📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Cara Mengoptimalkan Performa Mesin Mobil Untuk Mobil Anda

Performa Mesin Mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Performa mesin mobil kerap kali menjadi sorotan calon pengendara dalam memilih mobil. Pasalnya performa mesin akan mempengaruhi secara langsung performa dan kenyamanan anda dalam berkendara. Performa mesin mobil sangat mempengaruhi pengendara bahkan tidak sedikit orang yang memilih untuk mengganti kendaraan mereka untuk memperoleh kendaraan mobil yang memiliki performa yang lebih baik. Namun ternyata ada cara yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan performa mobil lama anda.

Mengoptimalkan Performa Mesin Mobil

Performa Mesin Mobil

Performa mesin mobil tentunya merupakan istilah yang sering anda dengar apalagi sebagai seorang pengendara atau pemilik mobil. Pengertian performa mobil adalah seberapa baik atau maksimal sebuah mobil mesin dalam melakukan pekerjaan atau prosesnya. Artikel ini akan membahas mengenai penyebab penurunan performa mesin mobil dan cara untuk meningkatkan performa mobil anda. Jadi, yuk simak artikel ini hingga akhir.

Penyebab turunnya performa mesin mobil sebagai berikut:

  1. Komponen Mobil yang Bermasalah

Penyebab utama turunnya performa mesin mobil dan sering dirasakan oleh pengendara adalah komponen mobil yang rusak atau bermasalah. Salah satunya adalah komponen pengapian. Jika busi mengalami kerusakan atau masalah, maka proses pengapian tidak dapat berlangsung dengan maksimal. Selain itu, komponen-komponen yang sering mengalami masalah sehingga menurunkan performa mobil anda adalah sebagai berikut:

– Mesin

Saat mesin mengalami overheat secara terus-menerus, dapat dipastikan mobil dalam waktu singkat akan mengalami penurunan performa mesin mobil yang sangat signifikan.

– Filter Bahan Bakar

Permasalahan yang paling sering adalah filter yang kotor atau tersumbat. Hal ini dapat berdampak secara langsung kepada suplai bahan bakar mesin kendaraan yang terganggu sehingga tenaga mesin berkurang drastis.

– Filter Udara

Proses pembakaran membutuhkan oksigen sebagai senyawa yang haus tersedia. Filter udara berfungsi untuk menyuplai oksigen untuk melangsungkan proses pembakaran bahan bakar. Untuk itu, anda perlu memastikan bahwa filter udara pada kendaraan anda dalam keadaan bersih dan tidak tersumbat.

  1. Bahan Bakar Tidak Berkualitas

Tidak sedikit pengendara yang melakukan pengisian bahan bakar secara sembarangan tanpa mengetahui tingkat kualitas dari bahan bakar yang digunakan. Pada kenyataannya semua bahan bakar memiliki kualitas yang berbeda dilihat dari tingkat oktannya. Semakin rendah dan tidak sesuai angka oktannya, maka semakin besar masalah kendaraan yang akan dialami mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Jika hal ini terjadi sering dan dalam waktu yang cukup lama, maka performa mesin dapat berkurang secara otomatis. Pasalnya jika kendaraan anda menggunakan bahan bakar yang memiliki angka oktan rendah, maka mobil akan sulit untuk berakselerasi sehingga terdapat tumpukan sisa-sisa pembakaran di ruang pembakaran. Oleh karena itu, anda perlu berhati-hati dan teliti dalam memilih bahan bakar untuk kendaraan anda, ya.

  1. Terjadi Penumpukan Karbon

Penumpukan karbon pada mobil anda terjadi karena adanya sisa-sisa pembakaran yang tidak sempurna pada ruang pembakaran mobil anda. Namun, perlu diketahui bahwa kondisi ini akan sangat sering anda jumpai di seluruh jenis mobil dengan variasi harga, bentuk, bahkan jenis mesin. Dan kondisi akan mempengaruhi performa mobil. Oleh karena itu anda perlu melakukan perawatan yang rutin dan berkala terhadap mobil anda sehingga penumpukan karbon tidak berlangsung secara terus-menerus.

Cara Mengoptimalkan Performa Mesin Mobil

Setelah mengetahui beberapa hal yang dapat menurunkan performa mobil, berikut merupakan beberapa langkah yang dapat anda ambil untuk mengoptimalkan performa mesin mobil anda

  1. Memilih Bahan Bakar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jenis bahan bakar yang digunakan akan sangat mempengaruhi performa mobil, anda perlu memilih bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mobil anda. Setiap mobil memiliki jenis bahan bakar yang sesuai dengan mesin yang digunakan, jadi anda perlu memastikan jenis yang sesuai saat anda membeli kendaraan anda. Untuk anda yang ingin meningkatkan performa mobil anda, gunakanlah bahan bakar yang memiliki nilai oktan tertinggi yang tersedia di pasaran. Walaupun harganya lebih mahal, namun harga itu akan sangat seimbang jika dibandingkan dengan performa yang akan anda peroleh.

  1. Memastikan Kebutuhan Oksigen Cukup

Oksigen sebagai syarat senyawa dapat melakukan pembakaran sangat diperlukan dalam performa sebuah mesin mobil. Hal ini karena dalam membakar bahan bakar, mobil memerlukan suplai oksigen yang cukup banyak. Untuk memperoleh oksigen dalam jumlah dan kualitas yang baik, anda perlu memaksimalkan kondisi dari pipa udara dan saringan udara.

Pipa filter mobil umumnya dibentuk atau dibuat dari bahan baku kertas atau kapas yang memiliki tekstur yang lunak sehingga mudah hancur. Untuk itu, anda perlu menggantinya dengan bahan yang lebih keras. Anda dapat menggantinya di bengkel mobil terdekat kepercayaan anda. Bengkel yang kami rekomendasikan adalah DOkter Mobil yang menyediakan layanan tersebut.

  1. Mengurangi Beban Mobil

Beban mobil juga ternyata mempengaruhi performa mobil anda. Anda dapat mengurangi beban dari mobil anda dengan mengganti ban yang anda gunakan dengan ban yang lebih ringan dan kecil. Selain itu, anda juga dapat mengurangi beban pada bagian bagasi yang berisi barang-barang yang tidak dibutuhkan. Pastikan mobil anda dapat seringan dan sekosong mungkin sehingga kendaraan anda akan semakin gesit dan mudah untuk bergerak.

  1. Memaksimalkan Sistem Pengapian

Anda perlu memperhatikan sistem pengapian mobil anda agar bahan bakar yang digunakan dapat dibakar secara maksimal. Untuk proses pembakaran sebaiknya pastikan bahwa sistem pengapian stabil agar performa mobil dapat meningkat. Saat sistem pengapian bermasalah atau tidak stabil, maka mobil akan terasa berat dan menjadi tidak nyaman untuk dikendarai.

Sistem pengapian yang tidak stabil dapat diakibatkan oleh beberapa hal yaitu usia busi yang sudah tua atau mengalami kerusakan sehingga kinerja busi semakin berkurang. Selain itu tidak stabilnya listrik ke koil dan injektor yang akan menyebabkan leg. Untuk itu, anda perlu memperbaiki sistem pengapian dengan mengganti busi yang rusak dan perbaiki aliran listrik menuju injektor.

  1. Melakukan Perawatan Rutin dan Berkala

Anda mungkin tidak menyadari atau mengetahui mengenai masalah yang terjadi di dalam mesin kendaraan mobil anda. Untuk itu, anda membutuhkan tenaga ahli yaitu bengkel untuk mendiagnosa segala permasalahan yang terjadi di kendaraan anda dan penyebab-penyebab kendaraan anda mengalami penurunan performa. Hal ini dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan atau meminimalisir kemungkinan mobil anda mengalami penurunan performa atau kinerjanya.

Anda perlu mengecek dan merawat mobil anda secara berkala ke bengkel yang profesional dan berkualitas. Untuk melakukan pengecekan dan perbaikan mobil, anda dapat mempercayakannya ke DOkter Mobil yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia. Anda akan dapat meningkatkan performa kendaraan anda dengan pelayanan yang ramah dan memuaskan di Dokter Mobil.

Penutup

Demikianlah kutipan blog mengenai langkah untuk untuk meningkatkan performa mesin mobil dan dilengkapi dengan beberapa penyebab dari terjadinya penurunan performa kendaraan mobil anda. Perawatan mobil anda sejak dini akan dapat mencegah terjadinya penurunan performa mobil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh pembaca.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4123

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *