New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Radiator Mobil Panas Secara Langsung Menjadikan Mesin Ikut Overheating

Penyebab Utama Radiator Mobil Panas dan Solusi Mengatasinya

Anda yang mengalami kondisi radiator mobil panas tentu khawatir akan terjadinya overheat. Oleh sebab itu, masalah ini harus segera diselesaikan. Jangan sampai mobil mengalami kendala saat sedang digunakan.

Kasus di mana radiator mobil tiba-tiba menjadi sangat panas akan berimplikasi pada mesin mobil. Mesin mobil akan ikut panas dan terjadilah overheat. Sebagai pemilik mobil, hal ini harus dihindari. Namun bagaimana caranya?

Penyebab Radiator Mobil Panas

Ada banyak sekali hal yang menyebabkan radiator mobil menjadi panas. Beda penyebab, tentu akan beda pula solusinya. Oleh sebab itu, sangat penting mengetahui penyebab masalah ini.

Adapun beberapa hal yang menyebabkan radiator di mobil anda mengalami overheat antara lain adalah:

  1. Penggunaan Air Biasa

    Overheat Sering Terjadi Pada Mesin yang Radiatornya Diisi dengan Air Biasa
    Air biasa memiliki kemampuan pendinginan tidak sebaik air coolant. Sayangnya masih banyak pemilik mobil yang nekat menggunakan air biasa sebagai coolant.

  2. Karat pada Radiator

    Adanya Karat Pada Radiator Menyebabkan Radiator Mobil Cepat Panas
    Overheat pada radiator biasa disebabkan oleh adanya kerusakan pada radiator. Salah satu bentuk kerusakan pada radiator adalah adanya karat. Sebenarnya karat ini dapat dicegah jika menggunakan coolant yang memiliki campuran zat anti karat. Namun sayangnya banyak pemilik mobil yang masih nekat menggunakan air biasa, atau nekat menggunakan coolant tanpa zat anti karat.

  3. Mesin Overheat

    Overheat adalah Salah Satu Akibat Dari Kegagalan Fungsi Radiator Mobil
    Ketika mesin mengalami overheating, air radiator biasanya dalam kondisi hampir habis, mendidih, atau menghasilkan uap panas. Hal ini menyebabkan suhu radiator naik sangat tinggi. Selain itu, tekanan di dalam radiator juga sangat tinggi sehingga ada resiko untuk meledak.

Wah banyak juga ya hal yang bisa menyebabkan radiator mobil panas. Lantas apa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah ini muncul? Dan bagaimana mengatasi masalah radiator panas ini?

Solusi Mengatasi Radiator  Mobil yang Mengalami Overheat

Untuk mengatasi radaitor mobil yang sedang panas, langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menunggu radiator mendingin. Caranya bisa dengan membuka kap mesin.

Jika radiator sudah kembali dingin, anda bisa mengecheck kondisi radiator. Jika air radiator berkurang, anda bisa menambahkan air radiator. Namun pastikan juga mengecheck kondisinya terlebih dahulu. Jangan-jangan ada kebocoran pada radiator.

Jika menemukan kebocoran, segera minta bantuan mekanik untuk mengatasi masalah pada radiator mobil yang bocor. Namun langkah terbaik yang sebaiknya dilakukan adalah:

  1. Bawa Mobil untuk Pengecheckan Menyeluruh

    Mobil Wajib Mendapatkan Pengecheckan Secara Menyeluruh
    Kondisi radiator yang tiba-tiba panas bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mencari tahu apa yang menjadi faktor penyebab masalah ini. Bawalah mobil ke bengkel yang memang memahami radiator mobil.

  2. Lakukan Service dan Penggantian Part

    Part yang Bermasalah Harus Diganti Karena Membebani Kinerja Komponen Mobil Lainnya
    Jika sumber masalah sudah ditemukan, maka masalah bisa langsung diselesaikan. Bisa dengan melakukan penggantian part pada komponen bermasalah, bisa dengan melakukan service, bisa juga dengan isi ulang coolant yang jumlahnya kurang.

  3. Lakukan Maintenance Radiator Secara Berkala

    Sering Diabaikan Padahal Radiator Perlu Dirawat Secara Berkala
    Selain mesin mobil, radiator juga perlu dimaintenance secara berkala. Misalnya dengan mengisi ulang air radiator tiap 40.000 KM, dan melakukan flushing pada radiator secara rutin.

    Lihat Juga: Ciri-Ciri Radiator Mobil Bocor

Wah banyak juga ya hal yang harus dilakukan untuk mencegah kerusakan pada radiator ini. Lantas apa solusi pencegahannya?

Mencegah Overheat yang Terjadi pada Evaporator Mobil

Agar radiator mobil tidak sampai panas, ada beberapa cara pencegahan. Adapun di antaranya adalah:

  1. Lakukan Maintenance Radiator secara Berkala
  2. Gunakan hanya coolant berkualitas terbaik untuk tiap mobil anda
  3. Hindari penggunaan air sebagai coolant
  4. Saya mobil terasa ada masalah, segera bawa mobil ke bengkel untuk pengecheckan

Demikian beberapa hal yang menjadi sumber masalah di mana radiator mobil panas sehingga overheat mesin terjadi. Semoga informasi ini bermanfaat untu kita semua.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!