New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Masih Bingung Intip Cara Mencuci Ruang Mesin Mobil Anda

Masih Bingung? Intip Cara Mencuci Ruang Mesin Mobil Anda

Halo Domolover, kapan terakhir anda memberishkan ruang mesin mobil anda? Tidak jarang pengguna mobil masih dilanda kebingungan dalam membersihkan ruang mesin. Padahal, mencuci ruang mesin mobil atau engine merupakan salah satu perawatan sederhana yang dapat dilakukan oleh pemilik mobil. Tujuannya tidak lain yakni menciptakan kenyamanan berkendara agar tenaga semakin performa.

Mesin merupakan komponen terpenting dalam pemakaian sebuah kendaraan. Semua jenis kendaraan apapun pastinya dilengkapi oleh mesin agar kinerja sempurna nan teratur. Mesin juga bisa menjadi kotor karena seiring dengan pemakianan. Alhasil ruang mesin dihinggapi oli, debu dan kotoran menumpuk hingga tidak jarang inilah pemicu mobil menjadi tidak bertenaga. Semakin kotornya ruang mesin, tidak jarang dijadikan sarang tikus pada malam hari. Hiyyy ngeri banget kan?

Tips Membersihkan Mesin Dengan Air

Umumnya, pengguna mobil membersihkan ruang mesin dengan air. Sebab air merupakan cairan alami praktis serta mudah didapatkan.

Namun, ternyata ada bahaya mengintai jika pengguna menggunakan air dalam jangka waktu lama. Air dapat menimbulkan korosi pada mesin serta hingga dapat timbul karat pada mesin. Selain itu, penggunaan air bisa saja menyentuh part elektrik sehingga dapat menimbulkan konsleting.

Jika anda tetap ingin bersikukuh menggunakan air biasa atau air ledeng, ada baiknya intip beberapa tips yang dapat digunakan agar proses pencucian berjalan dengan tepat dan aman. Selengkapnya simak dibawah ini;

1. Jangan Semprot Kabel Elektrik

Tips yang pertama adalah hindari menyemprot air dengan kabel elektrik sebab dapat memicu konsleting mesin. Sebab dalam ruang mesin terdapat komponen vital berupa ECU mobil, soket, kotak sekring, dsb. Bayangkan jika komponen ini kemasukan air. Alhasil kinerja mesin menjadi tidak beres.

2. Gunakan Pembersih Khusus (Degreaser)

Tips selanjutnya ialah anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus bernama Degreaser. Tujuannya secara langsung agar dapat menghilangkan kerak kotoran membandel yang menempel pada ruang mesin mobil anda. Cairan ini harus ditunjang dengan alat khusus bernama engine cleaning gun untuk melakukan penyemprotan secara maksimal pada mesin.

Dengan menggunakan cairan khusus ini, jangan khawatir mesin mengalami gejala konslet atau brebet. Sebab degreaser mengandung senyawa kimia berproteksi tinggi yang dirancang khusus sebagai pembersih mesin. Jadi yang pasti aman digunakan.

3. Diamkan Beberapa Menit

Setelahnya, diamkan beberapa menit kisaran 1- 2 menit agar cairan dapat menyeluruh serta meresap ke mesin.

Baca Juga : Bengkel Mobil 24 Jam

4. Lap Dengan Kain Halus atau Kanebo

Terakhir, anda dapat menggunakan lap berserat halus atau kanebo untuk mengelap permukaan mesin yang basah. Hal ini bertujuan juga agar kotoran pada permukaan mesin dapat terangkat.

Pastikan permukaan mesin bersih dan dalam keadaan kering sebelum mesin dinyalakak kembali.

Sekian tips bermanfaat mencuci ruang mesin mobil dari Dokter Mobil. Semoga bermanfaat untuk anda pengguna mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Diabaikan
Setelah Membeli Mobil Bekas! Apa saja Yang Harus Dilakukan?
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? Ini  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu