📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Penyebab dan Solusi Masalah Kompresor AC Mobil Macet

5 Penyebab dan Solusi Masalah Kompresor AC Mobil Macet

AC mobil adalah salah satu fitur yang paling penting yang ada di dalam mobil. Berfungsi mengatur suhu di dalam mobil, AC membantu membuat pengalaman berkendara lebih nyaman. Namun, seringkali karena rutinnya frekuensi penggunaan AC mobil, sehingga ada beberapa komponen yang mengalami permasalahan hingga fungsi AC mobil tak berjalan dengan optimal. Salah satunya adalah kompresor AC mobil macet.

Penyebab kompresor AC mobil macet bisa bervariasi. Kebanyakan masalah ini berkaitan dengan komponen yang bermasalah di dalam unit AC. Untuk itu perlu identifikasi yang tepat dan cermat untuk dapat mengetahui apa penyebab kompresor AC mobil macet.

Penyebab Kompresor AC Mobil Macet

Ada beragam faktor yang dapat menjadi penyebab mengapa kompresor AC mobil macet hingga mengakibatkan AC mobil tidak berfungsi dengan baik. Agar Anda bisa mengatasinya jika sewaktu-waktu masalah ini terjadi pada mobil kesayangan Anda, berikut ini adalah faktor-faktor penyebab kompresor AC mobil macet.

  1. Sensor Suhu AC Rusak

Ketika sensor suhu AC pada mobil rusak, kompresor AC mobil dapat mengalami macet. Hal ini disebabkan oleh kerusakan sensor suhu yang tidak dapat mengirimkan sinyal yang benar ke kontrol AC, sehingga AC tidak bisa beroperasi dengan benar.Karena sensor suhu rusak, suhu di dalam mobil tidak akan diatur dengan benar. Kompresor akan terus mengompres udara dingin meskipun suhu sudah mencapai titik yang dikehendaki. Hal ini dapat menyebabkan kompresor AC mobil macet akibat beban yang terlalu berat.

Menurut sebuah jurnal penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Automotive and Mechanical Engineering, kerusakan sensor suhu dapat menyebabkan kompresor AC mobil macet. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa sensor suhu yang rusak dapat mempengaruhi kinerja kompresor AC mobil, sehingga menyebabkan kompresor macet.

Untuk mengurangi risiko macetnya kompresor AC mobil, sensor suhu harus diperiksa secara rutin untuk memastikan bahwa ia berfungsi dengan benar. Dengan cara ini, kompresor AC mobil akan berfungsi dengan benar dan akan terhindar dari risiko macet.

  1. Kurangnya Level Freon pada AC Mobil

Kurangnya level freon dalam sistem AC mobil dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor AC mobil. Bila freon dalam sistem AC mobil tidak tersedia dalam jumlah yang cukup, maka kompresor AC mobil akan bekerja berlebihan untuk meningkatkan tekanan dan menghasilkan pendinginan yang diperlukan. Hal ini akan menyebabkan panas yang berlebihan pada kompresor dan akhirnya akan menyebabkan kompresor AC mobil macet.

Kurangnya level freon dapat meningkatkan suhu pada kompresor AC mobil dan menyebabkan kerusakan kompresor. Guna menghindari kerusakan pada kompresor AC mobil, level freon harus selalu dipertahankan dalam tingkat yang tepat dan memadai.

Baca Juga: Inilah Efek dan Bahaya Freon AC Mobil Kurang

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Magnetic Clutch Rusak

Magnetic clutch adalah komponen di kompresor AC mobil yang bertanggung jawab untuk menyalurkan energi mekanis dari mesin ke kompresor. Ketika magnetic clutch ini rusak, maka kompresor AC mobil tidak akan menerima energi mekanis dari mesin dan tidak akan berputar. Ini menyebabkan kompresor AC mobil macet dan tidak dapat berfungsi dengan benar.

Berdasarkan jurnal penelitian yang dipublikasikan oleh International Journal of Automotive Technology, diketahui bahwa ketika magnetic clutch rusak, maka akan terjadi penurunan tegangan input pada kompresor AC mobil. Hal ini dikarenakan tegangan input yang rendah dari sistem mesin mobil, yang menyebabkan kompresor AC mobil tidak dapat menyalurkan energi mekanis dengan benar. Akibatnya, kompresor AC mobil akan macet dan tidak berfungsi dengan benar.

Ketika magnetic clutch rusak, maka sistem kompresor AC mobil akan mengalami kerusakan permanen atau kerusakan mekanik pada kompresor AC mobil. Ini akan menyebabkan kompresor AC mobil tidak dapat menyalurkan energi mekanis dengan benar dan akhirnya menyebabkan kompresor AC mobil macet.

  1. Fan AC Melemah

Ketika fan AC mobil lemah, hal ini dapat menyebabkan kompresor AC mobil macet. Hal ini disebabkan karena kurangnya aliran udara yang mengalir melalui radiator AC. Ketika fan AC lemah, maka radiator AC tidak mendapatkan aliran udara yang cukup untuk menghilangkan panas dari sistem AC. Ketika panas tidak mampu dipindahkan dengan cukup cepat dari sistem AC, maka aliran pendingin di kompresor AC akan terhambat. Hal ini akan menyebabkan freon yang dipompa oleh kompresor menjadi terlalu panas dan kompresor akhirnya akan terkunci.

  1. Sensor Tekanan AC Bermasalah

Sensor tekanan AC mobil berfungsi untuk mengukur tekanan freon yang mengalir melalui sistem AC mobil. Ketika sensor tekanan AC mobil bermasalah, misalnya karena terkontaminasi dengan kotoran atau mengalami kerusakan, hal tersebut dapat mengakibatkan kompresor AC mobil macet. Hal ini dikarenakan sensor tekanan yang bermasalah akan menghasilkan sinyal yang salah ke sistem kontrol AC mobil. Sinyal ini dapat mengirimkan pesan palsu ke kompresor, sehingga kompresor berhenti beroperasi atau beroperasi dengan tidak optimal.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!