📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Cara Memperbaiki Evaporator AC Bocor Paling Tepat

cara memperbaiki evaporator AC bocor

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

AC merupakan komponen mobil yang memiliki peran cukup vital dalam memberikan kenyamanan setiap pengendara. Namun sayangnya seringkali komponen tersebut mengalami masalah yang cukup serius, salah satunya adalah kebocoran dalam Evaporator. Walupun masalah tersebut masih dapat ditanggulangi melalui cara memperbaiki Evaporator AC bocor.

Langkah terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah membawa mobil kesayangan anda ke bengkel terdekat. Agar masalah yang anda alami pada Evaporator AC yang mengalami kebocoran tersebut dapat segera ditanggulangi.

Oleh karena itu, dalam pembahasan ini akan dikupas tuntas seputaran cara mengatasi Evaporator AC yang bocor. Tanpa berlama-lama simak penjelasan berikut ini.

Fungsi Utama Dari Komponen Evaporator AC Mobil

cara memperbaiki evaporator AC bocor

Fungsi utama evaporator AC mobil ini menyerap udara panas yang ada di kabin mobil lalu kemudia menghembuskan udara dingin kedalam kabin mobil. Namun AC mobil masih memiliki banyak fungsi lainnya yang perlu anda ketahui terkait parts mobil ini, antara lain:

  • Memastikan Kinerja AC

Fungsi evaporator AC mobil yang pertama adalah memastikan kinerja AC pada mobil ini ada kerusakan atau tidak. Biasanya kerusakan ini bisa dilihat dari udara yang dikeluarkan oleh AC itu sendiri. AC yang mengalami kerusakan biasanya tidak mengeluarkan udara yang dingin. Dengan begitu bisa dapat disimpulkan AC mobil tidak normal harus dilakukan pengecekkan lebih lanjut.

  • Mengubah Freon

Evaporator AC mobil ini juga mempunyai fungsi lain sebagai pengatur berubahnya freon yang akan ditampung oleh AC mobil itu sendiri dan menjadikannya udara yang dingin. Freon pun akan memompa dan dapat dapat mengatur kecepatan AC dalam mendinginkan kabin mobil anda, bahkan dapat menyentuh suhu hingga lebih atau kurang dari 100 derajat celcius.

Pada saat suhu dalam keadaan maksimum 100 derajat celcius, maka freon akan mengarahkan suhu panas tersebut menuju kondensor dan saat mencapai suhu 60 derajat celcius menggunakan bantuian dari cooling fan untuk bisa menurunkan derajat tersebut. Kemudian, freon yang cair tersebut akan berubah menjadi gas dan membawa udara yang dingin kedalam kabin mobil anda.

  • Menyakurkan Sirkulasi Udara

Sebagai pusat saluran udara dingin, bisa dibilang evaporator AC mobil mempunyai fungsi untuk menyalurkan sirkulasi udara pada mobil anda. Bahkan parts mobil AC mobil ini dapat memfilter udara yang kotor menjadi bersih, agar pengguna mobil akan menghirup udara yang segar dan aman dari kuman dan kotoran. Hal ini tentunya akan memberikan kenyamanan bagi pengguna mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Biasanya AC mobil yang kotor cenderung mengganggu proses penyaluran udara yang panas, sehingga membuat aliran sirkulasi udara akan terganggu.

Hal ini dapat membuat system pendingin menjadi tidak normal dan tidak optimal Kembali dan terkesan akan membuat AC mobil anda lembab dan bau. Karena itu disarankan untuk melakukan pengecekkan rutin dan merawat AC mobil dengan baik.

Penyebab Terjadinya Kebocoran Pada Evaporator AC

Sebagaimana telah dijelaskan pada bagian pembuka bahwa komponen AC ini cukup penting untuk memberikan kenyamanan pada saat berkendara. oleh karena itu, apabila dalam kendaraan mobil anda mengalami masalah tersebut untuk segera mengatasi permasalahan tersebut agar kenyamanan mobil anda tetap terjaga.

Penyebab terjadinya kebocoran pada Evaporator AC mobil ini cukup beragam. Oleh karena itu, penting kiranya bagi pemilik kendaraan mobil mengetahui berbagai penyebab tersebut. adapun penyebab kebocoran pada Evaporator AC ini antara lain adalah:

  1. Penyumbatan Pada Pembuangan Air

Penyebab pertama yang seringkali dialami oleh pengguna mobil adalah terjadinya penyumbatan pada bagian pembuangan air. Pasalnya, apabila terjadi penyumbatan tersebut nantinya kinerja dari komponen AC tidak akan maksimal. Penyumbatan pada bagian pembuangan air diakibatkan adanya debu dan kotoran yang terdapat dalam komponen dalam indoor AC mobil.

Apabila terjadi penyumbatan pada pembuangan AC mobil ini nantinya akan berakibat pada air yang menetes melalui unit indoor AC mobil. Nah, untuk cara mengatasi masala cara memperbaiki Evaporator AC bocor adalah dengan melakukan pembersihan pada kotoran yang melekat tersebut. sehigga proses pembuangan air dapat berjalan pada tempat yang semestinya.

