๐Ÿ“ข Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   โฉ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Urutan High and Low Untuk Mengisi Freon AC Mobil

urutan high and low

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers ๐Ÿ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin โค๏ธ


Hubungi CS Sekarang

Dijaman yang serba canggih ini pengunaan AC mobil tentu bukanlah hal yang asing lagi, sehingga kita perlu tahu bagaimana cara yang tepat untuk mengisi Freon ketika habis. Berikut ini akan kita bahas bagimana cara mengisi Freon mobil sesuai urutan high and low.

AC mobil membutuhkan Freon untuk bisa mendinginkan ruangan di sekitarnya. Karena pada dasarnya Freon adalah zat yang memberikan hawa sejuk di dalam kabin mobil sehingga walaupun hembusan anginnya tidak kencang, tetapi kesejukannya sangat terasa.

Informasi tentan pengisian Freon AC mobil yang sesuai urutan high and low ini sangat penting untuk diketahui supaya pada saat dibutuhkan kamu tidak akan kebingungan menghadapinya. AC mobil sudah menjadi barang yang wajib ada bila kamu tinggal di Indonesia yang beriklim tropis dan cenderung panas di siang hari. Kemungkinan Freon menjadi cepat habis apabila AC mobil dipakai secara terus menerus, untuk itulah mari kita pelajari bagimana panduan cara mengisinya.

Panduan Cara Mengisi Freon Mobil Sesuai Urutan High and Low

urutan high and low

Pengisian Freon mobil juga bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Kenapa kita perlu tahu bagaimana panduan cara mengisi Freon sesuai urutan high and low, karena untuk berjaga โ€“ jaga bila kita diharuskan mengisi nya sendiri. Tetapi bila kamu tidak mau repot dan bingung. Tentu saja banyak bengkel mobil yang siap mengisikannya untukmu.

Salah satu bengkel terbaik yang juga memberikan pelayanan isi Freon itu adalah Dokter Mobil Cirebon. Disini kamu akan memperoleh service dan pelayanan yang sangat memuaskan. Ditambah dengan free general check up yang menjadi slogannya, hal ini sangat meningkatkan kenyamanan kita sebagai pelanggan untuk betah berlama โ€“ lama melakukan perawatan mobil disini. Para mekaniknya akan dengan sigap dan terampil mengisikan kekurangan freonmu sesuai urutan high and low tersebut.

Adapun panduan teknik mengisi Freon dengan urutan high anda low itu adalah sebagai berikut:

  1. Pengecekan komponen AC Mobil

Bila kamu ingin mengisi Freon, sebaiknya lakukan pengecekan komponen AC mobil terlebih dahulu. Apakah komponennya masih berfungsi baik atau malah sebaliknya mengalami kerusakan. Beberapa komponen yang biasanya dicek adalah kompresor, kondensor, fan blower dan evaporator. Cek pula aliran Freon pada sight glass, apabila kamu menemukan gelembung di kaca itu maka ini adalah pertanda bahwa memang Freon AC mobil harus diisi ulang sesuai urutan high and low.

  1. Pemasangan kabel Manifold Gauge

Pengisian Freon AC mobil sesuai dengan urutan high and low berikutnya adalah pemasangan kabel Manifold Gauge ke tempatnya. Pemasangan ini ditandai dengan pemakaian selang berwarna kuning yang ada pada tengah tabung Freon. Selang yang merah disambungkan ke high pressure pentil dan selang biru dihubungkan ke low pressure pentil. Pastikan seluruh valve tertutup rapat sebelum dilakukan pengisian.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers ๐Ÿ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin โค๏ธ

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Pembukaan Valve pada komponen AC Mobil

Langkah pengisian sesuai urutan high and low yang selanjutnya adalah pembukaan sedikit valve pada komponen AC mobil di tabung. Yang perlu kamu lakukan adalah melonggarkan mur pada selang kuning sedikit hingga sedikit udara keluar. Lalu tunggulah selang waktu sekitar 4detik sampai ada suara mendesis. Tutup kembali valve di tabung dan selang kuning itu kemudian rapatkan lagi seperti semula.

  1. Pemeriksaan tekanan PSI

Kemudian untuk mengisi Freon sesuai urutan high and low selanjutnya adalah membuka jendela mobil dan nyalakan AC pada suhu paling dingin. Setel lah mesin kendaraan hingga mencapai 1100 โ€“ 1500 RPM. Kemudian bukalah valve, kabel merah dan kabel biru sampai petunjuknya terbaca. Tekanan PSI yang ideal adalah 40 PSI pada tekanan rendah dan 250 PSI pada tekanan tinggi. Bila angka ini kurang berarti Freon harus ditambah hingga angka ini normal.

  1. Mulai mengisi Freon

Langkah terakhir untuk pengisian Freon sesuai urutan high and low adalah mulai mengisi Freon ke AC mobil. Tutup seluruh valve yang tadi dibuka kemudian buka sedikit valve yang terdapat di tabung. Lalu mulailah pengisian Freon dan membuka valve biru pada tekanan rendah (low pressure). Tunggu beberapa saat hingga terbaca 35 โ€“ 40 PSI.

Tutup kembali valve low dan tabung dengan keadaan mesin mobil yang masih menyala. Kemudian buka lagi valve low dan high berwarna merah. Tunggulah sampai tekanan high pressure terbaca 200 PSI. Apabila telah sampai pada angka tersebut berarti pengisian telah selesai.

Baca Juga :ย Mengatasi Filter AC Mobil Tersumbat Dan Penyebabnya

Jika angka yang dibutuhkan ini belum terpenuhi, maka kamu bisa mengulang prosesnya. Tutuplah valve dan ulang pembukaan low dan high pressure sampai batas maksimumnya. Namun apabila telah melakukan percobaan berkali-kali dan tidak bisa mencapai angka yang diperlukan, ini menandakan bahwa terjadi masalah yang memerlukan penanganan yang lebih lanjut.

Pengisian Freon dengan urutan high and low memang memerlukan mekanik yang memiliki keahlian khusus karena banyak nya alat yang dibutuhkan dan teknik pengisiannya yan tidak mudah. Dokter Mobil Cirebon sebagai bengkel yang khusus menangani AC mobil bisa menjadi tempat rujukan terpercaya kamu untuk segala masalah pada AC mobilmu.

Diperkuat oleh banyaknya teknisi yang ahli dibidangnya serta alat โ€“ alat canggih yang berstandar menjadikannya sebagai bengkel yang menarik utnuk didatangi, karena perawatan dan penggantian Freon yang rutin akan menjaga mobil tetap sejuk dan segar.

Begini yang Terjadi Bila Freon Tekanannya Terlalu Tinggi

Freon yang dimasukkan ke dalam mobil telah mempunyai tekanan yang ditentukan. Apabila kamu melakukan pengisian sendiri atau bila yang melakukan pengisian Freon adalah orang yang belum ahli, dikhawatirkan terjadi tekanan yang berlebihan pada Freon mobil. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan membawa dampak yang buruk. Jadi inilah pentingnya mengerti tentang urutan high anda low pada mobil anda.

Dampak buruk itu salah satunya adalah rusaknya pipa โ€“ pipa penyambung saluran AC mobil karena tekanan Freon yang terlalu tinggi. Pipa โ€“ pipa itu akan menjadi bocor dan terutama bagian seal atau pelindung karetnya menjadi rusak sehingga tidka bisa digunakan lagi. Hal ini tentu akan sangat merugikan dan merusakkan mesin dan komponen lainnya di bagian AC mobil.

Tekanan Freon ideal adalah 15-30 PSI ketika tekanan AC mobil pada fase low pressure. Tekanan ini akan naik seiring dengan naiknya tekanan di High Pressure sebesar 160 โ€“ 250 PSI.

Tekanan yang tinggi pada Freon ini juga dapat mengakibatkan kinerja kompresor AC menjadi terlalu berat. Kerja dari kompresor AC mobil yang dipaksa menyalurkan Freon dengan tekanan tinggi tersebut, sehingga kinerja dari mesin mobil juga semain berat.

Baca Juga :ย Bengkel Jakarta Terbaik Dokter Mobil

Dokter Mobil Cirebon adalah bengkel spesialis AC Mobil dan Tune Up yang sudah teruji. Bengkel ini terbukti mampu meningkatkan performa mobilmu dan memberikan garansi di setiap pengerjaan mobilnya. Dokter Mobil Cirebon memberikan service yang terbaik dengan free general check up untuk perawatan mobilmu.

Dengan dilengkapi oleh teknologi canggih dan terstandarisasi ISO 9001:2015, Dokter Mobil berfokus untuk terus berkembang dan memajukan dunia otomotif di Indonesia, dengan Dokter Mobil segala perawatan mobil anda pasti beres.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5322

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers ๐Ÿ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin โค๏ธ


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *