📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Bagaimana Efek Mobil Diesel Diisi Bio Solar?

Efek Mobil Diesel Diisi Bio Solar

Mobil diesel adalah salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, karena kehandalannya dan efisiensinya dalam hal penggunaan bahan bakar. Namun, penggunaan bahan bakar diesel juga memiliki dampak yang signifikan pada lingkungan, seperti emisi gas buang yang merusak kualitas udara. Untuk mengatasi hal ini, muncul alternatif bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, yaitu bio solar. Namun, penggunaan bio solar pada mobil diesel, terutama pada mesin diesel commonrail, juga memiliki beberapa efek yang perlu diketahui. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan mobil diesel yang diisi dengan bio solar.

Apa itu Bio Solar?

Bio solar adalah salah satu jenis bahan bakar alternatif yang dibuat dari bahan organik seperti minyak kelapa, minyak sawit, atau limbah makanan. Bio solar diproses secara kimiawi dan fisik untuk menghasilkan bahan bakar yang dapat digunakan pada kendaraan diesel, termasuk mobil diesel commonrail.

Bio solar memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bahan bakar diesel biasa. Pertama, bio solar merupakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. Hal ini disebabkan oleh sifat bio solar yang lebih mudah terurai dan dapat diuraikan oleh bakteri pengurai alami, sehingga tidak menimbulkan dampak lingkungan yang negatif seperti emisi gas buang yang merusak kualitas udara. Selain itu, bio solar juga dapat mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil dan membantu mengurangi emisi karbon dioksida yang menyumbang pada perubahan iklim global.

Kedua, bio solar juga merupakan bahan bakar yang lebih murah dibandingkan dengan bahan bakar diesel biasa. Hal ini disebabkan oleh biaya produksi yang lebih rendah, karena bahan baku yang digunakan untuk membuat bio solar seperti minyak kelapa atau minyak sawit umumnya lebih murah dibandingkan dengan bahan baku minyak mentah.

Perbedaan Mobil Diesel Biasa dan Diesel Common-rail

Perbedaan antara mobil diesel biasa dan diesel commonrail terletak pada sistem injeksi bahan bakar yang digunakan. Mesin diesel biasa menggunakan sistem injeksi langsung, di mana bahan bakar disemprotkan langsung ke dalam ruang bakar mesin. Sementara itu, mesin diesel commonrail menggunakan sistem injeksi langsung yang lebih canggih, di mana bahan bakar disemprotkan ke dalam ruang bakar melalui pipa yang disebut common rail.

Sistem injeksi bahan bakar pada mesin diesel commonrail terdiri dari beberapa komponen, yaitu fuel tank (tangki bahan bakar), fuel pump (pompa bahan bakar), fuel rail (pipa bahan bakar), fuel injectors (injektor bahan bakar), dan fuel pressure sensor (sensor tekanan bahan bakar). Fuel pump bertugas untuk mengirimkan bahan bakar dari tangki bahan bakar ke dalam fuel rail, di mana bahan bakar disimpan pada tekanan yang tinggi. Dari fuel rail, bahan bakar kemudian disemprotkan ke dalam ruang bakar melalui fuel injectors.

Kelebihan dari mesin diesel commonrail adalah lebih efisien dalam hal penggunaan bahan bakar dan lebih tenang saat beroperasi. Pada mesin diesel biasa, tekanan bahan bakar yang dihasilkan oleh fuel pump seringkali tidak konstan, sehingga menghasilkan suara yang bising dan konsumsi bahan bakar yang tidak efisien. Sementara itu, pada mesin diesel commonrail, tekanan bahan bakar yang dihasilkan oleh fuel pump selalu konstan, sehingga menghasilkan suara yang lebih tenang dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Selain itu, mesin diesel commonrail juga memiliki sistem injeksi bahan bakar yang lebih presisi dan canggih. Dengan menggunakan fuel injectors yang mampu mengatur waktu dan jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke dalam ruang bakar, mesin diesel commonrail dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar dan emisi gas buang yang lebih rendah. Hal ini membuat mesin diesel commonrail lebih ramah lingkungan dan lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan mesin diesel biasa.

Namun, mesin diesel commonrail juga lebih kompleks dan lebih mahal dibandingkan dengan mesin diesel biasa. Selain itu, mesin diesel commonrail juga membutuhkan perawatan yang lebih sering dan lebih teliti, karena sistem injeksi bahan bakar yang lebih presisi dan canggih juga lebih rentan terhadap kerusakan dan masalah teknis.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Dalam penggunaan bahan bakar alternatif seperti bio solar pada mobil diesel, perlu diperhatikan bahwa penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati, terutama pada mesin diesel commonrail yang lebih kompleks dan lebih rentan terhadap kerusakan. Oleh karena itu, perawatan yang lebih sering perlu dilakukan pada mobil diesel yang diisi dengan bio solar, seperti membersihkan tangki bahan bakar dan sistem injeksi bahan bakar secara berkala, serta menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi yang sesuai dengan spesifikasi mobil diesel commonrail.

Mengapa Bio Solar Bikin Diesel Commonrail Mampet?

Penggunaan bio solar pada mobil diesel commonrail dapat menyebabkan terjadinya mampet pada sistem injeksi bahan bakar. Hal ini disebabkan oleh sifat bio solar yang cenderung lebih kental dan lengket dibandingkan dengan bahan bakar diesel biasa. Bio solar dapat menempel pada dinding pipa injektor dan mengendap di bagian bawah tangki bahan bakar, yang pada akhirnya dapat menyumbat sistem injeksi bahan bakar.

Bio solar diproses dari bahan organik seperti minyak kelapa, minyak sawit, atau limbah makanan. Proses produksi bio solar melibatkan penghilangan air dan partikel yang terdapat di dalam bahan baku, sehingga menghasilkan bahan bakar yang lebih murni dan lebih bersih. Namun, sifat bio solar yang lebih kental dan lengket dapat menyebabkan bio solar menempel pada dinding pipa injektor dan membentuk lapisan yang menghalangi aliran bahan bakar. Selain itu, bio solar juga dapat mengendap di bagian bawah tangki bahan bakar, yang pada akhirnya dapat menyumbat filter bahan bakar atau pipa-pipa bahan bakar yang lain.

Sistem injeksi bahan bakar pada mesin diesel commonrail merupakan sistem yang sangat presisi dan canggih, yang membutuhkan aliran bahan bakar yang konstan dan tidak terganggu oleh partikel atau endapan yang dapat menyumbat pipa-pipa injektor. Ketika terjadi penyumbatan pada sistem injeksi bahan bakar, aliran bahan bakar menjadi tidak lancar dan tidak konstan, sehingga menghasilkan emisi gas buang yang tidak optimal dan dapat mengganggu performa mesin.

Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Performa Mesin Mobil Untuk Mobil Anda

Cara Merawat Mobil Diesel yang Diisi dengan Bio Solar

Penggunaan bio solar pada mobil diesel membutuhkan perawatan yang lebih sering dan lebih teliti dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar diesel biasa. Hal ini disebabkan oleh sifat bio solar yang lebih kental dan lengket, yang dapat menyebabkan terjadinya mampet pada sistem injeksi bahan bakar. Untuk menjaga mobil diesel yang diisi dengan bio solar tetap dalam kondisi yang baik, perawatan yang lebih sering perlu dilakukan.

Berikut adalah beberapa cara merawat mobil diesel yang diisi dengan bio solar:

  1. Gunakan bahan bakar berkualitas tinggi

Pilih bahan bakar bio solar yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan spesifikasi mobil diesel commonrail. Pastikan bahan bakar yang digunakan tidak sudah kadaluarsa atau tidak berkualitas, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem injeksi bahan bakar.

  1. Membersihkan tangki bahan bakar secara berkala

Bio solar dapat mengendap di bagian bawah tangki bahan bakar, sehingga perlu membersihkan tangki bahan bakar secara berkala untuk menghindari terjadinya endapan bio solar di bagian bawah tangki.

  1. Periksa dan bersihkan sistem injeksi bahan bakar secara berkala

Sistem injeksi bahan bakar pada mesin diesel commonrail merupakan sistem yang sangat presisi dan canggih, yang membutuhkan aliran bahan bakar yang konstan dan tidak terganggu oleh partikel atau endapan yang dapat menyumbat pipa-pipa injektor. Oleh karena itu, periksa dan bersihkan sistem injeksi bahan bakar secara berkala, terutama bagian injektor.

Dalam penggunaan bahan bakar alternatif seperti bio solar pada mobil diesel, perawatan yang lebih sering perlu dilakukan untuk menjaga mobil diesel tetap dalam kondisi yang baik dan menghindari terjadinya mampet pada sistem injeksi bahan bakar.

Penggunaan bio solar pada mobil diesel commonrail memiliki beberapa efek yang perlu diketahui, seperti kemungkinan terjadinya mampet pada sistem injeksi bahan bakar. Oleh karena itu, perawatan yang lebih sering perlu dilakukan pada mobil diesel yang diisi dengan bio solar.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!