🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Cara Pengecekan Termostat Mesin Dengan Benar 2022

Cara Pengecekan Termostat Mesin

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Ada banyak hal yang menyebabkan mesin mobil cepat panas hingga membuat mobil tidak bisa melaju dengan maksimal. Salah satu yang sering terjadi adalah adanya kerusakan pada termostat hingga membuat mesin mobil cepat panas. Dalam hal ini kamu harus tahu bagaimana cara pengecekan termostat mesin agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Termostat merupakan salah satu komponen sistem pendingan yang paling utama. Sehingga kalau komponen ini alami kerusakan membuat mesin mobil cepat panas. Termostat memiliki peran untuk mengatur temperatur air radiator agar mesin tidak mudah panas dan tetap stabil.

Komponen thermostat ini akan menjaga suhu mesin tetap pada angka 80 sampai 90 derajat celcius. Jadi sistem kerjanya adalah thermostat akan menutup saluran air pendingin sebelum mesin mencapai temperatur kerja. Ketika mesin sudah mencapai temperatur kerja maka thermostat akan terbuka untuk menjaga mesin tetap stabil.

Apabila mesin mobil tidak memiliki komponen thermostat bisa menyebabkan overheating dan overcooling. Apabila kerusakan pada thermostat ini tidak segera ditangani akan menyebabkan kerusakan pada komponen mesin lainnya.

Pada saat mesin mobil alami overheating akan menyebabkan kerusakan mesin karena deformasi logam. Sementara ketika mobil alami overcooling akan membuat mobil sulit menyala dan lainnya. Jadi sangat penting sekali memperhatikan dan menjaga komponen thermostat agar sistem pendingin mesin berfungsi optimal.

Penyebab Termostat Mesin Rusak

Termostat Mesin Dengan Benar

Thermostat memiliki peranan penting agar mesin mobil tidak mudah panas. Namun yang namannya komponen mobil pastinya ada masanya sehingga bisa saja alami kerusakan. Penyebab utama thermostat alami kerusakan adalah waktu pemakaian yang sudah lama. Selain termakan usia, komponen ini juga bisa cepat rusak karena faktor lain.

Cara pengecekan termostat mesin dibutuhkan untuk mengetahui apakah komponen ini masih berfungsi secara optimal atau tidak. Biasanya thermostat sering alami kerusakan karena pengisian air radiatornya yang tidak berkualitas.

Perlu kamu pahami bahwa komponen thermostat ini 90% mengandung unsur besi. Adanya air radiator adalah untuk merendam thermostat dan berfungsi untuk menyerap panas. Dalam hal ini kamu tidak boleh sembarangan memilih air radiaator karena kalau tidak bagus bisa menyebabkan korosi pada thermostat.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Walau pengetahuan dan kesadaran masyarakat sudah membaik, namun masih ada saja yang menggunakan air kran atau air meneral untuk menggantikan air radiator. Padahal penggunaan air mineral ini bisa menyebabkan unsur besi cepat berkarat.

Kalau komponen thermostat sudah alami karatan akan menyebabkan buka tutup katup tidak maksimal. kalau sudah parah katup tidak berfungsi alias macet total. Bahkan ada kejadian seseorang bawa mobil dengan kondisi mesin panas berlebih. Ketika dilakukan pengecekan kondisi thermostat tidak bisa digunakan akibat korosi.

Ciri-Ciri Termostat Mesin Alami Kerusakan

Melihat pentingnya thermostat pada sistem pendingin, sebelum membahas cara pengecekan termostat mesin, kamu harus tahu ciri-ciri thermostat yang rusak. Sebenarnya tanda-tanda thermostat alami kerusakan sudah bisa kamu kenali sejak awal. Namun kebanyakan orang mengabaikan berbagai hal tersebut, tahu-tahu mobil sudah alami kerusakan parah.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai ciri-ciri thermostat mobil yang alami kerusakan, yaitu :

  1. Thermostat terbuka pada temperatur ruang

Tanda-tanda pertama ketika thermostat alami kerusakan adalah dalam kondisi normal thermostat sudah terbuka. Padahal dalam kondisi normal thermostat ini pada suhu ruang harus selalu tertutup.

Baca Juga : Tarikan Mobil Berat Maka Dokter Mobil Siap Membantu Anda

Apabila temperatur mesin masih sekitar 40 derajat celcius tutupnya sudah terbuka menandakan sirkulasi air pendingin ada masalah. Kalau kondisinya sudah demikian maka harus dilakukan pergantian suku cadang yang baru.

  1. Kinerja mesin butuh waktu lama

Kerusakan yang terjadi pada thermostat akan menyebabkan mesin butuh waktu lama agar bisa mencapai temperatur kerja. Kalau sudah demikian suhu kerja mesin tidak bisa tercapai, bisa tercapai namun butuh waktu lama. Kalau mobil kamu mengalami hal ini bisa segera lakukan pemeriksaan ke bengkel mobil terpercaya.

  1. Penggunaan bahan bakar boros

Pasti kamu akan bertanya-tanya kenapa thermostat alami kerusakan bisa menyebabkan konsumsi BBM lebih boros. Saat thermostat alami kerusakan suhu mesin tetap dalam kondisi rendah, hal inilah yang menyababkan penggunaan bahan bakar lebih boros. Kalau sudah demikian kamu harus segera membawa ke Dokter Mobil untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Pengecekan Termostat Mesin

Setelag mengetahui beberapa penyebab dan ciri-ciri kerusakan pada thermostat, saatnya lakukan pengecekan. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara pengecekan termostat mesin. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. Melepas thermostat

Cara pengecekan termostat mesin yang pertama dalah dengan melepas thermostat dari tempatnya. Sebelum melepasnya, pastikan mesin mobil tidak panas agar lebih mudah mengeluarkan air radiator. Setelah itu sulahkan melepaskan selang saluran dari thermostat dan saluran keluar.

  1. Menyiapkan alat dan bahan

Cara pengecekan termostat mesin selanjutnya dengan menyiapkan segala bahan dan alat yang dibutuhkan. Alat yang butuhkan mulai dari alat ukur panjang jangka sorong, panci, dan kompor listrik. Semua alat dan bahan ini digunakan untuk memeriksa kondisi thermostat.

  1. Thermostat di masukkan ke panci isi air

Silahkan panaskan dulu air pada panci di kompor. Kalau air sudah panas bisa masukkan thermostat pada panci. Cara pengecekan termostat mesin ini harus dilakukan secara bertahap sesuai buku panduan.

  1. Memeriksa katup thermostat

Selanjutnya adalah pemeriksaan pada katubnya bisa buka tutup atau tidak. temperatur awal harus sesuai yaitu 80-84 derajat celcius. Kalau pembukaan katub awal tidak sesuai dengan spesifikasi maka ada masalah dan harus dilakukan pergantian.

  1. Memeriksa pembukaan penuh thermostat

cara pengecekan termostat mesin

Cara pengecekan termostat mesin ini bertujuan untuk mengetahui kenaikan tinggi katup. Thermostat akan kenaikan pada suhu 95 derajat dengan tinggi 8 mm. kamu bisa mengukur berapa tinggi maksimal dengan menggunakan jangka sorong. Apabila kenaikannya tidak sesuai spesifikasi maka segera lakukan pergantian.

Apabila kamu salah satu orang yang super sibuk atau tidak ada waktu untuk melakukan pengecekan, silahkan bawa saja ke bengkel mobil terpercaya. Salah satu bengkel mobil yang banyak direkomendasikan adalah Dokter Mobil.

Melihat fungsi thermostat yang sangat penting pada sistem pendingin, dibutuhkan bengkel mobil terpecaya agar hasil pemeriksaan dan pengerjaannya lebih optimal. Dokter Mobil menjadi salah satu layanan yang sangat direkomendasikan.

Dokter Mobil menawarkan pelayanan mulai dari service AC, tune up, ganti oli, cara pengecekan termostat mesin dan upgrade performa mobil. Selain itu bengkel Dokter Mobil ini juga menawarkan layanan FREE GENERAL CHECKUP MOBIL.

Baca Juga : Dokter Mobil Hadir Sebagai Solusi Mesin Mobil Bunyi Saat Digas

Segala layanan yang ditawarkan pastinya bisa membantu mengatasi masalah pada mobil. Demi memberikan pelayanan terbaik, bengkel ini sudah dilengkapi para teknisi profesional dan sudah ahli dibidangnya.

Demi memberikan pelayanan yang cepat, Dokter Mobil sudah dilengkapi mesin dan tools canggih. Sehingga proses pengerjaan cepat, akurat, dan sudah menerapkan SOP standar internasional. Demi menambah kepercayaan, bengkel mobil ini memberikan garansi panjang atas pekerjaannya. Apalagi untuk memberi layanan cara pengecekan termostat mesin mobil kesayagan anda.

Itulah penjelasan mengenai cara pengecekan termostat mesin dalam kondisi baik atau perlu perbaikan. Penting sekali kamu pahami tanda-tanda thermostat alami kerusakan, agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Bersama Dokter Mobil segala masalah mesin bisa teratasi dengan baik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.