💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab dan Solusi Atasi AC Mobil Hyundai Creta Rusak

Penyebab dan Solusi Atasi AC Mobil Hyundai Creta Rusak

Salah satu kendaraan yang penting bagi Anda yaitu mobil sebagai transportasi utama yang dapat membantu menemani dalam menjalani aktivitas sehari-hari, termasuk dengan jenis mobil Hyundai Creta yang saat ini tengah diminati masyarakat Indonesia. Oleh karena itu Anda perlu merawat beberapa bagian mobil yang perlu diperhatikan dan diperbaiki salah satunya mengenai masalah AC mobil Hyundai Creta rusak tidak seperti biasanya.

Mengenai masalah tersebut, sebaiknya Anda dapat perlu memperhatikan semua bagian mobil dan mesin mobil agar Mobil Anda tetap Awet dan dapat terus bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan Anda di kehidupan sehari-hari, termasuk bagian AC Mobil yang tiba-tiba panas.

Kira-kira bagaimana cara mengatasi dari masalah mengenai AC Mobil Hyundai Creta Rusak seperti sebelumnya? Yuk, kita cari tahu.

Pentingnya Mengetahui Cara Kerja AC Mobil Agar Mencegah AC Mobil Hyundai Creta Rusak

Pentingnya Mengetahui Cara Kerja AC Mobil Agar Mencegah AC Mobil Hyundai Creta Rusak

Mobil Hyundai Creta merupakan salah satu mobil favorit saat ini yang telah diminati banyak orang. Oleh karena itu Anda wajib mengetahui cara kerja sistem pendingin AC mobil secara umum agar dapat mencegah AC mobil Hyundai Creta rusak.

Pada sistem pendingin AC di dalam mobil, telah bekerja dengan peran yang baik pada mesin mobil, sumber tenaga mobil biasanya berasal dari aki mobil dan lainnya. Cara kerja sistem pendingin AC mobil dimulai dari mesin mobil yang menggerakkan kompresor untuk mengalirkan Freon ke sistem pendingin. Kemudian, Freon masuk ke kondensor untuk didinginkan.

Proses pendinginan dilakukan dengan cara melepas panas ke udara melalui sirip kondensor. Di sini lah Freon dalam bentuk gas beralih menjadi bentuk cair. Selanjutnya Freon cair disaring oleh filter/dryer agar tidak ada kotoran yang terbawa ke dalam sistem pendingin. Kemudian dalam proses ini Freon cair diturunkan tekanannya sehingga bersuhu dingin dan berubah bentuk menjadi kabut.

Freon dalam bentuk kabut ini disalurkan ke evaporator yang kemudian membuat evaporator sendiri bersuhu dingin. Kemudian proses dari Evaporator yang dingin akan menyedot udara panas di dalam mobil, dan merubahnya menjadi udara sejuk, lalu dikeluarkan kembali ke dalam mobil termasuk yang terjadi pada Mobil Hyundai Creta Anda.

Penyebab AC Mobil Hyundai Creta Rusak

Penyebab AC Mobil Hyundai Creta Rusak

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Ada beberapa faktor yang menyebabkan AC mobil Hyundai Creta rusak. Mulai dari penggunaan yang serampangan hingga jarang melakukan perawatan, berikut ini adalah penyebab AC mobil Hyundai Creta rusak.

  1. Merokok di Dalam Mobil ketika AC Mobil Menyala

Salah satu penyebab sistem pendingin AC mobil cepat rusak yang adalah kebiasaan Anda yang mungkin sering merokok di dalam mobil dalam kondisi AC menyala.

Hal ini karena Abu rokok yang tersedot ke evaporator bisa menumpuk dan mengotori filter/dryer. Akibatnya, AC mobil akan bekerja lebih berat sehingga udara terasa tidak dingin. Oleh karena itu , merokok di dalam mobil sangat tidak disarankan, baik dalam kondisi AC menyala maupun mati.

Merokok saat berkendara juga dapat memicu terjadinya kebakaran di dalam mobil, serta melanggar hukum karena abu rokok mengganggu pengendara lain di jalan raya.

  1. Kebiasaan Membuka Jendela Mobil ketika AC Mobil dalam Keadaan Menyala

Selain penyebab kebiasaan yang merugikan dan dapat membuat AC mobil Hyundai Creta rusak yaitu selain merokok, kebiasaan mengenai dalam membuka jendela mobil yang saat AC menyala juga menjadi hal yang membuat AC mobil cepat rusak.

