📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Mengenal Sistem Kelistrikan AC Mobil Avanza Agar Tidak Salah Kaprah!

sistem kelistrikan ac mobil avanza

Sistem kelistrikan adalah salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan para pemilik kendaraan roda 4 atau mobil. Dengan adanya sistem kelistrikan yang baik bisa membuat para penggunanya merasa nyaman dan juga aman.  Apalagi, untuk saat ini juga banyak masalah sistem kelistrikan mobil dan membuat kendaraan terbakar. Tentu saja, dengan hal tersebut membuat para pemilik mobil atau kendaraan roda 4 bisa selalu memperhatikan mengenai sistem kelistrikan.

Salah satu komponen sistem kelistrikan mobil yang harus dipahami adalah bagian AC. Pastinya, untuk para pengguna mobil memanfaatkan fitur AC guna di saat perjalanan merasa nyaman dan aman.  Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai sistem kelistrikan AC mobil Avanza. Sedangkan, untuk Anda yang mempunyai mobil tipe Avanza bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Sistem Kelistrikan AC Mobil Avanza

sistem kelistrikan ac mobil avanza

Sebelum membahas lebih jauh lagi perihal sistem kelistrikan AC mobil Avanza, akan lebih baiknya Anda bisa memahami dari langkah dasarnya terlebih dahulu. Seperti yang sudah disebutkan diatas, untuk sistem kelistrikan AC mobil perlu diperhatikan oleh para penggunanya.

Tidak hanya itu saja, untuk Anda yang ingin melakukan perbaikan pada sistem kelistrikan AC mobil Avanza di bengkel harus memastikan freon tetap terisi sesuai dengan aturan. Ketika bagian freon  mempunyai isi yang tidak sesuai dengan aturan, maka Anda bisa mengisi pada komponen tersebut.

Sampai dengan saat ini banyak dari kalangan masyarakat yang sudah menggunakan mobil Avanza. Bahkan, untuk unit tersebut sudah berhasil dijual sampai dengan 100.000 unit. Untuk sistem kelistrikan AC mobil Avanza sering diartikan sebagai Heating Ventilating dan Air Conditioning. Pada negara tropis seperti Indonesia AC menjadi salah satu alat yang sangat penting untuk membuat udara bisa menjadi lebih dingin. Untuk Toyota Avanza di tahun 2003 mempunyai komponen secara mekanik AC.

Bagi Anda yang ingin membersihkan sistem kelistrikan AC mobil Avanza tidak membutuhkan banyak biaya. Bahkan, untuk proses pembersihan AC mobil juga bisa dilakukan secara sendiri. Apabila, untuk Anda yang bingung dalam proses pemasangan juga bisa menonton tutorial pada media sosial youtube. Pada diagram kelistrikan sederhana AC mobil terdapat komponen piston yang bergerak mengikuti putaran mesin melalui puli kompresor.

Komponen Sistem Kelistrikan AC Mobil Avanza

Pada sistem kelistrikan AC mobil Avanza mempunyai fungsi dan tugas sendiri-sendiri. Untuk beberapa komponen yang harus dipahami oleh para pengguna mobil, khususnya Avanza adalah:

  • Baterai atau Supply

Komponen pertama pada sistem kelistrikan AC mobil Avanza adalah baterai atau supply. Baterai atau supply merupakan salah satu komponen rangkaian kelistrikan AC yang berfungsi untuk memberikan suplai arus listrik di beberapa komponen.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Komponen di dalam AC mobil juga membutuhkan listrik seperti blower, kopling, magnet dan masih banyak lainnya. Pada umumnya, untuk tegangan yang dibutuhkan untuk beberapa komponen kurang lebih 12 volt. Sedangkan, tegangan tersebut bisa didapatkan oleh ACCU mobil.

  • Fuse atau Sekring

Fuse atau Sekering merupakan sistem kelistrikan AC mobil Avanza yang berada di nomor dua. Fuse atau sekering menjadi salah satu komponen listrik AC mobil yang mempunyai fungsi sebagai pengaman rangkaian.

Untuk pengaman rangkaian ini juga mempunyai alat mencegah terjadinya over current yang mengalir di bagian beben. Tentu saja, dengan hal tersebut juga bisa menyebabkan terjadinya konsleting arus listrik.

Supaya terhindar dari masalah tersebut, maka untuk skema rangkaian kelistrikan pasti membutuhkan pengaman untuk mencegah terjadinya kerusakan yang disebabkan arus listrik. Jangan sampai pernah abai dengan komponen yang satu ini, karena bisa memberikan dampak buruk dikemudian hari.

  • Kunci Kontak

Kunci kontak merupakan salah satu sistem kelistrikan AC mobil Avanza yang mempunyai fungsi untuk memberikan kontrol pada aliran listrik. Pada saat kunci kontak berada di arah on, maka untuk sistem kelistrikan AC sudah standby dan siap untuk dioperasionalkan. Namun, sebaliknya untuk kunci kontak yang berada di keadaan off maka sistem kelistrikan tidak bisa berfungsi.

  • Relay

Relay adalah sistem kelistrikan AC mobil Avanza yang mempunyai fungsi sebagai saklar elektronik. Selain itu, komponen pada relay ini juga mempunyai fungsi untuk mengalirkan arus listrik ke berbagai bagian. Untuk beberapa komponen yang membutuhkan bantuan komponen relay adalah blower, kopling, magnet dan extra fan dan juga klakson.

Dibaca Juga: Relay Klakson Mobil, Mengenal Fungsi Dan Perawatannya

  • Thermostat

Termostat merupakan komponen rangkaian listrik AC mobil yang berfungsi untuk memberikan respon pada perubahan suhu. Kemungkinan besar, dengan adanya komponen tersebut dapat membantu dalam membuka aliran listrik.

Pada dasarnya, untuk komponen Thermostat adalah saklar yang dikontrol berdasarkan terjadinya perubahan suhu. Untuk pengontrolan suhu kali ini dilakukan supaya kenyamanan pengendara tetap terjaga secara nyaman dan aman.

  • Saklar Blower

Saklar Blower adalah salah satu komponen rangkaian kelistrikan AC dengan fungsi untuk mengatur penyalaan motor blower. Selain itu, untuk komponen yang satu ini biasanya terdiri dari tiga pilihan kecepatan.

Untuk tiga pilihan kecepatan tersebut adalah low, medium dan tinggi. Pada pilihan pengontrolan kali ini bisa dilakukan oleh bagian saklar blower dengan memberikan tambahan resistor atau hambatan untuk mengatur arus listrik yang mengalir.

  • Motor Blower

Motor Blower merupakan salah satu komponen rangkaian kelistrikan AC yang mempunyai fungsi untuk menghisap semua udara di sekitar dan kemudian dihembuskan menuju ruang kabin. Pada komponen motor blower mempunyai posisi di dalam dashboard mobil.

Selain itu, untuk motor blower juga terdiri dari tiga kecepatan yaitu low sampai dengan high. Ada satu pembeda dari kecepatan motor blower yang disebabkan akibat adanya tambahan bagian resistor.

  • Kopling Magnet

Kopling magnet adalah komponen rangkaian listrik AC yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan putaran mesin ke bagian poros kompresor. Sehingga, dengan cara kerja tersebut bisa membuat AC mobil bisa bekerja dengan baik. Untuk bagian kopling magnet mempunyai cara kerja berdasarkan dengan prinsip elektromagnet yang dimana di dalam komponen tersebut dialiri oleh arus listrik. Sehingga, dengan hal tersebut bisa merubah magnet dan menarik pressure plate yang menyebabkan putaran mesin bisa dihubungkan pada bagian kompresor AC.

Diatas sudah dijelaskan juga, bahwa untuk sistem kelistrikan AC mobil Avanza menjadi salah satu hal yang penting dan harus benar-benar diperhatikan. Bahkan, bagi orang yang awam atau pemula tidak banyak paham dengan komponen atau sistem kelistrikan AC mobil.

Akan tetapi, di beberapa kota besar untuk permasalahan sistem kelistrikan AC mobil masih bisa diatasi dengan mudah. Satu hal yang perlu Anda ingat, dalam memilih bengkel mobil tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Paling tidak, Anda harus benar-benar memperhatikan mengenai kualitas dari bengkel tersebut. Jangan sampai salah memilih bengkel, karena bisa memberikan dampak buruk pada bagian komponen atau mesin mobil.

Ada salah satu bengkel yang bisa Anda pilih di saat ingin melakukan perbaikan sistem kelistrikan AC mobil Avanza yaitu Bengkel Dokter Mobil. Bengkel Dokter Mobil mempunyai kualitas pelayanan yang tidak perlu diragukan lagi. Maka dari itu, untuk Anda yang ingin melakukan perbaikan pada sistem kelistrikan AC mobil bisa langsung saja memilih Bengkel Dokter Mobil terdekat. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil untuk melakukan pengecekan mobil secara gratis dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8922

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? 🔧 Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu 💸 hubungi CS sekarang! 👇👇👇👇👇