🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Relay Klakson Mobil, Mengenal Fungsi Dan Perawatannya

Relay Klakson Mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Bagi kamu yang suka berpergian jauh atau turing pasti akan mengganti klakson standar dengan klakson aftermarket. Salah satu alasan utama mengapa banyak yang mengganti klakson adalah agar suaranya lebih nyaring dan keras. Perlu diketahui saat klakson standar, kamu juga harus memasang relay klakson mobil.

Mengingat banyak orang mengganti klakson agar suaranya lebih keras, namun tidak bisa tahan lama. Klakson aftermarket lebih cepat redup karena terlalu banyak menyerap daya listrik. Hal itulah yang membuat kamu harus menggunakan komponen relay klakson.

Pemasangan relay ini sangatlah penting agar klakson aftermarket tidak mudah rusak. Mengingat kalau dibandingkan dengan klakson standar, klakson aftermarket ini memiliki daya yang lebih besar. Kalau tidak dipasang relay bisa menyebabkan aki mobil cepat habis.

Pemasangan komponen Relay klakson mobil ini bertujuan untuk menjaga stabilitas daya listrik dari klakson mobil. Penggunaan daya listrik tidak terlalu besar, sehingga usia aki lebih tahan lama.

Mengenal Fungsi Relay Klakson Mobil dan Cara Kerjanya

Relay Klakson Mobil

Relay klakson mobil merupakan salah satu komponen listrik yang terbagi menjadi 2 bagian yaitu poin dan kumparan. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa adanya komponen ini bertujuan untuk mengendalikan penggunaan daya listrik dan mengalirkannya.

Bagi setiap pemilik mobil dan para pecinta otomotif harus tahu mengenai berbagai komponen di dalam kendaraannya. Salah satu komponen yang cukup penting ini ya relay. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai fungsi utama penggunaan relay pada mobil.

  1. Memperpanjang usia saklar

Penggunaan Relay klakson mobil berfungsi untuk menambah usia saklar. Agar relay pada mobil bisa bekerja dengan baik membutuhkan arus listrik yang cukup besar. Setelah pemasangan relay mobil maka arus lastrik akan mengalir melewati saklar.

Baca Juga : Penyebab, Solusi dan Ciri Amplifier AC Mobil Rusak yang Harus Anda Pahami

Saklar pada relay ini berguna sebagai sarana untuk pembangkit arus listrik, nantinya arus listrik ini akan mengalir ke lampu mobil, kompresor AC, komponen elektromagnetik, dan komponen lainnya. keberadaan relay ini bertujuan untuk menjaga saklar bisa bertahan lama sesuai fungsinya.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang
  1. Meminimalisir hambatan pada arus

Ketika terjadi hambatan pada arus listrik mobil bisa menyebabkan kinerja komponen elektromagnetik terganggu. Ketika terjadi hambatan arus listrik akan menyebabkan bunyi klakson tidak nyaring. Selain itu lampu mobil tidak bisa menyala dengan terang.

Nah, dengan penambahan komponen relay ini untuk meminimalisir terjadinya hambatan arus. Adanya relay ini akan memperpendek rangkain sehingga penggunaan arus listrik tidak berkurang dan bisa disalurkan secara maksimal pada klakson dan lampu mobil.

  1. Sebagai pengunci mobil

Adanya relay pada mobil juga berfungsi untuk pengunci mobil. jadi dengan adanya komponen ini arus listrik pada mobil lebih aman. Relay akan menjadi tempat penghubung dan pemutus arus listrik secara otomatis.

Arus listrik pada mobil lebih lancar sehingga aktivitas elektromagnetik pada mobil lebih aman. Arus yang masuk pada klakson mobil lebih lancar, membuat suara yang dihasilkan lebih keras dan nyaring.

Cara Memasang Relay Klakson Mobil

Fungsi klakson sendiri sangatlah penting sebagai penanda kepada pengendara lain. Selain itu adanya klakson sebagai penanda untuk meminta pengendara lain lebih cepat, penanda bahaya, dan memberi tahu kalau kamu ada disana.

Setelah kamu tahu mengenai fungsi Relay klakson mobil, kini saatnya kamu tahu cara pasangnya. Adanya komponen ini bisa meminimalisir klakson mobil cepat rusak.

Baca Juga : Toyota Rush, Inilah 10 Cara Merawat Mobil Ini Dengan Benar

Pada komponen ini terdapat tegangan positif dan negatif. Pada tegangan negatif memiliki dua kabel dan tegangan positif hanya satu kabel. Lebih lengkapnya akan dijelaskan mengenai cara pemasangan Relay klakson mobil dengan benar. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. Pemasangan tahap pertama

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat memasang relay klakson adalah dengan mencari klakson standar. Setelah itu kamu bisa melepas kabel-kabelnya untuk mengambil klaksonnya.

Setelah itu kamu bisa periksa saya kabel klakson apakah ada daya 12 volt atau tidak. ketika tidak ada daya pada saat tekan tombol klakson bisa periksa kontinuitasnya.

  1. Langkah ke dua

Proses pemasangan relay klakson ini bisa dimulai dengan menghubungkan kabel ke relay pada terminal 85. Setelah itu silahkan hubungkan terminal 86 pada logam kendaraan dengan kawat pengukur 16.

  1. Langkah ketiga

Cara pemasangan Relay klakson mobil selanjutnya dengan menghubungkan kabel klakson ke terminal 86. Kemudian menghubungkan terminal 85 ke terminal 30. Pastikan sudah menemukan kabel kontinuitas antara ground kendaraan dan kabel klakson bila butuh kabel relay berbeda.

  1. Langkah keempat

Kalau sudah terhubung kini saatnya mulai pemasangan klakson baru dengan relay pada lokasi yang sama. Pada saat pemasangan disarankan untuk lebih dekat dengan baterai. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir budgetnya

  1. Langkah kelima

Pada tahapan ini saatnya menghubungkan terminal cincin tanpa menggunakan solder. Kemudian sambungkan ke terminal positif di baterai kendaraan. Proses pemasangan ini menggunakan konektor butt tanpa solder.

Rentangkan sisi lain dari dudukan dan sambungan ke terminal 30 dengan konektor tanpa solder. Silahkan menggunakan kawat pengukur untuk menyambungkan terminal 87 ke klakson.

Sebenarnya pemasangan Relay klakson mobil, itu gampang-gampang susah. Cukup gampang bagi yang paham, dan sulit bagi yang tidak mengenal mesin mobil. Bagi kamu yang alami masalah klakson, bisa percaykan saja pada bengkel mobil Dokter Mobil.

Pemilihan bengkel menjadi sangatlah penting untuk kamu lakukan. Terlebih saat ini sudah banyak sekali bengkel mobil terdekat dengan harga yang terjangkau. Jadi kamu harus memilih bengkel mobil yang benar-benar terpercaya.

Melihat pentingnya klakson mobil maka jangan sampai komponen ini tidak berfungsi saat dibuat jalan. Agar pemasangan Relay klakson mobil lebih maksimal kamu bisa percayakan pada bengkel Dokter Masjid.

Dokter Mobil menawarkan berbagai pelayanan mulai dari service AC, tune up, ganti oli, dan upgrade performa mobil. Selain itu bengkel Dokter Mobil ini juga menawarkan layanan FREE GENERAL CHECKUP MOBIL.

Baca Juga : Dokter Mobil Hadir Sebagai Solusi Mesin Mobil Bunyi Saat Digas

Segala layanan yang ditawarkan pastinya bisa membantu mengatasi masalah pada mobil. Demi memberikan pelayanan terbaik, bengkel Dokter Mobil sudah dilengkapi para teknisi profesional dan sudah ahli dibidangnya. Sehingga proses pemasangan Relay klakson mobil lebih cepat dan hasilnya memuaskan.

Demi memberikan pelayanan yang cepat, Dokter Mobil sudah dilengkapi mesin dan tools canggih. Sehingga proses pengerjaan cepat, akurat, dan sudah menerapkan SOP standar internasional.

Demi menambah kepercayaan, bengkel mobil ini memberikan garansi panjang atas pekerjaannya. Memang bengkel-bengkel lainnya juga memberikan garansi, namun tidak semuanya mau memberikan garansi panjang. Bahkan Dokter Mobil juga memberikan garansi uang kembali 100% bila hasil pekerjaannya tidak memuaskan.

Itulah penjelasan mengenai  pentingnya Relay klakson mobil dan cara memasangnya. Penting sekali kamu pahami pentingnya memiliki klakson saat berkendara di jalan. Apabila kamu tidak sempat untuk melakukan perbaikan mobil, bisa percayakan pada Dokter Mobil segala masalah mesin bisa teratasi dengan baik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.