📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Faktor Penyebab Kondensor AC Mobil Rusak

5 Faktor Penyebab Kondensor AC Mobil Rusak

Kondesor AC mobil menjadi salah satu yang perlu diperhatikan kondisinya dalam bagian AC mobil.

Berfungsi sebagai pengubah suhu panas menjadi suhu dingin, nyamannya hembusan udara dari AC mobil yang sejuk bisa terjadi berkat adanya kondensor AC mobil.

Sehingga saat kondensor AC mobil rusak, tentu kenyamanan saat berkendara pun jadi terganggu.

Untuk itu, penting agar selalu memperhatikan kondisi kondensor AC mobil Anda agar fungsi AC mobil bisa berjalan dengan prima dan kenyamanan saat berkendara pun selalu terjaga.

Agar lebih paham seputar bagaimana perawatan kondensor AC mobil, mari simak informasi lengkap seputar penyebab kondensor AC mobil rusak hingga rekomendasi bengkel service kondensor AC mobil rusak yang paling terpercaya di Dokter Mobil Cirendeu yang bisa Anda tuju.

Penyebab Kondensor AC Mobil Rusak

Penyebab Kondensor AC Mobil Rusak

Penyebab kondensor AC mobil rusak bisa terjadi karena beragam faktor, mulai dari kondisinya yang memang sudah tidak layak pakai hingga adanya kesalahan dalam penggunaan.

Agar tak kebingungan dan Anda pun bisa melakukan evaluasi terkait penggunaan AC di mobil kesayangan Anda, berikut ini adalah penyebab kondensor AC mobil rusak.

  1. Kondensor Bocor

Kondensor memang memiliki fungsi yang penting dalam AC. Dimana, komponen ini bisa dibilang cukup rentan terhadap kebocoran.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Sama halnya pada setiap komponen yang ada pada AC mobil lainnya. Kebocoran yang ada pada bagian kondensor ini biasanya terjadi pada bagian pipa sambungannya.

Dimana pipa sambungan ini adalah bagian yang menghubungkan kondensor dengan ac mobil itu sendiri.

Karena hal ini, maka akibatnya adalah proses dari penyaluran udara di dalam ac tidak akan bisa maksimal. Sehingga suhu udara yang berhembus dari AC ini terasa panas.

Walaupun AC mobil ini diputar pada suhu yang tertinggi sekalipun, biasanya bocornya kondensor ini disebabkan oleh kebiasan buruk yang dilakukan oleh para pemilik mobil.

Kebiasaan buruk ini seperti para pemilik mobil yang sering membuka tutup kaca mobil sewaktu AC dinyalakan. Dengan dibukanya kaca mobil saat AC menyala, maka otomatis akan membuat polusi udara masuk ke dalam kabin.

Hal inilah yang kemudian membuat kotoran dihisap oleh ac mobil dan kemudian masuk ke bagian kondensor. Disebabkan oleh hal ini, maka terjadilah penumpukan kotoran di dalam kondensor yang membuat Kondensor ac mobil rusak.

Menumpuknya kotoran inilah yang kemudian dapat memicu kondensor menjadi mudah bocor. Sehingga, perlu dilakukan pembersihan secara rutin.

Menurunnya kinerja dari kondensor karena kondensor ac mobil rusak ini sebenarnya tidak dipengaruhi oleh besar kecilnya kebocoran.

Dimana hal ini berarti meskipun kebocoran yang terjadi kecil, ini akan dapat membuat udara di dalam kabin terasa panas.

  1. Kondensor Tersumbat

Selain dengan kebocoran yang terjadi, tersumbatnya kondensor ini biasanya juga disebabkan oleh debu dan kotoran yang menumpuk di dalamnya. Sama seperti penyebab kebocoran kondensor yang diakibatkan oleh kotoran dan debu.

Ternyata, kotoran ini juga bisa membuat kondensor menjadi tersumbat. Dimana banyak orang yang sering sekali menganggap bahwa debu bukan masalah besar bagi AC.

Nyatanya meskipun terlihat sangat kecil, debu adalah partikel yang sering kali masuk dan menempel pada kondensor. Dimana hal ini jika dibiarkan terlalu lama, justru akan membuat kondensor menjadi tersumbat.

Debu yang menempel di bagian kondensor mobil ini bisa di ibaratkan seperti noda hitam di wajah.

