🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Oli Mobil Boros? Kenali Yuk Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Oli Mobil Boros

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Pernahkah Anda mengalami oli mobil boros? Jika iya, maka berhati-hatilah, karena oli mobil boros adalah pertanda Anda harus mengeluarkan banyak biaya untuk mengganti oli, dan hal itu akan merugikan Anda dari segi finansial.

Idealnya, oli mobil boros adalah salah satu hal yang tidak diinginkan bagi banyak pengguna, apalagi jika Anda ingin bepergian jauh menggunakan mobil kesayangan Anda.

Nah, jika Anda mengalami oli mobil boros ini, jangan khawatir, karena di sini Anda akan menemukan penyebab yang sering terjadi pada mobil Anda serta cara mengatasi oli mobil yang cepat habis ini. Penasaran, bukan? Jika penasaran, yuk simak artikel ini selengkapnya.

Oli Mobil Boros? Ini Dia Penyebabnya

Oli Mobil Boros

Oli adalah suatu komponen penting yang berfungsi sebagai penjaga kestabilan suhu mesin serta pelumas berbagai komponen mesin seiring dengan terjadinya proses gesekan antar komponen dalam mesin mobil itu sendiri, sehingga oli ini dianggap penting karena dapat meminimalisasi gesekan antar komponen mobil dalam sistem mesin yang ada.

Seiring berjalannya waktu, semakin sering mobil itu digunakan, maka semakin berkurang pula volumenya setelah digunakan. Hal itu memang wajar terjadi, tetapi jika penyusutan volume oli itu terjadi secara tidak wajar, berarti ada yang tidak beres di mobil Anda, karena dikhawatirkan dapat menyebabkan bagian dalam mesin mengalami kerusakan. Tidak hanya itu saja, risiko dari adanya oli mobil yang terbuang percuma ini dapat menyebabkan mesin Anda terbakar sehingga dapat membahayakan Anda, atau bahkan lingkungan jika oli sampai merembes ke jalan dan daerah sekitar Anda, dan bukan tidak mungkin lagi oli yang bocor itu dapat merugikan kehidupan burung, tumbuhan, dan sebagainya.

Penyebab Oli Mobil Boros

Nah, sebenarnya apa saja yang menyebabkan oli mobil boros? Jika Anda mengalami kondisi demikian, apalagi jika sudah mengetahui penyebab-penyebabnya, jangan segan-segan untuk mencari solusi terbaik agar kondisi kendaraan tersebut bisa kembali seperti sedia kala, kemudian masalah tersebut tidak muncul kembali, sehingga Anda tidak akan dirugikan terlebih dari sisi finansialnya.

Berikut ini beberapa penyebab oli mobil boros yang harus diwaspadai jika salah satu alasan ini terjadi pada kendaraan Anda.

  1. Kebocoran Ring/Piston

Ring atau piston ini termasuk bagian mobil yang penting karena bagian ini mampu mencegah kebocoran terkait campuran antara udara dan bensin. Jika misalnya ring ini terbakar atau bocor, maka oli yang ada di dalam mesin juga akan ikut terbakar dan lama-kelamaan isinya akan habis. Nah, untuk tanda oli mobil bocor yang berkaitan dengan hal ini bisa Anda saksikan dari keluarnya asap putih dari knalpot, serta warna badan piston yang berubah menjadi kuning kecoklatan layaknya warna oli pada umumnya.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang
  1. Buruknya Kualitas Oli

Ingatlah bahwa baiknya kualitas oli tidak ditentukan dari harga oli yang dibeli, alias harus mahal. Kualitas oli yang baik itu yang sesuai dengan kebutuhan mesin. Jadi, jika misalnya Anda membeli oli yang mahal namun tidak sesuai dengan apa yang mesin butuhkan, maka oli itu hanya diibaratkan seperti ‘parasit’ yang akan merusak mesin mobil, karena oli berkualitas buruk hanya akan membuat mesin semakin panas dan kehilangan pelumasnya, sehingga akan berubah menjadi aus.

  1. Kebocoran atau Kerusakan Seal Packing

Seal mobil adalah suatu komponen onderdil yang sangat penting dan harus dimiliki dalam setiap mobil. Fungsinya yaitu untuk menjaga agar pelumas/oli tetap berjalan pada tempatnya di setiap komponen mesin yang bergerak sehingga tidak terjadi kebocoran dan komponen mesin dalam mobil tidak mengalami kerusakan dengan mudah, kurang lebih bisa dibilang sebagai pelindung oli.

Nah, dalam kasus oli mobil boros ini, kasus yang terjadi berkaitan dengan mengerasnya seal packing di sela-sela sambungan antar komponen mesin seiring dengan masa pakai atau masa umur yang semakin lama dan semakin tua, sehingga rawan robek. Jika misalnya terjadi kondisi oli mobil yang demikian, maka oli akan mudah merembes ke mana-mana sehingga terjadi kebocoran, terlebih jika mobil seringkali dicuci dengan steam. Sehingga jika hal itu terjadi, itu berarti Anda harus menggantinya dengan seal yang baru.

  1. Kebocoran pada Camshaft

Ruang bakar mesin bisa bocor dikarenakan rembesan oli, dan hal itu bisa disebabkan oleh kebocoran seal kruk as atau camshaft. Terlebih lagi semakin tinggi kecepatan mobil tersebut, maka semakin banyak dan semakin cepat rembesan oli menuju ruang bakar mesin sehingga akan menyebabkan oli mobil boros dan menyebabkan kefatalan pada mesin mobil, alias rusak parah, dan mobil Anda akan berpotensi untuk berhenti mendadak. Sehingga jika terjadi hal demikian, Anda harus membawanya ke bengkel resmi terdekat yang tentu saja memiliki alat pendeteksi kondisi ruang bakar mesin yang canggih, misalnya di Dokter Mobil.

  1. Penguapan Oli

Terlebih lagi dalam kondisi meningginya suhu mesin, bisa saja terjadi penguapan oli mesin meskipun hal ini sangat jarang terjadi. Masalah ini bisa timbul dikarenakan sistem pendingin mesin yang ada tidak berjalan maksimal sehingga kendaraan mobil Anda mengalami overheat. Jadi, lagi-lagi pastikan sistem pendingin mesin dapat berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga tidak terjadi penguapan oli berlebih yang dapat mengakibatkan keborosan oli.

Itulah beberapa hal/kemungkinan yang dapat membuat oli mobil bocor. Maka dari itu, yuk tingkatkan awareness Anda terhadap kendaraan sendiri, demi kondisi mobil yang lebih baik dan tentu saja membuat Anda semakin aman dan nyaman dalam berkendara. Andaikan terjadi keanehan pada mobil Anda, jangan ragu untuk segera membawanya ke bengkel mobil terdekat jika dirasa tidak mampu untuk mengatasinya sendiri, seperti halnya di Dokter Mobil.

Dibaca Juga: Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!

Solusi dan Pencegahan Oli Mobil Boros

Pada dasarnya, solusi untuk adanya kondisi oli mobil boros ini tergantung atas kondisi mobil masing-masing.

Terkait pencegahan oli mobil boros ini, Anda harus senantiasa memeriksa kondisi oli mesin secara rutin. Caranya yaitu melihat stik indikator/pelat ukuran pada mesin mobil Anda sebelum mobil dipanaskan dan digunakan, serta amati bagian kolong mobil untuk memastikan tidak ada rembesan oli di sekitar komponen-komponen mesin atau bahkan sampai ke lantai garasi Anda. Nah, jika ternyata terjadi sesuatu yang tidak beres di mobil Anda, maka lakukanlah beberapa hal berikut.

  1. Perbaiki piston/ring mobil jika penyebab kebocoran oli ada di bagian tersebut.
  2. Jika merasa salah memakai oli berkualitas buruk, segera ganti oli Anda dengan oli yang berkualitas lebih baik, meskipun akan sedikit banyak biaya yang harus Anda keluarkan demi kondisi mobil dan oli yang lebih baik.
  3. Jika penyebab kebocoran oli ada di bagian seal packingnya, maka daripada terjadi turun mesin, maka Anda harus segera mengganti seal mesin tersebut.
  4. Terkait kebocoran ruang bakar mesin, maka mau tidak mau Anda harus segera membawa kendaraan tersebut ke bengkel mobil terdekat, seperti halnya di Dokter Mobil.
  5. Jika memungkinkan, pilih oli berkualitas tinggi yang juga memiliki fitur pendingin mesin di samping berfungsi utama sebagai pelumas, untuk mengatasi penguapan oli yang terjadi.

Intinya, oli mobil boros ini dapat memberikan pelajaran kepada Anda bahwa Anda harus senantiasa merawat mobil Anda secara teratur dan rajin memperhatikan kapasitas oli Anda agar tidak terjadi berbagai kesalahan fatal nantinya.

Solusi Terbaik ada di Dokter Mobil!

Tahukah Anda, bahwa 90% masalah mobil boros, apalagi menyangkut masalah oli mobil boros, dapat diatasi dengan tune up? Nah, fungsi servis mobil seperti tune up di Dokter Mobil adalah untuk mengurangi beban tidak wajar pada suatu bagian mesin sehingga membuat bagian lainnya lebih awet dan tahan lama. Jadi, rasakanlah sensasinya servis mobil secara berkala di Dokter Mobil demi sensasi berkendara yang lebih baik lagi, dengan tenaga yang maksimal tetapi tidak boros dalam penggunaan oli mobil Anda.

Terlebih lagi, oli yang disediakan oleh Dokter Mobil dibuat secara khusus dengan teknologi yang canggih sehingga sangat baik untuk digunakan pada mobil Anda, yaitu oli 9Circle 5w30, yang didesain berbahan sintesis berkualitas tinggi bercampur dengan bahan-bahan kimia yang dikenal bersih dan encer.

Oli jenis ini memiliki berbagai kelebihan yaitu memiliki indeks viskositas yang baik sehingga dapat melindungi mobil dari panas berlebih, dapat membantu menurunkan gesekan dan suhu pada setiap bagian mesin/unit yang terbebani sehingga meningkatkan efisiensi kinerja dan tenaga mesin, sehingga mobil Anda dapat dikendarai lebih lama.

Oh ya, saat ini Dokter Mobil menawarkan fasilitas gratis general checkup mobil, lho. Selain itu, jika Anda mengganti oli di Dokter Mobil, Anda juga akan mendapatkan bonus cuci darah untuk menghilangkan sisa oli yang mungkin masih tersisa di dalam mesin mobil Anda.

Makanya, tunggu apa lagi, mumpung lagi promo, buruan manfaatkan sekarang juga, dan kunjungi website-nya dokter mobil, atau Anda dapat mengunjungi bengkelnya secara langsung di berbagai cabang yang tersedia!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4513

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.