💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

AC Hyundai Creta Bermasalah? Ini Penyebab dan Solusinya!

AC Hyundai Creta Bermasalah, Ini Penyebab dan Solusinya!

AC Hyundai Creta bermasalah kini menjadi salah satu hal yang membuat para penumpang dan pengemudi menjadi kurang nyaman. Untuk masalah AC mobil yang rusak ini bisa disebabkan, karena beberapa hal. Sehingga, untuk cara mengatasinya pun juga berbeda atau tidak sama.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap dan juga jelas mengenai penyebab dan cara mengatasi AC Hyundai Creta bermasalah. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran mengenai kedua hal tersebut bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Penyebab AC Hyundai Creta Bermasalah

Penyebab AC Hyundai Creta Bermasalah

Masalah AC mobil yang tidak dingin ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Akan tetapi, untuk hal yang biasanya terjadi dan membuat AC mobil tidak terasa dingin sama sekali adalah:

  1. Freon Habis atau Kurang

Penyebab AC Hyundai Creta bermasalah pertama adalah freon habis atau kurang. Tentunya, untuk penyebab yang satu ini sudah banyak diketahui oleh kalangan masyarakat khususnya para pemilik kendaraan roda 4 atau mobil.

Terjadinya kehabisan freon ini bisa disebabkan akibat kebocoran pada sistem AC seperti, kondensor, sambungan seal o-ring, evaporator dan beberapa komponen lainnya. Ada baiknya, Anda mencari tahu terlebih dahulu titik dari kebocoran atau masalah yang terjadi pada komponen AC sebelum menambah freon.

Masalah AC Hyundai Creta bermasalah atau tidak dingin ini jangan dibiarkan dengan jangka waktu yang lama, karena bisa berimbas pada kerusakan komponen lainnya. Sebaiknya, Anda langsung datang ke bengkel terdekat atau spesialis AC untuk menanyakan permasalahan tersebut.

  1. Fan Belt atau Drive Belt Putus

Penyebab AC Hyundai Creta bermasalah kedua adalah fan belt atau drive belt putus. Untuk para pengemudi sering sekali mengalami permasalahan yang satu ini. Dengan kondisi tersebut membuat kompresor tidak akan bisa berputar dan membuat kondensor tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Adanya permasalahan tersebut membuat AC mobil tidak dingin dan hanya mengeluarkan angins aja. Solusi yang dapat diambil adalah melakukan penggantian fan belt dengan kualitas yang lebih tahan lama serta panas.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Kondensor Kotor

Penyebab AC Hyundai Creta bermasalah ketiga adalah kondensor yang kotor. Fungsi dari komponen kondensor adalah untuk membuang panas yang dilepaskan oleh kompresor. Tanpa disadari pada komponen tersebut juga bisa menjadi penyebab AC mobil tidak dingin pada siang atau malam hari.

Kotornya kondensor ini bisa diakibatkan, karena tidak membersihkan secara rutin dan menimbulkan tumpukan kotoran.Kerusakan juga akan semakin parah apabila kotoran tersebut sudah dibiarkan dalam jangka waktu lama.

Satu hal yang sering terjadi adalah pembuangan panas yang dihasilkan oleh kompresor menjadi tidak sempurna. Sehingga, dengan hal tersebut membuat AC mobil tidak terasa dingin sama sekali.

  1. Kelistrikan Mobil yang Tidak Stabil

Penyebab AC mobil tidak dingin juga bisa saja terjadi masalah pada komponen kelistrikan. Selain itu, untuk sistem kelistrikan pada AC mobil yang naik turun secara drastis ini juga bisa menjadi penyumbang kabin terasa panas.

Bahkan, dengan kondisi tersebut mengakibatkan kabel konslet dan membuat AC tidak bisa bekerja secara normal. Akan tetapi, Anda bisa melakukan antisipasi dengan cara menggunakan alat kelistrikan khusus.

Cara Mengatasi AC Hyundai Creta Bermasalah

Setelah mengerti penyebab dari AC Hyundai Creta bermasalah, maka dilanjutkan untuk memahami cara mengatasinya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan di saat AC mobil tidak dingin atau bermasalah, yaitu:

  1. Selalu Menjaga Kebersihan Kabin

Cara pertama yang harus dilakukan pada saat AC Hyundai Creta bermasalah adalah menjaga kebersihan kabin. Bagi para pemilik mobil paling tidak membersihkan kabin dari kotoran dan debu, setelah dipakai.

Untuk salah satu bagian yang rentan kotor adalah karpet depan. Tentunya, bagian tersebut harus mendapatkan perhatian secara khusus supaya tidak memicu munculnya masalah pada AC mobil.

Dengan rajin membersihkan kabin mobil, Anda bisa membuat AC mobil lebih dingin dan terawat. Terlebih lagi, untuk AC mobil yang bau tidak sedap juga harus menggunakan cara satu ini.

Baca Juga: Cara Merawat Kabin Mobil Tetap Bersih, Bikin Berkendara Jadi Lebih Nyaman

  1. Menutup Jendela pada Saat Berkendara

Cara kedua AC Hyundai Creta bermasalah adalah menutup jendela selama berkendara. Tanpa disadari, pada saat berkendara dengan kondisi kaca mobil terbuka dan sistem AC nyala ini membuat pendingin cepat kotor dan rusak.

Hal tersebut juga menjadi salah satu akibat debu atau kotoran dari luar masuk ke dalam mobil. Untuk kotoran atau debu ini akan masuk dan merusak komponen AC. Sehingga, dengan hal tersebut membuat kinerja mesin atau AC menjadi kurang optimal. Bahkan bisa saja menimbulkan bau tidak sedap.

  1. Jangan Merokok di Dalam Mobil

Kebiasaan merokok di dalam mobil pada saat komponen AC nyala ini juga memberikan dampak buruk. Bahkan, dengan hal tersebut bisa memberikan umur AC mobil ini tidak bisa tahan lama.

Asap rokok yang masuk ke dalam komponen AC mobil ini dapat membuat kandungan nikotinnya mengotori evaporator dan membuatnya berlendir. Akibatnya, AC mobil mengeluarkan bau yang tidak sedap.

  1. Menghindari Menyalakan AC Secara Langsung

Mungkin untuk hal yang satu ini tidak banyak diketahui oleh para pengemudi kendaraan roda 4 pemula. Tidak menyalakan AC saat mobil dihidupkan juga termasuk cara merawat AC mobil paling ringan dan jarang sekali disadari.

Artinya, bagi Anda yang ingin membuat komponen AC mobil tahan lama pastikan berada di kondisi mati dan baru dihidupkan pada saat mesin dinyalakan. Sehingga, dengan cara tersebut bisa membuat kinerja mesin mobil menjadi stabil.

  1. Memasang Filter Kabin

Cara mengatasi AC Hyundai Creta bermasalah paling akhir adalah memasang filter kabin. Fungsi dari memasang filter kabin adalah untuk penyaring debu dan kotoran yang masuk ke dalam mobil.

Jadi dengan alat tersebut tidak terhisap AC dan mengotori pada komponen evaporatornya. FIlter kabin juga harus diperiksa secara teratur atau di saat kendaraan melakukan servis. Anda juga bisa meminta kepada pihak mekanik untuk melakukan penyemprotan pada filter supaya bersih.

Melakukan perawatan AC mobil ini tidak dapat dilakukan secara sendiri. Apalagi, di saat AC mobil yang sudah bermasalah membutuhkan peran atau jasa bengkel ahli di dalam bidangnya.

Untuk pemilihan bengkel mobil di saat akan memperbaiki AC juga tidak disarankan memilih secara sembarangan begitu saja. Artinya, Anda harus memastikan untuk bengkel AC mobil tersebut sudah mempunyai mekanik yang ahli di dalam bidangnya.

Paling terpentingnya lagi adalah Anda harus memastikan bengkel tersebut sudah mempunyai reputasi yang baik. Ada salah satu bengkel yang sangat ahli di dalam menangani permasalahan AC, yaitu Dokter Mobil.

Mungkin, untuk beberapa orang atau kalangan masyarakat yang berada di kota-kota besar sudah tidak asing lagi dengan Dokter Mobil. Semua pengerjaan yang dilakukan Dokter Mobil ini sangat baik dan dengan penggunaan peralatan berteknologi tinggi.

Agar AC Hyundai Creta bermasalah pada mobil Hyundai Creta Anda segera teratasi, reservasi layanan service AC mobil di Dokter Mobil sekarang melalui WhatsApp di 0813-9860-1800 (atau klik di sini). Bisa reservasi di mana saja, Anda akan diarahkan menuju cabang Dokter Mobil terdekat untuk nikmati langsung layanan service AC mobilnya tanpa harus khawatir menunggu dapatkan layanannya.

Penutup

Itulah tadi penjelasan secara lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi AC Hyundai Creta bermasalah. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang menggunakan Hyundai Creta dan bermasalah dengan komponen AC.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4357

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya