📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Tips Cara Pindah Gigi Mobil Matic saat di Tanjakan

5 Tips Cara Pindah Gigi Mobil Matic saat di Tanjakan

Di waktu akhir tahun dan awal tahun baru seperti sekarang, banyak masyarakat Indonesia – khususnya masyarakat Jabodetabek – yang senang menghabiskan waktu liburan di Puncak.

Membawa mobil ke Puncak tentu membutuhkan persiapan lebih ekstra saat berkendaranya, termasuk memahami seperti apa cara pindah gigi mobil matic saat di tanjakan.

Mengingat tanjakan adalah medan lintasan yang cukup riskan, penting bagi Anda untuk memperhatikan seperti apa cara pindah gigi mobil matic saat di tanjakan yang tepat agar pengalaman berkendara tetap aman dan nyaman hingga sampai di tempat tujuan. 

Untuk itu, berikut ini informasi lengkap seputar cara pindah gigi mobil saat di tanjakan, berbagai arti pada lambang di tuas transmisi, hingga rekomendasi bengkel transmisi mobil terpercaya untuk rawat transmisi mobil matic Anda. 

Cara Pindah Gigi Mobil Matic saat di Tanjakan

Kebanyakan orang tidak tahu cara mengalihkan gigi mobil matic saat berada di tanjakan. Padahal, hal ini penting untuk dilakukan agar mobil Anda dapat berjalan dengan aman.

Mobil matic yang berada di tanjakan dapat menyebabkan overloading pada mesin dan juga mengurangi akselerasi. Dengan demikian, penting untuk tahu bagaimana cara mengalihkan gigi mobil matic saat berada di tanjakan.

  1. Atur Kecepatan Agar Tak Terlalu Cepat

Pertama, pastikan bahwa Anda telah mengatur kecepatan mobil Anda di tanjakan.  Jika Anda tidak memperlambat mobil Anda, Anda mungkin tidak akan dapat mengalihkan gigi dengan benar.

Setelah Anda memperlambat mobil Anda, periksa apakah Anda dapat menggeser tuas perseneling ke arah yang sesuai untuk mengubah gigi.

  1. Geser Tuas Transmisi Secara Perlahan Tapi Pasti

Kemudian, setelah Anda telah memastikan bahwa tuas perseneling bergeser dengan benar, Anda dapat mulai menggeser tuas perseneling ke arah yang sesuai untuk mengubah gigi. Untuk melakukan ini, Anda harus menggesernya perlahan-lahan ke arah yang sesuai.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Jika Anda menggesernya terlalu cepat, maka Anda mungkin akan menyebabkan overloading dan akselerasi yang buruk. Berhati-hatilah saat menggeser tuas persneling, dan pastikan Anda tidak melakukannya terlalu cepat.

  1. Pastikan Tuas Transmisi di Posisi yang Benar

Setelah Anda berhasil menggeser tuas perseneling ke arah yang sesuai untuk mengubah gigi, Anda harus mendorong tuas perseneling kembali ke posisi semula.

Ini akan memastikan bahwa gigi Anda berpindah dengan benar. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat memeriksa apakah tuas perseneling bergerak dengan benar dengan menggunakan indikator pada dashboard.

  1. Tetap Atur Kecepatan di Tingkat yang Sesuai

Selanjutnya, Anda harus memastikan bahwa Anda telah mengatur kecepatan mobil Anda dengan benar. Ini berarti Anda harus menggunakan pedal gas untuk mempercepat dan memperlambat mobil Anda. Jika Anda menggunakan pedal gas terlalu cepat, maka Anda dapat menyebabkan overloading dan akselerasi yang buruk.

Baca Juga: 7 Tips Tingkatkan Performa Mobil, Bikin Akselerasi Makin Melesat

  1. Persiapkan Kondisi Mobil dengan Baik

Terakhir, Anda harus memperhatikan bahwa mengalihkan gigi mobil matic saat berada di tanjakan dapat menjadi proses yang menantang. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa Anda telah mempersiapkan mobil Anda dengan benar sebelum Anda mencoba mengalihkan gigi.

Pastikan bahwa Anda telah mengatur kecepatan mobil Anda dengan benar dan bahwa tuas perseneling bergerak dengan benar. Jika Anda melakukannya dengan benar, maka Anda akan dapat mengalihkan gigi mobil matic Anda dengan aman saat berada di tanjakan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengalihkan gigi mobil matic Anda dengan benar saat berada di tanjakan. Ini akan memastikan bahwa mobil Anda berjalan dengan aman dan akselerasi yang baik. Selain itu, Anda juga akan dapat menghindari overloading pada mesin. Dengan demikian, jangan ragu untuk mengikuti langkah-langkah ini untuk mengalihkan gigi mobil matic Anda saat berada di tanjakan.

Fungsi Logo dan Huruf pada Tuas Transmisi Mobil Matic

Fungsi Logo dan Huruf pada Tuas Transmisi Mobil Matic, Agar Memahami Cara Pindah Gigi Mobil Matic saat di Tanjakan

Tuas transmisi mobil matic memiliki berbagai jenis logo atau huruf yang berfungsi sebagai petunjuk untuk mengubah gigi. Logo atau huruf yang digunakan untuk tuas transmisi biasanya berupa P, R, N, D, dan S. 

Logo P

Logo P pada transmisi matic berguna untuk memindahkan gigi mobil matic ke posisi Parkir, yang memungkinkan mobil untuk berhenti dan tidak bergerak. 

Logo R

Logo R berfungi untuk memindahkan gigi mobil matic ke posisi Reverse, yang memungkinkan mobil untuk bergerak mundur. 

Logo N

Logo N berguna untuk memindahkan gigi mobil matic ke posisi Netral, yang memungkinkan mobil untuk bergerak maju atau mundur. 

Logo D

Logo D difungsikan untuk memindahkan gigi mobil matic ke posisi Drive, yang memungkinkan mobil untuk bergerak maju. 

Logo S

Dan logo S berfungsi untuk memindahkan gigi mobil matic ke posisi Sport, yang dapat membantu mobil mencapai akselerasi yang lebih baik dan performa yang lebih tinggi.

Ketika menggunakan tuas transmisi mobil matic, Anda harus memastikan bahwa Anda mengetahui fungsi setiap logo atau huruf yang berbeda. Ini penting agar Anda dapat menggunakan tuas transmisi dengan benar. 

Dengan mempelajari dan mengingat fungsi logo atau huruf yang berbeda pada tuas transmisi Anda, Anda akan dapat mengalihkan gigi mobil matic Anda dengan benar dan dengan cepat. Selain itu, Anda juga akan dapat menghemat bahan bakar mobil Anda dan meningkatkan akselerasi dan performa mobil Anda.

DOMO Transmisi, Rekomendasi Bengkel Transmisi Mobil Terpercaya

Hubungi via WhatsApp di di 0821-6866-5566 (atau klik di sini), selanjutnya customer service DOMO Transmisi akan mengarahkan Anda menuju lokasi untuk masalahnya langsung ditangani. 

Penutup

Inilah tips cara pindah gigi mobil matic saat di tanjakan, fungsi logo pada tuas transmisi mobil, hingga rekomendasi bengkel transmisi mobil agar mobil matic lancar pindah gigi saat di tanjakan.

Sehingga selain paham seperti apa cara pindah gigi mobil matic saat di tanjakan, Anda juga perlu rutin membawa mobil matic kesayangan Anda ke bengkel transmisi mobil terpercaya – seperti di DOMO Transmisi – agar mobil selalu lancar menaklukan berbagai medan lintasan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Cara Pasang Thermostat AC Mobil

Cara Pasang Thermostat AC Mobil

Thermostat AC mobil merupakan bagian penting dari sistem pendinginan mobil yang berfungsi untuk mengatur suhu udara di dalam mobil. Ringkasan: Thermostat AC mobil mengatur suhu