  1. Masalah Kondensasi

Selanjutnya penyebab terjadinya kebocoran pada Evapoator AC adalah terjadinya masalah pada kondensasi. Kondensasi ini merupakan permasalahan yag terjadi karena perbedaan suhu yang cukup tinggi dalam saluran dengan suhu yang bberda diluar area. Hal itu, sering terjadi pada beberapa AC mobil yang telah mengalami masa penggunaan yang cukup lama.

Sehingga mengakibatkan terjadinya permasalahan kebocoran pada Evaporator AC mobil anda. Oleh karena itu, penting kiranya untuk melakukan perawatan secara berkala pada komponen ac dalam mobil anda. Cara memperbaiki Evaporator AC bocor tersebut dapat anda lakukan melalui bengkel spesialis AC mobil terdekat.

  1. Filter AC Yang Banyak Kotoran

Selain itu, penyebab terjadinya masalah kebocoran pada Evaporator AC mobil selain keua penyebab yang telah dijelaskan diatas adalah filter AC yang banyak kotoran. Pasalnya, apabila banyak kotoran yang terdapat dalam filter AC nantinya akan menghabat dari kinerja AC mobil tersebut.

Selain itu, apabila dalam filter mobil terdapat banyak debu dan kotoran nantinya juga akan berdampak pada kualitas udara yang disalurkan.

Oleh karena itu, penting kiranya untuk selalu dilakukan pengecekan secara berkala pada komponen ac tersebut. nah, apabila masalah sudah terlanjur terjadi maka cara memperbaiki Evaporator AC bocor tersebut dapat dilakukan melalui pembersihan

  1. Evaporator Kekurangan Freon

Penyebab dan cara memperbaiki evaporator AC bocor  berikutnya  yang seringkali dialami oleh pengguna mobil adalah evaporator yang mengalami kekurangan Freon. Pasalnya, Freon ini merupakan bagian penting yang terdapat dalam AC mobil yang harus diketahui oleh setiap pengguna mobil.

Apabila pada Evaporator AC mobil ini mengalami kekurangan Freon nantinya akan berakibat fatal pada kendaraan mobil anda.

Kekurangan Freon tersebut nantinya akan membuat pipa Evaporator mengalami pembekuan dalam bentuk ES yang menganggu pada sistem drainase AC. Nah, untuk cara memperbaiki Evaporator AC bocor tersebut dapat anda lakukan melalui service pada bengkel terdekat yang memiliki spesialisasi AC mobil agar segera mendapatkan panangan yang tepat.

  1. Kerusakan Pada Kompresor AC

Terakhir, penyebab terjadinya kebocoran pada Evaporator AC Mobil adalah terjadinya kerusakan pada komponen Kompresor pada AC. Pasalnya, kompreor ini merupakan komponen penting yang terdapat dalam AC mobil untuk mengalirkan air dengan baik. Tanpa adanya kompresor yang baik potensi kebocoran pada komponen Evaporator AC mobil cukup tinggi.

Oleh karena itu, cara memperbaiki evaporator AC bocor ini sangat diperlukan bagi setiap pengguna maupun pemilik mobil. Namun, jika masalah terebut sudah terlanjur terjadi pada mobil yang anda gunakan maka, cara mengatasi Evaporator AC bocor adallah dengan melakukan pergantian komponen kompresor.

Cara Memperbaiki Evaporator AC Bocor Di Bengkel Dokter Mobil

Cara memperbaiki Evaporator AC bocor adalah dengan mengunjungi bengkel Dokter Mobil untuk melakukan servis serta pengecekan sistem pendingin (AC) mobil secara berkala. Bengkel Dokter Mobil memang sudah tidak perlu diragukan lagi reputasinya, karena menyediakan pelayanan yang lengkap oleh para profesional yang tentunya sangat berpengalaman di bidangnya.

Oleh karena itu, semua masalah pada AC mobil sudah pasti dapat diperbaiki oleh Dokter Mobil sehingga sangat efisien dengan cara memperbaiki evaporator AC bocor yang baik dan benar. Selain itu, anda sudah tidak perlu khawatir karena layanan service AC terdekat di Dokter Mobil sangatlah lengkap, mulai dari Cuci Evaporator, Cuci Kondensor, Cuci Blower AC, Ganti Oli Kompressor, FOGGING & CDC64, sampai dengan layanan Ganti Filter AC.

Baca Juga : Dokter Mobil Bengkel Cirebon Paling Terpercaya

Apalagi, dalam bengkel Dokter Mobil ini juga terdapat Free General Chekup mobil yang dapat anda gunakan. Karena layanan service AC terdekat sangat lengkap dan profesional, maka anda sudah tidak perlu lagi mengunjungi bengkel service AC terdekat lainnya untuk mendapatkan pelayanan lain, cukup 1 tempat saja.

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai ragam penyebab permasalahan kebocoran komponen Evaporator AC serta cara memperbaiki evaporator AC bocor. Melalui ulasan tersebut semoga dapat membantu dalam mengtasi permasalahan pada Evaporator AC mobil serta dapat menjadi pengetahuan tentang cara memperbaiki evaporator AC bocor tersebut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5211

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *