New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Penyebab Sistem Otomatis AC Mobil Tidak Berfungsi Dan Solusi Menanganinya

Saat Otomatis AC Mobil Tidak Berfungsi, Yuk Check Komponen Ini!

Ketika bagian yang mengatur secara otomatis AC mobil tidak berfungsi maka tentu saja kenyamanan berkendara menjadi terganggu. Lantas apa penyebab dan solusinya?

Penyebab Sistem Otomatis AC Mobil Tidak Berfungsi

Cukup banyak hal yang bisa menjadi faktor penyebab masalah ini. Pada umumnya masalah ini disebabkan oleh kerusakan di bagian:

  1. Thermistor

    Komponen yang terletak berdempetan dengan evaporator ini bertugas memicu bagaimana AC mobil harus bekerja sesuai dengan kondisi yang ada di evaporator. Ketika thermistor rusak, tidak ada yang menjadi acuan AC mobil bagaimana harus bekerja. Apakah harus terus bekerja mendinginkan ruangan, atau harus stop dahulu karena suhu ruangan sudah cukup dingin.

    Thermistor Mobil Perlu Dicheck Karena Sering Kali Bermasalah

    Solusi
    Untuk mengatasi kerusakan pada thermistor hanya bisa dilakukan dengan penggantian thermistor. Memakai thermistor lama biasanya tidak efektif. Thermistor akan rusak kembali dalam beberapa saat.

  2. Kompresor Panas

    Panas dari kompresor AC mobil bisa jadi merembet ke berbagai komponen lain di mobil. Hal ini menyebabkan thermistor membaca suhu evaporator secara salah. Karena menduga AC mobil masih belum dingin, thermistorpun terus memberikan sinyal agar AC mobil tetap menyala.

    Kompresor Bisa Overheat Karena Kurang Oli

    Solusi
    Panasnya kompresor AC mobil biasanya terjadi karena kurangnya oli kompresor. Mengisi ulang oli kompresor menjadi solusi mengatasi kompresor panas ini.

Jika sudah mencoba melakukan perbaikan pada komponen-komponen di atas tetap tidak membuahkan hasil, maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membawa bengkel AC mobil. Pastikan bengkel tersebut memiliki kualifikasi seperti:

  • Berpengalaman menangani mobil dengan jenis yang sama seperti anda
  • Mampu memberikan estimasi biaya dan waktu pengerjaan
  • Dan mampu memberikan garansi service

Dokter Mobil adalah bengkel spesialis AC mobil dengan pengalaman lebih dari 5 tahun di dunia otomotif. Dengan mesin canggih dan teknisi-teknisi berpengalaman. Memastikan hasil pengerjaan yang sempurna.

Jika memiliki pertanyaan lain seputar bagian-bagian AC mobil, silahkan menghubungi Dokter Mobil. Anda bisa meninggalkan pertanyaan di kolom komentar, atau chat langsung dengan team CS dengan menekan tombol yang ada di pojok kanan bawah.

Demikianlah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi keadaan di mana otomatis AC mobil tidak berfungsi dengan baik. Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat untuk kita semua. Kami senang bisa menjadi sumber informasi bagi anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!