📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

7 Penyebab Freon AC Mobil Habis

7 Penyebab Freon AC Mobil Habis

Freon AC mobil atau yang lebih sering disebut dengan nama refrigerant merupakan salah satu senyawa kimia yang berguna sebagai fluida untuk menyerap panas udara yang diambil dari suatu ruangan untuk kemudian diserap menjadi lebih rendah. Freon ini diolah dalam bentuk gas dengan tanpa ada warna ataupun bau tertentu. Selayaknya komponen AC lainnya, freon ini membantu sebagian besar kinerja AC dalam mengeluarkan udara dingin sejuk. Pastinya udara ini yang Anda sukai, kan?

Benar, dalam perjalanan memang kenyamanan berkendara menjadi salah satu poin terpenting, entah pada perjalanan panjang maupun hanya bepergian sebentar. Kenyamanan dalam perjalanan memang banyak bentuknya, namun salah satu yang paling banyak dianggap sebagai kunci dari kenyamanan berkendara mobil terletak pada AC ini. AC menjadi komponen utama yang akan dinyalakan dan dipergunakan ketika kondisi dalam kabin begitu pengap dan tidak nyaman. Tentu dengan kondisi ini akan sangat mengganggu untuk itu kenali penyebab freon mobil habis.

Penyebab Freon AC Mobil Habis

Penyebab Freon AC Mobil Habis

Freon AC mobil habis yang tidak bocor akan menimbulkan udara yang panas saat Anda berkendara sebagaimana melakukan perjalanan. Dibawah ini telah dirangkum mengenai penyebab daripada freon AC mobil yang habis tetapi tidak bocor. Berikut beberapa penyebab freon AC mobil habis  yang bisa jadi menjadi penyebab yang sering terjadi.

  1. Terdapat Lubang dalam Beberapa Saluran Mobil

Freon AC mobil memang biasanya tidak mudah dalam menguap ataupun habis Karen layaknya oli pada kendaraan bermotor, namun kondisi berbeda jika saluran pada freon ini tidak terdapat kebocoran didalamnya. Sehingga menjadi penyebab freon AC mobil habis  karena ada lubangyang tidak bocor dengan saluran lubang kecil pada saluran freon mobil tersebut. Sehingga untuk itu perlu untuk dilakukan pengecekan kebocoran tersebut, mobil harus memang dicek secara berkala di bengkel spesialis service AC yang profesional

  1. Kemampuan Freon Menurun

Tidak hanya pada penyebab freon AC mobil habis   diatas, kemampuan daripada freon ini dapat menjadi penyebab daripada freon yang habis. Sebagaimana hal komponen AC mobil ini tetapi tidak bocor bisa terjadi karena adanya penurunan kemampuan pada kualitas freon itu sendiri. Untuk itu memulai menyalakan mobil jelas akan terasa perbedaannya. Karena kemampuan dari freon yang menurun akan terasa dengan mudah untuk itu terlihat beberapa perubahannya.

  1. Sistem Tekanan AC Mobil Terlalu Kuat

Sistem tekanan pada AC mobil memang tidak terlalu kuat, justru akan memicu terjadinya angin kencang menjadi sebuah udara yang panas. Selanjutnya untuk penyebab freon AC mobil habis  karena ili daripada kompresor ini diisi tidak terlalu banyak. Hal yang mengakibatkan proses kondensasi atau pendinginan pada suhu ruangan pada kabin mobil dapat menjadi penghambat daripada AC mobil yang tidak dingin.

Sebagian besar penyebab penyebab freon AC mobil habis  ini pada sistem tekanan ini. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan berkala begitu merasakan adanya perubahan dalam sistem tekanan AC mobil yang kuat, karena perubahan dari penyebab freon AC mobil habis ini begitu terasa.

  1. Saluran Pembuangan Tersumbat

Dalam Komponen AC memang tidak hanya menyerap udara dari dalam kabin, tetapi juga mengeluarkan udara kotor yang dihasilkan. Pada mobil AC yang menjadi penyebab freon AC mobil habis  selanjutnya muncul dari saluran pembuangan udara didalam AC yang sangat rentan akan kondisi mampet atau tersumbat akibat kotoran yang sudah mulai untuk menumpuk. Terlebih pada kotoran yang menyumbat ini udara hanya akan memicu terjadi kebocorannya, untuk itu kondisi ini menjadi penyebab freon AC mobil habis.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Baca Juga: Ada Keluhan AC Mobil Tersumbat? Baca Ini!

  1. Adanya Kebocoran Evaporator

Sebagaimana hal penyebab freon AC mobil habis  sebelumnya, memang pada komponen AC dapat menjadi penyebab freon AC mobil habis   ini, untuk itu perlu diperhatikan oleh pengemudi dengan baik. memiliki fungsi sebagai penyerap udara, freon ini menjadi peran terpenting dalam AC mobil Anda. Namun karena adanya kebocoran dari dalam AC maka akan membuatnya kesulitan untuk mengeluarkan udara yang sejuk dan dingin atau menjadi penyebab freon AC mobil habis.

Beberapa cara yang menjadi penyebab dari evaporator ini tidak dapat bekerja, baik dari kotoran dan debu yang membuat kinerjanya lebih berat atau kebiasaan buruk dari pengemudi yang membuka jendela bersamaan dengan menyalakan AC ini. Tentu kondisi ini menjadikan evaporator bekerja lebih ekstra untuk mengeluarkan udara dinginnya. Ketika sudah semakin berat pastinya akan dengan mudah untuk menimbulkan kondisi yang menjadi penyebab freon AC mobil habis  ini.

  1. Kipas Pendingin Mobil Mati Mendadak

Selanjutnya, mengenai penyebab freon AC mobil habis  ini muncul paling sering ketika kipas dalam AC mobil ini tiba-tiba tidak bisa mengeluarkan udara atau mati karena rusak. Kipas pendingin mobil atau yang lebih sering disebut dengan kipas pendingin menjadi salah satu komponen dalam AC mobil yang sangat penting untuk menjadi komponen pada AC mobil yang dapat mendinginkan kondensor serta membuat hembusan udara dari dalam mobil ini.

Kipas pendingin memang paling sering mengalami kerusakan, untuk itu begitu pengemudi merasakan perubahan dari suara yang dihasilkan namun pada evaporator tidak ada masalah, bisa jadi kipas yang mati menjadi penyebab freon AC mobil habis. Kipas akan mengeluarkan hembusan angin yang membuat udara dan hembusan udara didalam angin keluar, namun jika udara hembusan ini tidak keluar maka dipastikan ada masalah didalamnya.

  1. Cairan Freon Tidak Bening

Pada umumnya memang cairan yang terkandung didalam freon itu berwarna bening tidak terlihat bahkan seperti kaca. Ini yang dinamakan dengan sight glass sebagai kaca bulat transparan yang ada di dalam mobil sebagai fungsi untuk melihat sirkulasi yang ada pada freon. Anda dapat menemukan cairan ini mongering akan dengan mudah melihatnya dengan filter freon yang mongering, Anda bisa melihat freon yang menjadi cairan yang mengalir akibat dari tekanan udaranya.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form