel jika Anda mencurigai adanya masalah.

Dengan melakukan perawatan gearbox secara rutin dan tepat, Anda dapat membantu mencegah kerusakan yang lebih serius dan memperpanjang usia gearbox mobil Anda.

Baca Juga: Penyebab dan Solusi Oli Transmisi Mobil Bocor

Kesimpulannya, ada banyak penyebab yang menyebabkan kerusakan gearbox. Ini termasuk pemakaian berlebihan, ketidakseimbangan, keausan, dan tidak memperbarui oli. 

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/