📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Evaporator AC Mobil Berlendir? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

evaporator ac mobil berlendir

Salah satu penyebab dari AC mobil yang tidak dingin adalah terjadi masalah pada bagian evaporator AC mobil berlendir. Mobil dengan kondisi AC yang kurang dingin kini menjadi salah satu masalah yang sering terjadi. Pastinya, di saat kondisi dalam kabin mobil panas membuat para penumpangnya merasa kurang nyaman.

AC mobil yang tidak dingin memang menjadi salah satu hal harus benar-benar diperhatikan. Pasalnya, AC mobil kini menjadi salah satu bagian yang paling penting dan berfungsi untuk membuat para pengemudi atau penumpangnya merasa nyaman.

Maka dari itu, untuk para pemilik mobil juga harus mengerti mengenai penyebab dan cara mengatasi AC mobil yang tidak dingin.

Akan tetapi, juga masih banyak lagi penyebab lain yang harus juga dipahami oleh kalangan pemilik mobil. Bagi Anda yang penasaran apa saja penyebab dan cara mengatasinya bisa simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Evaporator AC Mobil Berlendir

evaporator ac mobil berlendir

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa untuk permasalahan AC mobil tidak dingin kini menjadi salah satu hal sudah biasa. Sedangkan, untuk penyebab dari evaporator AC mobil berlendir adalah:

  1. Evaporator AC Mobil Kotor atau Tersumbat

Debu adalah menjadi salah satu penyebab dari tersumbatnya bagian evaporator AC mobil. Selain itu, debu yang sudah mulai menyumbat ini dapat membuat aliran udara dari komponen blower menjadi terhambat.

Tentu saja, dengan hal tersebut membuat sirkulasi AC menjadi terganggu dan aliran udara yang keluar dari blower juga ikutan terhambat. Dengan keadaan evaporator AC mobil berlendir inilah membuat kabin mobil tidak dingin sama sekali.

Biasanya, untuk kotoran debu yang masuk ke evaporator ini disebabkan, karena adanya hisapan dari komponen blower. Tidak hanya itu saja, untuk filter AC mobil yang jarang dibersihkan juga bisa mengganggu kinerja dari komponen evaporator.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Supaya evaporator AC mobil berlendir ini hilang bisa melakukan pembersihan kurang lebih 3-4 bulan sekali. Tentu saja, dengan melakukan hal tersebut sudah dipastikan ruangan kabin mobil tetap dingin dan sejuk.

Baca Juga: Hal Sepele yang Bikin Evaporator AC Mobil Kotor dan Bocor

  1. Mempunyai Tekanan Pada Sistem AC Mobil yang Berlebih

Penyebab dari evaporator AC mobil berlendir yang kedua adalah terdapat tekanan pada sistem AC. Selain itu, hal tersebut bisa terjadi karena pada saat proses pengisian oli kompresor melebihi batas.

Tanpa disadari untuk kapasitas oli kompresor yang berlebihan ini bisa memberikan tekanan pada bagian freon. Dengan hal tersebut bisa mengakibatkan kompresor akan mengalami panas.

Masalah tersebut bisa berdampak pada evaporator AC mobil berlendir. Adanya permasalahan tersebut membuat kondensor atau AC mobil tidak dingin sama sekali. Ketika sudah mengalami hal tersebut, ada satu cara yang bisa diambil adalah membersihkan pada bagian komponen tersebut.

  1. Komponen Kondensor Kotor

Komponen kondensor yang kotor ini juga bisa membuat evaporator AC mobil berlendir. Fungsi dari kondensor adalah untuk membuang udara panas yang dilepaskan oleh komponen kompresor.

Tentunya, untuk hal yang satu ini juga bisa membuat AC mobil tidak dingin sama sekali. Apalagi di saat siang hari bisa membuat para penumpang dan pengemudi merasa tidak betah di dalam mobil.

Evaporator AC mobil berlendir ini harus dibersihkan dan dilakukan perawatan paling tidak seminggu sekali. Sehingga, dengan hal tersebut untuk mengantisipasi munculnya atau menumpuknya karat dan kotoran.

Cara Mengatasi Evaporator AC Mobil Berlendir

Pada era seperti sekarang ini, kebanyakan mobil sudah dilengkapi dengan fitur AC guna dapat meningkatkan kenyamanan di saat berkendara. Maka dari itu, untuk para pemilik mobil bisa membersihkan komponen tersebut supaya tetap bersih. Sedangkan, beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi evaporator AC mobil berlendir adalah:

  1. Matikan Mobil dan Mempersiapkan Semua Alat Pembersih

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan mesin mobil dan mempersiapkan semua alat-alatnya. Pada saat ingin membersihkan evaporator ac mobil berlendir harus melakukan pembongkaran mesin terlebih dahulu.

Maka dari itu, Anda harus memastikan lagi kondisi mesin mobil sudah benar-benar mati. Setelah itu, siapkan semua jenis peralatan yang digunakan untuk membersihkan evaporator yang kotor tersebut.

  1. Menyemprotkan Cairan Pembersih pada Bagian Evaporator dan Blower Lubang Filter AC

Kedua, Anda bisa langsung saja memberikan cairan pada komponen evaporator dan lubang filter AC. Semprotkan juga cairan tersebut sampai benar-benar habis agar kondisi filter bisa kembali bersih. Biasanya, untuk cairan tersebut berbentuk busa dan akan keluar air pada komponen ventilator AC mobil.

  1. Membersihkan Selang Ventilasi AC

Selanjutnya, Anda harus membersihkan ventilasi AC supaya tidak tersumbat dengan kotoran. Tujuan dari cara yang satu ini adalah untuk memastikan, bahwa komponen tersebut tidak tersumbat kotoran sama sekali.

  1. Menyalakan Mesin Mobil

Langkah yang paling akhir adalah menyalakan mesin mobil kembali. Pastikan, lagi pada saat proses pembilasan evaporator AC mobil berlendir sudah benar-benar bersih dan tidak ada ketinggalan debu atau busa.

Cara untuk membersihkan evaporator ini memang tidak sulit dan bisa dilakukan secara sendiri. Akan tetapi, bagi Anda yang masih ragu juga bisa menggunakan jasa layanan pembersihan evaporator AC di bengkel spesialis service AC.

Pada saat memilih bengkel tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Tidak ada salahnya juga Anda melakukan riset kecil-kecilan guna mendapatkan bengkel mobil yang terbaik dan mempunyai kualitas terbaik. Apalagi, untuk saat ini banyak sekali bengkel mobil yang dapat dipilih oleh kalangan masyarakat. Maka dari itu, dengan hal tersebut membuat kalangan para pemilik mobil bingung harus memilih yang mana.

Untuk salah satu bengkel mobil yang mempunyai layanan pembersihan evaporator AC yang recommended dan bisa Anda tuju adalah Dokter Mobil. Untuk beberapa kalangan masyarakat tentunya sudah tidak asing lagi dengan Dokter Mobil. Dokter Mobil adalah bengkel yang mempunyai banyak layanan mengenai perbaikan beberapa komponen mobil. Salah satu spesialisasi dari layanan di Dokter Mobil adalah service AC yang sudah banyak dipercaya oleh beragam jenis mobil untuk diperiksa komponen AC mobilnya.

Semua mekanik yang ada di Dokter Mobil juga sudah ahli di dalam bidangnya masing-masing. Maka dari itu, para konsumen dari Dokter Mobil tidak perlu khawatir lagi dengan hasil akhir yang diberikan. Jangan sampai salah dalam pemilihan bengkel mobil, karena bisa berdampak buruk pada kemudian hari. Bahkan, bisa saja pemilihan bengkel mobil sembarangan justru bisa merusak beberapa komponen lainnya. Percayakan semua pengerjaan pada Bengkel Dokter Mobil, karena sudah ditangani oleh orang yang ahli dalam bidangnya masing-masing.

Lakukan reservasi service AC di Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp agar berbagai pertanyaan Anda seputar AC mobil kesayangan Anda dapat segera terjawab dengan tuntas. Anda juga bisa berkunjung langsung ke cabang Bengkel Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi evaporator AC mobil berlendir. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin melakukan pembersihan evaporator.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7865

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️