📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Waspada Korsleting Listrik Pada Mobil, Kenali Cirinya

Korsleting Listrik

Mobil terdiri dari sistem kelistrikan yang dirangkai untuk menjalankan fungsi sesuai peruntukannya pada mobil. Sistem kelistrikan pada mobil dapat terbagi menjadi beberapa macam seperti sistem starter, sistem pengapian, sistem pengisian, serta sistem indikator mesin. Sistem kelistrikan dalam mobil perlu dilakukan pengecekan secara berkala untuk menghindari kerusakan yang kemungkinan akan terjadi karena gangguan pada sistem kelistrikan mobil dapat menyebabkan korsleting.

Pengertian Korsleting Listrik Pada Mobil

Korsleting Listrik

Korsleting merupakan kesalahan pada jalur arus listrik pada mobil yang memindahkan listrik di antara sirkuit yang berbeda sebelum mencapai tujuan akhir. Tentu saja, arus pendek ini dapat menyebabkan banyak masalah pada mobil seperti membuat mesin mobil tersendat hingga membuat mesin mati sepenuhnya. Salah satu penyebab korsleting di sistem kelistrikan mobil terjadi karena adanya penambahan aksesori seperti audio, lampu HID, klakson, dan aksesori lainnya. Hal ini tentu menyebabkan kabel menumpuk pada aki, kabel yang terkelupas dapat menimbulkan panas dan meleleh sehingga menciptakan korsleting listrik pada mobil.

  • Bagaimana Arus Listrik Bekerja di Mobil?

Agar lebih memahami mengapa korsleting dapat terjadi, maka sebaiknya ketahui bagaimana arus listrik mengalir melalui mobil. Seperti yang diketahui, sistem kelistrikan mobil dapat dibagi menjadi sirkuit sensor dan actuator. Sirkuit sensor merupakan sirkuit arus listrik yang menangani sensor oksigen, cahaya, kecepatan dan sebagainya. Sedangkan, sirkuit actuator merupakan arus listrik untuk menggerakan mobil. Sirkuit sensor utama adalah kabel yang menghubungkan sensor suhu cairan pendingin mesin (ECT) dan modul kontrol mesin (ECM) kendaraan, kedua komponen ini masing-masing terletak di belakang kotak mesin kendaraan.

Selama kabel yang terdapat pada kedua komponen yang dijelaskan masih dalam kondisi utuh, arus listrik dapat mengalir bebas diantara kedua komponen tersebut. Misalnya ECM dapat mengirimkan tegangan referensi 5V ke ECT yang menyebabkan ECT menyesuaikan resistansinya berdasarkan suhu dan temperatur. Dengan demikian, dapat dipahami jika sistem kelistrikan mobil dapat berfungsi dengan baik jika kabel dalam kondisi utuh dan tidak terputus.

  • Jenis Korsleting pada Mobil

Hubungan arus pendek listrik pada mobil dapat dikategorikan menjadi dua jenis yaitu korsleting normal dan korsleting ground fault. Korsleting normal merupakan korslet yang terjadi akibat kabel listrik yang membawa arus listrik bersentuhan dengan kabel netral sehingga saat hal ini terjadi, resistensi akan turun dan arus listrik akan mengalir dalam jumlah besar melalui jalur yang tidak terduga. Hal ini dapat menyebabkan saklar lampu mobil bagian depan mengirimkan daya secara tidak sengaja bahkan dapat menyebabkan lampu menyala saat menginjak rem.

Sedangkan, Korsleting ground fault merupakan korslet yang terjadi akibat kabel yang membawa arus listrik bersentuhan dengan bagian sistem yang berada di tanah. Hal ini dapat terjadi ketika arus listrik berpindah dari kawat ke kendaraan. Saat terjadi korsleting ke tanah, tanda-tanda korsleting listrik mobil dapat terlihat seperti sekring putus, komponen lampu tidak berfungsi dan sebagainya.

Cara Menemukan Tanda-Tanda Korsleting Listrik Pada Mobil

Menemukan tanda-tanda korsleting listrik mobil Anda merupakan proses yang dapat memakan waktu jika dilakukan secara manual di rumah, oleh karena itu sebaiknya mengecek kondisi sistem kelistrikan mobil anda di bengkel Dokter Mobil yang menyediakan jasa untuk perawatan listrik mobil anda.

  • Periksa Sekring Mobil

Untuk memeriksa sekring dan melihat apakan ada gejala korslet pada mobil, dilakukan dengan cara berikut ini: Melepaskan sekring mobil dan hubungkan lampu uji ke terminal untuk sekring. Lampu tes akan menyala jika terdeteksi arus listrik. Jika tidak memiliki lampu uji, dapat menggunakan multimeter yang dapat mengukur kontinuitas listrik.  Dengan cara tersebut, jika lampu uji gagal menyala, kemungkinan akan menunjukkan arus listrik tidak mengalir ke sekring.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Memeriksa Gangguan Pada Kawat

Mendiagnosis masalah pada kabel tertentu, dapat dilakukan dengan cara melepas konektor kabel. Gunakan lampu uji dan lihat kapan indikator lampu tersebut padam. Misalnya, jika lampu uji padam di tengah rangkaian kabel seperti dekat saklar lampu depan, kemungkinan masalah lampu terletak di area tersebut.

  • Memeriksa semua kabel yang terlihat

Periksa semua kabel yang terkelupas atau tergores untuk menemukan masalah penyebab korsleting listrik.

Tanda-Tanda Korsleting Listrik Mobil yang Perlu diketahui

  • Arus listrik tidak stabil

Gejala awal yang dapat diamati pada masalah kelistrikan dan penyebab korslet pada mobil adalah aliran listrik yang tidak stabil. Hal ini dapat Anda ketahui saat mencoba untuk menyalakan fitur audio atau video. Disamping itu, lampu-lampu indikator yang meredup juga dapat menjadi tanda listrik yang kurang stabil pada mobil Anda.

Dibaca Juga: Para Pemilik Kendaraan Wajib Tahu! Inilah Cara Mengecek Kebocoran Arus Listrik Mobil

  • Mobil sulit menyala dan mati total

Mobil yang distarter berulang kali tetapi tetap tidak mau hidup dapat menjadi salah satu tanda-tanda korsleting listrik mobil sebab starter mobil merupakan salah satu bagian dari sistem kelistrikan yang dapat terjadi masalah seperti korslet.

  • Alternator yang bermasalah

Alternator pada sistem kelistrikan mobil berperan untuk menghasilkan energi listrik mobil. Tidak hanya itu, alternator juga berfungsi untuk mengisi aki mobil agar tetap pada tegangan yang stabil. Kemungkinan jika alternator bermasalah dapat menjadi pemicu korslet. Tandanya seperti arus listrik mobil yang tidak stabil.

  • Sekring sering putus

Sekring berfungsi untuk mencegah korslet pada sistem kelistrikan mobil. Saat terdapat hubungan arus pendek maka sekring akan putus, oleh karena itu anda perlu mengganti dengan sekring yang baru. Namun, jika sekring sering putus berulang kali kemungkinan besar ada hal yang tidak beres dengan kelistrikan mobil Anda.

  • Lampu utama redup

Lampu utama harus dalam kondisi terang agar dapat menunjang keselamatan dan keamanan saat Anda mengemudi di malam hari atau saat terjadi hujan lebat. Namun, jika lampu utama redup sementara lampu LED tidak menunjukkan adanya masalah kemungkinan hal tersebut menjadi tanda-tanda korsleting listrik mobil yang dapat menyebabkan korslet.

Bagaimana Mengatasi Korsleting Listrik pada Mobil

Jika Anda sudah merasa terdapat masalah listrik di mobil Anda, atau sudah mengetahui tanda-tanda korsleting listrik mobil anda, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi dimana kerusakan tersebut terjadi. Kurang lebih terdapat tiga tempat umum terjadinya korsleting di dalam mobil yaitu di ruang mesin, di kabin, atau di dekat baterai (aki). Setelah berhasil; mengidentifikasi lokasi terjadinya arus pendek, Anda dapat melakukan penindakan secara lebih lanjut.

Mobil yang mengalami korsleting dapat diperbaiki dengan beberapa perbaikan sederhana dalam berbagai kasus. Misalnya masalah terletak di ruang mesin, kemungkinan perlu mengganti sekring atau harnes kabel. Jika masalah terjadi di kabin, Anda mungkin harus mengganti sakelar atau konektor. Sedangkan jika dekat dengan baterai, mungkin harus mengecek dan membersihkan terminal baterai atau mengganti baterai secara total

Jika tidak sempat untuk melakukan perbaikan secara mandiri dirumah, Anda dapat membawa mobil Anda ke bengkel Dokter Mobil, tenaga professional disana akan menemukan dan memperbaiki masalah dengan cepat dan mudah.

Mencegah Penggunaan Komponen yang Berlebihan Daya

Bagi Anda yang senang memodifikasi bagian dalam mobil, sebaiknya tidak memasang komponen listrik diluar standarnya dan memiliki daya yang besar seperti pemasangan lampu interior tambahan yang memerlukan listrik untuk bekerja. Oleh karena itu, jika ingin menambahkan hiasan pada interior mobil anda sebaiknya gunakan standar listrik yang sesuai. Jika menggunakan komponen yang memerlukan arus listrik lebih besar akan mengakibatkan kabel tidak kuat mengalirkan arus listrik dan menyebabkan korslet.

Penutup

Korsleting listrik merupakan masalah yang serius dan perlu diperbaiki sesegera mungkin. Jika Anda mengalami tanda-tanda korsleting mobil milik anda maka ada baiknya untuk melakukan servis dengan tenaga profesional. Di bengkel Dokter mobil, mobil Anda akan didiagnosis untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada mobil kesayangan anda. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil untuk melakukan pengecekan mobil secara gratis dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8922

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️