🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Mesin Mobil Panas, Ketahui Penyebabnya dan Atasi Masalahnya

Mesin Mobil Panas

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Mesin mobil panas pasti pernah dialami oleh Anda pengguna roda empat. Hal ini bisa terjadi disebabkan beberapa penyebab, yang mungkin Anda sendiri tidak mengetahuinya. Dengan mengetahui penyebab dari masalah  ini terjadi, maka Anda juga pasti dapat menemukan solusi dan mencegah kondisi seperti ini terjadi. Berikut ulasan penyebab mesin mobil panas serta penjelasannya.

Mesin Mobil Panas Akibat Kondisi Radiator

Mesin Mobil Panas

Salah satu penyebab mesin mobil panas adalah kondisi radiator mobil Anda. Kondisi radiator yang buruk salah satunya mengalami kebocoran akan menyebabkan perjalanan Anda menggunakan mobil Anda terganggu. Jadi sebaiknya sebelum berangkat, pastikan untuk kondisi radiator mobil Anda apakah bagus, perlu diperbaiki atau bahkan harus diganti, tergantung kondisi kerusakan yang dimiliki mobil Anda.

Perhatikan Kondisi Selang Radiator

 Penyebab selanjutnya yang berhubungan dengan radiator adalah selang radiator. Kondisi selang radiator yang bocor dapat membuat mesin mobil panas. Selang radiator yang bocor dapat disebabkan karena selang radiator sudah tua atau tersumbat oleh banyaknya kotoran. Hal ini dapat menyebabkan proses pendinginan pada mesin mobil Anda tidak maksimal dan berakhir dengan mesin mobil Anda cepat panas.

Cek Kondisi Cairan Radiator

Cairan radiator menjadi aspek yang penting yang mempengaruhi mesin mobil panas. Hal ini disebabkan jika Anda menggunakan cairan radiator yang kurang tepat. Sering kali Anda mungkin menggunakan air biasa bahkan air sumur yang kurang bersih yang sebenarnya hal ini akan menyebabkan selang radiator kotor bahkan akan tersumbat.

Air sumur biasanya memiliki unsur logam yang akan menyebabkan kerak pada elemen radiator Anda, sehingga sebaiknya Anda menggunakan air khusus untuk radiator Anda. Sudah sangat banyak cairan khusus untuk radiator yang dapat Anda gunakan dengan berbagai jenis merek. Jika Anda menggunakan cairan khusus untuk radiator, pastinya sirkulasi air pada radiator Anda juga akan lancar.

Jika Anda kewalahan dalam memilih cairan radiator, Anda bisa terlebih dahulu berkonsultasi ke bagian service mobil, salah satunya Dokter Mobil.

Kualitas Oli yang Buruk Menyebabkan Mesin Mobil Panas

Kualitas oli yang tidak bagus dan rendah akan menyebabkan mesin mobil Anda lebih cepat panas bahkan sampai menyebabkan mobil Anda mati tiba-tiba. Hal ini disebabkan karena tidak semua jenis oli mampu menahan panas yang berlebihan.

Kondisi seperti ini akan menyebabkan kinerja mobil Anda kurang maksimal bahkan dapat menyebabkan mesin mobil Anda rusak. Perlu Anda ketahui terkait spesifikasi oli yang cocok dengan mobil Anda dan sebenarnya pentingnya untuk service mobil Anda secara berkala.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Mesin Mobil Panas Dapat Disebabkan oleh Masalah di Kipas Radiator

Kondisi kipas radiator yang bekerja dengan tidak normal dapat menyebabkan switching tidak mampu membaca tindakan. Hal ini dapat menyebabkan suhu pada mesin mobil Anda tidak stabil dan cepat naik.

Biasanya kipas radiator yang bermasalah disebabkan oleh sensornya yang rusak, sehingga kipas tidak dapat berputar sebagaimana normalnya. Perlu Anda ketahui untuk selalu rutin membersihkan kipas radiator Anda, biasanya akan banyak kotoran dan debu yang menempel di sana.

Mesin Mobil Panas Akibat Kondisi Thermostat Rusak

Kondisi thermostat yang rusak akan menyebabkan mobil Anda cepat panas. Thermostat ini adalah alat pengukur suhu mesin mobil Anda. Jika thermostat rusak maka suhu mesin mobil Anda akan diukur namun kemungkinan hasilnya keliru, dan pastinya respon kinerja yang lain akan dipengaruhi dan bahkan hasilnya akan lebih buruk untuk mobil Anda sendiri. Jadi pastikan Anda untuk mengecek kondisi thermostat dalam kondisi baik.

Mesin Mobil Panas Dipengaruhi Kadar Oktan BBM yang Kurang Sesuai

Kadar oktan yang tidak sesuai dapat menyebabkan mesin mobil Anda cepat panas. Hal ini dapat terjadi karena kadar oktan akan mempengaruhi kondisi knocking pada mobil Anda.

Pastikan kadar oktan BBM yang Anda gunakan sesuai dengan mobil Anda, biasanya semakin tinggi kadar oktan BBM yang Anda gunakan, maka akan semakin bagus untuk mesin mobil Anda sehingga akan mengurangi kondisi panas lebih cepat.

Namun pada dasarnya semua mobil memiliki spesifikasi masing-masing seberapa besar oktan BBM yang sebaiknya digunakan.

Masalah pada Kompresor Mempengaruhi Kondisi Mesin Mobil Panas

 Kompresor memiliki peranan yang penting dalam kinerja AC mobil. Saat Anda menyalakan AC maka kompresor yang terletak di ruang mesin mobil Anda juga akan ikut menyala. Tentunya hal ini juga akan mempengaruhi kondisi suhu mesin mobil Anda.

 Jika Anda memiliki kompresor yang buruk, sebaiknya Anda menggantinya atau dapat juga memodifikasinya, namun perlu diingat kembali bahwa harus sesuai dengan spesifikasi mobil yang Anda miliki.

Extra Fan yang Kurang Baik

Extra Fan sesuai dengan namanya adalah tambahan kipas yang dapat digunakan untuk menjaga suhu di mesin mobil Anda. Dengan adanya extra fan ini maka suhu panas mesin mobil Anda akan berkurang dan kinerja mesin akan lebih maksimal. Jadi Anda bisa menambahkan extra fan ini pada mobil Anda untuk menjaga kondisi suhu pada mesin mobil Anda tetap stabil.

Dibaca Juga : Mobil Bbm Boros Yuk Cek Faktanya

Rekomendasi Cara Mencegah dan Mengatasi Mesin Mobil Panas

Setelah mengetahui penyebab dari apa saja yang menyebabkan mesin mobil cepat panas, tentunya akan mengurangi kondisi mobil Anda mogok di perjalanan. Namun jika Anda sedang bepergian dan tidak menemukan layanan service mobil, ada beberapa hal yang mungkin Anda dapat lakukan saat mesin mobil Anda panas, yaitu:

  • Saat mobil Anda overheat, maka sebaiknya Anda menghentikan mobil Anda lalu matikan mesinnya.
  • Lihat dan pastikan kondisi jarum temperatur pada mobil Anda.
  • Selanjutnya buka bagasi kap depan mobil Anda dengan hati-hati karena biasanya akan panas.
  • Jangan membuka tutup radiator saat mesin mobil Anda menyala karena kondisi panas tersebut dapat membahayakan Anda.
  • Selanjutnya, tunggu agar mesin mobil Anda dingin, lalu periksa cadangan air pada radiator.
  • Jika cadangan airnya sedikit dan Anda rasa kurang, maka isi air radiator.
  • Jika Anda menemukan radiator rusak ataupun bocor, maka memang sebaiknya Anda harus membawa mobil Anda ke service mobil.
  • Saran terakhir, jika Anda tidak mengetahui terkait mesin, sebaiknya Anda membawa mobil Anda ke service mobil.

Apabila Anda menemukan kondisi seperti di atas adalah sama dengan kondisi mobil Anda, maka jangan menunda dan mengulur waktu lagi, karena akan berakibat fatal jika Anda mengulur waktu. Bisa saja hal yang lebih buruk terjadi seperti mobil Anda akan memiliki kerusakan yang lebih parah yang juga akan mempengaruhi kondisi mesin yang lain.

Rekomendasi yang dapat ditawarkan yaitu segera bawa mobil Anda ke service Dokter Mobil. Selain dari layanan yang ditawarkan sangat lengkap, mereka juga menawarkan service tune up. Service tune up adalah layanan yang bertujuan untuk melihat kondisi mobil Anda dan memastikan kondisi mobil Anda seperti mobil baru kembali.

Service tune up sebaiknya dilakukan secara berkala untuk mengetahui secara detail kondisi mobil Anda dan dijamin akan mengurangi beban mesin mobil Anda yang biasanya lebih sering menyebabkan mesin mobil panas.

Demikian ulasan terkait penyebab mesin mobil panas dan rekomendasi cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.