New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
penyebab ac mobil kurang dingin

4 Penyebab Ac Mobil Kurang Dingin Pada Mobil Anda

Mencari sumber penyebab AC mobil kurang dingin harus dilakukan segera karena jika dibiarkan bisa merusak sirkulasi udara dalam kendaraan. Sirkulasi udara buruk di mobil sangat mengganggu, terutama pada saat cuaca terik di mana suku dalam kendaraan meningkat drastis. Sungguh tidak menyenangkan bukan? jika anda berkendara sementara keringat di tubuh mengucur deras.

Beberapa kasus yang terjadi juga biasanya AC memang keluar angin tapi sama sekali tidak terasa dingin hembusannya. Sebaliknya, udara yang keluar dari lubang pendingin udara malahan hangat dan tidak berpengaruh sama sekali terhadap suhu di dalam mobil. kualitas pendinginan yang buruk tentunya juga akan berpengaruh pada kondisi kendaraan dan merembet pada berbagai kerusakan lain.

Beberapa Penyebab AC Mobil Kurang Dingin

Ada banyak penyebab AC mobil kurang dingin yang mungkin bisa terjadi juga pada kendaraan anda. Pengetahuan mengenai apa saja hal yang membuat AC tidak bekerja optimal ini bisa mempermudah anda dalam melakukan upaya perbaikan. Beberapa penyebab umum adalah sebagai berikut;

  • Filter Kabin Yang Kotor

Penyebab AC mobil kurang dingin yang pertama adalah filter kabin yang sudah mulai kotor. Kotoran yang menumpuk pada freezer jika dibiarkan akan membuat sirkulasi udara terganggu dan tidak bisa keluar masuk. Anda harus mengganti filter kabin ini secara teratur dan biasanya pada jarak tempuh setiap 10000 KM atau pemakaian 3-6 bulan.

Baca Juga : Coolant Radiator Terbaik

Jika filter kabin kotor akan mengganggu evaporator dalam bekerja. Debu akan masuk ke evaporator ini jika tidak tersaring dengan baik oli filter kabin. Bagian evaporator AC yang terganggu oleh debu dan kotoran otomatis tidak akan bekerja optimal dalam mendinginkan udara di dalam kendaraan.

  • Tidak Berputarnya Puli Kompresor

Penyebab AC mobil kurang dingin yang selanjutnya bisa dikarenakan puli kompresor yang tidak berputar. Komponen belt yang ada pada kompresor penting untuk memastikan puli kompresor bergerak. Apabila belt ini putus, maka tentunya puli kompresor tidak akan berputar. ini bisa mengakibatkan juga kipas pada radiator tidak berputar dan menyebabkan mesin jadi overheating dan mogok.

Akibat kipas pendingin radiator yang tidak berputar juga berdampak pada pendinginan AC. Pendingin udara di dalam mobil hanya mengeluarkan angin saja tanpa ada hembusan sejuk dari freon AC. Pada dashboard kendaraan, indikator baterai juga akan menyala sebagai akibat dari dinamo ampere yang tidak berfungsi.

  • Kehabisan Freon

Freon yang ada pada sistem pendinginan berfungsi sebagai sistem sirkulasi dan tidak habis jika tidak terjadi kebocoran. Freon ini juga berfungsi sebagai hawa pendingin pada sistem AC kendaraan. Kehabisan freon dapat menyebabkan pada lubang pendingin udara hanya keluar angin saja, tanpa adanya hawa dingin. Tentu ini tidak menyenangkan karena pendingin di dalam mobil hanya seperti kipas angin saja.

  • Sekring AC Di Mobil Putus Atau Resistor¬† Rusak

Sebab AC mobil kurang dingin yang berikutnya adalah kerusakan pada sekring AC di mobil. Ini bisa disebabkan oleh arus pendek listrik atau korsleting di bagian kelistrikan sistem pendinginan mobil. Bila hal ini yang terjadi, segeralah untuk memperbaikinya di bengkel dan persamaan sistem kelistrikannya supaya tidak terulang kembali.

Baca Selengkapnya : Penyebab AC Mobil Kurang Dingin

Kesimpulannya, ada beberapa penyebab AC mobil kurang dingin yang perlu Anda kenali. Sejumlah penyebabnya antara lain filter kabin yang bocor, puli kompresor yang tidak berputar, kehabisan freon, dan bisa juga karena sekring AC di mobil putus. Segera bawa mobil anda ke bengkel dengan teknisi yang paham mengenai kelistrikannya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya