📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

9 Penyebab Mesin Mobil Tersendat, Kenali Tandanya

mesin mobil

Mengendarai kendaraan di jalan sangat mempengaruhi mood Anda seharian, sehingga mengemudi harus lancar. Namun, jika dalam mengemudi tiba-tiba mesin mobil brebet dan mulai tersendat-sendat mungkin penyebab utamanya adalah jumlah bahan bakar yang rendah. Kekhawatiran lainnya jika mesin mobil tersendat secara tiba-tiba mungkin terdapat gangguan pada sistem kelistrikan mobil Anda atau komponen lainnya. Oleh karena itu, jika tampilan pengukur bahan bakar penuh, kemungkinan terjadi masalah lebih lanjut misalnya filter bahan bakar yang tersumbat sehingga mencegah bahan bakar mencapai sistem pengapian. Akibatnya, jika masalah tersebut tidak segera diperbaiki tentu dapat menyebabkan kerusakan mesin lebih parah. Tetapi, apa saja penyebab mesin mobil brebet?

Penyebab Mesin Mobil Tersendat

mesin mobil

Penyebab paling umum mesin mobil brebet adalah karena adanya masalah dengan sistem bahan bakar. Hal ini dapat disebabkan oleh filter bahan bakar, pompa bahan bakar, atau injektor bahan bakar yang buruk. Tidak hanya itu saja, masalah mesin mobil brebet juga dapat disebabkan oleh kelistrikan mobil dari busi atau koil pengapian yang buruk. Meskipun hal yang disebutkan belum pasti penyebab mesin mobil tersendat, ada baiknya untuk melakukan servis atau pengecekan mobil Anda. Berikut adalah daftar yang lebih rinci dari penyebab paling umum mesin mobil brebet saat dinyalakan.

  • Busi Rusak

Busi merupakan bagian dari sistem kelistrikan mobil. Busi dapat memercikan api karena terdapat proses perubahan dari energi listrik ke energi api. Busi sangat penting untuk menyediakan pengapian yang diperlukan untuk bahan bakar. Namun, jika busi memiliki kondisi aus maka tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Dalam hal ini, kemungkinan bahan bakar dalam tangka mesin tidak terbakar menyebabkan mesin mobil menjadi tersendat.

Dengan demikian, busi yang digunakan harus diperhatikan dan diganti secara konsisten untuk mencegah gangguan pada mesin semacam itu karena busi yang rusak dapat menyebabkan mesin mobil bergetar. Tidak hanya itu, aliran listrik pada busi juga dapat menyebabkan korslet pada mobil. Busi merupakan komponen penyebab korslet jika aliran listrik busi bocor, sebab jika busi mengalami akan mengeluarkan percikan api yang dapat menyebar dengan cepat dan dapat membakar komponen kelistrikan mobil lainnya.

  • Filter Bahan Bakar Tersumbat

Fungsi filter bahan bakar adalah menyaring bahan bakar yang masuk ke injektor bahan bakar dan kemudian dialirkan menuju mesin. Filter bahan bakar yang tersumbat dapat menyebabkan mesin mendapatkan tekanan bahan bakar yang terlalu rendah atau menyebabkan injektor bahan bakar tersumbat. Tekanan bahan bakar yang rendah akan menyebabkan mesin bekerja secara lambat sehingga saat menarik gas.

Filter bahan bakar harus dibersihkan secara rutin, semisal filter bahan bakar sudah menunjukkan adanya kerusakan maka harus diganti dengan filter yang baru. Kendati demikian, meskipun filter bahan bakar perlu diganti secara rutin, biaya yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

  • Pompa Bahan Bakar Rusak

Hal yang sama berlaku untuk pompa bahan bakar, jika pompa bahan bakar dalam kondisi kurang baik akan menyebabkan tekanan bahan bakar sangat rendah sehingga dapat menyebabkan mesin yang berjalan terlalu aus. Cara termudah untuk mengetahui bahan bakar yang rusak adalah dengan memasang pengukur tekanan bahan bakar manual sementara dan memeriksa tekanan bahan bakar saat Anda mulai menghidupkan mobil. Jika tekanan bahan bakar pada mobil anda terlalu rendah, kemungkinan terdapat masalah dengan filter bahan bakar atau pompa bahan bakar.

  • Mesin Mobil Overheat

Suhu pada mobil juga salah satu penyebab mesin mobil tersendat saat berusaha dinyalakan. Kondisi mesin mobil yang terlalu panas tentu saja dapat membuat kecepatan mobil berkurang dan menurun. Saat mobil digas, mesin akan terasa tersendat-sendat dan kekurangan tenaga untuk melaju.  Buruknya lagi, jika mobil overheating akan menyebabkan terjadinya korslet pada mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Dibaca Juga: Mesin Mobil Panas, Ketahui Penyebabnya dan Atasi Masalahnya

Kondisi overheating pada mesin mobil disebabkan karena jumlah air radiator yang sudah menipis atau bahkan habis. Air radiator yang terdapat pada radiator mesin memiliki fungsi sebagai pendingin mesin untuk menjaga kestabilan suhu dan temperatur. Dengan demikian, lakukan pengecekan air radiator secara rutin untuk memastikan temperature pada mesin tetap terjaga.

  • Sensor Aliran Udara yang Kotor atau Rusak

Ruang bakar membutuhkan jumlah bahan bakar dan udara yang tepat. Mesin modern memiliki komputer onboard yang memantau aliran komponen ini.  Sensor aliran udara massal memastikan bahwa jumlah udara yang tepat disuplai ke ruang bakar. Ketika sensor menjadi jenuh dengan partikel kotoran, mereka tidak dapat lagi melanjutkan informasi yang benar dari ECU. Tentunya, hal ini akan menyebabkan unit kontrol mesin menyemburkan terlalu banyak atau terlalu sedikit bahan bakar ke dalam silinder, yang akan menyebabkan mesin menjadi tersendat.

  • Injektor bahan bakar kotor

Fuel injector berperan sebagai penyemprot bahan bakar ke ruang bakar pada silinder mesin. Bahan bakar kemudian akan tercampur dengan udara dan selanjutnya dinyalakan oleh busi. Injektor bahan bakar memiliki filter kecil di dalamnya, jika filter bahan bakar tidak berfungsi dengan baik maka injektor akan tersumbat. Hal ini dapat menyebabkan injektor bahan bakar atau busi menyemprotkan terlalu sedikit bahan bakar ke dalam ruang pembakaran, sehingga menyebabkan silinder macet dan dapat menyebabkan mesin tersendat. Selain sistem injeksi yang kotor, mesin juga dapat tersendat karena adanya gelembung-gelembung udara yang masuk ke sistem pembakaran bahan bakar. Pada injektor bahan bakar terdapat karet ring atau biasa disebut karet O, karet juga harus diperiksa agar senantiasa fleksibel untuk mencegah kebocoran bahan bakar agar tidak menyebabkan korslet.

  • Konverter Katalitik Rusak

Konverter katalitik memainkan peran penting dalam menghilangkan gas berbahaya dari knalpot atau sebagai komponen pengurang polusi dari mobil. Konverter katalitik dapat tersumbat jika sudah terlalu lama digunakan, dan juga bisa kehilangan bagian di dalamnya yang akan menghalangi jalan pembuangan. Hal Ini akan menyebabkan tekanan balik yang terlalu tinggi ke bagian mesin sehingga akan menyebabkan mesin mulai menggerutu. Dengan demikian, Anda dapat mencoba untuk menggunakan pembersih catalytic converter untuk mencoba membersihkan konverter katalitik. Ketika catalytic converter tidak bekerja dengan baik, akan tercium bau yang tidak enak.

  • Sensor Oksigen Rusak

Sebagian besar mobil modern memiliki komputer terpasang yang memantau semua komponen mesin.  Tidak terkecuali sensor aliran oksigen yang berperan untuk mengatur bahan bakar ke dalam ruang pembakaran. Sensor oksigen yang rusak akan memicu berbagai masalah termasuk kinerja mesin yang buruk dan performa pembakaran yang berkurang. Seiring waktu, sensor oksigen yang digunakan dapat terkontaminasi dengan kotoran, dan mereka tidak lagi dapat menyampaikan informasi yang benar ke komputer onboard. Hal ini menyebabkan mereka melepaskan terlalu banyak bahan bakar atau terlalu sedikit bahan bakar. Maka dari itu untuk mendiagnosis sensor oksigen, Anda memerlukan pemindai diagnostik dengan pemeriksaan dan perawatan rutin di bengkel Dokter Mobil untuk memperbaiki dan mencegah masalah sensor pada mobil Anda.

  • Pemilihan Bahan Bakar yang Salah

Mobil dapat tersendat jika bahan bakar yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan mesin mobil. Memang bahan bakar merupakan komponen vital pada mobil untuk dapat beroperasi, jika salah memilih bahan bakar tentunya performa mobil tidak akan berjalan secara optimal. Kandungan oktan yang beragam pada bensin harus disesuaikan dengan mobil, Anda dapat berkonsultasi dengan bengkel Dokter Mobil terdekat anda untuk menjaga performa kendaraan Anda.

Penutup

Demikian beberapa hal yang membuat mobil Anda menjadi tersendat saat dinyalakan, jangan lupa untuk melakukan servis mobil secara rutin minimal 2 bulan sekali untuk menjaga kondisi mobil tetap dalam kondisi maksimal. Tidak hanya itu saja, dengan melakukan servis dan pengecekan terhadap mesin sistem kelistrikan mobil juga akan terjaga dan dapat menghindari korslet. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil untuk melakukan pengecekan mobil secara gratis dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8922

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️