🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Mengenal Penyebab Mobil Tidak Responsive

Penyebab Mobil Tidak Responsive

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Pernahkah Anda mengalami masalah terkait mobil tidak responsive? Jika iya, maka berhati-hatilah, karena jika misalnya tiba-tiba mobil tidak responsive alias tidak bertenaga, maka hal ini tentu akan merugikan Anda terutama dari segi finansial karena Anda harus mengganti beberapa hal agar mobil Anda kembali seperti sedia kala.

Idealnya, mobil tidak responsive alias tidak bertenaga adalah salah satu hal yang tidak diinginkan bagi banyak pengguna jalan, apalagi jika Anda ingin bepergian jauh menggunakan mobil kesayangan Anda.

Nah, jika Anda mengalami masalah seperti mobil tidak responsive ini, jangan khawatir, karena di sini Anda akan menemukan penyebab yang sering terjadi pada mobil Anda serta cara mengatasi masalah yang bisa saja terjadi tiba-tiba pada mobil Anda. Penasaran, bukan? Jika penasaran, yuk simak artikel ini selengkapnya.

Penyebab Mobil Tidak Responsive

Penyebab Mobil Tidak Responsive

Nah, sebenarnya apa saja yang menyebabkan mobil tidak responsive? Jika Anda mengalami kondisi demikian, apalagi jika sudah mengetahui berbagai penyebabnya, jangan segan-segan untuk segera membawa kendaraan Anda ke bengkel terbaik agar dapat dicarikan solusi terbaik untuk memperbaiki kondisi kendaraan Anda seperti sedia kala.

Berikut ini beberapa penyebab mobil tidak responsive yang harus diwaspadai jika salah satu alasan ini terjadi pada kendaraan Anda.

  1. Menumpuknya Karbon di Ruang Bakar Mesin Mobil

Alasan pertama yang mendasari masalah mobil tidak responsive ini adalah karena menumpuknya karbon di ruang bakar mesin mobil. Hal ini dapat terjadi dikarenakan pembakaran yang tidak sempurna, dan penyebabnya bisa berasal dari penggunaan bahan bakar (bensin/solar) yang tidak/kurang sesuai dan/atau berkualitas buruk.

Selain itu, penimbunan karbon yang bisa menjadikan kerak di ruang bakar ini juga dapat disebabkan oleh debu dan oli atau uap oli, di mana ketiganya berasal dari hasil isapan intake, yang kemudian masuk dan mengendap sehingga membuat ruang bakar mesin menjadi kotor. Penumpukan kerak juga berasal dari banyaknya unsur sulfur dan parafin yang juga ikut memasuki ruang bakar.

Akibat buruk yang dapat ditimbulkan oleh penumpukan kerak karbon ini yaitu menyempitnya ruang bakar mesin, sehingga mengakibatkan meningkatnya rasio kompresi sehingga mesin mobil tidak responsive atau kurang bertenaga akibat tumpukan kerak yang timbul di ruang tersebut.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang
  1. Bocornya Kompresi Mobil

Mobil tidak responsive juga disebabkan oleh melemahnya tekanan kompresi mobil, yang mana akan berpengaruh pada performa sebuah mobil. Normalnya, tekanan udara di dalam ruang bakar mesin ini akan membuat bahan bakar semakin mudah untuk dibakar, tetapi karena masalah yang terjadi pada tekanan kompresi mobil, maka bensin akan sulit untuk dibakar sehingga akan menyebabkan mobil kurang bertenaga. Ciri-ciri melemahnya tekanan kompresi yaitu mobil yang sulit dihidupkan di pagi hari, tenaga mesin atau power berkurang, keluarnya asap putih pada beberapa mobil dari knalpotnya, oli mesin boros dan sering habis, serta suara mesin yang cenderung kasar dan tidak enak terdengar.

  1. Beberapa Komponen Mobil yang Bermasalah

Melemahnya tekanan kompresi yang dialami mobil Anda, yang awalnya disebabkan karena kebocoran kompresi mesin mobil, akan menyebabkan penumpukan kerak karbon di ruang bakar, sehingga akan memperburuk kinerja mesin mobil Anda. Seiring dengan berjalannya waktu, beberapa komponen mesin mobil Anda akan melemah ataupun bermasalah, dengan buktinya yaitu timbul suatu celah di beberapa komponen tersebut. Apa sajakah komponen mobil yang bermasalah diakibatkan bocornya kompresi mobil dan melemahnya tekanan kompresi mobil itu?

  • Ring/piston mesin mobil, di mana keausan bagian ini diakibatkan gesekan yang terus-menerus dengan dinding silinder saat mesin dihidupkan akan menyebabkan friksi yang sangat kecil namun lama kelamaan akan menjadi besar dan dapat berdampak pada keborosan oli.
  • Blok silinder mesin mobil, di mana keausan bagian ini juga dapat menyebabkan mesin tidak responsive atau tidak bertenaga, bahkan lebih cepat daripada yang dibayangkan. Penyebab ausnya blok silinder ini adalah kurangnya pelumasan di bagian tersebut, sehingga oli dibutuhkan untuk mencegah timbulnya friksi antara blok silinder dan ring
  • Klep atau katup sebagai pintu masuk udara-bensin dan pintu keluar gas buang, di mana jika di sini mampet maka akan berpengaruh pada mobil yang tiba-tiba tidak bertenaga.
  • Gasket kepala silinder, di mana jika bagian ini robek atau sudah berumur maka akan terjadi kebocoran kompresi pada sambungan tersebut, antara blok silinder atas dengan blok silinder bawah.
  • Seal busi, di mana jika bagian ini kotor/using, robek, ataupun retak, maka proses pengapian mesin menjadi tidak maksimal. Apalagi jika menggantinya dengan busi lain yang tidak sesuai dengan rekomendasi pada mesin mobil Anda, tentu saja kerja busi itu akan tidak maksimal sehingga mobil tidak responsive atau tidak bertenaga.
  1. Mesin terlalu overheat

Terlalu panasnya mesin dapat menyebabkan penurunan performa kendaraan sehingga dapat dijadikan alasan mobil tidak responsive. Oleh karena itu, periksa kembali keadaan mesin mobil, termasuk pula suhunya sebelum digunakan.

Itulah beberapa hal/kemungkinan yang dapat membuat mobil tidak responsive. Maka dari itu, yuk tingkatkan awareness Anda terhadap kendaraan sendiri, demi kondisi mobil yang lebih baik dan tentu saja membuat Anda semakin aman dan nyaman dalam berkendara. Jika misalnya terjadi suatu keanehan pada mobil Anda, jangan ragu untuk segera membawanya ke bengkel mobil terdekat dan resmi seperti halnya Dokter Mobil, jika misalnya Anda tidak bisa mengatasinya sendiri.

Dibaca Juga: Penyebab Dari Mobil Kurang Responsive

Solusi atas Mobil Tidak Bertenaga/Responsif

Pada dasarnya, solusi untuk adanya kondisi mobil tidak responsive ini tergantung atas kondisi mobil masing-masing. Nah, jika ternyata terjadi sesuatu yang tidak beres di mobil Anda yang tiba-tiba tidak bertenaga, maka lakukanlah beberapa hal berikut.

  1. Lakukan pengetesan kompresi mesin mobil Anda
  2. Jika ternyata terjadi penumpukan karbon yang sangat tebal di ruang bakar mesin, maka bersihkanlah hingga bersih.
  3. Gantilah bagian-bagian mesin yang kurang baik dan dapat berpengaruh pada performa mobil Anda, misalnya busi dan kabelnya.
  4. Perhatikan bahan bakar yang Anda gunakan. Usahakan untuk selalu menggunakan bahan bakar yang paling baik kualitasnya.
  5. Periksa pula filter udara dan bahan bakar Anda sebagai suplai oksigen dan bahan bakar pada mesin Anda. Bersihkan sumbatan yang ada agar kerja mesin semakin maksimal.

Intinya, masalah mobil tidak responsive ini dapat memberikan pelajaran kepada Anda bahwa Anda harus senantiasa merawat mobil Anda secara teratur dan rajin memperhatikan berbagai bagian dalam mesin mobil Anda, agar tidak terjadi masalah yang fatal nantinya. Oh ya, jika misalnya Anda tidak merasa bisa menyelesaikan masalah itu sendirian, Anda dapat memanfaatkan jasa pembersihan ruang bakar sekaligus dengan tune up dan perawatan mesin mobil di Dokter Mobil.

Butuh Perawatan akan Mobil Anda? Dokter Mobil Solusinya!

Tahukah Anda, bahwa 90% masalah mesin mobil yang boros dapat diatasi dengan tune up? Nah, fungsi servis mobil seperti tune up di Dokter Mobil adalah untuk mengurangi beban tidak wajar pada suatu bagian mesin sehingga membuat bagian lainnya lebih awet dan tahan lama. Jadi, rasakanlah sensasinya servis mobil secara berkala di Dokter Mobil, tentu saja dengan harga yang terjangkau.

Terlebih lagi, oli sintesis nan encer yang disediakan oleh Dokter Mobil dibuat secara khusus dengan teknologi yang canggih sehingga sangat baik untuk digunakan pada mobil Anda, dan dapat berpengaruh baik pada performa mobil Anda.

Terkait hal tersebut, saat ini, Dokter Mobil menawarkan fasilitas gratis general checkup mobil, lho. Selain itu, Anda juga dapat melakukan remap dan tune up sekaligus di sana, karena dengan adanya remap, maka dijamin tenaga mobil Anda akan lebih maksimal daripada sebelumnya, bahkan mencapai 100% . Kabar baiknya, fasilitas ini berlaku di seluruh cabang lho!

Anda punya masalah Mobil tidak responsive ? Makanya, tunggu apa lagi, mumpung lagi promo, buruan manfaatkan sekarang juga, dan kunjungi website-nya, atau Anda dapat mengunjungi bengkelnya secara langsung di berbagai cabang yang tersedia!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5123

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.