📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Injektor Diesel Perlu Dikalibrasi Berkala

injektor diesel

Tahukah Anda bahwa injektor diesel berbeda dengan mesin bensin? Tekanan injeksi mesin diesel jauh lebih tinggi karena disuntikkan langsung ke ruang bakar saat piston berada di titik mati atas (TDC) akan lebih tinggi.

Salah satu penyebab injektor mesin diesel adalah kebiasaan pengisian bahan bakar yang buruk. Sebagian besar pengguna mobil hanya tertarik pada bahan bakar yang murah dan tidak sengaja.

Padahal, memahami dasar-dasar komponen dan perbaikan teknis adalah suatu keharusan untuk mengetahui penyebab kerusakan pada mesin mobil.  Jadi jika Anda mengalami masalah, Anda dapat mencoba memperbaikinya sendiri terlebih dahulu. Namun jika tidak memungkinkan, mobil bisa langsung dibawa ke bengkel terdekat untuk diperbaiki.

Seiring waktu, injektor bisa menjadi rusak. Injektor diesel juga harus disetel secara teratur untuk menghindari masalah. Kalibrasi injector dilakukan agar injector dapat menjalankan tugasnya kembali secara optimal. Tujuannya adalah untuk membersihkan dan meratakan tekanan di setiap unit injeksi.

Definisi Injektor Diesel

Injektor adalah salah satu komponen kunci dari sistem bahan bakar diesel. Injektor bertanggung jawab untuk menyalurkan bahan bakar dari pompa injeksi ke silinder pada akhir setiap langkah kompresi ketika piston atau plunger mendekati TMA atau titik mati atas.

Salah satu penyebab injektor mesin diesel adalah kebiasaan pengisian bahan bakar yang buruk. Sebagian besar pengguna mobil hanya tertarik pada bahan bakar yang murah dan tidak sengaja.

Salah satu penyebab injektor mesin diesel adalah kebiasaan pengisian bahan bakar yang buruk. Sebagian besar pengguna mobil hanya tertarik pada bahan bakar yang murah dan tidak sengaja.

Penggantian sebagian injektor (hanya suku cadang yang rusak) tidak dianjurkan.

Bagaimana Cara Kalibrasi Injektor Diesel?

Tahukah Anda bahwa fuel injector mesin diesel berbeda dengan mesin bensin, tekanan injeksi mesin diesel jauh lebih tinggi karena disuntikkan langsung ke ruang bakar saat piston berada di titik mati atas (TDC) akan lebih tinggi.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Seiring waktu, injektor bisa menjadi rusak. Injektor diesel juga harus disetel secara teratur untuk menghindari masalah. Kalibrasi injector dilakukan agar injector dapat menjalankan tugasnya kembali secara optimal. Tujuannya adalah untuk membersihkan dan menyamakan tekanan di setiap unit injeksi.

Apa yang Menyebabkan Injektor Diesel Rusak?

injektor diesel

  1. Mesin yang sulit digunakan

Kita akan mulai dengan tanda-tanda yang paling mudah dikenali dari injektor mesin diesel yang rusak sehingga sulit untuk menghidupkan mesin. Mengapa mesin sulit dihidupkan jika injektor diesel di dalam mobil mati, karena suplai bahan bakar ke ruang bakar tidak merata.

Tentu saja bahan bakar yang keluar dari nozzle injeksi tidak sesuai dengan normalnya. Atau, injektor yang aus atau rusak dapat menyebabkan tekanan injektor turun, sehingga menyulitkan untuk menghidupkan mesin.

  1. Mesin yang Tersendat

Mobil kemudian mulai menyala, namun tanda selanjutnya biasanya injektor di mesin diesel rusak. Ini berarti mesin akan tersedak atau berjalan lamban. Kondisi ini disebabkan pasokan bahan bakar yang tidak merata. Hal ini menyebabkan kinerja mesin tidak stabil. Kadang menyala, kadang mati secara otomatis. Untuk mempercepat pengiriman bahan bakar, Anda mungkin perlu menyesuaikan injektor bahan bakar kendaraan Anda, atau mengganti injektor diesel jika bermasalah.

Baca Juga: 9 Penyebab Mesin Mobil Tersendat, Kenali Tandanya

  1. Efisiensi Bahan Bakar Yang Buruk

Mesin yang lamban atau sempit kurang efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Pentingnya konsumsi bahan bakar yang tidak efisien ketika konsumsi bahan bakar menjadi terlalu irit atau terlalu boros. Ini tidak lain adalah masalah dengan sistem injeksi bahan bakar mesin mobil.

Apakah mobil Anda mendapatkan jarak tempuh yang baik? Konsumsi bahan bakarnya bagus, tapi performanya stabil, yang mungkin bagus untuk mobil. Namun, dalam kasus injektor mesin diesel yang rusak, konsumsi bahan bakar yang terlalu irit menyebabkan kinerja mesin menjadi buruk. Penghematan bahan bakar ini disebabkan oleh ketidakmampuan injektor bahan bakar untuk membuka dengan baik saat diisi bahan bakar.

Begitu juga bahan bakar yang terbuang percuma. Jika Anda merasa bahan bakar sangat boros, asap tebal akan keluar dari pipa knalpot. Hal ini disebabkan oleh komposisi bahan bakar yang lebih banyak dibandingkan udara. Oleh karena itu, pembakaran tidak sempurna.

Penyebab penjemputan bahan bakar yang tidak efisien ini adalah gas sisa hasil pembakaran justru menjadi kerak di ujung injektor. Akibatnya, injektor tidak akan bisa membuka dan menutup dengan baik.

  1. Performa Kurang Optimal

Injektor bekerja sebagai bagian dari penyemprot bahan bakar. Injektor yang rusak tidak akan mampu mengalirkan bahan bakar yang cukup ke ruang bakar, sehingga performa mesin menjadi kurang optimal.

Agar mesin berfungsi dengan baik, asupan bahan bakar yang berbeda dengan volume yang berbeda diperlukan untuk kecepatan mesin yang berbeda. Misalnya, mesin membutuhkan lebih banyak bahan bakar saat start daripada saat idling, jadi lebih sedikit bahan bakar yang dibutuhkan. Masalah pada injektor akan menyebabkan suplai bahan bakar menjadi tidak stabil dan mesin akan mati secara otomatis.

  1. Asap Tebal Keluar dari Lubang Pembuangan

Selain itu, tanda-tanda terakhir dari injektor mesin diesel yang rusak mudah dikenali. Asap dari knalpot menunjukkan terlalu banyak bahan bakar. Ini pertanda proses pembakaran basah dimana campuran bahan bakar lebih banyak daripada udara. Hal ini menyebabkan sisa gas berevolusi menjadi hitam. Tanda yang terlihat dari injektor diesel yang rusak adalah asap hitam yang keluar dari knalpot. Selain itu, ada beberapa tanda lain yang mudah dikenali jika injektor mesin diesel Anda rusak.

  1. Timbulkan Asap Hitam Tebal

Jika kondisi injektor diesel rusak atau mulai bocor, asap knalpot akan menjadi hitam dan tebal. Akibatnya, penggunaan energi matahari lebih cepat habis.

  1. Adanya Kerusakan Setelah Dilakukan Pengetesan

Cara selanjutnya untuk memeriksa apakah injektor diesel rusak adalah dengan Common Rail Injection Test Bench, yang dapat dibongkar dan diuji dengan alat khusus.

Kerusakan tersebut terlihat dari kondisi back up bahan bakar ke tangki yang lebih banyak daripada yang disemprotkan setelah pengujian. Bahan bakar yang tumpah ke tangki disebabkan oleh katup injektor yang tersumbat dan banyak kotoran yang menumpuk di sana.

  1. Sulit Distarter

Jika mesin diesel sulit dihidupkan saat dihidupkan, kemungkinan disebabkan oleh injektor diesel yang rusak. Hal ini disebabkan suplai solar tidak mengalir dengan baik.

  1. Tenaga Mesin Berkurang

Jika mesin diesel sulit dihidupkan saat dihidupkan, kemungkinan disebabkan oleh injektor diesel yang rusak. Hal ini disebabkan suplai solar tidak mengalir dengan baik.

Pertanyaan

1. Apakah injektor diesel perlu dikalibrasi berkala, dan apa dampaknya jika tidak dilakukan?

Jawab:

Ya, injektor diesel perlu dikalibrasi secara berkala. Injektor yang terkalibrasi dengan baik akan memastikan:

  • Penyemprotan bahan bakar yang akurat: Injektor yang tidak terkalibrasi dapat menyebabkan penyemprotan bahan bakar yang tidak merata, sehingga mesin tidak bekerja optimal dan boros bahan bakar.
  • Performa mesin yang optimal: Injektor yang terkalibrasi dengan baik memastikan bahan bakar disemprotkan dengan tepat, menghasilkan pembakaran yang optimal dan meningkatkan performa mesin.
  • Emisi gas buang yang lebih rendah: Pembakaran yang optimal dengan injektor yang terkalibrasi dengan baik menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah.

Dampak jika tidak dilakukan kalibrasi berkala:

  • Performa mesin menurun: Mesin terasa kurang bertenaga, akselerasi lambat, dan konsumsi bahan bakar meningkat.
  • Emisi gas buang meningkat: Menyebabkan polusi udara dan kerusakan lingkungan.
  • Kerusakan pada komponen mesin: Injektor yang tidak terkalibrasi dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin lainnya seperti piston, ring piston, dan liner silinder.

Frekuensi kalibrasi injektor diesel:

  • Setiap 20.000 – 40.000 kilometer: Tergantung pada jenis mobil, kondisi jalan, dan kualitas bahan bakar.
  • Jika dirasakan ada gejala kerusakan: Seperti performa mesin menurun, emisi gas buang meningkat, atau asap hitam keluar dari knalpot.

2. Bagaimana cara mengetahui bahwa injektor diesel pada mobil mengalami kerusakan atau keausan?

Jawab:

Tanda-tanda Kerusakan atau Keausan Injektor Diesel:

  • Performa mesin menurun: Mesin terasa kurang bertenaga, akselerasi lambat, dan konsumsi bahan bakar meningkat.
  • Emisi gas buang meningkat: Menyebabkan polusi udara dan kerusakan lingkungan.
  • Asap hitam keluar dari knalpot: Menandakan pembakaran yang tidak sempurna.
  • Mesin brebet: Mesin terasa tidak halus saat idle atau akselerasi.
  • Suara mesin kasar: Suara mesin diesel yang kasar dapat menandakan masalah pada injektor.
  • Lampu check engine menyala: Menandakan adanya masalah pada sistem mesin, termasuk injektor.

3. Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan pada injektor diesel dan menjaga kinerjanya agar tetap optimal?

Jawab:

Pencegahan Kerusakan Injektor Diesel:

  • Gunakan bahan bakar berkualitas: Bahan bakar yang berkualitas rendah dapat mengandung kotoran yang menyumbat injektor.
  • Ganti filter bahan bakar secara rutin: Filter bahan bakar yang kotor dapat menyumbat injektor dan mengganggu aliran bahan bakar.
  • Lakukan servis berkala: Servis berkala di bengkel terpercaya untuk memastikan kondisi injektor dan sistem bahan bakar lainnya.
  • Hindari kebiasaan mengemudi yang buruk: Hindari kebiasaan seperti akselerasi mendadak dan over-revving yang dapat membebani injektor.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mencegah kerusakan pada injektor diesel dan menjaga kinerjanya agar tetap optimal.

Tips tambahan:

  • Gunakan aditif bahan bakar khusus untuk membersihkan injektor dan menjaga performanya.
  • Hindari mengisi bahan bakar di tempat yang tidak terjamin kualitasnya.
  • Perhatikan kondisi tangki bahan bakar, hindari tangki yang kotor dan berkarat.

Dengan menjaga kesehatan injektor diesel, Anda dapat memastikan performa mesin yang optimal, emisi gas buang yang rendah, dan umur mesin yang lebih panjang.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

7 Faktor Penyebab Harga Mobil Bekas Naik

7 Faktor Penyebab Harga Mobil Bekas Naik

Mobil bekas menjadi pilihan yang semakin populer bagi banyak orang yang ingin memiliki kendaraan pribadi tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk membeli mobil baru. Namun,

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!