Artikel

Karena Ini Mobil Susah Distarter! Berikut 5 cara Mengatasinya

Mobil susah distarter dikarenakan banyak sebab. Penyebab yang paling umum adalah accu soak dan masalah  busi. Anda tentu merasa kesal pada saat mobil sulit sekali untuk distarter. Ketika mobil hendak dihidupkan dengan cara distarter tapi sulit untuk hidup. Kejadian ini mungkin anda pernah mengalami dan jutaan orang lain pun merasakan kondisi demikian walaupun mobil dalam kondisi baru beli.

Mobil susah distarter tidak bisa dibiarkan begitu saja. Karena kalau dibiarkan begitu saja bisa kejadian terus berulang setiap hari. Berikut ini salah satu penyebab mobil susah distarter yaitu accu mobil yang mengalami soak atau dalam kondisi tak bagus lagi.

Accumulator mempunyai daya kekuatan dalam masa tertentu. Jika kondisi accu sudah sangat tua tentu saja kekuatannya akan ikut melemah seiring dengan komponen-komponen  yang berada di dalamnya sudah lama dan akan tidak maksimal lagi dalam bekerja yang membuat mobil susah distarter. Hal selanjutnya yang membuat mobil susah distarter adalah mobil sangat jarang melakukan pemanasan yang membuat pasokan listrik pada aki tidak bisa menyalakan mesin mobil.

Penyebab Mobil Susah Distarter

Mobil Susah Distarter

Dari penjelasan tersebut, dapatlah diketahui bahwa penyebab paling umum sebuah mobil susah distarter adalah bagian accu yang bermasalah seperti soak.  Untuk mengatasinya,  mungkin anda berpikir untuk mengganti dengan accu baru. Penyebab accu mengalami gangguan atau soak hanyalah salah salah satu penyebab mobil sulit distarter sehingga sangat mungkin juga bukan disebabkan accu. Karena masih banyak faktor penyebab lainnya, antara lain:

1.Pengapian yang tidak sempurna disebabkan gagguan pada bagian busi. Seperti kondisi busi yang kotor atau sudah rusak atau tak baik lagi. Kondisi demikian mengharuskan anda melakukan penggantian busi dengan busi baru.

2.bahan bakar

3.Koil

4.ECU

5.Dinamo ampere atau dinamo starter mengalami kerusakan yang berdampak pada baterai accu tak dapat menyimpan arus listrik dengan baik.

Dari sinilah ternyata banyak faktor penyebab mobil susah distarter. Cara mengetahui penyebabnya adalah dengan melakukan pengecekan pada komponen mobil tersebut satu persatu secara intensif. Namun yang paling umum kejadian mobil susah distarter lebih banyak dialami oleh mobil-mobil berumur tua seperti penggunaan mobil yang mencapai lebih dari 8 tahun. Sedangkan mobil-mobil terbaru berumur muda sangat jarang mengalami kondisi mobil susah distarter. Hal ini mengingat kondisi accu dan komponen yang di dalamnya masih sangat baru dan masih bekerja sangat baik.

Cara Mengatasi Mobil Susah Distarter

Salah satu kondisi yang kadang dialami oleh sebuah mobil adalah mobil susah distarter. Kalau kejadian ini terus terjadi tentu akan membuat bingung sang pengendara. Sudah berkali-kali ia mencoba menghidupkan mesin mobil namun selalu gagal. Jika anda mengalami peristiwa seperti ini pastinya anda merasa sangat kesal dan panik. Ini juga berarti mobil anda susah untuk dijalankan atau sedang mogok. Lalu bagaimanakah mengatasi mobil yang susah distarter?

Berikut ini beberapa cara mengatasi mobil susah distarter yang bisa anda coba, antara lain:

1.Mengecek kondisi karburator

Karburator memegang peranan penting dalam mobil. Apabila anda mendapatkan masalah mesin mobil susah dihidupkan maka cara pertama yang bisa anda lakukan dengan cara melakukan pemeriksaan terhadap kondisi karburator. Apabila karburator dalam kondisi kotor maka itu bisa menjadi penyebab mesin mobil susah distarter. Cara mengatasinya dengan membersihkannya segera supaya sirkulasi bahan bakar dan udara dapat bekerja normal sehingga mobil mudah distarter dan dihidupkan.

Secara berkala sebaiknya anda membersihkan bagian karburator dari segala noda dan kotoran yang saling bertumpuk. Sebab inilah yang bisa menjadi penyebab utama mobil susah distarter. Dengan bersihnya karburator dari noda dan kotoran maka akan membuat mobil jadi mudah distarter kembali seperti sedia kala. Apabila anda tak mengetahui cara melakukan pembersihan pada bagian karburator mobil sendirian maka anda bisa mendatangi jasa bengkel mobil di lokasi terdekat. Seperti bengkel mobil terpercaya dan profesional bernama  Dokter Mobil (doktermobil.com).

2.Lakukan pengecekan pada bagian Accu

Cara mengatasi mobil susah distarter berikutnyad adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian accu mobil. Karena bagian ini sering menjadi pemicu mobil susah distarter.  Bagaimana kondisi accunya? Apakah accunya masih bagus atau tidak? Sudah berapa lama accu tersebut dipergunakan?

Accu adalah komponen inti dari sistem kelistrikan di dalam mobil. Kelistrikan mobil yang tidak baik dan mengalami gangguan biasanya dimulai dari gangguan atau masalah pada accu. Pada waktu accu mengalami rusak maka kelistrikan di dalam mobil tidak akan berjalan baik.  Apabila mobil susah distarter atau mogok itu juga merupakan pertanda ada masalah dengan accu. Anda bisa mengecek pada bagian accu untuk melihat kondisi accu dan memastikan kondisinya masih bagus dan berfungsi secara baik. Pengecekan accu meliputi cek tegangan listrik accu dan tingkat air accu serta apakah di dalam accu sudah terisi arus listrik yang kuat atau tidak.

Beberapa jenis accu mengalami kerusakan sehingga tidak bisa menyimpan arus listrik secara baik. Sehingga inilah yang mengakibatkan mobil susah distarter.  Dalam tahap ini, accu dalam kondisi rusak berat. Anda bisa mengganti accu yang rusak tersebut dengan accu baru yang berfungsi baik. Setelah melakukan penggantian accu  maka mobil akan mudah distarter.

Dibaca Juga: Inilah Penyebab Starter Mobil Berat, Awas Jangan Anggap Remeh

3.Melakukan pengecekan pada bagian dinamo starter

Mobil susah distarter menjadi permasalahan sendiri bagi pengendara mobil. Ketika mobil hendak dipergunakan untuk berangkat kerja atau menjemput anak ke sekolah tiba-tiba mobil susah distarter hingga mesin mobil tidak bisa hidup. Namun berjalan waktu, ada mobil yang kemudian bisa hidup setelah distarter dan ada mobil yang tak bisa distarter selamanya. Kondisi ini merupakan tanda adanya komponen mobil yang rusak terutama pada bagian accu atau karburator mobil.

Namun setelah diperiksa bagian karburator mesin dan accu mobil dalam kondisi baik maka anda bisa melanjutkan pengecekan pada bagian dinamo starter. Salah satu penyebab mobil mogok dan mobil susah distarter adalah dinamo starter yang mengalami kerusakan. Adapun yang menjadi penyebab rusaknya dinamo starter bisa karena penggunaan yang salah atau jorok maupun telah dimakan usia. Untuk itu, agar mobil mudah distarter kembali, anda bisa memperbaiki dulu dinamo starter yang rusak tersebut.

Namun dalam memperbaiki dinamo starter yang mengalami kerusakan harus dilakukan oleh orang yang ahli. Anda tak bisa membongkar dan reparasi sendiri dinamo starter karena kerumitan komponen yang ada. Diperlukan mekanik khusus untuk memperbaiki dinamo starter. Oleh sebab itu, anda bisa membawa mobil anda ke bengkel terdekat untuk reparasi dinamo starter agar mobil mudah kembali distarter.

Dokter Mobil (doktermobil.com) adalah bengkel mobil yang melayani jasa reparasi mobil dari segi kelistrikan, mesin mobil, bodi mobil maupun dinamo starter yang rusak. Semua kerusakan pada mobil dikerjakan secara serius dan fokus serta menggunakan para teknisi terampil yang berpengalaman. Dijamin semua kerusakan mobil anda dapat diselesaikan dalam waktu cepat dan pasti beres.

Dokter Mobil menyediakan layanan jasa reparasi mobil yang sangat lengkap. Seperti jasa service AC, Tune Up, Cuci AC, Anti Karat Mobil, dll. Bagi anda yang ingin membuka bisnis Bengkel mobil, Dokter Mobil membuka peluang usaha franschise Dokter Mobil. Anda bisa mengunjungi Dokter Mobil (doktermobil.com) untuk memperbaiki mobil susah distarter.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak Yang Harus Anda Hindari!
Perbedaan Mobil Manual Dan Matic
Komponen Mesin Mobil Yang Perlu Anda Ketahui!
Jenis Jenis Mobil Honda yang Ada di Indonesia
Bagaimana Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil Anda?