📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Agar Lebih Paham, Begini Cara Pasang Kaca Film Mobil

cara pasang kaca film mobil

Cara pasang kaca film mobil sebenarnya bukanlah suatu hal yang bisa dilakukan dengan cara sembarang. Sama seperti bagian mesin mobil dan juga komponen lainnya pada mobil, kaca mobil juga bagian yang cukup penting untuk mobil. Pada mobil, terdapat beberapa bagian yang memang membutuhkan sebuah kaca, setiap kaca yang digunakan juga berbeda pada setiap jenisnya mobilnya. Hal itu bergantung pada produsen yang membuatnya, mulai dari jenis material kaca yang dipakai sampai dengan tingkat kegelapan dari kaca tersebut.

Kegunaan kaca film terkadang juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, seperti tingkat dari kegelapannya. Bagi beberapa orang yang merasa kurang puas dengan kaca film yang dimilikinya maka ia bisa menggantinya sendiri. Tetapi, pemasangannya tetap tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Lalu bagaimana cara untuk memasang kaca film yang benar? Berikut adalah caranya.

Cara Pasang Kaca Film Mobil

cara pasang kaca film mobil (2)

  • Mempersiapkan Tempat Sebagai Cara Pasang Kaca Film Mobil

Cara pasang kaca film mobil yang pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyiapkan tempat yang akan Anda gunakan untuk tempat pemasangan kaca film. Tanpa perlu membongkar kaca mobil Anda yang sudah terpasang, Anda bisa langsung memasang kaca film tersebut. Biasanya hasilnya akan tergantung dengan tempat anda dalam melakukan pemasangan.

Sebaiknya apabila ingin melakukan pemasangan kaca ini lakukan di tempat atau ruangan yang tertutup dan bukan di ruangan yang terbuka atau outdoor. Hal ini dikarenakan ruangan terbuka cenderung akan menghembuskan angin yang bisa membawa debu serta kotoran, dan hal ini akan menempel pada kaca film mobil anda dan ini bisa membuatnya menjadi kotor. Selain itu, usahakan untuk menggunakan ruangan atau garasi yang memiliki ukuran cukup luas untuk alasan keamanan. Selain itu pastikan tidak ada angin kencang yang berhembus dan bisa membawa debu serta kotoran pada kaca film mobil anda.

  • Sebelum Melakukan Cara Pasang Kaca Film Mobil, Terlebih Dahulu Bersihkan Kaca Mobil Anda

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan sebagai cara pasang kaca film mobil adalah dengan terlebih dahulu membersihkannya. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa tidak boleh ada debu yang menempel pada saat pemasangan. Hal ini juga berlaku untuk hal lain yang ada di kaca mobil seperti stiker dan semacamnya. Sebaiknya apabila terdapat stiker, lepas terlebih dahulu stiker tersebut kemudian bersihkan semua debu dan kotoran yang ada pada kaca. Sedangkan untuk cara pembersihannya anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot semua debu yang menempel. Setelahnya, gunakan kain dan juga air sabun untuk membersihkan setiap sisi kaca.

Anda bisa membasahi bagian dari setiap sisi kaca sebelum mulai menggosok kaca mobil. Apabila terdapat stiker yang sudah lama menempel dan anda kesulitan untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan pisau cukur sebagai alat bantu pembersih. Dalam cara pasang kaca mobil yang satu ini anda harus ingat untuk jangan lupa menutupi kabin atau tepi kaca mobil agar tidak ikut kotor, lakukan pembersihan secara berulang sampai kaca benar-benar terlihat bersih dan tidak terdapat debu yang menempel.

  • Keringkan Kaca Mobil Anda Setelah Dibersihkan

Setelah mencuci kaca mobil anda sampai bersih, cara pasang kaca film mobil yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengeringkannya terlebih dahulu. Dalam cara pencuciannya anda tidak membutuhkan air untuk membilas kacanya, Anda cukup menggunakan air sabun. Apabila terdapat kotoran yang sedikit lebih banyak, Anda bisa menggunakan air sabun dalam jumlah yang lebih banyak untuk membersihkannya. Apabila langkah tersebut sudah dilakukan dengan baik, maka Anda bisa mengeringkan kaca mobil anda dengan alat khusus untuk menyeka mobil.

Alat ini umumnya terbuat dari karet dan berfungsi untuk mengeringkan kaca. Cara penggunaannya juga cukup mudah yaitu dengan menyeka kaca mobil anda ke satu sisi, biasanya untuk pembersihan kaca mobil cukup tarik ke bagian kiri. Alat penyeka ini akan bekerja sebagai pembersih air sekaligus kotoran secara bersama dan lebih maksimal. Apabila sudah dibersihkan dengan alat tersebut dan air serta sabun yang ada sudah terangkat, maka anda bisa mulai mengelapnya dengan lap kering. Anda bisa melakukan dua langkah pembersihan ini sebelum memulai cara pasang kaca film mobil yang benar.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Ukur Kaca Mobil Anda Sebelum Dipotong

Cara pasang kaca film mobil yang selanjutnya adalah dengan mengukur kaca film mobil dan kemudian memotongnya. Sebelum Anda memasang kaca mobil sebaiknya ukur terlebih dahulu kaca tersebut. Sebagai langkah awal, anda bisa mengamati terlebih dahulu bagian dari kaca film yang memiliki perekat. Setelah Anda mengetahui sisi mana yang memiliki perekat, maka anda bisa mengatur posisi agar kaca yang memiliki perekat dihadapkan ke bagian luar agar nantinya bisa menempel.

Pada proses pengukuran yang pertama, terlebih dahulu semprotkan air ke permukaan kaca mobil yang sebelumnya sudah dibersihkan. Setelah itu, tempelkan gulungan dari kaca film menghadap keluar. Pasang sesuai dengan posisi dari perekat yang terdapat di kaca film tersebut agar pas. Setelahnya, buat pola seperti kaca dengan lebihan sepanjang 5 atau 8 cm.

Baca Juga: Daftar Merk Kaca Film Mobil Terbaik!

Apabila sudah, semprot kembali bagian luar kaca dengan air ataupun air sabun hingga bagian dari kaca Film bisa tertutupi dengan cairan secara tipis. Baru apabila sudah, anda bisa memotong kaca Film tersebut sesuai pola yang sudah dibuat dengan cutter. Tetapi, Anda juga harus berhati-hati dalam proses pemotongan karena hal itu bisa saja merobek bagian lain dari kaca film. Cara pasang kaca film mobil yang satu ini memang membutuhkan keahlian dan kesabaran yang tinggi. Pasalnya pada bagian ini, tidak mudah untuk melakukannya begitu saja apabila tidak terbiasa.

Pada saat memotong menggunakan cutter, Anda juga harus benar-benar berhati-hati dan pastikan cutter hanya menempel di bagian kaca bukan bagian lainnya. Karena apabila Anda tidak berhati-hati, anda justru bisa merusak bagian karet kaca karena tidak sengaja terpotong. Apabila sudah terpotong secara sempurna, anda bisa merapikannya pada tiap sudut kaca sebelum benar-benar ditempelkan. Cara pasang kaca film mobil pada bagian ini memang harus penuh kehati-hatian karena anda harus memastikan kaca film tidak terangkat serta terpotong secara sempurna.

  • Cara Pasang Kaca Film Mobil yang Terakhir Adalah Penempelan

Setelah berhasil dipotong sesuai dengan ukuran dan bentuk kaca mobil, Anda perlu melakukan finalisasi dengan menempelkannya ke bagian yang diinginkan sebelumnya. Untuk proses penempelan, terlebih dahulu anda perlu melepas lapisan linier yang terdapat pada kaca film. Proses penempelan ini merupakan cara pasang kaca film mobil yang terakhir.

Setelah berhasil terlepas, selanjutnya basahi lagi permukaan kaca mobil anda dengan sabun, lalu tempelkan kaca film yang sudah anda potong sebelumnya. Setelah itu terpasang, maka hal selanjutnya yang perlu Anda hanyalah merapikannya. Dalam proses perapian ini, anda bisa menggunakan sebuah alat bantu seperti heat gun ataupun kartu keras yang digunakan untuk menekan kaca film mobil Anda agar merekat sempurna.

Cara pemasangan yang benar untuk kaca film ini adalah dengan arah dari atas menuju ke bawah. Hal ini bertujuan guna mengeluarkan air yang sebelumnya sudah kita semprotkan tadi. Selain itu dengan memasang dari arah atas ke bawah, ini bisa menghilangkan udara yang terdapat dalam permukaan kaca film dan agar tidak terjebak didalamnya. Cara pasang kaca film mobil di tahap ini adalah yang paling crusial karena menentukan kesempurnaan dan kerapian dari pemasangan.

Pastikan Untuk Pasang Kaca Film Dengan Kualitas yang Terjamin

Memasang kaca film mobil memang hal yang bisa dilakukan sendiri. Tetapi meskipun begitu nyatanya cara pasang kaca film mobil tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa tahapan yang cukup rumit dan sulit untuk mendapatkan pemasangan yang sempurna, oleh karenanya apabila Anda tidak ingin terlalu ribet, Anda bisa melakukannya di Dokter Mobil. Tempat servis dan spesialis mobil yang sudah profesional dan terpercaya.

Kaca film DOMO Film dari Dokter Mobil memiliki beragam fitur yang sangat beragam, dari mulai keamanan hingga kenyamanan. Untuk kenyamanan saat berkendara, DOMO Film mampu menghalau panas matahari, sinar UV, hingga sinar inframerah hingga 99% berkat penyematan Nano Armor Technology. Selain itu untuk aspek keamanan, DOMO Film juga bisa diatur tingkat kegelapan kaca film mulai dari 40% hingga 80% dengan varian warna Fuji (Hitam) dan Daisen (Biru).

Ingin pasang DOMO Film agar berkendara jadi terasa aman dan nyaman? Hubungi kontak Dokter Mobil (klik di sini) atau kunjungi langsung cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5678

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.