📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

10 Kriteria Oli Mobil yang Bagus untuk Perjalanan Jauh

10 Kriteria Oli Mobil yang Bagus untuk Perjalanan Jauh
10 Kriteria Oli Mobil yang Bagus untuk Perjalanan Jauh

Ketika Anda mempersiapkan perjalanan jauh dengan mobil, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa mesin dalam kondisi prima.

Salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan mesin adalah menggunakan oli mobil yang bagus untuk perjalanan jauh.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan sepuluh kriteria oli mobil yang bagus untuk perjalanan jauh yang akan membantu menjaga mesin Anda tetap sehat dan tahan lama selama perjalanan jauh.

Kriteria Oli Mobil yang Bagus untuk Perjalanan Jauh

Penggunaan oli mesin pada mobil jelas sangat krusial, hal ini guna menjaga suhu dalam mesin tetap optimal sehingga terhindar dari masalah-masalah, seperti mogok karena overheat, akibat kurangnya pelumasan pada mobil.

Begitu pun saat perjalanan jauh, penting untuk memilih oli mobil yang bagus untuk perjalanan jauh agar perjalanan tetap aman sampai tujuan.

Berikut adalah beberapa kriterianya yang patut Anda perhatikan:

  1. Tingkat Viskositas yang Tepat

Tingkat viskositas oli mesin memainkan peran penting dalam menjaga pelumasan yang optimal pada mesin.

Saat memilih oli mobil yang bagus untuk perjalanan jauh, perhatikan rekomendasi tingkat viskositas yang diberikan oleh produsen kendaraan Anda.

Tingkat viskositas oli dinyatakan dalam angka yang menunjukkan sejauh mana oli mampu mengalir pada suhu tertentu.

Pada umumnya, oli dengan tingkat viskositas yang lebih tinggi lebih cocok untuk suhu yang lebih tinggi, sementara oli dengan tingkat viskositas yang lebih rendah lebih cocok untuk suhu yang lebih rendah.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Memilih tingkat viskositas yang tepat akan memastikan bahwa oli dapat melumasi mesin dengan baik dalam berbagai kondisi suhu.

<olstart=”2″>

  • Indeks Viskositas yang Lebar

Indeks viskositas menggambarkan perubahan viskositas oli pada suhu yang berbeda.

Oli dengan indeks viskositas yang lebar mampu mempertahankan viskositasnya dengan baik dalam suhu ekstrem, cocok sebagai pertimbangan oli mobil yang bagus untuk perjalanan jauh.

Misalnya, saat mesin dipanaskan selama perjalanan jauh, oli dengan indeks viskositas yang lebar akan tetap melumasi mesin dengan baik, bahkan saat suhu meningkat.

Oli dengan indeks viskositas yang sempit mungkin tidak memberikan perlindungan yang optimal pada suhu ekstrem, sehingga meningkatkan risiko keausan dan kerusakan pada mesin.

  1. Daya Tahan Terhadap Oksidasi

Oksidasi adalah proses di mana oli teroksidasi akibat paparan udara dan panas. Oksidasi mengubah sifat fisik dan kimia oli, yang dapat merusak kinerja mesin.

Memilih oli dengan daya tahan terhadap oksidasi yang baik sangat penting dalam kriteria oli mobil yang bagus untuk perjalanan jauh.

Oli dengan daya tahan terhadap oksidasi yang tinggi akan tetap stabil dan tidak mudah terdegradasi, sehingga menjaga mesin tetap bersih dan optimal dalam jangka waktu yang lebih lama.

  1. Kemampuan Membersihkan dan Mencegah Deposit

Deposit yang terbentuk pada komponen mesin dapat mengurangi efisiensi dan menyebabkan kerusakan.

Oleh karena itu, memilih oli mesin yang memiliki kemampuan membersihkan dan mencegah deposit adalah kriteria penting untuk pilihan oli mobil yang bagus untuk perjalanan jauh.

Oli dengan aditif khusus akan membantu melarutkan deposit yang terbentuk dan mencegah pembentukan deposit baru.

Dengan oli yang memiliki kemampuan ini, mesin Anda akan tetap bersih, bebas dari endapan yang merugikan, dan berkinerja optimal sepanjang perjalanan jauh Anda.

  1. Perlindungan Terhadap Keausan

Keausan adalah musuh utama mesin kendaraan Anda. Pilihlah oli mesin yang memberikan perlindungan terbaik terhadap keausan pada oli mobil yang bagus untuk perjalanan jauh.

Oli dengan aditif pelumas yang canggih membentuk lapisan pelindung pada permukaan logam mesin, mengurangi gesekan antara komponen dan memperpanjang umur mesin.

Dengan menggunakan oli yang memberikan perlindungan terhadap keausan, Anda dapat memastikan bahwa mesin tetap berjalan dengan baik dan tahan lama selama perjalanan jauh.

  1. Stabilitas Termal yang Tinggi

Kondisi suhu ekstrem adalah hal yang umum terjadi dalam perjalanan jauh.

Oleh karena itu, pilihlah oli mesin yang memiliki stabilitas termal yang tinggi saat pilih oli mobil yang bagus untuk perjalanan jauh.

Oli dengan stabilitas termal yang baik akan tetap berkinerja optimal bahkan dalam suhu tinggi.

Ini penting karena suhu tinggi dapat memecah oli dan mengurangi kemampuannya untuk melumasi dan melindungi mesin.

Dengan menggunakan oli yang memiliki stabilitas termal yang tinggi, Anda dapat memastikan bahwa mesin Anda tetap terlindungi dan berkinerja baik dalam berbagai kondisi suhu.

  1. Kompatibilitas dengan Sistem Pelumasan

oli mobil yang bagus untuk perjalanan jauh harus kompatibel dengan sistem pelumasan pada kendaraan Anda.

Pastikan untuk menggunakan oli yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan Anda.

Oli yang kompatibel akan memastikan bahwa sistem pelumasan berfungsi dengan baik dan mengoptimalkan kinerja mesin.

Menggunakan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda dapat mengurangi efisiensi pelumasan dan bahkan merusak mesin.

  1. Kandungan Aditif yang Mumpuni

oli mobil yang bagus untuk perjalanan jauh serta berkualitas tinggi akan mengandung aditif yang mumpuni.

Aditif merupakan bahan tambahan yang ditambahkan ke dalam oli untuk meningkatkan performa dan melindungi mesin.

Beberapa aditif penting yang harus ada dalam oli mesin untuk perjalanan jauh termasuk aditif anti-penuaan, aditif antioksidan, aditif pelawan busa, dan aditif pendingin.

Aditif-aditif ini membantu menjaga kebersihan dan kinerja mesin, serta melindungi mesin dari kondisi yang ekstrim selama perjalanan jauh.

  1. Reputasi Produsen dan Sertifikasi Kualitas

Ketika memilih oli mobil yang bagus untuk perjalanan jauh, perhatikan reputasi produsen oli tersebut.

Produsen oli yang terkenal dan memiliki reputasi baik cenderung menggunakan bahan berkualitas tinggi dan proses produksi yang cermat.

Selain itu, pastikan oli yang Anda pilih memiliki sertifikasi kualitas yang diakui oleh standar industri.

Misalnya, sertifikasi API (American Petroleum Institute) dan ACEA (Association des Constructeurs Européens d’Automobiles) menunjukkan bahwa oli tersebut telah melewati pengujian dan memenuhi standar kualitas yang ketat.

Baca Juga: Rekomendasi Oli Terbaik Mobil Korea No.1, Serta Cari Tahu Tips Memilihnya

  1. Konsultasikan dengan Mekanik Terpercaya

Terakhir, jika Anda masih merasa bingung dalam memilih oli mobil yang bagus untuk perjalanan jauh, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik terpercaya.

Mekanik yang berpengalaman dapat memberikan saran dan rekomendasi yang sesuai dengan kendaraan Anda dan kondisi perjalanan yang akan Anda lakukan.

Mereka dapat memberikan penjelasan lebih rinci mengenai spesifikasi oli yang sesuai, merekomendasikan merek terpercaya, dan memberikan tips tambahan untuk merawat mesin selama perjalanan jauh.

Cari Oli Mobil yang Bagus untuk Perjalanan Jauh? Oli 9 Circle Pilihannya!

Memilih oli mobil yang bagus untuk perjalanan jauh memang cukup tricky. Sebab jika salah pilih, jelas perjalanan jadi terganggu dan bahkan bisa mengakibatkan kerusakan parah di mesin mobil Anda.

Salah satu merek oli mesin mobil yang direkomendasikan sebagai oli mobil yang bagus untuk perjalanan jauh adalah oli 9 Circle dari Dokter Mobil.

Penutup

Dalam memilih oli mobil yang bagus untuk perjalanan jauh, pastikan Anda memperhatikan tingkat viskositas yang sesuai, indeks viskositas yang lebar, daya tahan terhadap oksidasi.

Kemampuan membersihkan dan mencegah deposit, perlindungan terhadap keausan, stabilitas termal yang tinggi, kompatibilitas dengan sistem pelumasan, kandungan aditif yang mumpuni, reputasi produsen dan sertifikasi kualitas, serta konsultasi dengan mekanik terpercaya.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/