📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Atasi Mobil Ngelitik dengan Mengenali Penyebabnya

Mobil ngelitik

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Mobil ngelitik bagi pengguna mobil pastinya tidak asing lagi. kondisi dimana saat mobil Anda mengeluarkan suara ngelitik akibat combustion chamber yang bermasalah. Kondisi ini biasanya menyebabkan knocking dengan rpm 1.800 – 2.200 dan akan semakin terdengar jelas saat pedal di gas.

Kondisi seperti ini tentu saja akan menyebabkan kondisi mobil Anda semakin buruk, apalagi jika tidak diperbaiki. Sebelumnya, berikut penjelasan penyebab mobil Anda bisa berbunyi ngelitik.

Mobil Ngelitik Akibat Bahan Bakar dengan Kualitas Buruk

Mobil ngelitik

Bahan bakar dengan kualitas yang buruk sangat mempengaruhi kondisi performa mobil Anda. Bahan bakar dengan nilai oktan yang rendah tidak hanya akan mempengaruhi performa namun juga dapat merusak mesin mobil Anda.

Biasanya jenis bahan bakar seperti bensin premium adalah salah satu bahan bakar dengan nilai oktan yang rendah sekitar 88, walaupun sebenarnya tidak salah menggunakan premium namun nilai oktan yang seperti itu lama-kelamaan akan mempengaruhi kondisi mobil Anda.

 Nilai oktan yang disarankan untuk bahan bakar mobil Anda adalah sekitar 92, dan nilai oktan sejumlah ini biasanya pada bahan bakar pertamax. Hal ini biasanya akan mempertahankan kondisi mobil anda tetap prima.

Akibat Saringan Bahan Bakar yang Tidak Bersih

Kondisi saringan bahan bakar mobil Anda yang tidak bersih akan mempengaruhi kemampuan mesin dan dapat menyebabkan mobil ngelitik. Tidak hanya pada saringan bahan bakar, biasanya juga pompa bensin yang kotor juga adalah salah satu penyebabnya.

Sebenarnya hal ini merupakan hal kecil yang sebenarnya sangat mempengaruhi performa mobil Anda. Saringan yang kotor akan membuat bahan bakar yang masuk ke dalam mesin mobil Anda akan kotor juga, dan jika kondisi seperti ini dibiarkan, lama-kelamaan akan menyebabkan mobil Anda mengeluarkan suara ngelitik.

Pastikan juga untuk merawat tangki bahan bakar mobil Anda agar tidak tercampur dengan zat-zat lain yang juga dapat merusak mesin mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Mobil Ngelitik Akibat Suhu Mesin yang Panas

Suhu panas yang berlebihan pada mobil Anda juga salah satu penyebab bunyi ini. Suhu panas ini biasanya banyak penyebabnya, namun sebagian besar disebabkan akibat adanya masalah pada radiatornya. Radiator yang bocor, cairan radiator yang tidak sesuai atau air yang kotor, dan bahkan kebocoran pada selang radiator.

Jika kondisi suhu panas ini dapat diatasi, kemungkinan bunyi mobil ngelitik akan berkurang, namun jika hal ini dibiarkan terus menerus, mesin mobil Anda bisa rusak. Kondisi panasnya mesin mobil Anda secara berlebihan dapat merusak kondisi mesin lain.

Cara yang dapat Anda lakukan yaitu menambahkan extra fan sebagai alat bantu tambahan untuk mobil Anda mencegah panas berlebihan. Jika Anda tertarik menambahkannya namun bingung memilih yang cocok, Anda bisa langsung ke service mobil sekalian konsultasi terkait kondisi mobil Anda. Dokter Mobil dapat menjadi salah satu andalan dalam service mobil Anda.

Akibat Kompresi yang Tinggi

Kompresi yang tinggi dapat menyebabkan mobil ngelitik, apalagi jika tidak sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Kompresi ini akan menyebabkan bunyi akibat katup-katup yang tidak dapat terbuka dengan sempurna.

Dengan kondisi ini akan menyebabkan klep kotor dan jika dibiarkan akan menjadi kerak. Kondisi yang berkerak seperti ini akan menyebabkan bunyi ngelitik dan pastinya akan mengganggu rasa nyaman Anda saat berkendara.

Penyebab Lain: Lemahnya Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)

MAP atau Manifold Absolute Pressure merupakan sensor yang bekerja untuk mengatur jumlah udara yang ada di dalam intake manifold.

Komponen ini sangat penting untuk mobil Anda. Jika kinerja dari sensor ini menurun dan bahkan rusak, hal ini akan menyebabkan asupan udara yang masuk ke ruang bakar tidak optimal. Kondisi ini menyebabkan volume bahan bakar yang masuk terlalu banyak maupun sedikit yang pastinya akan mempengaruhi performa mobil Anda.

Salah satu efek yang ditimbulkan adalah munculnya mobil ngelitik. Jika sudah seperti ini, maka disarankan untuk segera membawa mobil Anda ke service mobil untuk memperbaiki sensornya, karena hal itu adalah hal yang krusial.

Mobil Ngelitik Akibat Pengapian yang Kurang Sempurna

Pengapian yang kurang sempurna sangat mempengaruhi kondisi mobil Anda, tentunya salah satu efeknya akan mengeluarkan bunyi ngelitik. Kondisi seperti ini biasanya karena busi yang lemah yang sebenarnya dapat mengeluarkan api kecil yang termasuk berbahaya untuk mobil Anda apalagi untuk keselamatan Anda sendiri juga.

Untuk mengetahui apakah kondisi mobil Anda aman atau tidak, Anda dapat melakukan service tune up secara berkala. Hal ini penting selain untuk mengetahui kondisi mobil Anda, Anda juga akan merasakan mobil Anda seperti baru lagi.

Dibaca Juga: Mesin Mobil Panas, Ketahui Penyebabnya dan Atasi Masalahnya

Penyebab Terakhir: Filter Udara Mesin yang Kotor

Filter udara mesin mobil Anda yang kotor dapat menyebabkan bunyi mobil ngelitik. Hal dapat menyebabkan udara yang kotor masuk dan pastinya akan menyebabkan penyumbatan yang ujung-ujungnya akan menyebabkan penggunaan bahan bakar yang boros.

Tidak hanya bahan bakar yang boros, tenaga juga akan menurun akibat ruang bakar yang tidak mencukupi udara. Sehingga sebaiknya Anda perlu untuk mengecek kondisi filter udara mobil Anda dan melakukan pembersihan rutin minimal sekali sebulan.

Rekomendasi Cara Mengurangi Bunyi Mobil Ngelitik

Setelah mengetahui penyebab dari bunyi mobil ngelitik, tentunya penting juga Anda ketahui terkait cara mengurangi bunyi ngelitik tersebut. Tidak sedikit orang yang memiliki mobil namun sering mengabaikan bunyi ini. Padahal jika hal ini dibiarkan terus-menerus, akan merusak mesin mobil Anda.

            Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengurangi bunyi mobil ngelitik:

  • Memasang knock sensor. Sensor ini berada pada blok silinder untuk mengatasi piston slap. Informasi yang diperoleh akan diolah yang nantinya akan Anda peroleh di komputer. Selanjutnya dari komputer akan diatur waktu untuk menurunkan pengapian sehingga bunyi ngelitik dapat dihindari.
  • Memasang oxygen sensor. Sensor ini dapat mendeteksi oksigen yang berada pada gas buang. Sensor ini akan dipasang pada catalytic converter yang nantinya akan memberikan informasi kepada komputer untuk menentukan volume bahan bakar dan juga waktu pengapian.

            Jika Anda masih ragu untuk memasang sensor tersebut dan ingin mengetahui terlebih dahulu kondisi mobil Anda, sebaiknya Anda membawa mobil Anda ke service mobil terpercaya yaitu Dokter Mobil.

Tidak diragukan lagi bahwa Dokter Mobil sudah sejak dulu membuka layanan service tune up. Service tune up adalah layanan dimana mobil Anda akan diperiksa yang nantinya akan dilakukan perbaikan masalah mobil khususnya mobil yang boros.

Tune up yang dilakukan di Dokter Mobil secara berkala akan mengurangi beban mesin mobil Anda yang tidak wajar, sehingga mesin mobil Anda akan dipertahankan awet dengan performa yang semakin baik. Setelah service ini dilakukan, Anda juga akan merasakan kembali mobil Anda seperti baru lagi.

Demikian informasi terkait penyebab mobil ngelitik dan rekomendasi cara mengatasinya. Kesimpulannya, Anda perlu untuk mengenali kondisi mobil Anda, jika Anda menemukan ada yang berbeda dan hal tersebut mengganggu kenyamanan dalam menyetir, sebaiknya Anda harus mempertimbangkan untuk membawa mobil Anda ke service mobil, apalagi jika Anda masih kurang paham terkait mesin mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *