📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Tips! Kenali 6 Penyebab AC Belakang Avanza Anda yang Tidak Dingin

AC belakang Avanza tidak dingin

Doktermobil.com akan membahas tentang masalah umum pada AC belakang Avanza tidak dingin. AC adalah komponen penting dalam mobil, terutama di daerah dengan iklim panas.

Namun, terkadang pemilik mobil Avanza menghadapi masalah ketika AC belakangnya tidak berfungsi dengan baik. Masalah AC belakang Avanza tidak dingin bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan, terutama ketika kita menghadapi cuaca panas dan lembab.

AC Belakang Avanza Tidak Dingin

Oleh karena itu, Doktermobil.com telah merangkum informasi detail dan lengkap untuk membantu Anda memahami masalah AC belakang Avanza tidak dingin dan memberikan solusi yang tepat. Yuk mari simak ulasannya di bawah ini!

 

Atasi Berbagai Masalah AC Mobil Anda

Mengapa AC Belakang Avanza Tidak Dingin

Sebelum kita membahas solusi, penting untuk memahami penyebab umum mengapa AC belakang Avanza bisa tidak dingin:

1. Kekurangan Refrigeran

Salah satu penyebab paling AC belakang Avanza tidak dingin adalah kebocoran refrigeran dari sistem AC. Refrigeran berfungsi sebagai agen pendingin dalam sistem AC dan jika jumlahnya berkurang akibat kebocoran, performa pendinginan akan menurun secara signifikan.

Jika Anda mendengar suara desisan dari bagian belakang mobil saat AC dinyalakan, kemungkinan besar ada kebocoran refrigeran.

2. Kerusakan Kompresor

Kompresor AC bertugas untuk mengkompresi refrigeran dan mendorongnya melalui sistem AC. Jika kompresor tidak berfungsi dengan baik, maka AC tidak akan mendingin dengan optimal.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Biasanya, kompresor yang rusak akan menghasilkan suara berisik atau berdentum ketika AC dihidupkan.

3. Blower Tidak Berfungsi

Blower berperan dalam mengatur sirkulasi udara di dalam kabin. Jika blower rusak atau mati, maka udara dingin dari AC tidak akan tersebar dengan baik di seluruh kabin mobil.

Anda mungkin merasakan adanya perbedaan suhu antara bagian depan dan belakang mobil.

4. Kipas Kondensor Kotor

Kondensor pada bagian depan mobil berfungsi untuk mendinginkan refrigeran yang telah dipanaskan. Kipas kondensor membantu membuang panas dari kondensor.

Jika kipas ini kotor atau tidak berfungsi, maka performa pendinginan AC bisa menurun.

5. Kontrol AC Rusak

Panel kontrol AC pada dashboard memungkinkan Anda untuk mengatur suhu dan kecepatan kipas.

Jika kontrol AC mengalami kerusakan, pengaturan suhu tidak akan berfungsi dengan baik. Ini bisa menyebabkan AC belakang Avanza tidak dingin, atau bahkan mengeluarkan udara panas.

6. Kelembaban Berlebih

Kelembaban di dalam sistem AC bisa menyebabkan masalah pada pendinginan. Jika kelembaban berlebih hadir dalam sistem, bisa menyebabkan es membeku pada komponen AC, sehingga menghambat aliran refrigeran dan mengurangi kinerjanya.

Cara Mengatasi AC Belakang Avanza yang Tidak Dingin

Sekarang, mari kita lihat langkah-langkah untuk mengatasi masalah AC belakang Avanza tidak dingin:

Langkah 1. Periksa Tingkat Refrigeran

Langkah pertama adalah memeriksa tingkat refrigeran di sistem AC. Anda dapat menggunakan manometer untuk mengukur tekanan refrigeran dan memastikan bahwa tingkatnya sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Jika terdapat kebocoran, sebaiknya segera perbaiki dan isi refrigeran yang sesuai, di bengkel terpercaya spesialis AC mobil.

Langkah 2: Periksa Kompresor

Pastikan kompresor berfungsi dengan baik. Anda dapat mengamati apakah kopling kompresor berputar saat AC dihidupkan. Jika tidak, perlu untuk memperbaikinya atau menggantinya dengan yang baru.

Langkah 3: Periksa Blower dan Kipas Kondensor

Periksa blower dan kipas kondensor secara berkala. Bersihkan kotoran dan debu yang mungkin menghambat kinerjanya. Anda juga bisa menguji blower dengan mengubah pengaturan kecepatannya pada panel kontrol AC.

Langkah 4: Periksa Kontrol AC

Pastikan kontrol AC berfungsi dengan baik. Periksa tombol-tombol pada panel kontrol, termasuk tombol pengatur suhu dan kecepatan kipas. Jika ada kerusakan, segera lakukan perbaiki atau ganti bagian yang rusak agar tidak

Langkah 5: Atasi Kelembaban Berlebih

Penggunaan penyerap kelembaban bisa membantu mengatasi masalah kelembaban di dalam sistem AC.

Penyerap kelembaban, atau biasa disebut “desiccant,” akan menyerap kelembaban di dalam sistem sehingga mengurangi risiko pembentukan es dan masalah pendinginan lainnya.

Tips Mencegah Masalah AC Belakang Avanza

Untuk menghindari masalah AC belakang Avanza yang tidak dingin, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut:

1. Lakukan Perawatan Rutin

Lakukan perawatan rutin pada sistem AC oleh teknisi yang berpengalaman. Perawatan ini meliputi pemeriksaan keseluruhan sistem AC, termasuk cek tekanan refrigeran, kondisi kompresor, blower, dan kipas kondensor.

2. Periksa Kondisi Kompresor

Selalu periksa kondisi kompresor secara berkala dan ganti jika diperlukan. Kompresor yang rusak atau aus dapat menyebabkan masalah pada sistem pendinginan.

3. Hindari Overload

Hindari penggunaan AC pada posisi tertinggi terlalu lama untuk menghindari overloading. Penggunaan AC pada setting tertinggi dalam waktu yang lama dapat menyebabkan beban berlebih pada sistem dan mempengaruhi performa pendinginan.

4. Tutup Jendela saat Menggunakan AC

Tutup jendela mobil saat menggunakan AC agar kinerja pendinginan lebih efektif. Jendela yang terbuka dapat mempengaruhi sirkulasi udara di dalam kabin dan mengurangi efisiensi pendinginan.

Baca Juga: 9 Kriteria Isi Freon AC Mobil Avanza, Jangan Asal Isi!

Namun jika Anda masih bingung dengan penyebab AC belakang Avanza tidak dingin yang telah dipaparkan di atas.

Dalam situasi ini, disarankan untuk membawa mobil ke bengkel terpercaya agar mekanik dapat melakukan perbaikan yang diperlukan.

Tentunya dapat berkonsultasi terkait AC belakang Avanza tidak dingin, dengan para teknisi atau bengkel yang berpengalaman.

Mereka dapat memberikan diagnosis yang akurat dan solusi yang tepat untuk memperbaiki masalah terkait AC belakang Avanza tidak dingin.

FAQ

1. Apakah perlu menggunakan refrigeran khusus untuk AC Avanza?

Ya, sangat penting untuk menggunakan refrigeran yang sesuai dengan spesifikasi AC Avanza. Pilih refrigeran yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil Anda untuk performa pendinginan yang optimal.

2. Berapa sering saya harus melakukan perawatan AC Avanza?

Disarankan untuk melakukan perawatan setidaknya setiap 6 bulan sekali. Perawatan rutin akan membantu mengidentifikasi masalah pada sistem AC sejak dini dan mencegah kerusakan yang lebih serius.

3. Apakah saya bisa memeriksa refrigeran sendiri?

Tidak disarankan untuk memeriksa refrigeran sendiri jika Anda tidak memiliki pengetahuan dan peralatan yang tepat. Penanganan refrigeran yang tidak benar dapat berbahaya dan merusak sistem AC.

4. Mengapa perlu menghindari overload saat menggunakan AC?

Overload dapat menyebabkan beban berlebih pada sistem AC dan menyebabkan kerusakan lebih cepat. Selain itu, overload juga bisa mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

5. Apakah perlu mengganti AC belakang jika blower tidak berfungsi?

Tidak selalu. Terkadang, blower dapat diperbaiki tanpa mengganti seluruh unit AC belakang. Namun, jika blower sudah dalam kondisi rusak parah dan tidak dapat diperbaiki, Anda perlu menggantinya agar sistem AC berfungsi dengan baik.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Rincian Harga Isi Freon AC Mobil Terios

Rincian Harga Isi Freon AC Mobil Terios

AC mobil merupakan salah satu fitur utama yang memberikan kenyamanan dalam berkendara, terutama di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Tidak terkecuali juga mobil Daihatsu

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form