New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Bukti Serta Tanda Radiator Mobil Bermasalah dan Perlu Diperbaiki

5 Masalah Ini Menjadi Tanda Radiator Mobil Bermasalah

Selalu ada gejala dan masalah yang jadi tanda radiator mobil bermasalah dan perlu diperbaiki. Perbaikan tersebut harus segera dilakukan. Dengan demikian, masalah ini dapat segera diatasi dan kerusakan yang semakin membesar dapat dihindari.

Biasanya radiator bermasalah mengakibatkan overheat. Dan overheat ini tidak hanya memberikan efek turunnya performa mesin, namun juga masalah seperti resiko mesin jebol, ataupun mobil terbakar. Oleh sebab itu, sangat penting untuk tahu kondisi radiator, tahu apakah radiator dalam kondisi baik, atau perlu diberi penanganan serius.

Ini Tanda Radiator Mobil Bermasalah

Ketika radiator mobil kondisinya kurang baik, pasti akan memberikan dampak pada performa mobil. Ada ciri-ciri dari radiator mobil yang sedang bermasalah.

Adapun ciri-ciri dan tanda adanya masalah pada radiator antara lain:

  1. Volume Coolant Berkurang

    Berkurangnya volume coolant atau radiator menandakan adanya kebocoran pada radiator. Bisa juga menandakan bahwa tutup coolant kurang bagus dan perlu diganti.

    Berkurangnya Coolant Terjadi Karena Ada Kebocoran pada Coolant

    Oleh sebab itu, ketika anda tahu bahwa volume coolant berkurang, maka anda harus memahami sedang ada masalah di radiator mobil. Lakukan pengecheckan di bengkel untuk mencari tahu apa saja penyebab berkurangnya coolant.

  2. Kipas Radiator Tidak Berputar

    Ketika kipas radiator tidak berputar maka dipastikan kinerja radiatorpun akan tidak optimal. Oleh sebab itu, kipas radiator sebaiknya dicheck apa yang menyebabkannya tidak berputar. Beberapa kendala yang jadi penyebab kipas radiator mobil tidak berputar adalah kipas terpasang terbalik, ataupun adanya kerusakan pada kipas.

    Overheating Kerap Terjadi Akibat Kipas Radiator Tidak Berputar

    Ketika kipas radiator tidak berputar, maka efek overheat bisa saja terjadi. Hal ini tentu akan sangat berbahaya. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya mobil dibawa ke bengkel untuk dicheck lebih lanjut.

  3. Mobil Overheat

    Overheat Biasa Terjadi Ketika Ada Masalah di Radiator Mobil

    Akibat dari adanya masalah radiator adalah terjadinya overheat. Karena fungsi utama radiator adalah menjaga kestabilan suhu mesin. Oleh sebab itu, ketika mobil overheat, segera check kondisi radiator mobil. Jangan paksakan mobil yang memiliki gejala overheat. Segera minta teknisi datang ke tempat anda untuk melakukan perbaikan.

  4. Radiator Berkarat

    Adanya karat di sekitar radiator mobil menandakan radiator mobil bermasalah. Ada berbagai hal yang menjadi penyebab masalah ini. Bisa dari coolantnya yang sudah tidak bagus sehingga menyebabkan karat bisa muncul, bisa juga karena faktor usia radiator mobil.

    Karat pada Radiator Sering Terjadi Karena Tidak Menggunakan Coolant Anti Karat

    Untuk mengatasi karat ini anda bisa membersihkan karat di sekitar radiator mobil. Tidak lupa untuk melakukan penggantian coolant radiator mobil. Karena coolant berfungsi tidak hanya untuk mendinginkan radiator, namun juga sebagai pencegah karat.

  5. Tetesan Air di Bawah Bumper Mobil

    Tetesan air bisa muncul di mana saja. Namun ketika di bawah bumper mobil ada tetesan air, maka dipastikan ada kebocoran di radiator mobil. Dan itu artinya ada beresiko membawa mobil yang kekurangan air coolant.

    Air di Bumper Menandakan Adanya Kebocoran Radiator Mobil

    Untuk itu, segeralah check ke bengkel mobil kondisi radiator mobil anda. Pastikan melakukan penanganan segera dengan cara mencari masalah apa yang terjadi pada radiator mobil anda. Dan apa solusinya.

Selain kelima hal di atas sebenarnya masih ada beberapa hal lagi yang menjadi tanda-tanda radiator mobil anda sedang bermasalah. Oleh sebab itu, ketika menemukan gejala tidak biasa pada suhu mobil, segera lakukan pengecheckan, khususnya pada bagian radiator mobil.

Itulah beberapa hal yang menjadi tanda radiator mobil bermasalah serta menjadi peringatan akan kondisi mobil. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Senang bisa berbagi informasi untuk kita semua.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya