📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Injektor Diesel Perlu Dikalibrasi Berkala

injektor diesel

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Tahukah Anda bahwa injektor diesel berbeda dengan mesin bensin? Tekanan injeksi mesin diesel jauh lebih tinggi karena disuntikkan langsung ke ruang bakar saat piston berada di titik mati atas (TDC) akan lebih tinggi.

Salah satu penyebab injektor mesin diesel adalah kebiasaan pengisian bahan bakar yang buruk. Sebagian besar pengguna mobil hanya tertarik pada bahan bakar yang murah dan tidak sengaja.

Padahal, memahami dasar-dasar komponen dan perbaikan teknis adalah suatu keharusan untuk mengetahui penyebab kerusakan pada mesin mobil.  Jadi jika Anda mengalami masalah, Anda dapat mencoba memperbaikinya sendiri terlebih dahulu. Namun jika tidak memungkinkan, mobil bisa langsung dibawa ke bengkel terdekat untuk diperbaiki.

Seiring waktu, injektor bisa menjadi rusak. Injektor diesel juga harus disetel secara teratur untuk menghindari masalah. Kalibrasi injector dilakukan agar injector dapat menjalankan tugasnya kembali secara optimal. Tujuannya adalah untuk membersihkan dan meratakan tekanan di setiap unit injeksi.

Definisi Injektor Diesel

Injektor adalah salah satu komponen kunci dari sistem bahan bakar diesel. Injektor bertanggung jawab untuk menyalurkan bahan bakar dari pompa injeksi ke silinder pada akhir setiap langkah kompresi ketika piston atau plunger mendekati TMA atau titik mati atas.

Salah satu penyebab injektor mesin diesel adalah kebiasaan pengisian bahan bakar yang buruk. Sebagian besar pengguna mobil hanya tertarik pada bahan bakar yang murah dan tidak sengaja.

Salah satu penyebab injektor mesin diesel adalah kebiasaan pengisian bahan bakar yang buruk. Sebagian besar pengguna mobil hanya tertarik pada bahan bakar yang murah dan tidak sengaja.

Penggantian sebagian injektor (hanya suku cadang yang rusak) tidak dianjurkan.

Bagaimana Cara Kalibrasi Injektor Diesel?

Tahukah Anda bahwa fuel injector mesin diesel berbeda dengan mesin bensin, tekanan injeksi mesin diesel jauh lebih tinggi karena disuntikkan langsung ke ruang bakar saat piston berada di titik mati atas (TDC) akan lebih tinggi.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Seiring waktu, injektor bisa menjadi rusak. Injektor diesel juga harus disetel secara teratur untuk menghindari masalah. Kalibrasi injector dilakukan agar injector dapat menjalankan tugasnya kembali secara optimal. Tujuannya adalah untuk membersihkan dan menyamakan tekanan di setiap unit injeksi.

Apa yang Menyebabkan Injektor Diesel Rusak?

injektor diesel

  1. Mesin yang sulit digunakan

Kita akan mulai dengan tanda-tanda yang paling mudah dikenali dari injektor mesin diesel yang rusak sehingga sulit untuk menghidupkan mesin. Mengapa mesin sulit dihidupkan jika injektor diesel di dalam mobil mati, karena suplai bahan bakar ke ruang bakar tidak merata.

Tentu saja bahan bakar yang keluar dari nozzle injeksi tidak sesuai dengan normalnya. Atau, injektor yang aus atau rusak dapat menyebabkan tekanan injektor turun, sehingga menyulitkan untuk menghidupkan mesin.

  1. Mesin yang Tersendat

Mobil kemudian mulai menyala, namun tanda selanjutnya biasanya injektor di mesin diesel rusak. Ini berarti mesin akan tersedak atau berjalan lamban. Kondisi ini disebabkan pasokan bahan bakar yang tidak merata. Hal ini menyebabkan kinerja mesin tidak stabil. Kadang menyala, kadang mati secara otomatis. Untuk mempercepat pengiriman bahan bakar, Anda mungkin perlu menyesuaikan injektor bahan bakar kendaraan Anda, atau mengganti injektor diesel jika bermasalah.

Baca Juga: 9 Penyebab Mesin Mobil Tersendat, Kenali Tandanya

  1. Efisiensi Bahan Bakar Yang Buruk

Mesin yang lamban atau sempit kurang efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Pentingnya konsumsi bahan bakar yang tidak efisien ketika konsumsi bahan bakar menjadi terlalu irit atau terlalu boros. Ini tidak lain adalah masalah dengan sistem injeksi bahan bakar mesin mobil.

Apakah mobil Anda mendapatkan jarak tempuh yang baik? Konsumsi bahan bakarnya bagus, tapi performanya stabil, yang mungkin bagus untuk mobil. Namun, dalam kasus injektor mesin diesel yang rusak, konsumsi bahan bakar yang terlalu irit menyebabkan kinerja mesin menjadi buruk. Penghematan bahan bakar ini disebabkan oleh ketidakmampuan injektor bahan bakar untuk membuka dengan baik saat diisi bahan bakar.

Begitu juga bahan bakar yang terbuang percuma. Jika Anda merasa bahan bakar sangat boros, asap tebal akan keluar dari pipa knalpot. Hal ini disebabkan oleh komposisi bahan bakar yang lebih banyak dibandingkan udara. Oleh karena itu, pembakaran tidak sempurna.

Penyebab penjemputan bahan bakar yang tidak efisien ini adalah gas sisa hasil pembakaran justru menjadi kerak di ujung injektor. Akibatnya, injektor tidak akan bisa membuka dan menutup dengan baik.

  1. Performa Kurang Optimal

Injektor bekerja sebagai bagian dari penyemprot bahan bakar. Injektor yang rusak tidak akan mampu mengalirkan bahan bakar yang cukup ke ruang bakar, sehingga performa mesin menjadi kurang optimal.

Agar mesin berfungsi dengan baik, asupan bahan bakar yang berbeda dengan volume yang berbeda diperlukan untuk kecepatan mesin yang berbeda. Misalnya, mesin membutuhkan lebih banyak bahan bakar saat start daripada saat idling, jadi lebih sedikit bahan bakar yang dibutuhkan. Masalah pada injektor akan menyebabkan suplai bahan bakar menjadi tidak stabil dan mesin akan mati secara otomatis.

  1. Asap Tebal Keluar dari Lubang Pembuangan

Selain itu, tanda-tanda terakhir dari injektor mesin diesel yang rusak mudah dikenali. Asap dari knalpot menunjukkan terlalu banyak bahan bakar. Ini pertanda proses pembakaran basah dimana campuran bahan bakar lebih banyak daripada udara. Hal ini menyebabkan sisa gas berevolusi menjadi hitam. Tanda yang terlihat dari injektor diesel yang rusak adalah asap hitam yang keluar dari knalpot. Selain itu, ada beberapa tanda lain yang mudah dikenali jika injektor mesin diesel Anda rusak.

  1. Timbulkan Asap Hitam Tebal

Jika kondisi injektor diesel rusak atau mulai bocor, asap knalpot akan menjadi hitam dan tebal. Akibatnya, penggunaan energi matahari lebih cepat habis.

  1. Adanya Kerusakan Setelah Dilakukan Pengetesan

Cara selanjutnya untuk memeriksa apakah injektor diesel rusak adalah dengan Common Rail Injection Test Bench, yang dapat dibongkar dan diuji dengan alat khusus.

Kerusakan tersebut terlihat dari kondisi back up bahan bakar ke tangki yang lebih banyak daripada yang disemprotkan setelah pengujian. Bahan bakar yang tumpah ke tangki disebabkan oleh katup injektor yang tersumbat dan banyak kotoran yang menumpuk di sana.

  1. Sulit Distarter

Jika mesin diesel sulit dihidupkan saat dihidupkan, kemungkinan disebabkan oleh injektor diesel yang rusak. Hal ini disebabkan suplai solar tidak mengalir dengan baik.

  1. Tenaga Mesin Berkurang

Jika mesin diesel sulit dihidupkan saat dihidupkan, kemungkinan disebabkan oleh injektor diesel yang rusak. Hal ini disebabkan suplai solar tidak mengalir dengan baik.

Inilah paparan masalah umum yang menyebabkan mobil mogok. Sebelum itu terjadi, mengapa tidak mulai merawat mobil Anda? Bawa permasalahan mobil diesel Anda akibat injektor yang bermasalah ke Dokter Mobil. Karena Dokter Mobil memiliki berbagai layanan yang dapat dipercaya untuk mengatasi permasalahan akibat injektor diesel yang bermasalah, salah satunya dengan layanan Jet Clean.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Untuk nikmati layanan Jet Clean guna merawat injektor diesel pada mobil kesayangan Anda, lakukan reservasi Jet Clean di Dokter Mobil sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi seputar layanan-layanan yang ada di Dokter Mobil hingga diskon-diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2037

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *