📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

7 Tips Hemat BBM Mobil Matic

7 Tips Hemat BBM Mobil Matic

Siapa yang tidak ingin menghemat pengeluaran di tengah naiknya harga bahan bakar saat ini? Jika Anda memiliki mobil matic, Anda mungkin berpikir bahwa konsumsi bahan bakar mobil Anda cenderung lebih boros dibandingkan dengan mobil manual.

Namun, ada beberapa tips hemat BBM mobil matic yang dapat membantu Anda mengurangi pengeluaran bahan bakar dan menjaga keseimbangan keuangan Anda.

Tips Hemat BBM Mobil Matic

Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips hemat BBM mobil matic yang sederhana namun efektif, sehingga Anda dapat menghemat uang Anda dan mengurangi dampak negatif pada lingkungan sekitar.

Mulai dari menjaga kondisi mobil secara berkala hingga memperhatikan berat kendaraan, kami akan membahas setiap tips secara rinci untuk membantu Anda mengoptimalkan penggunaan bahan bakar mobil matic Anda.

Yuk, simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara hemat BBM mobil matic dengan mudah dan efektif!

  1. Perawatan Berkala

Melakukan perawatan berkala sangat penting untuk memastikan mobil matic Anda berjalan dengan lancar dan efisien sebagai tips hemat BBM mobil matic.

Perawatan ini termasuk penggantian oli secara teratur, pengecekan kondisi filter udara dan bahan bakar, serta pengecekan tekanan ban yang tepat.

Oli mesin yang kotor atau sudah habis bisa menyebabkan mesin menjadi lebih berat dan mengakibatkan mesin bekerja dengan lebih keras, sehingga menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih boros.

Sedangkan, filter udara dan bahan bakar yang kotor dapat menghambat aliran udara dan bahan bakar ke mesin, sehingga mesin akan bekerja lebih keras dan membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Jika tekanan ban terlalu rendah, maka akan mengakibatkan rolling resistance yang lebih besar, sehingga memperberat beban mesin dan mengurangi efisiensi penggunaan bahan bakar.

  1. Jangan Over-accelerate

Mobil matic memang terlihat lebih nyaman untuk dikendarai, namun seringkali kita merasa tergoda untuk menginjak gas secara berlebihan, padahal hal ini bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Penting untuk memperhatikan RPM (putaran mesin) dan gas sebelum melakukan akselerasi sebagai tips hemat BBM mobil matic, karena RPM yang terlalu tinggi dapat membuat mesin bekerja lebih keras dan memerlukan lebih banyak bahan bakar.

Selain itu, sebaiknya hindari melakukan akselerasi secara mendadak, karena hal ini akan mengakibatkan mesin bekerja lebih keras dan membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk menjaga kecepatan kendaraan.

  1. Hindari Pemakaian AC Berlebihan

Menggunakan AC saat berkendara memang sangat nyaman, namun perlu diingat bahwa AC memerlukan tenaga ekstra dari mesin untuk bekerja, sehingga bisa membuat konsumsi bahan bakar semakin boros.

Untuk tips hemat BBM mobil matic, coba untuk menyesuaikan suhu dan kecepatan kipas agar lebih hemat.

Misalnya, saat cuaca tidak terlalu panas, atur suhu AC pada level yang lebih rendah atau matikan AC jika tidak diperlukan.

Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan filter AC secara berkala agar AC dapat berfungsi dengan baik dan tidak membutuhkan tenaga yang lebih banyak dari mesin.

  1. Matikan Mesin Ketika Tidak Digunakan

Seringkali kita membiarkan mesin mobil menyala saat sedang menunggu seseorang atau di dalam parkiran. Padahal, ini hanya akan membuat bahan bakar terbuang sia-sia.

Oleh karena itu, sebaiknya matikan mesin mobil ketika tidak sedang digunakan untuk tips hemat BBM mobil matic.

Selain menghemat bahan bakar, ini juga bisa membantu mengurangi polusi dan emisi gas buang kendaraan.

  1. Hindari Macet

Macet adalah salah satu kondisi yang paling boros dalam penggunaan bahan bakar pada mobil matic.

Selain memakan waktu yang lama, mengemudi di dalam kemacetan juga akan membutuhkan banyak gas dan mempercepat penggunaan bahan bakar.

Jika memungkinkan, coba cari alternatif rute yang lebih lancar dan bebas kemacetan. Selain itu, coba juga hindari berkendara pada jam-jam sibuk atau pada waktu-waktu tertentu yang biasanya ramai lalu lintas sebagai tips hemat BBM mobil matic.

Baca Juga: Mengapa Macet Bikin Boros Bensin pada Mobil?

  1. Menggunakan Teknologi Cruise Control

Mobil matic sering dilengkapi dengan teknologi cruise control, yang membantu menjaga kecepatan kendaraan tetap stabil tanpa harus menekan pedal gas secara terus-menerus.

Teknologi ini bisa membantu Anda sebagai tips hemat BBM mobil matic secara konsisten, tanpa terlalu banyak mengubah kecepatan dan mempercepat penggunaan bahan bakar.

Namun, pastikan untuk menggunakan teknologi ini hanya pada saat-saat yang aman dan di jalanan yang cocok sehingga mobil matic irit dan tetap aman saat digunakan.

  1. Memperhatikan Berat Kendaraan

Semakin berat kendaraan Anda, semakin banyak bahan bakar yang diperlukan untuk menggerakkannya.

Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan barang-barang yang tidak perlu di dalam mobil dan hindari membawa beban berlebihan sebagai tips hemat BBM mobil matic.

Jangan lupa juga untuk memeriksa kapasitas muatan kendaraan yang ditentukan oleh pabrik mobil.

Jika berat kendaraan melebihi kapasitas yang ditentukan, ini bisa membuat mesin bekerja lebih keras dan memerlukan lebih banyak bahan bakar.

Penutup

Dengan melakukan beberapa tips hemat BBM mobil matic yang telah dijelaskan di atas, diharapkan dapat membantu

Anda menghemat pengeluaran dalam mengisi bahan bakar mobil Anda dan mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form