Walaupun jumlahnya sedikit, namun hal ini tentunya akan dapat mempengaruhi penampilan kita.

Sumbatan yang terjadi pada kondensor ini jika terus dibiarkan juga akan bisa membuat kondensor ac mobil rusak.

Oleh karena hal itu, penting bagi para pemilik mobil untuk selalu membersihkan kondensor AC secara rutin.

  1. Kondensor Mobil Panas

Selama proses pendinginan, kondensor ac mobil tidak akan bekerja sendiri. Dalam prosesnya, ada beberapa komponen lain yang bekerja untuk membantu kondensor ini.

Hal ini tentunya agar fungsinya bisa menjadi lebih maksimal. Pada saat AC mobil dihidupkan, kondensor mobil ini akan bekerja secara otomatis.

Bahkan, tanpa diperintahkan sekalipun, kondensor AC ini langsung bekerja untuk menghisap udara panas.

Dimana kemudian, kondensor ini akan mendinginkan bagian refrigerant. Pada saat inilah, suhu dari kondensor terkadang menjadi tidak stabil. Sehingga, hal ini sering kali membuat kondensor mengalami overheating.

Kondensor yang mengalami overheating ini juga akan bisa membuat kondensor ac mobil rusak. Adapun hal yang membuat kondensor ini mengalami overheat, di antaranya adalah:

  • Fan atau kipas AC tidak bisa berputar.
  • Kondensor AC yang terlalu kotor.
  • Oli dari kompresor AC yang terlalu banyak.
  • Cairan freon pada AC yang terlalu banyak.
  • Putaran dari visco fan radiator mulai melemah.

Oleh karena hal itu, untuk mencegah overheat tersebut, alangkah baiknya jika AC mobil mu dilengkapi dengan extra fan. Selain untuk mencegah overheat, dengan adanya dua fan atau kipas. Hal ini juga terbukti dapat mempercepat proses dari pendinginan.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Kondensor AC Panas dan Cara Mengatasinya

  1. Kondensor Sudah Tua

Setiap barang tentunya akam memiliki umur ekonomis yang berbeda. Bahkan, tak terkecuali pada kondensor AC mobil.

Selain karena kotoran, penyebab dari Kondensor ac mobil rusak adalah karena usianya yang sudah tua. Kinerja dari kondensor yang sudah tua jelas akan berbeda dengan kondisi kondensor baru.

Dimana dari sistem hembusannya angin yang dikeluarkan, jika kondensor sudah lama. Seiring berjalannya waktu hembusan ini juga akan berangsur-angsur menurun dari waktu ke waktu.

Oleh karena hal itu, jika ternyata umur dari kondensor Anda sudah mulai usang dan memasuki usia tua. Maka, disarankan agar kondensor AC tersebut segera diganti dengan kondensor yang baru.

Hal ini agar putaran angin bisa menjadi lebih maksimal. Sehingga, suhu di dalam kabin mobil pun akan bisa tetap terjaga.

Sehingga, AC mobil Anda juga akan bisa lebih maksimal saat digunakan. Karena, jika kondensor yang sudah tua tidak segera diganti, hal ini akan bisa menyebabkan Kondensor ac mobil rusak.

  1. Kondensor AC Mobil Berkarat

Setelah mengetahui tentang beberapa penyebab dari Kondensor ac mobil rusak yang dijelaskan di atas. Ada penyebab lain kenapa kondensor AC Mobil mengalami kerusakan.

Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya karat di dalam kondensor. Karat yang terdapat pada bagian kondensor ini biasanya disebabkan karena banyaknya kotoran yang menumpuk di dalam AC.

Dimana, hal ini akan terjadi jika AC mobil Anda tidak pernah dibersihkan. Proses dari perkaratan kondensor ini juga semakin cepat akibat adanya tetesan air selama proses dari pendinginan.

Dimana hal ini akan bisa membuat Kondensor AC mobil rusak menjadi semakin mudah. Oleh karena itu, Sebagai seorang pemilik mobil yang baik, sudah seharusnya Anda memperhatikan kondisi ac mobil setiap saat.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

daihatsu rocky vs toyota raize

Perbandingan Lengkap, Daihatsu Rocky Vs Toyota Raize!

Dalam artikel ini, kita akan membandingkan secara detail antara dua SUV kompak yang populer di Indonesia, yaitu Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Kedua mobil ini menawarkan fitur–fitur yang menarik, kenyamanan yang baik,

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!