📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Oli Mobil Menguap dengan Cepat? Ini Dia Penyebab & Solusinya

Oli Mobil Menguap

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Pastinya anda pernah bertanya-tanya, mengapa terjadi peristiwa perbedaan volume oli seperti oli mobil menguap dengan ceapt, antara saat sebelum dituangkan dengan saat setelah dituangkan?, hal itu ternyata dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor pertama ialah terjadinya kebocoran oli yang bisa anda lihat di bagian mesin mobil anda. Jika terdapat oli-oli yang berceceran maka, sudah dipastikan terjadinya kebocoran. Jika tidak ada kebocoran, maka faktor kedua ialah terjadinya penguapan pada oil mobil anda, proses oil mobil menguap dapat terjadi karena panas yang berlebihan pada ruang bakar.

Meskipun ring pada mobil anda masih terjaga dengan baik, tetapi jika oli yang berada di ruang bakar terkena panas yang berlebihan maka, hal itu tentunya dapat menyebabkan penguapan pada oli anda. Mengapa oli mobil menguap? , pada dasarnya oli merupakan cairan yang memiliki sifat tingkat penguapan cukup besar jika dibandingkan benda lainnya.

Oli Mobil Menguap dengan Cepat

Oli Mobil Menguap

Penguapan tentunya dapat terjadi jika benda tersebut terkena oleh suhu yang cukup tinggi. Terdapat batas temperature dimana, oli tersebut dapat menahan diri  untuk tidak mengikat molekul hidrokarbon yang dapat menyebabkan penguapan namun, jika sudah mencapai batasnya maka oli tersebut akan tidak sanggup lagi menahan diri sehingga, terjadinya proses penguapan yang menyebabkan oli mobil menguap.

Hal itu dapat disimpulkan bahwa semakin tingginya suhu yang diberikan maka, semakin besar juga kemungkinan penguapan oli dapat terjadi.  Penguapan oli mobil merupakan hal yang tidak bisa anda biarkan begitu saja karena, jika oli mobil menguap menandakan bahwa settingan yang berada pada mobil anda sudah tidak normal lagi. Karena pada dasarnya,  suhu mesin dapat menjadi sangat tinggi apabila settingan pada mobil anda bermasalah. Dan itulah merupakan alasan-alasan utama mengapa seringkali terjadi permasalahan oli mobil menguap.

Jika anda mengalami permasalahan oli mobil menguap, tentunya kami akan merekomendasikan bengkel mobil terdekat yang sudah terstandarisasi dengan baik dan pastinya sudah memiliki lisensi yang resmi, bengkel tersebut ialah Bengkel Dokter Mobil. Layanan yang diberikan oleh mereka sangatlah beragam baik dari permasalahan yang cukup mudah sampai permasalahan yang rumit tentunya, bengkel ini dapat mengatasinya berbagai macam permasalahan dengan baik. Kami rasa para pecinta automotive sudah tau bahwa untuk mengatasi permasalahan oli mobil menguap, Bengkel Dokter Mobil ialah spesialisnya.

Tetapi, sebelum kami beralih ke spesifikasi dari bengkel tepercaya ini, kami akan memberikan informasi yang detail terkait hal-hal apa saya yang dapat dijadikan sebagai penyebab dari permasalahan oli mobil menguap, karena permasalahan ini merupakan permasalahan yang tidak bisa dianggap remeh. Jadi tanpa basa-basi lagi, lets’s check this out!

  1. Terjadinya kebocoran di komponen drain plug

Penyebab dari permasalahan oli mobil menguap yang satu ini merupakan penyebab yang paling sering ditemui dari berbagai macam kasus permasalahan ini. Seperti yang anda telah ketahui, drain plug merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk membuang oli-oli  yang berada di dalam mesin mobil anda. Komponen ini memiliki bentuk seperti baut yang berada pada bagian bawah mesin dilengkapi dengan bagian komponen-komponen khusus guna menjaga oli agar tidak merembes melalui celah-celah.

Namun, seiring dengan bertambahnya usia dari mesin, kondisi suhu dari komponen ini akan semakin panas yang dapat menyebabkan drain plug dari mesin tersebut mengalami kerusakan. Untuk solusi dari permasalahan ini anda dapat melakukan penggantian pada bagian yang bocor pada grain plug ke bengkel kepercayaan anda. Jika dengan melakukan hal ini, masalahnya belum bisa teratasi dengan benar  maka, anda dapat dengan segera mengganti keseluruhan drain plug dengan yang baru. Sebenarnya, proses penggantian ini bukanlah hal yang susah tetapi, proses ini membutuhkan keahlian professional agar drain plug dapat terpasang dengan baik. Oleh karena itu, kami sangat merekomendasikan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dimana, pelayanan dari mereka memang tidak perlu diragukan lagi.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Terjadinya kebocoran pada bagian oli pan ataupun carter

Carter ataupun oilpan memiliki fungsi sebagai tempat penampungan dari oli mesin yang berfungsi sebagai pelumas dari keseluruhan komponen yang ada di dalam mesin mobil anda. Terdapat beberapa sambungan pada bagian carter yang berfungsi sebagai penghubung dari lapisan lem dengan blok mesin dimana, sambungan ini merupakan tempat yang paling sering terjadi rembesan-rembesan oli maka, tidak salah lagi jika pada permasalahan oli mobil menguap banyak ditemukan rembesan-rembesan pada bagian carternya.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa melakukan proses pemasangan oli kembali pada bagian carter. Untuk melakukan hal tersebut anda harus memastikan bahwa anda sudah membersihkan sisa lem lama agar lem baru yang anda gunakan dapat bekerja secara maksimal.

  1. Terjadinya kerusakan pada sistem pendingin mesin

Tanpa kita sadari bahwa, kerusakan-kerusakan pada sistem pendingin mesin dapat menyebabkan oli mobil menguap. Meskipun kasus jenis ini sangat jarang terjadi namun, pendingin mesin merupakan salah satu faktor dari  timbulnya permasalahan oli mobil menguap. Untuk mengatasi permasalahan ini, pastinya anda harus melakukan check up rutin di bengkel langganan anda karena, dengan melakukan check up rutin masalah-masalah yang sudah kami jelaskan diatas akan terminimalisir secara sendirinya. Dan tahukah anda bahwa Bengkel Dokter Mobil memiliki fasilitas layanan Free General Check Up gratis? , layanan ini merupakan layanan yang sangat jarang sekali disediakan oleh bengkel lainnya. Jadi, kami harap anda tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk melakukan general check up secara gratis.

Tahukah anda bahwa sumber dari permasalahan oli mobil menguap ialah ketidakpedulian para pengguna mobil atas kondisi oli mesin pada mobilnya?, sangat miris sekali bukan apabila terjadi kerusakan pada mobil anda yang disebabkan oleh keteledoran anda sendiri. Banyak sekali para pengguna mobil yang tidak sadar bahwa oli mesinnya sudah berkurang ataupun habis pada saat mereka sedang berkendara, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan kecelakaan-kecelakaan yang seringkali kita lihat di berita televisi.

Dibaca Juga: Oli Mobil Boros? Kenali Yuk Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Untuk mencegah permasalahan-permasalahan yang sudah disebutkan diatas maka, kami sangat merekomendasikan layanan-layanan dari Bengkel Dokter Mobil yang menawarkan pelayanan Tune Up dimana, pelayanan ini dapat mengatasi berbagai macam permasalahan mobil anda, termasuk permasalahan oli mobil menguap. Jika anda penasaran apa saja yang dilakukan pada proses Tune? Tentunya anda harus dapat mengunjungi situs website Dokter Mobil namun, disini kami akan menjelaskan singkat terkait proses apa saja yang dilakukan oleh Tune?

Pada proses Tune, akan dilakukan pemberian kerak-kerak karbon yang merupakan sisa dari pembakaran sampai ke saluran injector. Dimana kerak karbon yang dihasilkan akan menimbulkan prose penghambatan para pembakaran. Proses Tune Up itu sendiri dapat mengurangi beban-beban yang kurang wajar pada bagian-bagian mesin. Dengan terjadinya pengurangan beban maka, bagian mesin mobil anda akan menjadi lebih awet jika, mesin mobil anda lebih terjaga maka, oli-oli yang ada pada mesin anda juga akan terjaga dengan baik sehingga tidak akan terjadi permasalahan-permasalahan yang sudah disebutkan diatas. Sekian informasi yang dapat kami berikan dan semoga dengan membaca artikel ini permasalahan-permasalahan mobil anda dapat terselesaikan dengan segara, terima kasih.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4124

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *