New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Banyak Orang Yang Abai Karena Kurang Paham Cara Merawat Radiator Mobil Padahal Radiator Sangat Penting untuk Mencegah Overheating

5 Cara Merawat Radiator Mobil Ini Bisa Cegah Overheating

Mengetahui cara merawat radiator mobil sangat penting bagi pemilik mobil. Karena overheating bisa terjadi ketika radiator kurang dirawat. Lantas bagaimana caranya?

Bagi pemilik mobil, overheating bisa menjadi hal yang sangat mengerikan. Apalagi jika mobil tiba-tiba mobil mogok karena overheating, padahal sedang ada janji temu.

Ternyata Cara Merawat Radiator Mobil Sangat Mudah

Cara Merawat Radiator Mobil

Jika mampu merawat radiator mobil dengan baik, maka secara otomatis mustahil ada resiko terjadinya overheating. Sayangnya masih banyak pemilik mobil yang belum mengetahui bagaimana memaintenance radiator mobil.

Nah, untuk merawat komponen ini bisa dilakukan dengan cara:

  1. Rawat Radiator dengan Pakai Coolant Berkualitas

    Coolant sangat penting di radiator mobil. Apalagi di dalam coolant ada zat-zat yang bisa mencegah radiator mengalami karat. Selain itu, coolant lebih cepat dingin, dan lebih tahan panas dibandingkan air biasa.
    Coolant yang Baik Dapat Menjaga Radiator Tetap Awet Karena Mengandung Anti Karat

    Sayangnya masih banyak pemilik mobil yang masih menggunakan air biasa sebagai pengisi radiator. Padahal air biasa bisa menyebabkan karat pada coolant. Selain itu, hasil pendinginan dari air biasa tidak sebaik coolant.

    Lihat Juga: Ciri Ciri Air Radiator Mobil Harus Diganti

  2. Gunakan Tutup Coolant Berklep Ganda

    Coolant bisa meluap dan luber dari tutup. Oleh sebab itu, sangat diperlukan tutup coolant yang memang handal. Dibutuhkan tutup radiator yang bisa menjalankan tugasnya sebagai penjaga dari tekanan di dalam ruang sirkulasi air dan juga sebagai pengatur aliran air dari dan dalam menuju tabung reservoir.
    Radiator Cap yang Bagus Dapat Mencegah Air Radiator Meluap Sehingga Sirkulasi Coolant Tetap Optimal

    Dengan tutup coolant canggih seperti spesifikasi kebutuhan di atas, maka akan mengurangi resiko air radiator berkurang karena meluap.

  3. Rajin Dibersihkan Merupakan Cara Merawat Radiator Mobil

    Radiator bisa kotor. Oleh sebab itu, radiator perlu dibersihkan secara berkala. Selain mencegah terbentuknya karat yang bisa merusak. juga memastikan tidak ada kotoran yang bisa masuk dan mencemari coolant.
    Untuk Menjaga Radiator Tetap Awet Maka Pembersihan Radiator Wajib Dilakukan Secara Berkala

Selain ketiga hal di atas, radiator juga bisa dirawat dengan memeriksa tiap-tiap partnya apakah masih berfungsi normal atau tidak. Misalnya apakah kipasnya masih berputar dengan normal.

Wah ternyata cara merawat radiator mobil cukup mudah ya. Oleh karena itu, perawatan komponen ini jangan sampai diabaikan. Namun untuk mendapatkan perawatan lebih optimal, sangat disarankan untuk datang ke bengkel mobil yang memang menyediakan radiator maintenance.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!