New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Jangan Panik, Kenali Alasan Umum 3 Penyebab Mesin Mobil Mati

Jangan Panik, Kenali Alasan Umum 3 Penyebab Mesin Mobil Mati

Sedang asyik berkendar tiba-tiba dihadapkan mobil mogok seketika? Tentu sangat menjengkelkan bukan? Rencana berpergian menjadi berantakan hanya karena mobil mogok. Sudah distarter berkali-kali namun nihil tidak mau menyala kembali. Mau tidak mau anda harus memanggil teknisi panggilan untuk datang ke lokasi mogoknya mobil anda. Jangan lupa tepikan mobil pada tempat aman dari lalu lalang kendaraan.

Mesin mobil mati seketika tentu bukan tanpa penyebab. Pemicu terbesar yakni jarang melakukan perawatan servis ringan pada mobil anda. Apa saja penyebab mesin mobil mati? Berikut ulasan selegkapnya dibawah ini;

1. Rusaknya Alternator

Apa sih alternator? Yup, komponen ini termasuk bagian vital pada mobil anda yang tak lain berfungsi sebagai  suplai daya listrik pada aki. Jika alternator mengalami kerusakan, maka aki tidak dapat terisi dengan baik. Tidak heran bila mesin menjadi mati seketika alias mogok.

Apa penyebab alternator rusak?

Penyebabnya ialah usia pakai. Idela alternator memiliki usia pakai hingga 5 tahun. Setelah lewat dari 5 tahun, maka terdapat kecenderungan penurunan performa. Namun, alternator juga bisa menjadi lebih cepat rusak karena daya beban listrik juga besar hingga tidak dapat menampung suplai listrik ke aki. Contohnya modifikasi, tambahan barang eletronik lampu atau audio tambahan.

Jadi sebelum menambahkan komponen pada mobil, alangkan baiknya untuk memperhitungkan terlebih dahulu kemampuan aki dan alternator agar tidak jebol.

2. Sekering Putus

Selanjutnya, anda dapat mengecek sekering pada mesin. Bila putus, maka ini menjadi penyebab mesin menjadi mati. Sekring dapat rusak bila suplai listrik bermuatan berlebih.

Oleh sebab itu sebaiknya sesuaikan ukuran sekring dengan pemakaian besar listrik yang dipakai.

3. Overheat atau Mesin Panas

Mobil overheat menjadi perkara lazim ketika mogok seketika dijalan. Salah satu gejalanya yakni timbul asap putih mengepul diudara ketika anda membuka kap mesin mobil.

Overheat merupakan kondisi dimana suhu mobil sudah melewati batas maksimal karena terlampau panas. Salah satu penyebabnya yakni air radiator yang habis, kipas atau fan tidak menyala, oli yang sudah buruk kualitas karena jarang diganti.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Radiator Mobil Ini Bisa Cegah Overheating

Jika mobil sudah mengalami overheat, maka anda perlu waspada. Sebab untuk memperbaiki dibutuhkan budget yang lebih serta pengerjaan durasi panjang. Solusinya adalah overhaul dengan mengeluarkan keseluruhan mesin untuk pengecekan, ada juga yang semioverhaul dengan tidak mengeluarkan mesin mobil.

Demikian ulasan informasi mengenai penyebab mesin mobil mati. Semoga dapat membantu anda dalam menjawab permasalahan mobil anda saat ini. Senang dapat menjadi informasi pilihan anda. Yuk cari jawaban permasalahan mobil anda lainnya di Dokter Mobil

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!