Jendela yang terbuka lama akan membuat kompresor mobil harus bekerja lebih keras untuk menurunkan suhu di dalam mobil. Apabila kebiasaan ini tidak bisa berubah, maka daya hisap evaporator juga bisa melemah dan membuat AC mobil cepat rusak. Oleh karena itu Anda dapat memastikan ketika AC mobil dalam keadaan menyala, Anda segera menutup rapat jendela mobil

  1. Menggunakan Pewangi Mobil Berbentuk Gel

Penyebab lainnya mengenai AC mobil Hyundai Creta rusak adalah penggunaan pewangi mobil dalam bentuk gel. Pewangi gel biasanya dipilih karena aromanya lebih tahan lama dan awet digunakan di dalam mobil.

Namun pewangi yang berbentuk gel pada pewangi akan berubah menjadi gas di dalam mobil dana apabila masuk ke saluran evaporator, gas ini akan mengkristal dan berubah menjadi zat padat. Hal ini akan mengganggu kerja evaporator sehingga mengakibatkan AC mobil cepat rusak.

  1. Mematikan Mesin Mobil ketika AC Mobil dalam Keadaan Menyala

Apabila Anda sedang berhenti sejenak di tempat tertentu, terkadang Anda melakukan dengan tetap menyalakan AC mobil saat mesin mobil mati. Mengenai hal tersebut, biasanya memiliki tujuan agar suhu di dalam mobil tetap terasa sejuk, hingga saat penggunanya kembali ke mobil tersebut. Hal ini membuat kinerja AC melemah secara tidak langsung atau rusak, namun jika dibiarkan dalam waktu lama, maka tetap saja ini adalah hal buruk bagi mobil Anda.

Mematikan dan kemudian menghidupkan kembali mesin mobil akan membuat arus listrik pada aki tidak stabil di dalam mobil. Hal ini karena aki tetap harus mengalirkan energi untuk membuat AC tetap menyala. Ini tentu akan merusak berbagai komponen mobil, termasuk AC mobil. Untuk menjaga kinerja mobil tetap baik, sebaiknya Anda dapat mematikan AC saat kamu ingin mematikan mesin mobil.

  1. Kebersihan Kabin Udara pada Mobil Hyundai Creta Diabaikan

Mobil Hyundai Creta merupakan salah satu model dengan spesifikasi khusus yang prosesnya dari sistem pendingin AC mobil dengan alur sirkulasi udara dan membuat udara terus berganti dalam kabin udara pada mobil tersebut.

Mengenai proses sirkulasi udara di dalam kabin udara pada mobil Hyundai Creta, maka Anda tetap perlu menjaga kebersihan bagian kabin udara tersebut. Hal ini karena terdapat kotoran-kotoran dari udara yang terus berganti dan juga akan disaring langsung oleh filter AC pada mobil Hyundai Creta secara teratur.

Namun apabila tidak dibersihkan secara tertarur, maka bagian filter AC akan menjadi sarang debu dan kotoran serta bisa dapat memunculkan dampak AC mobil yang mendadak panas.

Baca Juga: Faktor Penyebab AC Mobil Panas saat Siang Hari dan Solusinya

Solusi Mencegah AC Mobil Hyundai Creta Rusak

Dari beberapa penyebab permasalahan AC mobil Hyundai Creta rusak di atas, sesungguhnya hal ini bisa diatasi dengan menggunakan AC mobil secara bertanggung jawab dan rutin untuk melakukan perawatan AC mobil Hyundai Creta Anda secara berkala.

Penting pula untuk melakukan perawatan AC mobil secara berkala di bengkel dengan reputasi yang sudah terpercaya, seperti Dokter Mobil. Dokter Mobil merupakan salah satu bengkel spesialis AC mobil terbaik yang direkomendasikan untuk Anda yang dapat melayani semua berbagai masalah mengenai bagian-bagian AC mobil hingga perawatan AC mobil agar kinerjanya selalu prima.

Menggunakan peralatan canggih berteknologi tinggi serta ditangani langsung oleh teknisi berpengalaman dan ahli, sehingga kualitas penanganan untuk layanan service AC mobil di Dokter Mobil sangatlah terjamin.

Ingin lakukan perawatan untuk mencegah AC mobil Hyundai Creta rusak? Reservasi service AC mobil di Dokter Mobil sekarang melalui WhatsApp (klik di sini) atau mengisi formulir daring (klik di sini). Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk rasakan langsung layanan service AC mobil TERHEBAT dan TERPERCAYA di Dokter Mobil.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3467

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya