📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Beberapa Fakta dan Informasi Seputar Perawatan Kelistrikan Mobil

Perawatan kelistrikan mobil

Sejak dahulu, ahli otomotif di seluruh dunia selalu menyarankan perawatan kelistrikan mobil. Hal ini terjadi karena tindakan perawatan kelistrikan mobil sangat penting untuk menjaga kualitas komponen kelistrikan kendaraan agar tetap awet dan tahan lama. Nah sebelum membahas lebih lanjut mengenai perawatan kelistrikan mobil, ada baiknya kita menelusuri beberapa fakta yang mungkin belum Anda ketahui seputar sistem kelistrikan mobil di bawah ini.

4 Fakta yang Belum Anda Ketahui Tentang Sistem Kelistrikan Mobil

Perawatan kelistrikan mobil

Berikut adalah beberapa fakta yang mungkin belum Anda ketahui tentang sistem kelistrikan mobil:

  1. Arus Listrik Cukup Berbahaya

Semakin tinggi arus, maka semakin banyak elektron yang mengalir. Tegangan adalah gaya penggerak atau tekanan dan elektron ini digunakan untuk melewati sesuatu. Arus adalah aspek yang berbahaya, tetapi tanpa tegangan yang cukup tinggi, arus tidak dapat melewati Anda. Oleh karena itu, sistem arus tinggi/tegangan rendah (seperti yang ditemukan di sistem kelistrikan mobil) tidak mungkin membahayakan Anda. Anda tetap harus selalu mengambil tindakan pencegahan yang sangat hati-hati, karena segala sesuatunya selalu memiliki risiko.

Bahayanya sebenarnya bukanlah Volt itu sendiri, tetapi arus potensial ini melewati Anda. Arus serendah 0,1 Amps dapat membunuh Anda jika dipertahankan selama lebih dari beberapa detik. Sebagai referensi, lampu depan low-beam mungkin membutuhkan sekitar 6A hingga 10A. Motor starter mungkin dengan mudah beberapa ratus Amps.

Itulah mengapa sangat penting untuk hanya bekerja pada sistem kelistrikan jika Anda tahu mengenai seluk beluknya. Anda tidak mungkin membelokkan arus melalui diri Anda sendiri karena voltase yang lebih rendah ditemukan di sebagian besar titik di sirkuit otomotif, tetapi itu mungkin.

  1. Cara Melindungi Sistem Kelistrikan Mobil Anda

Sekering melindungi sistem kelistrikan mobil Anda dengan memutuskan arus berlebihan jika arus yang melewatinya akan merusak alat atau mobil secara keseluruhan. Meskipun komponen ini cukup aman dan dapat diganti, lebih baik untuk menghindari risiko sejak awal. Cara terbaik untuk melindungi sistem kelistrikan mobil Anda adalah dengan tidak pernah menggunakan peralatan apa pun saat mesin mati. Satu-satunya pengecualian terdapat pada motor starter.

Setiap jumlah listrik yang Anda gunakan menstarter reaksi kimia dalam aki. Saat mesin dimatikan, alternator tidak membalikkan reaksi ini. Akhirnya, aki akan sangat habis sehingga tidak akan ada cukup daya untuk motor starter. Anda harus menstarter mobil. Jika ini beberapa kali terjadi, aki akan mulai bermasalah. Setelah ini terjadi, ada lebih banyak tekanan pada alternator.

Semuanya menjadi tidak menentu. Tip bermanfaat lainnya adalah membawa mobil Anda untuk berkendara setidaknya sekali seminggu. Ini akan memastikan aki dalam kapasitas penuh. Ini juga baik untuk mesin, ban, rem, knalpot, dan kemudi Anda.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Dibaca Juga: Pengertian dan Macam-Macam Sistem Kelistrikan Pada Mobil

  1. Mengapa Anda Harus Jumpstart pada Saat Tertentu?

Saat Anda menstarter mobil, Anda harus selalu menghubungkan terminal positif dengan kabel merah terlebih dahulu. Anda harus memasang kabel pertama ke kendaraan yang berfungsi dan ujung lainnya ke mobil dengan aki kempes. Anda juga harus memutuskan sambungan terakhir, dalam urutan terbalik. Tapi kenapa? Apa bedanya dengan terminal negatif dan kabel hitam?

Singkatnya, alasannya adalah untuk menghindari risiko percikan dan korsleting. Kedua situasi tersebut dapat merusak mobil dan juga berbahaya bagi Anda. Jika aki membocorkan cairan atau gas yang mudah terbakar, Anda tidak boleh melakukan jump-start. Tapi, jika Anda melakukannya dan menyebabkan percikan api, itu bisa meledak.

Ingatlah bahwa elektron “pergi dari” terminal negatif dan “kembali ke” positif. (Pada kenyataannya, model “slang” bukanlah cara kerja sirkuit, tetapi cukup untuk saat ini.) Potensi listrik yang meninggalkan aki yang berfungsi harus 12.6V. Potensial listrik saat kembali ke terminal positif adalah 0V (untuk semua maksud dan tujuan).

Bahayanya selalu dengan klip terakhir yang Anda sambungkan. Sebelum memasangnya, pada dasarnya “menahan” tegangan dari kabel lain. Mereka terhubung melalui terminal aki di mobil lain. Memasang kabel negatif terlebih dahulu menginduksi potensial listrik 12V pada kabel positif. Ini akan menyala ketika Anda menghubungkannya ke aki. Menjatuhkan klip secara tidak sengaja ke mesin atau sasis logam akan menimbulkan korsleting yang berbahaya.

Namun, menghubungkan kabel positif terlebih dahulu berarti kabel negatif memiliki potensi 0V. Akibatnya, jauh lebih aman untuk ditangani. Jika Anda menjatuhkannya, kecil kemungkinannya untuk memicu.

Anda harus menghubungkan kabel negatif ke sasis mobil “mati” daripada ke terminal negatif. Ini berarti arus ke seluruh kendaraan akan mengalir melalui aki yang habis. Jika Anda terhubung ke terminal, arus akan melewati kabel aki tetapi bukan aki itu sendiri.

Informasi seputar Masalah Kelistrikan Mobil

Kendaraan saat ini sangat canggih dalam sistem komputer sehingga sangat jarang bagi pemilik mobil untuk menemukan masalah. Namun, masalah dengan sistem kelistrikan mobil seperti aki mobil yang menua adalah salah satu masalah kendaraan yang paling umum dialami. Ini bisa dihindari dengan pemeliharaan preventif. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang aki dan sistem kelistrikan kendaraan Anda, dan cara merawatnya.

Tanda-tanda aki mobil dan sistem kelistrikan mobil terganggu serta membutuhkan perawatan kelistrikan mobil:

  • Mobil tidak mau hidup, mesin terasa lemah saat distarter, atau Anda kesulitan menstarternya.
  • Dashboard dan lampu interior tidak berfungsi dengan baik.
  • Saat mengemudi dengan lambat di malam hari, Anda mungkin memperhatikan bahwa lampu rem dan lampu depan redup.
  • Saat Anda menyalakan AC atau kipas pemanas, AC tidak dingin.
  • Bau terbakar berasal dari isolasi listrik atau plastik.

Langkah-Langkah Perawatan Kelistrikan Mobil

Penting bagi Anda untuk melakukan perawatan kelistrikan mobil seperti evaluasi dan bersihkan aki dan kabelnya secara teratur. Jika Anda pernah melihat di bawah kap mobil Anda, Anda mungkin telah mengamati karat di sekitar terminal aki dan kabel. Ini normal, tetapi aki perlu dibersihkan dari karat. Untuk menghilangkan korosi, Anda dapat menggunakan bahan kimia pembersih aki tertentu. Anda juga bisa menyiapkan soda kue dan larutan air. Langkah-langkah pembersihan aki sederhana:

  • Lepaskan terminal positif dan negatif
  • Dengan menggunakan sikat kawat, bersihkan karat dari trotoar dan tiang setelah mengoleskan cairan pembersih.
  • Gunakan air untuk membilas terminal dan cairan pembersih terminal.
  • Mulai dari terminal positif terlebih dahulu, sambungkan kembali aki dari terminalnya.
  • Periksa sabuk penggerak apakah ada gejala keretakan, kekeringan, atau kaca. Saat Anda memeriksa sabuk penggerak, pastikan tegangannya benar. Jangan khawatir tentang pertanyaan seperti, di mana sabuk penggeraknya? Berapa banyak ketegangan yang harus dimiliki? Ketika Anda membawa mobil Anda untuk perawatan rutin, mekanik akan melakukan pemeriksaan lengkap. Kemudian bengkel akan memberi tahu Anda jika diperlukan perbaikan atau penggantian.
  • Sebelum aki mati dan mesin tidak mau hidup, proaktif dan gantilah. Aki kendaraan Anda umumnyabertahan sekitar 2-5 tahun tergantung jenisnya.
  • Ketika Anda menghentikan mobil Anda, pastikan lampu, radio, AC atau pemanas juga dimatikan. Saat Anda menghidupkan kendaraan, komponen ini dapat membebani aki.

Melakukan Perawatan Kelistrikan Mobil di Bengkel Terpercaya

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa ada beberapa komponen dalam perawatan kelistrikan mobil. Namun apabila Anda membutuhkan perawatan kelistrikan mobil terbaik, sangat disarankan untuk memeriksakan kendaraan Anda ke bengkel profesional seperti Domo Electric dari Dokter Mobil. Domo Electric dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin melakukan perawatan kelistrikan mobil karena keseluruhan tahapan mulai dari check up sampai service komponen kelistrikan mobil di bengkel ini dilakukan oleh mekanik profesional, sehingga hasil perawatan kelistrikan mobilnya dijamin maksimal.

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa fakta seputar komponen kelistrikan mobil dan perawatan kelistrikan mobil. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perawatan kelistrikan mobil sangatlah penting untuk dilakukan karena tindakan ini dapat menjaga kualitas komponen kelistrikan agar tahan lama. Oleh sebab itu bagi Anda yang ingin melakukan perawatan kelistrikan mobil terbaik, maka pilihlah bengkel profesional seperti Domo Electric dari Dokter Mobil. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8933

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️