📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab Kondensor AC Panas Pada Mobil Anda 2022

Kondensor AC Panas

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Sebuah kondensor pada sistem ac mobil adalah salah satu dari sekian banyak komponen mobil dimana berfungsi guna merubah gas freon yang telah dipompa kompresor ac menjadi zat cari sebelum nanti akan dikabutkan lagi oleh katup ekspansi. Apabila kalian merasa suhu di dalam mobil kalian tetap panas maka kalian perlu paham penyebab kondensor ac panas pada mobil anda.

Penyebab Kondensor ac mobil panas terjadi pada sebuah mobil merupakan suatu hal sangat wajar dikarenakan terjadi tekanan cukup tinggi setelah gas freon ditekan atau dipompa juga oleh sebuah kompresor ac.

Hal tersebut bukan berarti gas freon yang ada di dalam kondensor ikut menjadi panas, namun disebabkan ketika freon itu dikeluarkan dari service valve atau pentil tekanan tinggi. Nah tekanan yang sangat tinggi dalam kondensor tersebutlah menjadi penyebab kondensor ac panas pada mobil anda.

Lalu, guna membuang panas dari sebuah kondensor ac agar proses kondensasi , atau biasa disebut suatu perubahan gas freon menjadi cair, pada kondensor tersebut maka memerlukan beberapa komponen tambahan agar ac mobil anda menjadi dingin kembali.

Komponen Penting AC Mobil Berpotensi Penyebab Kondensor AC Panas

penyebab kondensor ac panas

Setelah kita mengetahui cara kerja kondensor ac dan sebelum mengetahui cara menghilangkan penyebab kondensor ac panas pada mobil, alangkah baiknya kita juga memahami komponen penting pada ac mobil seperti kompressor, kondensor, dan juga evaporator.

Sebuah kondensor AC mobil pada dasarnya terdiri dari 2 bagian penting dan besar. Hal penting tersebut adalah komponen mekanikal dan komponen elektrikal.

Untuk komponen mekanikal sendiri terdiri dari filter drier, evaporator, kondensor dan juga kompresor. Sedangkan disisi lainnya yaitu komponen elektrikal, terdiri dari bagian magnetik clutch, motor fan & elay, motor blower, werstan, saklar angin, termostat, lalu  yang terakhir adalah amplifier khusus ac.

  • Komponen Kompressor

Komponen kompresor pada dasarnya merupakan sbeuah pompa yang digerakkan oleh Crankshaft mesin, ketika gas freon akan ditarik menuju ke kompressor itu dalam bentuk gas dengan tekanan sangat rendah.

Kemudian gas tersebut segera dipompa keluar dari kompressor. Perlu untuk kalian ketahui bahwa kompresor tidak berfungsi untu memadatkan cairan, namun hanya guna memadatkan gas.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Komponen Kondensor

Komponen dengan istilah kondensor ini pada dasarnya berguna dan berfungsi sama layaknya radiator, yaitu berfungsi untuk membuang udara dengan suhu temperatur yang panas keluar dari sebuah sistem AC pada mobil.

Ketika sejumlah gas freon mulai memasuki kondensor dari sebuah kompresor, Gas tersebut lanjut memasuki dan bergerak serta menciptakan sejumlah suhu panas. Tetapi,  dengan udara disekitar tabung dari komponen kondensor membuat gas freon mengalami proses pendinginan sehingga berubah menjadi zat cair.

Proses tersebutlah yang merubah cairan menjadi berfungsi untuk mendinginkan suhu temperatur di dalam mobil. Ketika berpindah dari sebuah kondensor, cairan menuju melewati dryer. Komponen dryer ini pun berfungsi sebagai sebuah alat guna menghisap air yang memasuki sistem AC pada mobil.

Proses selanjutnya adalah melewati thermal expansion valve, yang berguna mengubah tekanan tinggi ke tekanan yang lebih rendah. Apabila anda pernah atau bisa menyentuh nya maka anda bisa merasakan suatu proses perubahan tekanan dari panas ke dingin.

Perubahan tekanan tinggi yang berguna untuk mengantarkan cairan pendingin disalurkan melalui sebuah katup ekspansi. Dimana, dalam proses kerja tersebut mampu guna mengurangi sebuah tekanan pada gas freon sehingga bisa untuk dipindah menuju ke evaporatir.

Katup tekanan tersebut berguna untuk mengatur aliran gas freon yang membuat sistem dari AC mampu melakukan sejumlah proses pendinginan dengan secara maksimal dan optimal.

  • Komponen Evaporator

Dalam mengetahui penyebab kondensor ac panas pada mobil anda, komponen evaporator merupakan salah satu komponen penting yang perlu anda ketahui. Karena, sebelum cairan masuk ke komponen evaporator ini, katup ekspansi valve mengalirkan sejumlah gas freon secara konstan.

Baca Juga : Mobil Tidak Dingin? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Hal inilah yang rentan menjadi penyebab mengapa evaporator menjadi sering bocor. Oleh karena itu, selalu pastikan komponen evaporator ini selalu bersih dari semua debu dan jenis kotoran.

Beberapa Penyebab Kondensor AC Panas Pada Mobil

Setelah kalian tahu dan paham tentang berbagai macam komponen penting dalam struktur susunan sistem ac mobil, waktunya anda memahami banyak kemungkinan penyebab kondensor AC panas pada mobil anda. Karena paham mengenai komponen penting AC, akan memudahkan anda dalam megetahui penyebab ac mobil anda panas. Simak ulasan di bawah ini !

  • Bagian Fan radiator atau extra fan tidak mau berputar

kondensor

Apabila komponen extra fan anda mati saat ac mobil sudah dinyalakan dan fan radiator atau extra fan mati saat ac hidup akan mampu menyebabkan tekanan yang sangat berlebihan sehingga kondensor dari AC kepanasan.

Efek dari sebuah kondensor ac terlalu panas akibat fan tidak bekerja dengan semestinya adalah ac menjadi panas karena kompresor dari ac itu sendiri tidak bekerja.

Hal ini seharusnya disebabkan karena pada sistem ac tersebut dilengkapi dengan sebuah pengaman tekanan tinggi berlebihan pada saluran atau juga pipa ac sisi tekanan tinggi. Pengaman tersebut berfungsi untuk memutus suatu sirkuit arus listrik ke magnetic clutch ac.

Fan radiator atau extra fan tidak berputar saat sebuah ac dihidupkan ini ada sejumlah pengecualian. Dikarenakan beberapa merk mobil anda memang telah dirancang agar fan radiator dan juga extra fan tidak langsung hidup ketika ac dinyalakan.

Akan tetapi harus menunggu temperatur dari mesin sedikit hangat. Setidaknya begitulah salah satu cara untuk menghindari penyebab kondensor ac panas pada mobil anda.

  • Saluran AC yang tersumbat

Salah satu penyebab kondensor AC panas pada mobil anda adalah saluran dari ac mobil ana tersumbat. Seperti misalnya sebuah filter didalam kondensor yang berada di bagian bawah silica gel tersumbat.

Tersumbatnya filter kondensor karena sejumlah kotoran akan menyebabkan terhalanginya sirkulasi dari gas freon menuju komponen evaporator. Selain itu, juga menyebabkan panas dan sjeumlah tekanan kuat berlebihan pada komponen kondensor meskipun fan radiator berputar.

Kondisi seperti itu sebenarnya bisa merusak kompresor ac anda dan gas freon bisa keluar dengan menembus seal oring atau melalui sebuah katup pengaman pada kompresor AC. Bahkan ha; tersebut bisa juga menembus sambungan slang fleksibel bertekanan tinggi.

Nah, itu dia penjelasan yang perlu kalian pahami mengenai cara kerja kondesor AC mobil dan juga penyebab kondensor AC panas pada mobil. Bila mobil anda tetap tidak melakukan proses pendinginan, segera bawa mobil anda ke bengkel yang terpercaya.

Baca Juga : Dokter Mobil Bengkel Cirebon Paling Terpercaya

Apabila anda belum menemukannya, bisa kalian bawa menuju ke Dokter mobil sekarang juga. Anda juga bisa menghubungi melalui website dan customer service dari Dokter Mobil Cirebon.

Dokter Mobil Cirebon juga kan memberikan layanan terbaik bagi anda yang menghadapi penyebab kondensor ac panas serta terdapat juga layanan berupa Free General Check up Mobil guna merawat mobil anda semakin awet kedepannya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 52311

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *